Widget HTML Atas

Sehat dan Bersih Saat Menstruasi, Seberapa Pentingkah?

Sehat dan Bersih Saat Menstruasi. Dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi tanggal 28 Mei, Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Mundipharma Indonesia dan Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia menyelenggarakan Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’. Acara ini diadakan secara live streaming melalui Youtube dan Zoom yang diikuti sekitar 1000 perempuan Indonesia.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari acara ini adalah meningkatkan kesadaran wanita tentang pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Bagai gayung bersambut, Mundipharma Indonesia juga meluncurkan kampanye #YangIdeal merupakan kampanye edukatif yang mengajak para wanita agar senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaannya secara tepat juga sesuai kebutuhan.

Sehat dan Bersih Saat Menstruasi
Gambar : Dok. Pribadi

Sebagai informasi bagi yang masih awam, Hari Kebersihan Menstruasi itu diperingati tanggal 28 Mei setiap tahun. Tujuan peringatan ini untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman perempuan  pentingnya MKM, sekaligus mematahkan pandangan negatif terkait menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat. Semua  pihak baik pemerintah, organisasi, pihak swasta juga masyarakat luas terlibat dalam aksi tahunan ini.

Sepanjang acara berjalan dengan lancar. semua pihak baik narasumber maupun peserta begitu antusias mengikuti acara ini hingga selesai. Secara pribadi, sebagai perempuan merasakan banyak manfaat yang saya dapatkan selain semakin tahu banyak tentang penting MKM juga beberapa hal yang baru saya ketahui.

Acara diawali dengan pemaparan dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid, yang juga merupakan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta,  menjelaskan bahwa menstruasi merupakan proses biologis yang normal dialami oleh setiap perempuan dan idealnya sebelum seorang anak perempuan mengalami menarke (menstruasi pertama kali), seyogyanya dia telah mendapatkan pengetahuan tentang MKM ini, agar si anak dapat menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan selama masa menstruasi, serta tetap bisa beraktivitas dengan nyaman.

Sayangnya, masih penuturan beliau 5 dari 10 anak Indonesia tidak tahu apa yang perlu mereka lakukan saat menarke dan bahkan 1 dari 2 anak yang tahu bahwa menstruasi adalah tanda fisik perempuan bisa hamil.

Oleh karena itu, beberapa upaya telah dilakukan misalnya adanya Usaha Kesehatan Sekolah untuk mengedukasi mengenai MKM untuk usia anak sekolah dan remaja.

Beberapa Manajemen Kebersihan Menstruasi yang bisa diterapkan adalah sebagai berikut :

  • Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) adalah pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi.
  • Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi.
  • Perempuan memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga.

Jika hal ini diabaikan dikhawatirkan akan berpengaruh bagi kesehatan tubuh, seperti dijelaskan Prof. Dwiana bahwa perawatan area vagina perlu diperhatikan setiap hari, kalau tidak berisiko meningkatkan infeksi seperti keputihan, bau tidak sedap, gatal vagina, peradangan, hingga  penyakit serius seperti kanker serviks.

Wah, serem yah!

Mengingat resiko yang ditimbulkan saat besar, maka pertanyaannya siapa nih yang bertanggungjawab pertama kali dalam mengedukasi anak remaja putri ini. Tentunya orangtua, terutama oleh ibu pihak yang paling dekat dan sering berkomunikasi dengan anak. 

Tips dari Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi. yang juga Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta bahwa ibu perlu membekali diri pengetahuan terkait MKM dan sesering mungkin meluangkan  waktu  untuk membicarakan topik ini dengan anak agar kelak dia telah siap sedia dan tahu apa yang perlu dilakukan saat menstruasi. Bersikap positif dan tidak menganggapnya tabu, menstruasi adalah hal yang normal.

Ibu juga disarankan berdiskusi dengan anak laki-lakinya, agar mereka lebih menghargai wanita dan bisa membantu jika dibutuhkan.

Selain itu, mbak Mada Shinta Dewi selaku Country Manager Mundipharma Indonesia menjelaskan juga dari tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1.000.000 perempuan Indonesia lho!

Dengan adanya buku tersebut, para wanita semakin paham bagaimana cara menjaga miss V dengan benar dan nyaman saat beraktivitas saat mentruasi. 

Tidak hanya itu saja, Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif  #YangIdeal mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan. 

Sehat dan Bersih Saat Menstruasi
Gambar : Instagram Betadine

Dalam hal ini BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik seperti Betadine Feminine Wash, pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik, pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator, hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable. Untuk pembelian  dan bisa diinfo produk bisa di : https://shopee.co.id/betadineofficial

Webinar kali ini benar-benar menambah wawasan terutama bagaimana cara sehat dan bersih saat menstruasi dan mengapa itu sangat penting diperhatikan oleh wanita.


4 komentar untuk "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi, Seberapa Pentingkah?"

  1. syukurnya lagi di indonesia sudah ada cuti khusus mens! ya walaupun kudu ke dokter dulu untuk minta surat sakit. tp emg banyak bgt hal tabu ttg mens yg perlu diluruskan.

    BalasHapus
  2. Senang sekali ikutan webinar satu ini kak, jadinya bisa tau banyak hal tentang edukasi anak kita nanti tentang menarke dan juga manajemen kebersihan menstruasi.

    BalasHapus
  3. Karena webinar ini saya jadi lebih teredukasi lho kak, bagaimana nanti caranya menghadapi pertanyaan anak mengenai menstruasi, anak laki2 pun harus mendapatkan edukasi mengenai ini agar lebih menghargai perempuan ke depannya

    BalasHapus
  4. Bagus ya webinar nya, tentang hal yg paling urgent dr wanita yaitu haid. Secara haid adalah takdir sbg wanita utk bereproduksi. Ahh keren lah dpt ilmu baru

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!