5 Langkah Ajari Anak Mencuci Baju Sendiri, Dicoba Yuk Moms!


Menurut Moms, perlu gak mengajari anak mencuci baju sendiri? Kalau aku sih, perlu banget! Ini salah satu life skill yang perlu dikuasai oleh seorang anak. Dari situ, mereka akan belajar arti sebuah tanggung jawab dan kemandirian.

Terkadang orang tua merasa tidak tega, mengingat usia yang masih muda dan menganggap anak juga sibuk dengan tugas sekolahnya. Jadi kasihan anak bisa lelah dan takut cucian tidak bersih.

Tahukah Moms! Dr. Deborah Gilboa, seorang pakar tumbuh kembang anak  mengatakan bahwa dengan memberi anak tugas di rumah seperti mencuci baju sendiri, orangtua mengajari anak memiliki karakter yang baik dan kemampuan menyelesaikan masalah. Menurut beliau, bahkan  anak umur 8 tahun seharusnya sudah bisa menggunakan mesin cuci sendiri.

Anak-anak akan segera tumbuh dewasa, mereka mau tidak mau harus mengurus diri mereka sendiri. Semakin dini pelatihan ini dilakukan semakin baik, agar anak menjadi terbiasa.

Pada proses ini, orang tua harus lebih sabar dan bersikap masuk akal. Kenapa? Umur mereka masih muda dan baru mulai belajar tentu saja hasilnya tidak serta-merta seperti yang diharapkan tapi seraya waktu berlalu dan ketelaten Moms pasti akan membuahkan hasil suatu saat nanti. Alah bisa karena biasa kan, Moms?

Foto : Instagram @ruben_onsu
Kalau begitu, darimana memulai mengajari anak mencuci baju? Setidaknya, 5 langkah berikut ini yang bisa Mom terapkan!

1. Memisahkan Pakaian Kotor

Langkah pertama, perkenalkan cara memisahkan pakaian kotor. Kain yang mudah luntur harus dipisahkan dengan yang tidak. Demikian juga pakaian berwarna putih, tidak boleh digabung dengan kain berwarna. 

2. Merendam Pakaian

Kegiatan selanjutnya, ajarkan anak agar merendam pakaian yang telah dipisahkan tadi, tujuannya agar noda atau kotoran yang lengket di pakaian lebih mudah dibersihkan. Biasanya tahap ini sekitar 30 - 60 menit saja sudah cukup karena kalau kelamaan cucian bisa bau.

Oh, ya, Moms juga bisa membaca bersama dengan anak petunjuk pemakaian dan takaran deterjen yang digunakan, biasanya tertera di kemasan. Beritahukan anak agar jangan menuangkan deterjen terlalu banyak agar lebih mudah dibilas dan lebih menghemat air juga.

3. Mengucek atau Menyikat Pakaian

Ajak anak untuk mengucek pakaian yang telah direndam. Sebaiknya, terlebih dahulu Moms perlu memberikan contoh cara menyikat dan mengucek pakaian yang benar agar bisa ditiru. Jelaskan bagian-bagian mana saja yang perlu perhatian lebih ekstra misalnya kerah baju, saku celana dan lain sebagainya.

Biasanya, bagian ini paling disukai oleh anak-anak karena bisa bermain gelembung sabun. Moms bisa bermain dengannya, namun sebaiknya tidak terlalu lama agar anak bisa  fokus menyelesaikan cuciannya. 

4. Membilas Pakaian

Selanjutnya ajak anak untuk membilas pakaian yang telah disikat. Beritahukan bahwa bilasan bisa dilakukan 2-3 kali. Bilasan yang pertama untuk membersihkan busa sabun, lalu yang kedua untuk membersihkan deterjen yang mungkin masih tersisa dan bilasan terakhir tuang pengharum pakaian.

5. Menjemur Pakaian dan Mengangkat Pakaian yang telah Kering

Moms, masih perlu mengajari anak hingga tahap ini. Tujuannya, agar si anak belajar menyelesaikan tugasnya sampai tuntas. Sehingga kelak, dia lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.

Tahap ini, Moms bisa mengajarinya cara  menggunakan gantungan atau jepitan baju. Juga cara melipat baju yang kering agar lebih mudah disetrika nantinya.

Alah Bisa Karena Biasa
Sebaiknya, Moms juga perlu menjelaskan ke anak agar setelah mencuci pakaian terutama setelah menggunakan sabun atau deterjen perlu mencuci tangan sampai bersih agar tidak merusak kulit tangan karena sebagian orang ada yang kulitnya sensitif akibat alergi sabun.

Selain mencuci baju dengan tangan, jika ada mesin cuci di rumah, Moms bisa juga mengajari anak cara menggunakannya. Tetapi, karena ini menggunakan alat listrik maka perlu pengawasan lebih intens dari orang dewasa.

Jika anak telah mahir mencuci baju sendiri, ini bisa mengurangi pekerjaan rumah Moms, dan yang terpenting anak lebih bertanggung jawab, mandiri dan lebih empati. Gimana Moms? Mengingat manfaatnya, harus tega ya!

17 Responses to "5 Langkah Ajari Anak Mencuci Baju Sendiri, Dicoba Yuk Moms!"

  1. Dulu waktu masih kecil, orang tua saya juga mengajarkan anak-anaknya untuk bisa mencuci baju sendiri. Kalau gak salah sejak SMP kami sudah diajarkan cara mencuci baju.
    Kalau anak sekarang mungkin lebih ke arah belajar mengoperasikan mesin cuci kali ya ..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba SMP juga aku mulai cuci baju sendiri

      Delete
  2. Aku baru di tahap ngajarin anak misahin pakaian kotor dan ajak anak bantu jemur pakaian nih mbak sisanya masih on proses hihi

    ReplyDelete
  3. Anak saya yang kecil suka main cuci-cuci baju juga Mbak. Kalau mandi, dia mencuci pakaian dalamnya sendiri pakai sabun mandi. Biasanya sih aku biarkan, tapi tetap tak awasi, biar tidak berbuntut panjang yang akhirnya mainan air. Memang harus kita biasakan dari kecil ya Mbak, melatih anak bertanggung jawab dan mandiri, salah satunya dengan belajar mencuci baju sendiri. Makasih sharingnya Mbak.

    ReplyDelete
  4. Bagitu ya ngajarinnya sambil main-main dulu. Nanti makin besar, dia udah biasa deh. Terutama misahin pakaian juga perlu. Minimal, tiap mandi cuci daleman sendiri, udah bagus banget tuh...

    ReplyDelete
  5. Dulu waktu aku SD, kayanya belum ada mesin cuci. Jadi tiap 2 hari, kalo pulang sekolah ibuku sudah "nyanyi" ngingetin cuci baju sekolah sendiri. Baca artikel ini jadi inget, betul juga ya anak2 harus dilatih sedini mungkin, kan dulu ortunya juga gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dulu mungkin sudah biasa ya mba, sekarang karena serba praktis semua maunya dilaundry saja

      Delete
  6. Saat ini anak-anakku nyuci tas sekolah dan sepatu sendiri. Kalau baju karena di rumah pakai mesin cuci juga sudah kuajari cara nyuci..biasa pas Minggu saat libur. Tapi bagus juga kalau diajari pakai tangan nyucinya ya..nanti kalau kos pas kuliah ga bingung lagi

    ReplyDelete
  7. Dulu, emak yuni nih beranggapan begitu. Udah kamu nggak usah bantuin. Alasannya ya begitu. Aku fokus saja sama sekolah. Nanti kalau kamu yang nyuci nggak bersih. Gitu-gitu lah. Hehehe

    ReplyDelete
  8. bener nih, anak-anak harus respect sama pekerjaan rumah tangga. supaya enggak semua ibunya yang membereskan rumah. jadi, ada rasa empati yang dimiliki anak dalam rumah dan semangat juga membantu orang lain di lingkungan. minimal mencuci peralatan makan sendiri hingga bisa mencuci bajunya sendiri. semoga kita dimudahkan mendidik anak mandiri. aamiin

    ReplyDelete
  9. Anak-anakku juga belajar Mbak, ya meskipun sekedar pakaian dalam. Kalau sepatu sandal, mereka sudah nyuci sendiri. Rutin 2 minggu sekali. Buat melatih disiplin juga sih.

    ReplyDelete
  10. Setuju banget mom anak-anak emang harus diajarin life skill sejak kecil. Anakku yang gede sih sukanya nyuci pirjng gelas ketimbang nyuci baju. Kadang dia lebih suka nyuci sepatu ama tas sekolahnya. Yowes gakpapa yang penting mau latian.

    ReplyDelete
  11. Betul mbak. . Harus tega & berani jadi ibu teh ya. Biar anak2 bisa mengurus dirinya sendiri. Mulai dari mencuci baju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang dipikir agak tega padahal untuk kebaikan mereka juga, karena kita ortu yang selamanya disisi mereka dan keadaan juga bisa berubah setiap saat

      Delete
  12. Setuju mba anak sejak dini kudu tahu pekerjaan rmh seperi mncuci pakaian. Pelan pelan disesuaikn dgn umur. Bkn tega tp perlu pembelajaran.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel