Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Serunya Belajar SEO On Page dengan Coach Bahrul Ilmi

Belajar SEO On Page
Foto : Facebook Bahrul Ilmi

Serunya Belajar SEO on Page dengan Coach Bahrul Ilmi. SEO on page adalah optimasi SEO yang kita lakukan dari dalam blog kita sendiri, begitu kata Coach Bahrul Ilmi. Masih menurut beliau optimasi yang dilakukan diluar blog disebut SEO off page

Sebagai blogger pasti ingin tulisannya terbaca di google searching, bukan? Syukur-syukur bisa tampil di halaman pertama. Maka, seorang blogger belajar SEO dasar adalah suatu keharusan.

Beberapa Langkah yang Perlu Diperhatikan dalam SEO On Page Sebuah Artikel

Sebelum artikel diposting di blog, seorang blogger perlu mengoptimasi terlebih dahulu. Berikut beberapa hal dasar yang bisa diterapkan.

1. Judul artikel mengandung keyword

Kata kunci utama yang ditargetkan harus ada dalam judul. Misalnya, tips membeli laptop. Ingat! Panjang judul sebaiknya jangan lebih dari 55 atau 60 karakter.

2. Menyisipkan keyword di permalink 

Kata kunci juga harus ada di permalink seperti artikel ini. Coba perhatikan, dibagian url-nya terdapat kata kunci yang sama dengan judul. Sebaiknya panjangnya jangan lebih dari 75 karakter agar tidak terpotong dan mengurangi kekuatannya.

3. Menyisipkan Keyword di meta deskripsi

4. Menyisipkan keyword diawal paragraf pertama

5. Optimasi tag heading

6. Optimasi gambar

7. Menggunakan outbond link

8. Menggunakan internal link

9. Submit ke GSC

10. Share ke medsos

Langkah di atas merupakan sebagian materi yang dibahas di kelas menaikkan DA yang diarahkan beliau.

Penasaran Siapa Sih Bahrul Ilmi? 

Bahrul Ilmi biasa dipanggil Coach Baim, adalah seorang anak muda yang bertalenta dan baik hati. Dia tinggal di kota Pontianak meskipun begitu mengais rejeki di ibukota sebagai Web content Writer di Indoblognet. Kok bisa? Ya, iyalah jaman internet sekarang ini apa sih yang gak bisa. Itu juga alasan aku terjun sebagai blogger, sebagai persiapan hari tua. Hehehe.

Kisah Baim ini menarik dan sangat memotivasi. Dalam blognya yang dikelolanya dia menulis kata-kata yang menyentuh hati.
Keterbatasan bukanlah halangan, melainkan tantangan yang harus bisa ditaklukkan. Saya mencobanya dengan menulis dan berbagai banyak informasi kepada orang lain melalui blog. Bisa membantu orang lain menyelesaikan masalah mereka tanpa terkendala jarak dan waktu adalah satu hal yang menyenangkan. Itulah kenapa sejak 2011 hingga sekarang saya betah di dunia kreatif ini.

Tidak perlu takut orang akan melihatmu sebelah mata ketika hanya melihat dari segi fisik. Sebab, jika dirimu bisa melakukan sesuatu yang berarti untuknya, mereka akan melupakan apa yang kita sebut kekurangan. Teruslah belajar, perbaiki diri, jadilah berguna bagi orang banyak.
Ucapannya ini dibuktikan dengan prestasi misalnya, juara 1 kompetisi nasional dan regional Lomba Teknologi Informasi Komunikasi bidang Internet yang selenggarakan Kemenkominfo Tahun 2017 dan segudang prestasi lainnya. Fyi, coach Baim merupakan penyandang disabilitas daksa. 

Kepribadiannya yang sabar saat menjawab berbagai pertanyaan, cita-citanya yang mulia untuk membantu orang lain serta semangatnya untuk fokus terus belajar sesuai minatnya misalnya mulai ngeblog  dari 2014 hingga saat ini juga mendalami SEO dalam 2 tahun terakhir, merupakan point yang perlu diteladani dari beliau. Proud of you, Coach! Keep learning, stay humble and keep your ideals fisrt.

Keseruan di Kelas Menaikan  DA (Domain Authority) Gratis

Apa sih hal yang sering dibicarakan oleh para blogger? Topik yang selalu hangat itu adalah Domain Authority atau DA. Kenapa? Mayoritas blogger ingin mendapatkan hasil rupiah dari blog yang dikelolanya minimal bisa menutupi pengeluaran untuk bayar domain dan hosting meskipun tidak dipungkiri ada juga blogger yang memang tujuan murni untuk menulis saja. 

Rerata para pemberi job mensyaratkan nilai DA tertentu, semakin tinggi peluang semakin banyak dan nominal rupiah juga semakin tinggi. Maka tidak mengherankan para blogger berupaya agar DA blognya semakin tinggi.

Ada berbagai opini diantara sesama blogger berkembang agar DA blognya naik dengan saling blogwalking, menulis artikel organik secara rutin, arisan blog dan masih banyak lainnya. Jujur, trik-trik tersebut telah aku coba semuanya. Hasilnya? Seperti gerak siput sangat lambat, stagnan bahkan beberapa bulan terakhir dari 9 anjlok ke 6. Menyedihkan!

Syukurlah, ketemu dengan kelas ini. 

Kelas yang digawangi oleh coach Masirwin dan coach Pewe ini selain coach Baim dengan materi tambahannya, semua trik tersebut terbantahkan. Walaupun ada pengaruhnya tapi tidaklah seberapa.

Buktinya? 


Hanya dalam 2 minggu DA aku naik dari 6 ke 12 juga teman-teman  lainnya bahkan seorang peserta dalam seminggu dari 8 melonjak tajam ke 15. Luar biasa bukan? Semua sangat antusias dan bahagia.

Tapi, dibalik itu semua ada perjuangan yang telah dilakukan. Tugas-tugas yang hampir setiap hari ada dan pecutan motivasi yang bikin spot jantung tujuannya agar konsisten melakukan kewajiban agar bisa maksimal. Oh, ya, yang suka bikin deg-degan peserta ini ada deh orangnya gak usah dikasi tau mending gabung kelasnya saja! 

Tapi, so far kelasnya benar-benar enjoy dengan guyonan-guyonan lucunya. Keunggulan lain kelas ini menurut aku dibanding beberapa kelas yang pernah saya ikuti pada kolaborasi banyak coach, kadang satu ngegas yang lainnya menenangkan atau satunya menjawab dengan canda 'gak serius' satunya menjawab serius. Bikin betah deh!

Kelas ini juga meskipun gratis dan menjanjikan DA naik tapi gak semudah yang dibayangkan ya, buktinya ada beberapa yang drop out sebelum kelas selesai. Jadi perlu persiapan diri yang serius jika ingin bergabung. Menariknya, grup ini dari beberapa peserta pada akhirnya kebanyakan para emak-emak yang bejibun aktifitas di rumah maupun di luar yang bertahan.

Secara spesifik aku ingin berterimakasih telah diajak bergabung di kelas ini, buat para coach semoga kebaikan yang telah kalian berikan akan diberi keberkahan dalam setiap aspek kehidupan.

 
Kelas Jago SEO on page


Bagi teman blogger yanag ingin bergabung silakan ikuti medsos mereka untuk mendapatkan informasi dan yang ingin mengupgrade ilmu SEO lebih dalam bisa menghubungi atau mengklik gambar di atas. 

64 komentar untuk "Serunya Belajar SEO On Page dengan Coach Bahrul Ilmi"

  1. Wah...ternyata banyak yah yg ikut kelasnya mas Irwin-PeWe. Baru tahu kalo mas BaIm gabung juga. Keren, master semua. Terbayar deh perjuangannya. Sip...sip...

    BalasHapus
  2. Beruntung banget bisa belajar di kelas itu ya Mbak. Wah kelas jago SEO on page dalam 2 minggu harusny nggak boleh ketinggalan tu.

    BalasHapus
  3. Lalala yeyeye jadi tambah semangat ikut kelasnya ya mba hihi. Semangat Tim orangeeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirimu paling senang kulihat, eh gak deh aku juga lalala yeyeye...

      Hapus
  4. Materi ini cakep banget ya kak. Kemarin emang niat banget pengen belajar SEO ini tapi belajar sendiri kok gak mudeng. Eh bersyukur gabung di sini. Jadi semangat belajarnya.

    BalasHapus
  5. emang seru banget, tiap hari deg2 serr, semoga bisa lulus ya kak..

    BalasHapus
  6. Super duper keren, DA naik sebegitu drastisnya. Saya ke angka 20 dari 16 saja berdarah-darah eh setahun lebih waktunya. Makain semangat jadinya ya mbak, perjuangannya terbayar. Semoga makin sukses ngeblognya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan aku jadi penasaran dong dengan kelas yang ditawarkan. Kepoin ah, Para Master ini coach-nya. Pantesan saja hasilnya ketjeee semua

      Hapus
  7. Belajar SEO memang selalu menyenangkan. Kadang SEO juga bukan sekadar teknik tapi juga seni.

    BalasHapus
  8. wah, i have good info when i read your story about this product. Thanks for your sharing

    BalasHapus
  9. Wuah, keren banget. Jadi pengen ikutan juga. Pengen juga bisa dapat job dari tulis menulis di blog. Rasa kepengen ini masih distop dulu kalau sekarang. Dudu, pengen cepetan tamat kuliah deh biar bebas menjelajah ke dunia tulis menulis.

    BalasHapus
  10. Luar biasa ya mba...perjuangn dan pembelajaran menghasilkn DA yg memuaskan. Seruuu...top deh mba dr 6 jd 12 dlm 2 minggu. Mantabs...

    BalasHapus
  11. waahhh sungguh menginspirasi banget ini coach Baim yah kak, salamin dari saya yaah... pengen belajar juga sih . semoga ada kesempatan

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah banget ya mba, keangkut kelas ini :D
    meskipun gratis, tapi materinya daging bangetttt!
    DAnya pun langsung meroket!
    Semoga kita bisa konsisten terus ngeblog :D

    BalasHapus
  13. Semangat sampai 15 minimal ya...
    biar kita segroup ikut job dari pasutri Pewe Monica :)
    Salam buat Baim dan Irwin ya

    BalasHapus
  14. Selamat ya naik deh jadinya domain authority nya. Pertahankan. Konsisten ngeblog nya. Biar page authority nya juga ikut naik...

    BalasHapus
  15. Wuih keren banget nih. Untuk SEO on page sendiri, beberapa langkah sudah aku lakukan. Yang meta description tuh yang sering kelupaan. Atau cenderung malas ngelakuin. Padahal penting banget ya. Biar artikel kita bisa nongkrong di halaman depan Google dan narik banyak pengunjung.

    BalasHapus
  16. Jadi penasaran juga sama kelas ini karena banyak temen2 blogger yang DA nya naik drastis

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah bersyukur banget donk yaa bisa belajar banyak materi secara gratis, dibimbing pula agar bisa naik DA blognya. Mantap kece parah sih ini

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ya bisa keangkut di batch 2. Kelasnya benar2 seru dan isinya ilmu semua. Semangat menuju kelulusan. Jika diterapkan dengan baik, DA pasti akan terus naik.

    BalasHapus
  19. Fellichia Pamela7/17/2020 07:25:00 AM

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  20. Fellichia Pamela7/17/2020 07:26:00 AM

    Terimakasih infonya mba baru tahu judul juga ada batas huruf nya , biar mudah di cari ya, lama ga belajar SEO lupa semua ilmunya

    BalasHapus
  21. Asik juga belajar SEO ya, apalagi memaksimalkan on dan off page. Semoga ilmunya makin bertambah.

    BalasHapus
  22. aku nunggu next batch nya nih, semoga rezeki dan bisa keangkut hihi. Soalnya liat testimoni pada berhasil dan blogger hebat-hebat semua

    BalasHapus
  23. kemaren ikutan daftar juga tapi belom terangkut mba. aku jadi makin mupeng pengen dapet ilmunya juga.

    BalasHapus
  24. Jadi makin paham SEO On Page mba... Coach Baim memang sabar dan baik hati ya. Sukses buat mba Yanti makin banyak traffik blognya juga coach Baim.

    BalasHapus
  25. Suka banget deh ma kelas ini, aku tuh emang suka belajar diskusi gitu. makanya pas banget, dikelas ini bebas bertanya. Plus jadi semakin semangat lihat teman-teman semangat.

    BalasHapus
  26. Tips no 9 submit ke GSC maksdunya gimana ya kak? Masih belum paham banyak ttg optimasi seo nih

    BalasHapus
  27. Seru banget mb belajar SEO mumet2 sedap krn bs berhasil naikin DA dgn cpt ya...slmt

    BalasHapus
  28. ternyata share ke medsos itu termasuk langkah seo ya? saya jarang share ke medsos euy :( pantesan PV kurang oke hahaha, makasih mba infonya

    BalasHapus
  29. Beberapa season ikutan SEO. Masih belum mengerti banget kak. Dasar nya masih setengah setengah kali yah. Duh mesti semangat juga nih. No. 10 share ke medsos ini aku jarang banget. Padahal bagus yah. Terimakasih kak. Jadi reminder buat aku nih

    BalasHapus
  30. Wah keren ya DA nya bisa langsung melambung tinggi gitu, dan coachnya keknya supportif banget ngebuat kelas jadi menyenangkan juga :D
    semangat terus berkarya ya ka!

    BalasHapus
  31. Udah lama pengen ikut kelas SEO. Tapi masih maju mundur karena harus fokus, sedangkan saya masih bekerja kantoran. Jadi belajar dikit dari baca2 mbah gugel aja. Semoga ada kesempatan untuk mengikuti kelas ini.

    BalasHapus
  32. Makin mupeng baca pengalaman teman-teman di kelas DA ini. Dan sedihnya sudah ga ada batch ke 3 huhuhu.. Semoga saya bisa masuk di kelas growth selanjutnya TT

    BalasHapus
  33. Aku tertarik juga nih mau ikutan kelas SEO, sepertinya seru. Cara ikutannya gimana mbak?

    BalasHapus
  34. Duuh, ini dua topik yg lagi aku pengen banget belajar nih. Seo dan naikin DA. Masih blm mudeng mudeng akutuu, huhu

    BalasHapus
  35. Barengan ma mba dyah ya mba yanti kelasnya?
    Aku pengen de ikut biar DA PA naik. Tapi tau diri, blom bisa ngatur waktu nih hiks

    BalasHapus
  36. Wih... Wih... Bahasan tentang SEO. Kadang kalau ikutin kelas begini, suka lupa waktu belajarnya. Tapi suka pusing sendiri sama SEO. Karena nulisnya jadi harus terpaku pada keyword hehe

    BalasHapus
  37. Wah keren banget mas Hilmi ini. Aku tahunya di Indoblognet ada Ryan Lukito. Ternyata banyak orang pinter disana ya.

    BalasHapus
  38. Aku salah fokus ketika peserta yang bertahan itu emak-emak.. salut sama mereka yah mba, proses belajarnya tinggi banget.. apalagi memang yang baru menemukan passion ngeblognya.. makasih mba untuk sharingnya yah..

    BalasHapus
  39. Menarik banget nih kelas SEO on pagenya ya. Bahkan ada kelas khusus untuk menaikkan DA. Bisikin atuhlah mba gimana itu caranya. ;)

    BalasHapus
  40. Naiknya warbyasaaa yaa...dua kali lipatnya loo..
    Kalau konsisten dilakukan, bisa naik tinggi banget gak?
    Atau ada tahapannya?
    Mau naik lagi, harus ada effort yang dikeluarkan lebih keras lagi?

    BalasHapus
  41. Seru banget belajar SEO. Salah satu keinginanku belajar ini mba spy ilmu nambah terus. Thx infonya mba

    BalasHapus
  42. Ilmunya keren ya Mbak...salut sama coach nya yg ngajari dg penuh telaten....jadinya bikin murid menyerap ilmu dan bisa praktek lgsg....dan bonusnya DA naik...jadi pengen ikutan nih

    BalasHapus
  43. Ikut arisan backlink saya pikir selaras dg langkah nomor 7 ya, walaupun gak seberapa naik DA nya tp faktanya DA saya naik jadi dua digit sekarang, hihi... retjeh ya saya, gitu aja udah hepi

    BalasHapus
  44. Kalau memasukkan internal link ke artikel jg udah sering, cm yg lupa membold- hurufnya biar kentara berbeda dg tulisan lain. Kl yg otomatis kurang keliatan bedanya ya hihi

    BalasHapus
  45. keren ya kak bisa keangkut kelas ini..pasti ilmunya daging semua..semangat ya kak belajarnya dan DA bisa naik sesuai haraoan..semangat..

    BalasHapus
  46. Waaa... tambah penasaran akutuh utk dimentoring sama coach baim dan mas irwin. Mudahan ada kelas lain lagi ya. Kok denger2 ga diperpanjang bacth 3 nya. Mudahan tetap.diperpanjang ya agar aku bisa keangkut. Hehehe

    BalasHapus
  47. DA nya jadi langsung bisa naik ya. Senang nih dan bikin tambah semangat isi blognya.

    BalasHapus
  48. Ilmu di kelas ini benar2 daging semua. Meskipun lambat dalam memahami tetapi kalau diterapkan, insha Allah membuahkan hasil.

    BalasHapus
  49. waw menggoda banget bisa naik drastis dalam waktu singkat. Eh syaratnya apa kalo mau ikut kelas DA ini mbak?

    BalasHapus
  50. Setelah ikut kelas tersebut jadinya bakal terlatih untuk buat postingan yang baik yaa mbak. Pastinya yang sudah menerapkan kaidah (ceilah kaidah..SEO On Page).

    BalasHapus
  51. Menyisipkan keyword di permalink, hemmm bagaimana caranya ya? Emak masih kudu belajar bab ini. Terima kasih ilmunya ya, sangat membantu

    BalasHapus
  52. Keren ya coach Bahrul Ilmi. Sering mendengar namanya, tapi baru sekarang tau siapa dia. Senangnya menginspirasi

    BalasHapus
  53. Keren2 coachnya ya, apalagi ada sang juara yang ikut saya jadi penasaran nih sama bang bahrul ilmi emang kata orang dia tu blogger baik hati banget, gak pelit kasi ilmu :)

    BalasHapus
  54. Selamat kak Yanti... Udah naik da pa karena ikut kelas ini. Wahhh awak gak terangkut kak. Semoga lain kali awak bisa juga masuk kelas belajar SEO ini kak.. pengen banget soalnya

    BalasHapus
  55. wah ternyata banyak anak blogsum dapat kelas coach ini yaaa mantep mantep hehe makasih ilmunya kak intinya kita harus sering cari keyword sama masukin keywordnya kita ya

    BalasHapus
  56. Sempet belajar SEO tapi rasanya susah banget dimengerti, padahal udah berusaha nerapin semua. Sampe akhirnya jujur males lagu belajar seo. Ehhh baca ini jadi tertarik mau belajar lagi

    BalasHapus
  57. seru bangeet keseruan ruang kelas belajar seonya kak, seru ya belajar dengan kak irwin dan kak pewe, DAnya bisa langsung naik melonjak :D

    BalasHapus

Berlangganan via Email