Widget HTML #1

Berkat Gratis Foto Produk dan Upload Foto Produk di Blibli.com Jualan Lebih Mudah dan Praktis

Hi Sobat Blogger!

Sekarang ini, mengandalkan pendapatan keluarga dari satu sumber saja, tidaklah cukup. Harga kebutuhan sehari-hari yang cenderung meningkat, dan berbagai biaya lainnya seperti pendidikan anak, membuat saya perlu memutar otak untuk mencari sumber penghasilan tambahan.
Jadi mulai deh, saya mikir kira-kira pekerjaan sampingan apa ya, yang cocok bagi saya. Secara, saya adalah seorang ibu rumah tangga yang tanggung jawab utamanya adalah mengurus keluarga.

Saya ingat betul, saat itu kira-kira awal tahun 2016, idenya muncul! 😅 Saya perhatikan suami saya yang hobi mengoleksi diecast khususnya Hot wheels. Hot Wheels adalah mainan mobil berbahan metal yang diproduksi oleh produsen mainan anak-anak, Mattel Inc., Amerika Serikat, sejak tahun 1968, yang juga memproduksi mainan mobil-mobilan bermerk Matchbox yang telah lebih dulu masuk ke Indonesia sejak tahun 1970’. Meskipun itu mainan anak-anak, tapi penggemarnya adalah bapak-bapak alias orang dewasa.😀

Awalnya, saya suka kesal dengan hobinya itu, kenapa? Pasti para ibu yang suaminya punya hobi yang sama dengan suami saya, pernah ngerasain juga kan? Sangat kesal kan ya? Hayoo ngaku! Kalau cuma beberapa sih nggak masalah, tapi akan jadi masalah kalau barang koleksinya itu harus lengkap sesuai dengan serinya, belum lagi satu jenis mobil warnanya harus mejikuhibiniu. Olala… kesabaran para ibu sudah mulai dibatas akhir! 😡 Butuh budget berapa coba? Itu duit bukan daun, tauh! Kok, curhat sih!

Okeh, kembali ke laptop!
Nah, daripada uring-uringan terus, saya coba pendekatan yang lebih soft, mencari tahu apa sih hebatnya si Hot wheels ini? Kenapa para bapak lebih rela wajah istrinya jadi  jeruk purut sepanjang hari daripada berpisah dengan Hot Wheels si pihak ketiga pengganggu di rumah? Suami menjelaskan bahwa yang namanya hobi itu bisa memberi kepuasan bagi si kolektor, merupakan hiburan ditengah capeknya menjalani rutinitas sehari-hari. Hot wheels juga merupakan sebuah sarana investasi yang sangat likuid dan dapat bertahan tanpa terpengaruh kondisi apa pun, baik politik maupun perang twit kecuali perang dagang ya... Hehehe…

Setelah dipikir-pikir benar juga sih, tahun lalu suami membeli seri Car Culture Premium Datsun Bluebird 510 BRE Racing  harganya sekitar Rp. 1.000.000, sekarang sudah Rp. 1.700.000 sekian. Wow, tingkat kenaikannya sangat lumayan tinggi dibandingkan dengan emas. Jadi, wajah jeruk purut saya, semakin kesini perlahan-lahan berubah menjadi jeruk manis. Sehingga terjadilah kesepakatan bahwa hobi tetap jalan dan solusi untuk pembiayaannya dari jualan Hot wheels juga. Bendera putih perlahan-lahan mulai berkibar, Sobat! 😂


Singkat cerita, suami mulai jualan. Awalnya, masih dari mulut ke mulut dan sesama anggota komunitas Hot wheels di sekitar Medan. Belakangan mulai jualan secara online. Namun, ada satu hal yang agak sedikit mengganggu, setiap kita upload foto selalu saja ada chat yang meminta untuk foto ulang, ada saja alasannya, kurang jelaslah atau berbayanglah, macem-macem deh! Awalnya sih kita oke-oke saja, tapi pegal juga ya, kalau setiap ada pesan selalu foto ulang, padahal itu belum tentu deal juga. Jadi, gimana nih solusinya?


Beberapa waktu yang lalu, saya ikut sebuah workshop marketing digital. Salah satu topik yang dibahas tentang peranan foto produk. Pemateri menjelaskan, "Bagi toko online, display produk yang dipajang di etalase adalah foto. Disinilah calon pembeli melakukan ANALISA, kemudian membuat KEPUTUSAN apakah akan membeli atau memilih untuk MENUTUP halaman toko online Anda dan beralih ke toko online lainnya, karna Anda bukan satu-satunya yang menjual produk tersebut dan harga termurah bukan hanya toko Anda".

Bagi saya yang punya pengalaman buruk soal foto produk ini, harus mengakui bahwa memang benar foto memengaruhi tingkat penjualan. Maka tidak heran profesi sebagai jasa fotografi produk semakin hari semakin naik daun. Di sebuah website yang menjual jasa tersebut, harga dibanderol antara Rp.10000 - Rp.50000 per produk. Menurut saya, lumayan mahal bagi toko online jika punya banyak produk yang mesti difoto.

Kabar baiknya, berawal dari senang belanja online, saya menemukan solusi untuk memperluas jangkauan penjualan usaha baru kami yakni dengan cara jualan online.

Setelah mempertimbangkan untung rugi jualan di marketplace, saya tertarik untuk mencoba bergabung dengan Blibli.com karena berbagai fasilitas yang mendukung berjualan sehingga bisa memaksimalkan keuntungan, terutama tantangan dalam membuat foto yang berkualitas, pihak Blibli.com memfasilitasi dengan menyediakan fotografer untuk melakukan sesi foto produk secara gratis. Tentu saja, dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai seller di Blibi.com. Oh, ya, saya ingin berbagi tentang tahapan prosesnya berikut ini:





Nah, khusus gratis foto produk yang akan dijual, kita harus hubungi merchant care! Syarat dan ketentuan di bawah ini:


Selanjutnya, upload foto produk ke website Blibli.com, tahapannya pada infografis berikut ini:


Lebih lengkapnya dijelaskan dalam video berikut ini "Langkah Muda meng-upload/menayangkan produk di Blibli.com" yang saya ambil dari list YouTube Blibli.Com :



Setelah semua tahapan diikuti, toko online kita siap tayang di website Blibli.com, selanjutnya kita tinggal menunggu pesanan deh! Mudah dan praktis banget kan?













52 komentar untuk "Berkat Gratis Foto Produk dan Upload Foto Produk di Blibli.com Jualan Lebih Mudah dan Praktis"

Comment Author Avatar
Wah asyik banget ya jualan di blibli, bisa dibantu soal foto produk cocok banget buat yang belum mahir ambil gambar.
Comment Author Avatar
Wah ada ya yang bisa bantu posting foto produk gratis. Saya selama ini masih belum memanfaatkan jasa itu. Belum maksimal juga sih promo produknya di marketplace. Jadi pingin nyoba ini. Makasih infonya ya Mbak.
Comment Author Avatar
Keren banget nih blibli... Membantu para pelaku usaha untuk punya foto produk yg ketje.
Ecommerce lain kayak gini juga gak ya?
Comment Author Avatar
BliBli puinteerrr banget dan memahami challenge yg dihadapi para sellers.
Bravooo
Comment Author Avatar
blibli emang moy...

pantesin foto2 blibli bagus2 ya..
sampe dibantu profesional gitu
Comment Author Avatar
Asyik banget tuh kalau jualan online dan nggak perlu repot mengenai foto.
Sepele emang tapi foto itu beneran menguras tenaga dan waktu banget nyiapinnya.
Keren banget blibli udah mempermudah para penjual online :)
Comment Author Avatar
Keren iden Blibli. Ini bikin seneng semua pihak. Penjual dan pembeli sama-sama senang kalau produknya bagus
Comment Author Avatar
Awak pernah ngerasain tuh kak yanti, dimana udah difoto tapi minta foto lainnya. Mungkin case nya sama ya.. dia merasa kurang puas kalo melihat foto gak dari berbagai sisi. Atau memang pengambilan gambarnya yang kurang memuaskan.
Comment Author Avatar
Jadi potonya diedit sama blibli biar bagus dan cakep gitu ya mba? Wahh keren deh ini bikin makin semangat juwalan hahaha
Comment Author Avatar
Enak ya bisa dibantu edit fotonya. Edit foto sendiri itu butuh waktu lho. Belum lagi hasilnya nggak sebagus kalo diedit oleh profesional. Membantu banget ini utk yg mo jualan.
Comment Author Avatar
Aki bayanginnya setelah jadi seller di Blibli, wajah jeruk purut yang sudah jadi jeruk manis Mbak Yanti makin super manisnya...haha
Salut bangets dengan inovasi Blibli yang sangat mendukung tumbuh kembang pelaku UMKM di Indonesia.
Semoga sukses dengan usahanya ya mbak
Comment Author Avatar
Ternyata mudah ya jadi reseller blibli, dan lagi akan lebih terpercaya kayaknya ya mbak
Bisnis makin lancar, rezeki makin deras. Muka nggak kayak jeruk lagi jadinya hihihi
Comment Author Avatar
Bagus banget sih programnya blibli.com ini, jaranh banget yah ada. Cuma modal jadi seller doang bisa dibagusin deh fotonya. Btw kok sama mbak, suami saya juga koleksi hot wheels
Comment Author Avatar
Jadi kabar yang membahagiakan banget bagi para pelaku usaha ya mbak. Bisa dapat foto produk yang bagus dan menarik dengan bantuan pihak blibli
Comment Author Avatar
Wah, jadi tau nih bisa foto produk gratis di blibli.com . Pastinya memudahkan sekali untuk para seller ya, Mba. Jadi tergoda untuknjualan di Market place juga.
Comment Author Avatar
Eh bliblidotcom bisa ada gratis photo produknya. Wah lumayan inih...
Comment Author Avatar
Aku penasaran gimana caranya produk bisa masuk "BlibliMart" atau "disediakan oleh Blibli". Aku suka beli di Blibli karena yangbisa nge-filter dikirimkan atau disediakan oleh Blibli. Ada beberapa toko yang dikirimkannya oleh Blibli kan.
Comment Author Avatar
fitur foto produk gratis ini memang mantap banget memudahkan seller yang belum punya modal bayar fotografer hehe
Comment Author Avatar
Kadang suka pusing deluan ya mau jualan tapi nggak pinter ngambil angle foto yang bagus untuk produk, keren ya blibli paham banget yang dibutuhkan seller nya hehe
Comment Author Avatar
Wew, beda banget yah hasilnya kalau sudah dikerjain sama Blibli, aq ada nih produk madu Bontocani, jadi pengen jualan di Blibli juga
Comment Author Avatar
Memang kalau sudah hobi, susah untuk pindah ke lain hati, Mbak. Dan hobi koleksi Hot Wheels ini keren, Mbak. Apalagi bisa dijual lagi. Dan rata-rata bisnis yang sukses itu, memang dari hobi.

Dan memang, kalau jualan itu, katanya foto harus jelas, jadi pembeli bisa melihat barang yang dijual dengan jelas juga. Jadi sekarang wajah jeruk purut sudah ganti jeruk manis ya, Mbak? Dan semakin semangat jualan karena ada blibli.com hehehe.
Comment Author Avatar
Foto itu memang paling menentukan di jualan online. Sayang itu justru yg banyak menjadi kekurangannya. Semoga program ini banyak membantu sellers ya.
Comment Author Avatar
Blibli kereeennn... tauuu aja gitu ama yang dibutuhkan ama para seller nya, sukses terus deh buat Blibli
Comment Author Avatar
Blibli keren deh, makin berinovasi dan makin membantu para seller. Sukses terus bli-bli
Comment Author Avatar
Iya foto produk yang menarik itu jadi pengen beli. Kalau foto produk gak jelas jadi kurang minat dengan barangnya.
Comment Author Avatar
Gak bisa buat foto bagus gak perlu khaatir ya kalau masu usaha di blibli bisa bantu bikin foto produk jadi lebih menarik & bagus
Comment Author Avatar
Marketplace kayak Blibli ini beneran memudahkan ya buat para pelaku usaha. Bikin jualan jadi gampang dan nyenengin. Sebagai pembeli, aku juga suka. Di Blibli, pengemasannya deh yang aku suka. Rapi dengan box dari Blibli.
Comment Author Avatar
Mantap nih blibli. Jujur kalau mau jualan foto itu punya peranan penting dalam meningkatkan kesadaran konsumen untuk membeli produk kita. Makanya keren kalau blibli support itu. Luar biasaaaa....
Comment Author Avatar
Ahahaha bisa aja mbak dari jeruk purut jd jeruk manis. Emang suami2 suka gtu kalau punya hobi. Kalau aku pribadi biarlah yg penting jelas mainin hobinya haha.
Wah enak jg ya kyknya jualan via marketplace Blibli? Blm pernah nyobain. Enak kalau ada fasilitas poto produknya gtu keliatan lbh bagus dipajangnya.
Comment Author Avatar
Dulu kupikir Blibli itu khusus jualan ya dr mereka sendiri, gak taunya ya marketplace kumpulan OS2 jg ada di sana ya? Aku yg sering beli dr Blibli susu literan itu, biasanya dapat bonus2 :D
BTW kalau barang preloved kira2 boleh jg dijual di sana gk ya mbak?
Comment Author Avatar
Aku juga sukaaa nih mba belanja di lihat - lihat di sini. Dan praktis juga
Comment Author Avatar
Wahhh di Blibli foto produk lebih kece yaa, Mba, otomatis penjualan juga meningkat ��
Comment Author Avatar
Saya pernah belanja di Blibli dan gak bisa saya pungkiri kalo saya akhirnya memutuskan beli karena tertarik dengan fotonya yang bagus
Comment Author Avatar
Blibli benar-benar memanjakan merchantnya nih. Gratis foto produk? Woww.. aku juga suka belanja kalo fotonya bagus.
Comment Author Avatar
Blibli makin kreatif dan inovatif ya mba.....bagi yang ingin berjualan online gratis foto produk yang menarik, tentunya membuat untung berlimpah.... Jualan mudah, pelanggan datang, untung pun berlipat-lipat.....
Comment Author Avatar
Kebayang kalau produk yang dipasarkan sama dengan penjual lain.
Apakah tetap di foto gratis sama pihak blibli?
Comment Author Avatar
Kalo poto produk jadi kece dan marketable, jadinya produk makin laris manis tanjung kimpuuullll HEPI deh :D
--bukanbocahbiasa(dot)com--
Comment Author Avatar
Mantap kaka, tapi saya lebih suka di tokped hehe
Comment Author Avatar
Pelayanan blibli untuk seller keren sekali terlebih fasilitas gratis foto produknya pas bgt buat penjual pemula :)
Comment Author Avatar
Betul sekali, orang jualan online itu senjatanya foto. Tertarik atau tidak untuk belanja produk yang kita punya tergantung fotonya. Padahal tidak semua orang pinter moto. Bagus ini fasilitas dari blibli...
Comment Author Avatar
Saya juga kepincut sama Blibli karena ada fasilitas foto produk gratisnya itu lho, jadi profesional hasilnya kayak seller-seller besar
Comment Author Avatar
Alhamdulillah sejak adanya market place seperti blibli.com usaha saya jadi lebih luas jangkauannya. Dan pembelinya juga semakin banyak.
Comment Author Avatar
Mudah²an marketplace Blibli ini terus konsisten menyediakan layanan foto gratis utk para olshopper ya. Jd kan kayak fasilitas unggulan yg lain dr marketplace lain, gitu. Tfs yaa
Comment Author Avatar
jadi terlihat lebih profesional ya mbak, apalagi Foto-foto produknya pada cakep dan menggoda buat dibeli... makin laris deh
Comment Author Avatar
Setuju Mba, klo ada fasilitas gratis foto produk kyk begini. bikin jualan makin betah. Jadi bisa ngerjain hal yg lainnya selain foto produk
Comment Author Avatar
Wah baru tahu lebih mudah dan oraktis jualan di blibli. Jadi mikir habis ini mau jualan apa ya biar cepat kaya kaya sana.
Comment Author Avatar
Inovasi dan program bli bli ini keren banget. Selain bisa ningkatin penjualan ini juga ngangkat bisnis UKM di Indonesia sih. Semoga terus berlanjut deh ya
Comment Author Avatar
aku sekarang juga sudah mulai berfikir untuk menjual sebuah produk di marketplace, apalagi dengan yang dijanjikan blibli soal foto produk. Tentunya akan sangat membantu penjualan
Comment Author Avatar
Simpel dan fleksibel memang peran BliBli sebagai marketplace yang mendukung para pelaku UMKM untuk naik kelas. Dengan foto produk gratis, BliBli turut membantu branding produk tersebut supaya semakin menarik dan dikenal luas. Patut diapresiasi 👏
Comment Author Avatar
Blibli memang beda dari yang lain ya. Selain sering mengadakan workshop dengan merchant, Blibli juga menyediakan foto produk gratis yang pastinya menguntungkan merchant
Comment Author Avatar
Wah seru nih kalo sudah bicara dari hobi jadi bisnis, aku suka bget belanja d blibli karna produknya enak dilihat saat iklan ternyata ini toh sebabnyaa baru tahu aku mba
Comment Author Avatar
Salah satu fitur terbaik blibli.. salam kenal min..

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!