Ini Cara Mengobati Herpes Zoster

Hi, Sobat Blogger!

Kamu sudah tahu belum tentang herpes zoster? Nah kali ini akan dibahas tentang cara mengobati herpes zoster. Namun sebelum itu akan dijelaskan dulu dalam paragraf pembuka ini pengertiannya. 


Cacar air, cacar ular
Genengnews.com
Herpes zoster itu ialah ruam yang ada di kulit. Penyakit ini cukup nyeri dan sakit. Dilansir dari hellosehat.com penyebabnya adalah virus varicella zoster yang masuk ke dalam tubuh.

Biasanya masyarakat menyebut penyakit ini cacar ular atau cacar air. Tanda yang dapat diamati dari herpes zoster adalah biasanya muncul di kulit dengan satu garis di sisi wajah maupun badan. 

Umumnya penyakit ini banyak dialami oleh orang dewasa. Mereka rata-rata memiliki sistem kekebalan tubuh yang tidak terlalu kuat dalam melawan virus. Kekebalan tubuh melemah diakibatkan oleh stres, penggunaan obat-obatan tertentu, atau cedera.

Kebanyakan yang telah terserang penyakit ini hanya mengalami sekali seumur hidupnya. Setelah itu tidak terserang lagi. 

Namun bukan menutup kemungkinan herpes zoster dapat datang lagi, meskipun jarang sekali ditemui kasusnya. Virus yang menyerang tubuh hingga membuat tubuh sembuh kembali, bukan berarti virusnya hilang. Namun virus akan bersarang secara pasif di dalam tubuh, lebih tepatnya di akar saraf. 

Ada juga manusia yang terserang penyakit ini, virusnya aktif selamanya di dalam tubuh. Dan akan kambuh saat orang tersebut stres atau karena mengkonsumsi obat yang dapat memicu virus aktif lagi. Makanya kamu harus paham betul perlakuan yang tepat apa yang ideal untuk tahu cara mengobati herpes zoster. 

Berikut akan dijelaskan lebih lanjut. Mari membaca sampai tuntas.

1. Tips mengobati Herpes Zoster

Cara mengobati herpes zoster adalah dengan mengkonsumsi obat ibuprofen atau acetaminophen. Salah kaprah jika diobati dengan krim kecuali krim yang dianjurkan dokter. Untuk ana-anak hindari penggunaan aspirin karena dapat mendatangkan resiko terkena penyakit sindro reye. 

Penyakit ini menular ke orang lain. Maka dari itu harus benar-benar dijaga dengan tidak terlalu dekat dengan penderitanya. Bukan bermaksud untuk menjauhi, tapi untuk menghindari penyebaran yang membuat orang lain tertular. Itu lebih baik. 

Yang terkena herpes zoster sebaiknya menghindari bertemu orang lain sampai kisaran 7 hari. Atau jika bertemu orang lain, usahakan penyakitnya tertutupi.

2. Temui Dokter

Untuk mendapatkan pengobatan yang efektif, langkah yang paling tepat ditempuh adalah dengan menemui dokter, berkonsultasi menemukan pengobatan yang terbaik. Kamu perlu menghubungi dokter bila ruam yang ada di tubuh terasa sangat gatal. 

Selain itu, jika berada di mata juga harus segera menemui dokter karena itu berbahaya bagi saraf mata. Apalagi jika sampai 14 hari dan membuat kondisi sakit semakin memburuk, wajib hukumnya untuk menemui dokter.

3. Tips Mencegah Herpes Zoster

Selain dengan cara mengobati herpes zoster, penyakit ini dapat diatasi dengan mencegahnya. Herpes zoster penyakitnya dapat dicegah. Yaitu dengan memberikan vaksin. Meskpiun tidak menjamin herpes zoster dapat minggat dari tubuh kamu, setidaknya dapat mengurangi menular ke orang lain. Sekalipun terserang, gejalanya ringan.

Selain itu juga menghindarkan dari resiko neuralgia postherpatic. Ini adalah bagian dari upaya untuk mencegah. Vaksin yang diberikan adalah virus hidup, yang penggunaannya tidak dapat dilakukan ke sembarangan orang.

Sekarang kamu punya pengetahuan yang cukup tentang herpes zoster. Dengan membaca artikel ini kamu kini telah memiliki bekal untuk mengobati herpes zoster secara efisien dan efektif. Sekian untuk artikel ini semoga bermanfaat.

Sumber: alodokter.com

18 Responses to "Ini Cara Mengobati Herpes Zoster"

  1. Makanya penting banget untuk jaga kesehatan, agar kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik

    ReplyDelete
  2. Ada yang mengatakan kalau ini penyakit tidak menular. Tapi Alfie sih beranggapan ini menular. Yang benar, yang mana ya kak?

    Apalagi pakai handuk mau pun barang barang yang dikenakan oleh penderita Herpes.

    Dan sebenarnya ini penyakit akibat apa sih kak? Salah konsumsi makan atau apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menular bang Alfie, tapi kalau sudah pernah biasanya sih tubuh sudah kebal

      Delete
  3. DAN Biasanya Kalo 1 OrangaAja YANGkKena cacar, Nanti Temen sekelasnya bakalan Kena juga Ya kKan Kak, tentunya YANGlagi rRendah imunitas tubuhnya

    ReplyDelete
  4. Wuah, kalau sudah virus begini. Saya langsung waspada. Apalagi kulit saya sifatnya sensitif banget. Engak kebal sama penyakit kulit.

    ReplyDelete
  5. Nah, seringnya memang salah kaprah ya,, herpes diobati cm dg krim atau obat luar. Padahal musti vaksinasi ya. Mantap infonya nih Kak. tfs yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak, tapi tetap ada yang anti vaksinasi

      Delete
  6. Inget orangtua dulu, ngobarin herpes ini pake bekas sirih orang yang lahirnya sungsang. Padahal serem kan takutnya malah infeksi.

    ReplyDelete
  7. Ngerih yaa. Dulu orang tua saya pernah kena seperti ini tapi orang nyebutnya dompo entah sama entah enggak.. Hehee

    ReplyDelete
  8. Waduh serem juga ya penyakit herpes gini, gatal dan perih. Vaksin memang solusi untuk menghindari penyakit ini ya kak.

    ReplyDelete
  9. Saya pernah mengalami hal ini waktu SMP dan memang terkesan dijauhi dan saya malu karna bekasnya sampe skrg bln hilang sepenuhnya di kaki, dulu sampai wajah bercak nya ada haha

    ReplyDelete
  10. apalah penyebabnya ni kak? maksudnya baju kotor atau lingkungan rumah lembab kah??

    ReplyDelete
  11. Holly gosht, saya merinding parah lihat fotonya. Serem amat yak.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel