Cara hemat ala ibu rumah tangga : Belajar menjahit baju sendiri

belajar menjahit untuk pemula


Yantiani.com - Sebagai ibu rumah tangga yang biasa berkecimpung dalam urusan domestik keluarga, yang namanya pemenuhan kebutuhan pokok (pangan, sandang dan papan), itu pasti prioritas pertama dalam daftar belanja keluarga. Para ibu kadang dibuat pusing akan hal ini, sebab harga barang-barang yang cenderung naik tidak sebanding dengan pendapatan. Maka sebagai istri yang bijak dituntut untuk mencari jalan keluar misalnya dengan cara berhemat agar kegiatan dalam rumah tangga tetap berjalan lancar.

CARA HEMAT ALA SAYA DENGAN MENJAHIT BAJU SENDIRI



Kali ini saya ingin bercerita pengalaman saya sehubungan dengan kebutuhan sandang atau pakaian keluarga. Kalau mau jujur, saya termasuk agak cuek dengan urusan ini. Saya tipe orang yang bisa beli buku tapi beli baju susah. Kalau ada buku yang saya suka, saya bisa bela-belain nabung agar  bisa mendapatkannya tapi kalau baju ntar dulu deh.
Tapi seiring waktu sikap saya berubah, bisa jadi karna keadaan juga. Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, membuat baju mereka kadang perlu ganti beberapa kali dalam setahun. Saya juga pikirkan perasaan mereka, mereka bisa saja malu dengan teman-teman seumuran mereka. Meski tidak harus mahal tapi jangan sampai malu-maluinlah.

"Duh, anak-anak sudah mulai besar! Baju mereka sudah kesempitan. Gimana nih, Pa?", ujarku ke Suami.
"Ya sudah beli saja!", jawabnya.
"Tapi kemarin aku lihat-lihat di toko online, mahal-mahal Pa! Baju aku juga mulai kesempitan, udah mulai gendut nih", sahutku.
(Toko online adalah salah satu referensi bagi saya untuk mengecek harga sebelum belanja kebutuhan keluarga. Mengingat saya adalah ibu yang sangat betah seharian di rumah, lumayan bisa menghemat waktu jika ada tawar-menawar *tips hemat ala emak).
"Makanya diet, olahraga kek. Lari misalnya. Di gang Buntu banyak anjingnya tuh, main saja ke sana. Kita gak perlu beli treadmill lagi. Lumayan kita bisa menghemat", jawab Suami sambil kedip mata.
"Hmm, Papa. Diajak serius malah ngeledek!", jawabku cemberut.

Semalaman saya gak bisa tidur nyenyak terus berpikir, cari akal bo! 😃
Gimana caranya supaya bisa dapat murah, bagus, tanpa harus menunggu akhir tahun biar dapat diskon atau gratis ongkir. Lagipula keuangan keluarga kami mulai menipis mengingat pekerjaan suami senin-kamis. Jadi, sebagai istri yang baik dan setia yang mendukung suami dalam suka maupun duka saya harus bisa mencari solusi juga.
Hahahaha ... Maafkan saya Ferguso kali ini saya harus memuji diri! 😜

Akhirnya, saya dapat ide! Jahit baju sendiri! Ya! itu cara hemat dengan belajar menjahit baju sendiri. Tapi caranya bagaimana? Gowes mesin jahit saja tak pernah! Menyerah? No ..., it's not Me!

Mulai deh sibuk browsing komunitas belajar gratis online maupun offline, Youtube, nanya sana-sini teman yang bisa jahit dan beli buku panduan di Gramedia. Setelah dapat informasi yang lengkap mulai deh actionnya! Tetapi sebaiknya siapkan dulu peralatan perang eh peralatan jahit! 😉

Dan Voilaaa... jahitan pertama jadi lho, friends! Rok Lipit ala rok anak SD. Rok kebanggaanku! Hihihihi🤭 Ini namanya BELAJAR KARENA KEBUTUHAN BUKAN MINAT APALAGI BAKAT!
Sebenarnya, setelah dihitung-hitung agak lebih ribet sih diawalnya, tapi tak apalah untuk sebuah pengetahuan dan pengalaman ribetnya bisa diatasi. Lagipula upah menjahit baju juga jauh lebih mahal daripada harga beli bakal kain. Dan yang terpenting dengan bisa menjahit baju sendiri kita bisa membuat baju sesuai dengan model yang kita inginkan.

Jika ditekuni menjahit juga bisa salah satu alternatif sumber penghasilan keluarga lho!. Jadi sekali mendayung dua tiga pulau terlampui, bukan? Saya sendiri sih, masih belum berani mengambil orderan jahitan dari orang lain, sekarang masih untuk kebutuhan keluarga sendiri. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

37 Responses to "Cara hemat ala ibu rumah tangga : Belajar menjahit baju sendiri"

  1. Waaa..pengen banget belajar njait seperti mbak yanti. Menjahit memang banyak keuntungan ya, mbak, selain bisa mbuat baju baru, kalau ada baju rusak - rusak dikit kan kita bisa jahit.Lebih hemat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mbak, sayapun belajar sesuai kebutuhan saja, kalau lagi pingin bikin rok, ya belajar cara buat rok, Belajar sesuai kebutuhan saja Mbak

      Delete
  2. Saya sudah belajar jahit, tapi tetep enggak bisa. Saya sendiri akhirnya tertarik merajut. Dan karena enggak bisa jahit, saya bikin apapun dengan merajut.

    Aih jadi pengen belajar jahit lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, malah saya kepingin belajar merajut juga mbak, tapi nggak pernah kesampaian.

      Delete
  3. Wah enak bener ya kalo bisa menjahit baju sendiri, bisa gonta-ganti baju dengan budget minimalis ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia Mbak, tetap modis tapi tak menguras kantong. Hihihihi

      Delete
  4. Huaah jd makin besar keinginan aku untuk ikutan kursus jahit biar bisa bikin baju sendiri sesuai yang kita mau. Biar hemat pula sama biar baju kita ga pasaran yah mak. Jadi IRT emang harus kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak semangat ! Tapi saran aku sih cari yang gratisan saja dulu tempat belajarnya, ada tuh komunitas online belajar menjahit, biasa mereka bikin pertemuan offline juga perdaerah. Lumayankan hemat budget. Hihihihi

      Delete
  5. Keren ikh Bun bisa jahit. Aku nggak bisa soalnya dan entah kenapa nggak pengen belajar juga. Mungkin karena memang kurang menyukai. Jadi aku jahit yang gampang-gampang aja bisanya hihihi *plakkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya aku juga begitu Mbak, tapi karena kebutuhan dipaksain eh taunya lumayan bisa dikitlah

      Delete
  6. Kl bs buat baju sendiri selain lbh hemat model bisa sesuai dengan selera kita dan bs cpt selesai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuup Mbak, biar tetap modis tapi low budget. Hihihihi

      Delete
  7. Asyk ya kalau punya ke ahlian gini hemat jadi mudah

    ReplyDelete
  8. Keknya kaka udah bisalah nih share tips njait ke emak newbie kayak aq.
    Selalunya aq underestimate kalo udah urusan jaitmenjait

    ReplyDelete
  9. Keren lah Mbak Yanti bisa belajar otodidak menjahit. Bener, kalau bisa menjahit tuh lumayan banget bisa mengurangi pengeluaran keluarga.

    Trus saya kapan? Entahlah, hehe...
    Yang jelas masih ada si kecil, trus kadang ngerasa waktunya lebih baik untuk membaca, sih. Begitulah alasan saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibuat asyik saja mbak, aku karena anak-anak sudah gede, kebutuhan baju mereka sudah mulai banyak tapi harga-harga mahal ya udah belajar jahit saja, biar bisa hemat

      Delete
  10. Saya pengen bisa njait dari dulu tapi gak bisa-bisa hahaha. Mentok-mentok njait tangan doang kalo pas baju ada yang rusak dikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, njahit tangan juga usaha Mbak, itu butuh kesabaran xtra.

      Delete
  11. saya duluuuu juga pernah kursus jahit... tapi takda pertinggalnya sampe sekarang. tetep wae ndak bisa jahit.
    Belajar keterampilan di sekolah dulu pas kelas 2 belajarnya jahit baju. dan di rapor pelajaran jahit itu dapat merah (kok keknya bangga gitu dapat merah hihihhih)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, untung masih ingat pernah belajar Mbak, di YouTube sudah banyak tutorialnya, bicara cari-cari lagi disana

      Delete
  12. Keren kali semangatnya.. Saya bisa jahit dan kursus jahit dulunya malah males jahit menjahit kalau gak kepepet. Hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos ah! Saya juga menjahit kalau lagi butuh saja. Hihihihi

      Delete
  13. Waaah asikk bangeeet mbaak bisa jahit baju sendiri, saya tahun lalu jugaa belajar jahit bikin tas mbak hehehe simpel banget tapi skrng uda gapernah lg jahit :" salam kenaal yaa mbak, tfs 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren itu Mbak, kepingin belajar buat tas juga. Buat tutorialnya ya.

      Delete
  14. Ibu saya duku rajin membuat baju sendiri..saya mah gak, bisa. Hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren ibunya, belajar donk mumpung ada yang ngajarin. Jangan seperti saya, sudah tua baru belajar, rugi. Hihihihi

      Delete
  15. Koq rajin x kak,, ahaha liat donk foto jahitan pertamanya,,

    ReplyDelete
  16. Sama juga dengan saya mbak, anak saya perempuan semua, tahu dong pakaian anak perempuan mahal-mahal, terus nggak cukup satu, modelnya juga macam-macam. Untung ibu saya bisa menjahit, belajar deh sama ibu. Alhamdulillah masalah pakaian bisa ditanggulangi.

    ReplyDelete
  17. Bisa menjahit memang menyenangkan. Duh ... jadi ingat mesin jahit di rumah yang lama nganggur

    ReplyDelete
  18. bener mak, aku kalau baju udah jarang dipake, bahan masih bagus, rombak buat baju anak, atau baju anak yang kesempitan di modif buat adiknya...ngirit...

    ReplyDelete
  19. Jahit itu lumayan susah bagiku.. mending masak. Tapi mupeng kalau liat orang bisa jahit. 😁

    ReplyDelete
  20. Saya juga jahit sendal sendiri...hehe

    ReplyDelete
  21. Wih.... asik nih... bisa sharing2 ilmunya kak buat yang lain. Jurus2 hemat nan manfaat 😊

    ReplyDelete
  22. Wah keren ini. Sebagai referensi buat sang istri tercinta. Makasih Sis.

    SELAMAT ULANG TAHUN ISTRIKU

    ReplyDelete
  23. Enak banget ya kak kalau punya keahlian. Bisa jahit sendiri. Mau dong kak diajarin biar bisa jahit....

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel