Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini 10 Ide Aktivitas Bersama Keluarga di Rumah, Dicoba Yuk Moms!

Ini 10 Ide Aktivitas Bersama Keluarga di Rumah, Dicoba Yuk Moms! Sebagai full time Moms, mengerjakan pekerjaan rumah sampai mengurus kebutuhan diri sendiri sudah biasa. Sambil menunggu suami pulang kantor dan anak dari sekolah. Jika ada waktu luang Moms kadang memanjakan diri sendiri dengan nge-gym, creambath di rumah hingga update status media sosial. Segala kegiatan itu sudah melekat dengan image ibu rumah tangga.


Aktivitas Bersama Keluarga
Foto : freepik

Tapi, peristiwa pandemi beberapa bulan terakhir ini menyebabkan keluarga-keluarga lebih banyak waktu berkumpul di rumah. Suami yang WFH atau work from home dan anak sekolah yang diliburkan diganti dengan sekolah secara online. 

Apa manfaat melakukan kegiatan bersama keluarga?

Sebenarnya, ini adalah peristiwa sangat langka. Kalau benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik bisa lebih mempererat keakraban dalam keluarga. Selain itu, Moms bisa melatih keterampilan dasar ke anak-anak yang sangat berguna bagi kehidupan mereka dimasa yang akan datang.

Beberapa kegiatan kebersamaan di rumah bersama keluarga adalah sebagai berikut!

1. Bersama mengerjakan pekerjaan rumah

Anggota keluarga bisa berbagi tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing. Anak-anak bisa menyapu lantai, membersihkan halaman rumah, mencuci piring dan lainnya. Ini melatih mereka untuk berempati dan memupuk semangat gotong royong.

2. Olahraga  

Ide olahraga yang bisa dilakukan di rumah atau sekitarnya, misalnya lari pagi mengelilingi komplek perumahan, badminton, gym di rumah dengan peralatan sederhana, atau berjemur di pagi hari. 

Selain sehat juga menambah kekompakan antar anggota keluarga.

3. Menonton film

Membeli DVD atau menonton streaming juga bisa dilakukan. Temanya bisa drama keluarga, drakor yang lagi hits  atau pertandingan sepak bola. Jangan lupa sediakan cemilan ya, biarpun di rumah tapi tetap rasa bioskop.

4. Karaoke bersama

Punya peralatan sound sistem di rumah? Karaokean bisa juga tuh! Putar lagu kenangan favorit  ayah dan ibu, lagu K-Pop Korea favorit anak-anak atau untuk melatih kosakata inggris lagu barat sah-sah saja.

Murah meriah tapi sangat menghibur. Eitss, ingat tetangga ya jangan sampai mereka terganggu. Bahagia boleh tapi jangan sampai merugikan orang lain.

Contoh kegiatan bersama keluarga
Foto : freepik

5. Membaca Buku

Tahukah! Dilansir dari situs kominfo.go.id memaparkan bahwa Indonesia berada diurutan kedua dari bawah terkait literasi dunia. Data yang dimiliki UNESCO, masyarakat Indonesia minat bacanya sangat memprihatikan hanya 0,001% berarti dari 1000 orang indonesia hanya 1 orang yang suka membaca!

Wow banget kan?

Moms bisa memupuk minat baca anak dengan membaca bersama dengan mereka. Meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman, memperkaya kosakata dan meningkatkan EQ mereka. Selain itu bisa mengalihkan perhatian mereka dari pengaruh gadget berlebihan.

Setelah membaca, sisihkan waktu untuk berdiskusi tentang buku yang mereka baca, tanyakan pendapat atau pandangan mereka terkait topik dan apa manfaat yang didapatkan.

6. Berkebun

Punya halaman rumah yang luas atau teras yang sempit? Tidak masalah. Ajak pasangan dan anak untuk menatanya bersama. Menanam bunga atau tanaman bumbu dapur oke aja. Selain teras jadi indah juga menanamkan kecintaan anak pada alam meskipun masih dalam skala kecil.

Harta yang paling berharga adalah keluarga, Istana yang paling indah adalah keluarga. 

 7. Memasak menu favorit

Kalau ini pasti lebih asyik! Selain bisa menikmati kue yang lezat juga melatih anak untuk belajar mempersiapkan bahan makanan. Kalau berhasil bisa deh jadi ide bisnis keluarga. Terlebih lagi jaman sekarang dari rumah bisa menghasilkan uang, lumayan kan?

8. Mendekorasi rumah

Sudah lama interior rumah belum diubah? Daripada menyewa jasa designer yang tarifnya lumayan mahal, mendingan menata bersama keluarga. Masing-masing bisa memberi ide terbaiknya. Bebaskan anak-anak untuk menata kamar mereka sendiri, ini melatih rasa tanggung jawab dan seni mereka lho Moms.

9. Percobaan ilmiah

Kenapa air bisa membeku lalu mencair jika dipanaskan?  Kenapa tepung terigu jika dicampur dengan garam rasanya jadi manis? Puaskan rasa ingin tahu anak dengan eksperimen science Moms! Ide dan bahan-bahannya yang ada di rumah saja, lebih hemat dan merangsang rasa peduli mereka dengan sekitarnya.

Kalau idenya mentok, googling di internet saja dengan anak. Percayalah mereka akan semakin pintar dan kreatif.

10. Berkemah di halaman

Tidur beratapkan langit. Duh! betapa senangnya. Kenapa tidak mencoba camping di halaman rumah. Mencoba beberapa permainan ala pramuka, api unggun dan tidur berdesak-desakan dalam tenda, pasti kenangan yang tidak terlupakan Moms.

Itulah beberapa contoh kegiatan bersama keluarga di rumah yang bisa coba. Moms juga bisa berkreasi sesuai keadaan keluarga. Semoga momen-momen tersebut menambah kekompakan dan keharmonisan dalam keluarga Moms!




36 komentar untuk "Ini 10 Ide Aktivitas Bersama Keluarga di Rumah, Dicoba Yuk Moms!"

  1. Aku Alhamdulillah semenjak pandemi banyak kerjaan dibantu suami. Karena dia Sekarang lebih banyak di rumah. Dibalik musibah jadi banyak hikmah juga mengenai kebersamaan keluarga

    BalasHapus
  2. Aku belum coba berkemah..asyik ya meski di rumah bisa berkemah. Beneran mesti putar otak memang kala anak PJJ begini, mesti kreatif cari aktivitas bersama

    BalasHapus
  3. Ide2nya mantuuulll sangat
    Bismillah, mau coba praktekkan ama bocah di rumah
    soale belakangan mati gaya mau ngapain lagi yhaaa :D

    BalasHapus
  4. Semuanya aktivitas yang asik banget. Dan pastinya juga bisa mempererat bonding orang tua dengan anak.

    BalasHapus
  5. Kalo masih punya anak kecil, pasti seneng berkemah di halaman, kek yang dilakukan ponakan2ku. Nah berhubung anak udah besar, jadinya kegiatannya kebanyakan masak2an aja, nonton, leyeh2..

    BalasHapus
  6. Nonton film dan berkebun itu asyik Mba, kalau mengerjakan pekerjaan rumah sih Alhamdulillah setiap hari :D

    Kalau berkebun masih mood-mood an, tapi anak saya memang suka berkebun saking di pelajarannya ada tema berkebun tanam kangkung :D

    BalasHapus
  7. Semua ide nya bagus-bagus yes dan selama di rumah juga paling aku sama anak itu kalau lagi senggang tidak PJJ paling masak bareng hehe.

    BalasHapus
  8. alhamduliallah udah semua, tinggal berkemah yang belum, dan kebeneran si anak tengah emang minta dibeliin tenda buat kemah di halaman depan katanya

    BalasHapus
  9. Ada banyak banget yaa kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah. Wah..dari daftar di atas, masih ada beberapa poin nih yang belum saya lakukan. Kapankapan cobain ah~

    BalasHapus
  10. Kegiatan kaya gini tuh kelihatan sederhana yah kak padahal efeknya besar banget di anak-anak. Jadinya merasa saling memiliki terus sekalian deh belajar tanggung jawab juga. Buat hubungan antar anggota keluarga juga makin hangat. Seru kak!

    BalasHapus
  11. Wah, beberapa hal memang sudah dikerjakan bersama anak-anak di rumah. Semenjak pandemi yang kuliah pun pulang ke rumah, hanya Bapaknya justru karantina di Mess perusahaan dan seminggu sekali baru bisa pulang. Tapi kalau kemah bersama belum pernah, biasanya yang masih kecil yang suka ya, anakku sudah kelas 9 paling kecil. Tapi yang jelas, kegiatan bersama itu mengeratkan kebersamaan keluarga ya. Terima kasih ide-idenya mbak Yanti. .

    BalasHapus
  12. ada hikmahnya juga dng keadaan saat ini, yaitu anggota keluarga lebih sering bersama di rumah. Mau tak mau harus menghabiskan waktu bersama. Dan harus usaha untuk gembira. Makasih idenya mbak Yanti

    BalasHapus
  13. Ternyata banyak kegiatan bersama keluarga yang bisa dilakukan berama-sama ya.

    BalasHapus
  14. kalau saya lebih ke nonton drama korea dan rebahan sambil dengerin musik mba hahaha tapi di malam hari, waktu suami dan anak sudah tidur

    BalasHapus
  15. Ternyata ada begitu banyak kegiatan yang bisa kita lakukan bersama ya. Nggak hanya melulu mantengin gadget atau televisi. Hehehe

    BalasHapus
  16. Dari 10 ide diatas, baru beberapa sih yang sudah kami terapkan dirumah.. mmm.. semoga bisa menerapkan beberapa ide lainnya diatas seperti karoke dan berkeman nih.. semoga jadi ide aktivitas bersama keluarga yang menyenangkan nih

    BalasHapus
  17. Semua yang di rumah biasa melakukan hal sendiri-sendiri. Tapi kalau sama Keponakan, lumayan sering nobar bareng. Kadang diobrolin juga

    BalasHapus
  18. Aku mau coba berkemah.. Kayaknya itu yang paling seru. Aku sendiri udah gak pernah berkemah sejak SMA hehe

    BalasHapus
  19. Sayang banget nih nggak mungkin melaksanakan tips nomer 10. Hu hu... rumah tak ada halaman, ada juga aspal jalanan. Tapi thanks ya mbak Yanti tipsnya bisa jadi rekomendasi nih

    BalasHapus
  20. Berkebun dan berkemah di halaman tuh yang udahku belum bisa lakuin Mba hahahhaa. Pada gak suka soalnya. Jd pilih kegiatan yng semua suka dan bikin hepi ya Mba pastinya

    BalasHapus
  21. Wah ide keg bersamanya seru-seru deh. Bisa kuinfokan ke kakak2 nih, agar bisa dipilih keg yg asyik dg keluarga masing2. Trmksh sharingnya mba

    BalasHapus
  22. aku kemarin kan kebetulan lagi ada foto di balkon pake karpet, eh anakku jadi keidean buat ngerjain tugas sekolahnya disitu katanya ganti suasana, jadi deh kita serasa piknik-piknikan sambil liat langit biru

    BalasHapus
  23. Berkemah di halaman kayaknya seru, Mbak, bisa dicoba idenya. Btw saya baru tahu kalau tepung terigu dicampur garam rasanya jadi manis, jadi pengen nyobain heuheu...

    BalasHapus
  24. Aku paling sering belajar bareng, nonton TV, masak dan beberes rumah dengan anak - anak dan suami

    BalasHapus
  25. Seru ya kalo kita mau cari kegiatan di rumah pasti ada aja ide-ide yang muncul. Btw kalau aku dan suami selama pandemi jadi suka tanaman bonsai yang unik ibarat nemu mainan baru hehe

    BalasHapus
  26. di antara 10 poin di atas, yg belum pernah kulakukan adalah nomor 9, mungkin nanti nunggu anakku gedean dikit kali y mba hehe

    BalasHapus
  27. Berkemah bisa kulakukan saat anak2 kecil sekarang sudah pada besar pada engga mau hahaha...palingan masak bersama dan berkebun bersama kalau anak2 sudah besar tuh...

    BalasHapus
  28. Hampir semuanhay sudah aku lakukan bersama di rumah nih. Kalau karaoke sih aku gak pernah paling melihat youtube di TV bareng2 jadi memutar lagu kesukaan gitu biasanya malam-malam

    BalasHapus
  29. Pengin nih bisa berkemah di halaman rumah. Tapi nyamuknyaaa ga nguatin kalau di luar rumah mba :) So far aku senang sepedaan bareng anak dan suami. Seru ajaaa gitu plus dapat bonus sehat.

    BalasHapus
  30. seru banget ide2nya mbaa.. kalau kami suka nonton film bareng, piknik di halaman belakang dan main kemah2an. sekarang lagi suka main game bareng juga, asik buat lepas penat

    BalasHapus
  31. seru banget nih ide aktivitas di rumah.
    kalau berkemah di depan rumah sih harus ada halaman yang luas ya...
    teras depan rumah saya mah penuh sama mobil, gak bisa masang tenda lagi XD

    BalasHapus
  32. sebagian besar ide kegiatan di atas ku lakukan dengan anak selama pandemi. Whuaaa sampe bingung mau ngapain. Kalo sekarang kami sedang asyik kreasi resep masakan.

    BalasHapus
  33. Iya mbak, auto happy bisa berkegiatan bersama keluarga mbak. dari 10 ide di atas semuanya sudah saya lakukan bersama anak-anak mbak. alhamdulillah

    BalasHapus
  34. Kalau punya halaman luas, kayaknya seru ya berkemah di halaman. Tapi aktivitas apa pun, kalau kompak kayaknya akan seru.

    BalasHapus
  35. Kemarin mau coba berkebun tetapi tak ada lahan
    jadinya kami fokus ke mengerjakan DIY dari sekolah anak
    Lumayan seru

    BalasHapus
  36. wah terimakasih idenya <3 Alhamdulillah bisa beraktivitas bersama keluarga selama pandemi ini, karena semua di rumah xD Dari list di atas, tinggal yg terakhir nih belum aku coba, soalnya ga punya halaman, hihi..

    BalasHapus

Berlangganan via Email