Widget HTML #1

Kamu Kecanduan Gawai? Cari Tahu dan Atasi dengan 6 Tips Mudah Berikut, yuk!

Halo, Sobat Blogger!

Di era digital sekarang ini, alat elektronik atau gawai sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Ya, dengan alat itu, kamu bisa berkomunikasi, mengerjakan tugas kantor, main di media sosial, melihat hiburan misalnya main game, menonton film, dan lain sebagainya.

Berdasarkan sebuah riset, mengatakan bahwa anak muda Indonesia, mengakses internet rata-rata 8 - 11 jam sehari, dan mereka bisa hidup tanpa ponsel paling lama 7 menit. Kebayangkan, bagaimana pengaruh internet dan gawai?

Anak Muda Indonesia dan Internet
Infografis : GPR TUSI DJIKP
Meskipun manfaatnya banyak, tetapi, kalau tidak berhati-hati, kamu bisa kecanduan, lo! Akibatnya, bisa kehilangan pekerjaan, teman, keluarga, bahkan hal-hal yang penting, misalnya, kecelakaan karena asyik main gawai di jalan. Sangat beresiko, bukan?

Atasi Kecanduan Gawai
Foto : Pexels
Jadi, coba jawab pertanyaan berikut, kalau jawabanmu  'ya' untuk satu  atau beberapa pertanyaan, bisa jadi, kamu memang kecanduan. Jawab yang jujur ya?
1. Apakah kamu merasa kesal kalau tidak memakai tablet atau hp? Malahan marah jika dilarang atau diingatkan?
2. Apakah kamu terlalu lama menggunakan gawai? Bahkan durasinya bisa semakin meningkat dari hari ke hari?
3. Apakah kamu kurang tidur karena  selalu memeriksa pesan yang masuk?
4. Apakah kamu asyik sendiri main gawai, sementara keluarga atau temanmu terabaikan olehmu? Apakah mereka komplain?

Kamu tak perlu sedih!

Beberapa Tips Berikut, Bisa  Bantu Sobat Berubah, untuk Atasi Kecanduan Gawai. Simak, yuk!

Cara atasi kecandauan gawai : No Gadget
Foto : Pixabay
1. Mesti disiplin. Tentukan berapa lama kamu memakai gawai. Jika waktu sudah pas, jangan menunda-nunda, singkirkan!
2. Saat menyetir letakkan gawaimu di tempat yang sulit dijangkau, agar kamu tidak tergoda untuk melihatnya.
3. Waktu makan bersama keluarga atau teman, ajak mereka untuk kumpulkan gawai, lalu, sepakati hukuman bagi siapa yang mengambil duluan, misalnya, cuci piring atau traktir makan.
4  Jadwalkan satu malam tanpa gawai (free time). Misalnya, malam minggu, manfaatkan waktu itu bersantai dengan keluarga atau teman.
5. Matikan gawai sebelum tidur.
6. Minta tolong salah satu keluarga atau teman untuk mengingatkan kamu, apabila kamu sudah mulai tidak konsisten.

Awalnya, mungkin sulit untuk diterapkan. Ada yang mengatakan bahwa untuk membentuk kebiasaan baru butuh waktu 21 hari, tapi tampaknya itu tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Seorang pakar neurosains Elliot Berkman mengatakan bahwa, manusia selalu bisa melakukan hal baru ketika mereka sadar akan kebiasaan tersebut dan termotivasi untuk berubah. Pendapat ini lebih masuk akal, ya, ketika, kamu sadar bahayanya, kamu akan termotivasi untuk berubah.

Ya, menggunakan gawai sesuai porsinya, kamu akan merasa hidupmu lebih bahagia dan  bermakna. Selamat mencoba!

16 komentar untuk "Kamu Kecanduan Gawai? Cari Tahu dan Atasi dengan 6 Tips Mudah Berikut, yuk!"

Comment Author Avatar
Kadang kalo kecanduan gadget, kita lihat si korban Kayaknya punya dunia sendiri ya kak, gak peduli sama sekitarnya, yang parah nya lagi kayak anti sosial...
Comment Author Avatar
Kalau saya memang gak mungkin lepas gawai untuk sehari, karena ngeblog dan bw pun dari hp, tapi setidaknya kalau mau tidur gawai saya matikan :)
Comment Author Avatar
Whaa apa aku termasuk yg kecanduan gawai ya. Tapi aku biasa silent sih jadi gak keganggu dgn cetang-cetung suara hp, maksudnya jadi gak kepo ada info apaan
Comment Author Avatar
Aku juga tmsk kecanduan gawai nih...
Waduhhh...
Comment Author Avatar
Saya biasanya mematikan gawai pas lagi baca buku kak. Kalau gawai masih hidup di sebelah, nggak konsen deh krn layar hidup terus krn notif.
Pernah jg pas kumpul sama temen gawainya dikumpulin di atas meja, biar nggk pada asing sendiri.
Nice info nih kak, nggak baik emang kalau terlalu kencaduan hahaha
Comment Author Avatar
Saya gak menggunakan gawai pas lagi isi batereinya dan lagi gak ada paket mba
Comment Author Avatar
Nah ini kadang sebelum tidur aja sibuk main hp sampe mata sakit huhu, padahal gak boleh ya. Iya nih mau bertekad matikan hp pas bobo malem. Semoga bisa. Harus bisa!
Comment Author Avatar
Sepakat..menggunakan gawai secukupnya agar hidup lebih bahagia dan bermakna.
Saya belum kecanduan sih..tapi memang siap sedia gawai ada untuk urusan pekerjaan. Meski saat waktu bersama keluarga ada aturan "simpan gawainya" :)
Tips yang bagus Mbak
Comment Author Avatar
Mungkin saya juga sudah mulai kecanduan gawai, kurang disiplin dalam penggunaannya, kadang pekerjaan jadi terbengkalai gara-gara pengen ngintipin gawai terus...gawat ini harus mulai diubah polanya dari sekarang
Comment Author Avatar
Memang harus ada kesepakatan dari diri sendiri, tentang penggunaan gawai yang diperlukan
Comment Author Avatar
ohh itu gadget mksdnya... baru tau kata ini sih heheheee. iya bener nih... aku sering terjebak jejaring sosial karena gawai :(
Comment Author Avatar
Makasih atas Tipsnya, sangat membantu banget.
Comment Author Avatar
Gimana ya kk,, hidup awq disini hahaha cm ya tu dibatasi. Aq pernah puasa medsos malah krna saking muaknya. Mgkn akhir bln ini jg keknya ahaha
Comment Author Avatar
Memang manajemen gawai ini belum terlalu aku terapkan. kadang jadi merasa bersalah dengan dua krucil yang dipinjamkan gawai berbatas waktu.
Comment Author Avatar
Keren tipsnya kak. Aku sih sering menggunakan gawai. Tapi bisa dibatasi. Mungkin lebih ke komitmen dengan diri sendiri tentang pemakaian gawai ini... Tapi rasanya kalau tak menggunakan gawai, tak enak juga. Bangun tidur aja, yang dicari pertama kali adalah gadget. Hehehe
Comment Author Avatar
Keren tipsnya kak. Aku sih sering menggunakan gawai. Tapi bisa dibatasi. Mungkin lebih ke komitmen dengan diri sendiri tentang pemakaian gawai ini... Tapi rasanya kalau tak menggunakan gawai, tak enak juga. Bangun tidur aja, yang dicari pertama kali adalah gadget. Hehehe

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!