Widget HTML Atas

5 Alasan Utama Masakan Nusantara Wajib Jadi Makanan Favorit

Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke dengan  berbagai suku dan kebudayaan membuat masakan nusantara  beranekaragam dengan citarasa sesuai kearifan lokal. Dari Mie Aceh dibagian paling barat, soto lenthok di kota pelajar Jogjakarta hingga Papeda makanan khas dari wilayah Timur yaitu Papua.

Aneka masakan nusantara
Foto : sahabatufs.com

Menurut pakar kuliner Wiliam Wongso sekarang tren makanan indonesia peminatnya meningkat terus. Bahkan hotel-hotel berbintang pun yang tadinya lebih ke makanan barat juga menyediakan kuliner Indonesia dalam daftar menunya.

Lalu, apa sih yang membuat masakan nusantara itu istimewa daripada makanan lain? Berikut alasannya!


1. Setiap daerah Memiliki Makanan Khas 

Seperti dibahas di atas bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas masing-masing.  Bahkan masakan dengan nama yang sama tapi punya jenis rasa dan resep yang berbeda, sangat beragam. Misalnya, soto. Hampir setiap daerah ada masakan soto tapi dengan nama daerahnya dan bahan yang berbeda juga. Ada soto Lamongan, soto Medan, Coto Makassar, soto Betawi dan lainnya. 

Mencicipi aneka masakan ini merupakan surga bagi pencinta kuliner (food hunting). Pengalaman mencicipi makanan khas suatu daerah membawa kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya.

Tidak hanya itu masakan nusantara kaya citarasa karna dimasak sesuai dengan karakteristik daerah setempat, misalnya masakan Sumatera dikenal dengan rasa pedasnya, masakan Jawa tengah yang didominasi rasa manis, Jawa barat yang dikenal dengan masakan Sunda yang selalu dilengkapi lalapan atau Jakarta dengan masakan Betawi yang dominan rasa gurih.

2. Kaya Bumbu dan  Rempah-rempah

Tahu nggak sih! Kalau tujuan utama Belanda datang ke Indonesia adalah  untuk mencari rempah-rempah. Nusantara terkenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah antara lain lada, cengkeh, kunyit dan pala. Bangsa barat khususnya Belanda, sangat membutuhkan rempah-rempah tersebut  untuk ramuan penghangat badan, sebagai obat-obatan dan bumbu masakan.

Nah, hampir semua masakan nusantara diracik menggunakan rempah-rempah tersebut, sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang kuat dan khas, sangat menggugah selera. Tidak hanya itu, karena rempah memiliki khasiat tertentu sangat bagus bagi kesehatan tubuh.

3. Terkenal Sampai ke Mancanegara

Sebagai orang Indonesia wajar dong kalau kita bangga dengan kuliner nusantara kita, kenapa?  Dilansir dari CNN Travel dalam daftar 50 Makanan Terenak Sedunia, 3 diantaranya berasal dari Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, rendang dan nasi goreng menempati posisi urutan pertama dan kedua. Sementara itu, sate berada diurutan ke-14, mengalahkan berbagai masakan dari negara lain yang juga tidak kalah enaknya.

Jadi, kalau orang asing saja mengakui kehebatan kuliner kita, apalagi kita bukan?

4. Diolah Secara Tradisional

Apakah kesannya kuno? Wah, itu salah besar! Kebanyakan masakan nusantara diolah dengan menggunakan peralatan yang sederhana, misalnya menggunakan tungku, bumbu diulek pakai cobek atau dibungkus dengan daun. Justru dengan teknik sederhana tersebut makanan lebih sedap dengan aromanya yang khas dan wangi. Menambah selera makan. Percaya deh!

Meskipun begitu, karena alasan lebih praktis cara mengolah makanan sudah mulai banyak menggunakan peralatan masak kini, yang juga tidak kalah nikmatnya.

5. Resep Turun-temurun

Masakan nusantara hampir semua merupakan resep turun temurun yang diwariskan nenek moyang ke kita dan beberapa masakan ada unsur filosofinya lho! Misalnya, ketupat makanan yang selalu dihidangkan saat hari raya, ternyata kata ketupat singkatan dari ngaku lepat yang artinya mengakui kesalahan. Nggak nyangka ya?

Jas merah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Ya, sebagai generasi pewaris dari masakan yang istimewa ini tentu kita punya tanggung jawab untuk melestarikannya, salah satu caranya dengan menjadikannya makanan favorit kita kemanapun kita berada.

Sebagai orang Indonesia yang 99% seleranya tetap selera Indonesia, masakan nusantara selalu akan menjadi makanan utama yang dihidangkan di meja makan kita disetiap kesempatan. 

33 comments for " 5 Alasan Utama Masakan Nusantara Wajib Jadi Makanan Favorit"

  1. Yang paling saya suka sama masakan Indonesia yaitu rendang, setiap makan rendang selalu ada kepuasan tersendiri setelah menyantapnya

    ReplyDelete
  2. Wah, kalau saya memang paling suka makanan tradisional. Indonesia kaya budaya yg patut dibanggakan termasuk ragam kulinernya. Bahkan sudah mendunia kenapa kita tidak bangga kan. Siip.

    ReplyDelete
  3. Aku adalah pecinta masakan nusantara sejati. Mulai dari nasi goreng, aneka soto, aneka sate, rendang, gado-gado, asinan, gulai, tongseng, tempe mendoan, aneka gethuk, whoaaa ... banyak banget. Citarasa begini yang nggak akan ditemukand dari masakan luar.

    Rahasianya sudah tentu di aneka rempah-rempah yang kita punya ya, Kak. Kemanapun aku pergi, yang bikin kangen untuk segera pulang adalah masakan Indonesia itu.

    ReplyDelete
  4. masakan tradisional tuh selain enak dan khas kadang punya cerita tersendiri sih ya menurutku yang bikin itu jadi istimewa

    ReplyDelete
  5. Pada dasarnya memang masakan tradisional Indonesia itu enak cuma kalau aku pribadi karena gak pandai mnegolahnya jadi rasanya biasa aja. Kayak rendang gitu aku gak pernah bikin sendiri. Nasi goreng juga gak terlalu ahli, hehehe, pokoknya kalau mau makanan tradisional harus jajan di luar.

    ReplyDelete
  6. Bener banget nih, tiap ketemu orang luar jawa katanya mereka suka masakan jawa karena rempah-rempahnya kerasa sekali. Btw, pas suamiku pernah ke gorontalo ya katanya lidahnya enggak cocok sama masakan sana karena gak banyak rempah, hihi

    ReplyDelete
  7. Kalau akuh si iyees, bagaimana pun masih menempati tempat tertinggi di hatiku makanan tradisional ituu. Walau masakan luar negri ada juga yang kucinta seperti pizza dan spagheti. Tapi tetap saja aku cinta iwak mangut asli Semarang ku he he

    ReplyDelete
  8. yang pastinya juga enak ya mba haha, karena makanan nusantara itu emang beda sih sama makanan lain. ya mungkin karena udah lahir di sini juga kali ya, jadi ya cocoknya emang makanan nusantara. tapi tetap aja paling dikangenin kalo lagi di luar negeri tuh makanan nusantara haha

    ReplyDelete
  9. Benar banget mba, ini yang saya rasakan meski telah bertahun-tahun di negeri orang tapi rasa cinta pada masakan tanah air gak bisa pupus. Dan, satu-satunya cara untuk mendapatkan selera lokal tersebut adalah dengan mencoba memasaknya sendiri. Alhamdulillah, saya jadi tahu sedikit-sedikit tentang masakan tanah air dan lebih mencintainya justru setelah berada di negeri orang.

    ReplyDelete
  10. Masakan Nusantara memang yang terbaik pokoknya, cintanya tuh sudah pool banget. Lidah saya kurang cocok sama makanan luar, apalagi yang roti-rotian.

    ReplyDelete
  11. Saya paling suka masakan Indonesia. Ragamnya kaya, bumbunya khas, rasanya ... nggak kalah dengan makanan mancanegara.

    ReplyDelete
  12. Yuni termasuk orang yang nggak rewel masalah makanan. Apalagi masakah nusantara. Apa aja suka. Sebut saja sate Madura, pempek Palembang, Rendang Padang. Dan masih banyak lagi yang lainnya. Hehehe

    ReplyDelete
  13. Aku suka wisata kuliner makanan nusantara mba. Lebih pas di lidah hehe. Tapi sesekali juga pengen sih nyantap makanan luar gitu. Dan aku setuju, masakan nusantra nggak pernah ngebosenin. Pilihannya juga buanyaaak.

    ReplyDelete
  14. Biasanya yang jadi khas sebuah makanan di suatu daerah itu berasal dari kekayaan alam di daerah itu sendiri. Seperti daerah yang berada di pesisir biasanya punya makanan khas dari hasil laut dan sekitarnya.
    Dan karena Indonesia memiliki banyak hasil bumi, pasti masakan nusantara cukup beragam ya ...

    ReplyDelete
  15. Setujuuu..
    Masakan nusantara itu khas bumbunya...dan lengkap. Jadi rasanya nikmat. Wahhh jadi kangen kulineran nihhh...smg corona sgra berlalu

    ReplyDelete
  16. Setuju mba. Wajib juga menurut aku karena lidah aku mah lidah Indonesia. Jadi terbiasa kalau makan itu, makanannya harus kuat bumbunya, harus banyak rempah-rempahnya. Makanya pas makan masakan jepang, aku tetep lebih suka masakan padang wkwkwkw 😂

    ReplyDelete
  17. Jujur aja, lidahku Indonesia banget. Jadi makanan favoritku ya masakan indonesia semua. Terutama yang banyak bumbunya. Sedap gilak! Hahaha

    ReplyDelete
  18. Keren ya. Rendang, nasgor, dan sate masuk dalam daftar urutan. Masakan itu enak. Tapi arsik ikan mas juga nggak kalah enak.


    Baru tau lah singkatan ketupat ternyata itu.

    ReplyDelete
  19. Aku kalau lagi jalan-jalan ke luar daerah pasti penasaran dengan soto khas daerah masing-masing hahhaha
    Tapi kalau ditanya favorit ku tetap mpek-mpek hihihi

    ReplyDelete
  20. Ini kami banget kak, walaupun banyak bertebaran masakan mancanegara. Tapi tetap favorit masakan nusantara.

    ReplyDelete
  21. Justru bikin masakan tradisional lebih butuh effort ya kak.. ngafalin bumbu, belom lagi masaknya mesti pake feel.. beda dengan masakan modern yang odeng oseng Aja jadi..

    Orang dulu mAh bikin masakan pake filosofi makanya long lasting ..

    ReplyDelete
  22. Saya cenderung suka makanan tradisional. Kl jalan jalan ke daerah pasti yg dicari makanan khas daerah setempat 🙏😀

    ReplyDelete
  23. hmmm jam segini baca blog ttg makanan :D saran kak, banyakkan foto makanannya hihi

    ReplyDelete
  24. Syukurnya lidah anak kami bisa masuk semua makanan. Kadang dikasih tetangga makanan khas dari daerah lain yang belum pernah dicicipi anak-anak tetap suka.

    ReplyDelete
  25. Saya sukanya nasi goreng sih. Hihi, tapi kalau ditelusuri lebih lagi makanan nusantara itu beragam dan pastinya cocok di lidah saya. Heheh...

    ReplyDelete
  26. Betul sekali Kak Yanti,, masakan nusantara itu banyak bumbu khasnya ya, yg gak ditemui di masakan² impor hehe... Tfs ya Sis

    ReplyDelete
  27. Banyak memang orang LN yang menyukai masakan Indonesia.
    Bahkan jadi youtuber yang khusus kuliner Indonesia.
    Saya suka nonton yg seperti ini.
    Misalnya youtubenya Hari jisun, coba tomsam, dan channelnya Bnay channel, org indonesia yang menikah dengan orang kanada dan memperkenalkan masakan indonesia ke teman2nya orang kanada juga.

    ReplyDelete
  28. Saya termasuk yg suka banget masakan indonesia sih kak. Misalnya nih, kalau ada nasi padang sama pizza, saya masih milih nasi padang aja hahaha

    ReplyDelete
  29. Masakan daerah memang sangat khas, bahkan setiap masakan daerah punya rasa yang tidak bisa didapatkan di tempat lain

    ReplyDelete
  30. Kaya rempah itu yang susah dicari di masakan negara lain. Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bermacam bumbu rempah yang memperkaya citarasa di dalamnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berlangganan via Email