Berkat Gratis Foto Produk dan Upload Foto Produk di Blibli.com Jualan Lebih Mudah dan Praktis

Hi Sobat Blogger!
Sekarang ini, mengandalkan pendapatan keluarga dari satu sumber saja, tidaklah cukup. Harga kebutuhan sehari-hari yang cenderung meningkat, dan berbagai biaya lainnya seperti pendidikan anak, membuat saya perlu memutar otak untuk mencari sumber penghasilan tambahan.
Jadi mulai deh, saya mikir kira-kira pekerjaan sampingan apa ya, yang cocok bagi saya. Secara, saya adalah seorang ibu rumah tangga yang tanggung jawab utamanya adalah mengurus keluarga.

Saya ingat betul, saat itu kira-kira awal tahun 2016, idenya muncul! 😅 Saya perhatikan suami saya yang hobi mengoleksi diecast khususnya Hot wheels. Hot Wheels adalah mainan mobil berbahan metal yang diproduksi oleh produsen mainan anak-anak, Mattel Inc., Amerika Serikat, sejak tahun 1968, yang juga memproduksi mainan mobil-mobilan bermerk Matchbox yang telah lebih dulu masuk ke Indonesia sejak tahun 1970’. Meskipun itu mainan anak-anak, tapi penggemarnya adalah bapak-bapak alias orang dewasa.😀

Awalnya, saya suka kesal dengan hobinya itu, kenapa? Pasti para ibu yang suaminya punya hobi yang sama dengan suami saya, pernah ngerasain juga kan? Sangat kesal kan ya? Hayoo ngaku! Kalau cuma beberapa sih nggak masalah, tapi akan jadi masalah kalau barang koleksinya itu harus lengkap sesuai dengan serinya, belum lagi satu jenis mobil warnanya harus mejikuhibiniu. Olala… kesabaran para ibu sudah mulai dibatas akhir! 😡 Butuh budget berapa coba? Itu duit bukan daun, tauh! Kok, curhat sih!

Okeh, kembali ke laptop!
Nah, daripada uring-uringan terus, saya coba pendekatan yang lebih soft, mencari tahu apa sih hebatnya si Hot wheels ini? Kenapa para bapak lebih rela wajah istrinya jadi  jeruk purut sepanjang hari daripada berpisah dengan Hot Wheels si pihak ketiga pengganggu di rumah? Suami menjelaskan bahwa yang namanya hobi itu bisa memberi kepuasan bagi si kolektor, merupakan hiburan ditengah capeknya menjalani rutinitas sehari-hari. Hot wheels juga merupakan sebuah sarana investasi yang sangat likuid dan dapat bertahan tanpa terpengaruh kondisi apa pun, baik politik maupun perang twit kecuali perang dagang ya... Hehehe…

Setelah dipikir-pikir benar juga sih, tahun lalu suami membeli seri Car Culture Premium Datsun Bluebird 510 BRE Racing  harganya sekitar Rp. 1.000.000, sekarang sudah Rp. 1.700.000 sekian. Wow, tingkat kenaikannya sangat lumayan tinggi dibandingkan dengan emas. Jadi, wajah jeruk purut saya, semakin kesini perlahan-lahan berubah menjadi jeruk manis. Sehingga terjadilah kesepakatan bahwa hobi tetap jalan dan solusi untuk pembiayaannya dari jualan Hot wheels juga. Bendera putih perlahan-lahan mulai berkibar, Sobat! 😂


Singkat cerita, suami mulai jualan. Awalnya, masih dari mulut ke mulut dan sesama anggota komunitas Hot wheels di sekitar Medan. Belakangan mulai jualan secara online. Namun, ada satu hal yang agak sedikit mengganggu, setiap kita upload foto selalu saja ada chat yang meminta untuk foto ulang, ada saja alasannya, kurang jelaslah atau berbayanglah, macem-macem deh! Awalnya sih kita oke-oke saja, tapi pegal juga ya, kalau setiap ada pesan selalu foto ulang, padahal itu belum tentu deal juga. Jadi, gimana nih solusinya?


Beberapa waktu yang lalu, saya ikut sebuah workshop marketing digital. Salah satu topik yang dibahas tentang peranan foto produk. Pemateri menjelaskan, "Bagi toko online, display produk yang dipajang di etalase adalah foto. Disinilah calon pembeli melakukan ANALISA, kemudian membuat KEPUTUSAN apakah akan membeli atau memilih untuk MENUTUP halaman toko online Anda dan beralih ke toko online lainnya, karna Anda bukan satu-satunya yang menjual produk tersebut dan harga termurah bukan hanya toko Anda".

Bagi saya yang punya pengalaman buruk soal foto produk ini, harus mengakui bahwa memang benar foto memengaruhi tingkat penjualan. Maka tidak heran profesi sebagai jasa fotografi produk semakin hari semakin naik daun. Di sebuah website yang menjual jasa tersebut, harga dibanderol antara Rp.10000 - Rp.50000 per produk. Menurut saya, lumayan mahal bagi toko online jika punya banyak produk yang mesti difoto.

Kabar baiknya, berawal dari senang belanja online, saya menemukan solusi untuk memperluas jangkauan penjualan usaha baru kami yakni dengan cara jualan online.

Setelah mempertimbangkan untung rugi jualan di marketplace (baca : Maksimalkan Keuntungan dengan Berjualan Online di Marketplace yang Tepat), saya tertarik untuk mencoba bergabung dengan Blibli.com karena berbagai fasilitas yang mendukung berjualan sehingga bisa memaksimalkan keuntungan, terutama tantangan dalam membuat foto yang berkualitas, pihak Blibli.com memfasilitasi dengan menyediakan fotografer untuk melakukan sesi foto produk secara gratis. Tentu saja, dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai seller di Blibi.com. Oh, ya, saya ingin berbagi tentang tahapan prosesnya berikut ini:





Nah, khusus gratis foto produk yang akan dijual, kita harus hubungi merchant care! Syarat dan ketentuan di bawah ini:


Selanjutnya, upload foto produk ke website Blibli.com, tahapannya pada infografis berikut ini:


Lebih lengkapnya dijelaskan dalam video berikut ini "Langkah Muda meng-upload/menayangkan produk di Blibli.com" yang saya ambil dari list YouTube Blibli.Com :



Setelah semua tahapan diikuti, toko online kita siap tayang di website Blibli.com, selanjutnya kita tinggal menunggu pesanan deh! Mudah dan praktis banget kan?













52 Responses to "Berkat Gratis Foto Produk dan Upload Foto Produk di Blibli.com Jualan Lebih Mudah dan Praktis"

  1. Wah asyik banget ya jualan di blibli, bisa dibantu soal foto produk cocok banget buat yang belum mahir ambil gambar.

    ReplyDelete
  2. Wah ada ya yang bisa bantu posting foto produk gratis. Saya selama ini masih belum memanfaatkan jasa itu. Belum maksimal juga sih promo produknya di marketplace. Jadi pingin nyoba ini. Makasih infonya ya Mbak.

    ReplyDelete
  3. Keren banget nih blibli... Membantu para pelaku usaha untuk punya foto produk yg ketje.
    Ecommerce lain kayak gini juga gak ya?

    ReplyDelete
  4. BliBli puinteerrr banget dan memahami challenge yg dihadapi para sellers.
    Bravooo

    ReplyDelete
  5. blibli emang moy...

    pantesin foto2 blibli bagus2 ya..
    sampe dibantu profesional gitu

    ReplyDelete
  6. Asyik banget tuh kalau jualan online dan nggak perlu repot mengenai foto.
    Sepele emang tapi foto itu beneran menguras tenaga dan waktu banget nyiapinnya.
    Keren banget blibli udah mempermudah para penjual online :)

    ReplyDelete
  7. Keren iden Blibli. Ini bikin seneng semua pihak. Penjual dan pembeli sama-sama senang kalau produknya bagus

    ReplyDelete
  8. Awak pernah ngerasain tuh kak yanti, dimana udah difoto tapi minta foto lainnya. Mungkin case nya sama ya.. dia merasa kurang puas kalo melihat foto gak dari berbagai sisi. Atau memang pengambilan gambarnya yang kurang memuaskan.

    ReplyDelete
  9. Jadi potonya diedit sama blibli biar bagus dan cakep gitu ya mba? Wahh keren deh ini bikin makin semangat juwalan hahaha

    ReplyDelete
  10. Enak ya bisa dibantu edit fotonya. Edit foto sendiri itu butuh waktu lho. Belum lagi hasilnya nggak sebagus kalo diedit oleh profesional. Membantu banget ini utk yg mo jualan.

    ReplyDelete
  11. Aki bayanginnya setelah jadi seller di Blibli, wajah jeruk purut yang sudah jadi jeruk manis Mbak Yanti makin super manisnya...haha
    Salut bangets dengan inovasi Blibli yang sangat mendukung tumbuh kembang pelaku UMKM di Indonesia.
    Semoga sukses dengan usahanya ya mbak

    ReplyDelete
  12. Ternyata mudah ya jadi reseller blibli, dan lagi akan lebih terpercaya kayaknya ya mbak
    Bisnis makin lancar, rezeki makin deras. Muka nggak kayak jeruk lagi jadinya hihihi

    ReplyDelete
  13. Bagus banget sih programnya blibli.com ini, jaranh banget yah ada. Cuma modal jadi seller doang bisa dibagusin deh fotonya. Btw kok sama mbak, suami saya juga koleksi hot wheels

    ReplyDelete
  14. Jadi kabar yang membahagiakan banget bagi para pelaku usaha ya mbak. Bisa dapat foto produk yang bagus dan menarik dengan bantuan pihak blibli

    ReplyDelete
  15. Wah, jadi tau nih bisa foto produk gratis di blibli.com . Pastinya memudahkan sekali untuk para seller ya, Mba. Jadi tergoda untuknjualan di Market place juga.

    ReplyDelete
  16. Eh bliblidotcom bisa ada gratis photo produknya. Wah lumayan inih...

    ReplyDelete
  17. Aku penasaran gimana caranya produk bisa masuk "BlibliMart" atau "disediakan oleh Blibli". Aku suka beli di Blibli karena yangbisa nge-filter dikirimkan atau disediakan oleh Blibli. Ada beberapa toko yang dikirimkannya oleh Blibli kan.

    ReplyDelete
  18. fitur foto produk gratis ini memang mantap banget memudahkan seller yang belum punya modal bayar fotografer hehe

    ReplyDelete
  19. Kadang suka pusing deluan ya mau jualan tapi nggak pinter ngambil angle foto yang bagus untuk produk, keren ya blibli paham banget yang dibutuhkan seller nya hehe

    ReplyDelete
  20. Wew, beda banget yah hasilnya kalau sudah dikerjain sama Blibli, aq ada nih produk madu Bontocani, jadi pengen jualan di Blibli juga

    ReplyDelete
  21. Memang kalau sudah hobi, susah untuk pindah ke lain hati, Mbak. Dan hobi koleksi Hot Wheels ini keren, Mbak. Apalagi bisa dijual lagi. Dan rata-rata bisnis yang sukses itu, memang dari hobi.

    Dan memang, kalau jualan itu, katanya foto harus jelas, jadi pembeli bisa melihat barang yang dijual dengan jelas juga. Jadi sekarang wajah jeruk purut sudah ganti jeruk manis ya, Mbak? Dan semakin semangat jualan karena ada blibli.com hehehe.

    ReplyDelete
  22. Foto itu memang paling menentukan di jualan online. Sayang itu justru yg banyak menjadi kekurangannya. Semoga program ini banyak membantu sellers ya.

    ReplyDelete
  23. Blibli kereeennn... tauuu aja gitu ama yang dibutuhkan ama para seller nya, sukses terus deh buat Blibli

    ReplyDelete
  24. Blibli keren deh, makin berinovasi dan makin membantu para seller. Sukses terus bli-bli

    ReplyDelete
  25. Iya foto produk yang menarik itu jadi pengen beli. Kalau foto produk gak jelas jadi kurang minat dengan barangnya.

    ReplyDelete
  26. Gak bisa buat foto bagus gak perlu khaatir ya kalau masu usaha di blibli bisa bantu bikin foto produk jadi lebih menarik & bagus

    ReplyDelete
  27. Marketplace kayak Blibli ini beneran memudahkan ya buat para pelaku usaha. Bikin jualan jadi gampang dan nyenengin. Sebagai pembeli, aku juga suka. Di Blibli, pengemasannya deh yang aku suka. Rapi dengan box dari Blibli.

    ReplyDelete
  28. Mantap nih blibli. Jujur kalau mau jualan foto itu punya peranan penting dalam meningkatkan kesadaran konsumen untuk membeli produk kita. Makanya keren kalau blibli support itu. Luar biasaaaa....

    ReplyDelete
  29. Ahahaha bisa aja mbak dari jeruk purut jd jeruk manis. Emang suami2 suka gtu kalau punya hobi. Kalau aku pribadi biarlah yg penting jelas mainin hobinya haha.
    Wah enak jg ya kyknya jualan via marketplace Blibli? Blm pernah nyobain. Enak kalau ada fasilitas poto produknya gtu keliatan lbh bagus dipajangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu kupikir Blibli itu khusus jualan ya dr mereka sendiri, gak taunya ya marketplace kumpulan OS2 jg ada di sana ya? Aku yg sering beli dr Blibli susu literan itu, biasanya dapat bonus2 :D
      BTW kalau barang preloved kira2 boleh jg dijual di sana gk ya mbak?

      Delete
  30. Aku juga sukaaa nih mba belanja di lihat - lihat di sini. Dan praktis juga

    ReplyDelete
  31. Wahhh di Blibli foto produk lebih kece yaa, Mba, otomatis penjualan juga meningkat ��

    ReplyDelete
  32. Saya pernah belanja di Blibli dan gak bisa saya pungkiri kalo saya akhirnya memutuskan beli karena tertarik dengan fotonya yang bagus

    ReplyDelete
  33. Blibli benar-benar memanjakan merchantnya nih. Gratis foto produk? Woww.. aku juga suka belanja kalo fotonya bagus.

    ReplyDelete
  34. Blibli makin kreatif dan inovatif ya mba.....bagi yang ingin berjualan online gratis foto produk yang menarik, tentunya membuat untung berlimpah.... Jualan mudah, pelanggan datang, untung pun berlipat-lipat.....

    ReplyDelete
  35. Kebayang kalau produk yang dipasarkan sama dengan penjual lain.
    Apakah tetap di foto gratis sama pihak blibli?

    ReplyDelete
  36. Kalo poto produk jadi kece dan marketable, jadinya produk makin laris manis tanjung kimpuuullll HEPI deh :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  37. Mantap kaka, tapi saya lebih suka di tokped hehe

    ReplyDelete
  38. Pelayanan blibli untuk seller keren sekali terlebih fasilitas gratis foto produknya pas bgt buat penjual pemula :)

    ReplyDelete
  39. Betul sekali, orang jualan online itu senjatanya foto. Tertarik atau tidak untuk belanja produk yang kita punya tergantung fotonya. Padahal tidak semua orang pinter moto. Bagus ini fasilitas dari blibli...

    ReplyDelete
  40. Saya juga kepincut sama Blibli karena ada fasilitas foto produk gratisnya itu lho, jadi profesional hasilnya kayak seller-seller besar

    ReplyDelete
  41. Alhamdulillah sejak adanya market place seperti blibli.com usaha saya jadi lebih luas jangkauannya. Dan pembelinya juga semakin banyak.

    ReplyDelete
  42. Mudah²an marketplace Blibli ini terus konsisten menyediakan layanan foto gratis utk para olshopper ya. Jd kan kayak fasilitas unggulan yg lain dr marketplace lain, gitu. Tfs yaa

    ReplyDelete
  43. jadi terlihat lebih profesional ya mbak, apalagi Foto-foto produknya pada cakep dan menggoda buat dibeli... makin laris deh

    ReplyDelete
  44. Setuju Mba, klo ada fasilitas gratis foto produk kyk begini. bikin jualan makin betah. Jadi bisa ngerjain hal yg lainnya selain foto produk

    ReplyDelete
  45. Wah baru tahu lebih mudah dan oraktis jualan di blibli. Jadi mikir habis ini mau jualan apa ya biar cepat kaya kaya sana.

    ReplyDelete
  46. Inovasi dan program bli bli ini keren banget. Selain bisa ningkatin penjualan ini juga ngangkat bisnis UKM di Indonesia sih. Semoga terus berlanjut deh ya

    ReplyDelete
  47. aku sekarang juga sudah mulai berfikir untuk menjual sebuah produk di marketplace, apalagi dengan yang dijanjikan blibli soal foto produk. Tentunya akan sangat membantu penjualan

    ReplyDelete
  48. Simpel dan fleksibel memang peran BliBli sebagai marketplace yang mendukung para pelaku UMKM untuk naik kelas. Dengan foto produk gratis, BliBli turut membantu branding produk tersebut supaya semakin menarik dan dikenal luas. Patut diapresiasi 👏

    ReplyDelete
  49. Blibli memang beda dari yang lain ya. Selain sering mengadakan workshop dengan merchant, Blibli juga menyediakan foto produk gratis yang pastinya menguntungkan merchant

    ReplyDelete
  50. Wah seru nih kalo sudah bicara dari hobi jadi bisnis, aku suka bget belanja d blibli karna produknya enak dilihat saat iklan ternyata ini toh sebabnyaa baru tahu aku mba

    ReplyDelete
  51. Salah satu fitur terbaik blibli.. salam kenal min..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel