Widget HTML Atas

7 Sayuran yang Bantu Meningkatkan Imun

7 Sayuran yang Bantu Meningkatkan Imun. Di tengah kondisi pandemi yang belum terlihat akan berakhir ini, menjaga daya tahan tubuh adalah keharusan. Beragam cara bisa dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Sayuran yang bantu meningkatkan imun tubuh
Foto : rheadotcodotid

Ada beragam makanan yang kaya nutrisi, di antaranya beragam jenis buah, sayur, biji-bijian, hidangan laut dan sebagainya. Jika kamu pencinta sayur, ketahui aneka jenis sayur-sayuran yang baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Berikut aneka sayuran yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

1. Bayam

Sayuran satu ini tentu sudah tidak asing lagi sebab bayam cukup digemari sebagai masakan rumahan. Bayam mengandung senyawa antioksidan dan beta karoten, yang membantu meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit. Dalam penyajiannya, upayakan todak mengolah terlalu lama agar nutrisi dalam bayam tidak hilang.

2. Jamur

Cita rasa jamur tidak hanya enak, namun ternyata memiliki manfaat yang baik untuk menjaga sistem imun. Beragam penelitian telah menunjukkan manfaat mengonsumsi jamur setiap hari selama kurun waktu empat minggu mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit. Hal tersebut karena jumlah dan kekuatan sel-T yang berperan meningkatkan kekebalan meningkat. Manfaat lain dari jamur dapat membantu menurunkan protein pemicu peradangan atau bisa dibilang menjadi agen anti-inflamasi.

3. Brokoli

Sayuran yang dapat disajikan dalam beragam jenis olahan ini dikenal kaya akan vitamin dan mineral. Di antaranya vitamin A, C, E, serat serta banyak senyawa anti oksidan lainnya. Tidak salah jika sayuran ini disebut sayuran tersehat. Namun seperti bayam, untuk mempertahankan aneka kebaikan dalam brokoli, jangan mengolahnya terlalu lama atau terlalu matang. Disarankan memasak dengan cara mengukus dapat menjaga nutrisi dalam brokoli.

4. Paprika merah

Sayuran lain yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah paprika merah. Kandungannya terdiri dari hampir tiga kali lebih banyak vitamin C dibandingkan buah jeruk. Kandungan penting lain pada paprika merah adalah beta karoten yang berlimpah. Seperti diketahui, vitamin C baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan kulit. Sedangkan beta karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh yang dapat menjaga kesehatan mata dan kulit.

5. Bunga kol

Bunga kol juga merupakan sayuran yang membantu meningkatkan imunitas tubuh. Sayuran yang menyerupai brokoli berwarna putih ini mengandung senyawa bernama glutathione. Dalam beberapa penelitian, senyawa glutathione terbukti meningkatkan sistem kekebalan serta dapat melindungi tubuh dari flu. Karena glutathione mampu menghancurkan dan membuang virus yang terdapat di dalam tubuh.

6. Wortel 

Wortel dikenal sebagai sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan mata kaya akan vitamin A. Namun ternyata wortel juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain vitamin A, wortel mengandung beta karoten yang mampu memerangi infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih tinggi.

7. Tomat

Selanjutnya ada tomat, sayur yang kaya akan vitamin mulai vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalium, folat serta memiliki kandungan  lycopene yang tinggi. Beragam nutrisi tersebut sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dengan meningkatkan kekebalan tubuh dari beragam penyakit.

Rhea Health Tone

Bagi yang tidak terlalu suka sayur, suplemen dengan kandungan ekstrak tanaman berkhasiat bisa jadi pilihan. Rhea Health Tone dikemas dalam kemasan 30 ml yang telah lulus pengawasan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Dapat dikonsumsi orang dewasa hingga balita terbukti ampuh meningkatkan daya tahan tubuh guna menjaga kesehatan dari beragam penyakit.

Jadi kesimpulannya, untuk memperkuat imun tubuh mengonsumsi makan bergizi sangat penting sekali salah satunya sayuran ataupun suplemen. Kalau kamu sudahkah melakukannya?

10 komentar untuk "7 Sayuran yang Bantu Meningkatkan Imun"

  1. Dari ke-7 sayuran di atas hanya paprika merah yang agak susah mendapatkannya, harus ke swalayan. Kalau yang 6 mudah didapat di pasar tradisional, jadi sering mengkonsumsinya mbak. Ternyata manfaatnya luar biasa ya untuk meningkatkan imun, apalagi dimasa pandemi ini harus selalu menjaga kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, di tempatku juga paprika agak susah dapatnya adanya di supermarket besar aja

      Hapus
  2. Di masa pandemi seperti sekarang ini, mengonsumsi makanan sehat seperti sayur mayur itu memang harus diperhatikan ya. Dengan makanan sehat maka imun tubuh pun bisa meningkat. Semoga kita semua sehat selalu, aamiin.
    Di rumah pun saya selalu mengusahakan ada sayuran untuk hidangan di rumah. Untuk menjaga kesehatan semua anggota keluarga

    BalasHapus
  3. Asupan gizi yang kita konsumsi setiap hari emang harus diperhatikan ya kak, terutama sayur sayuran.
    Sebisa mungkin tiap hari ada menu sayur dihidangkan, apalagi seperi jamur maupun brokoli bisa dibuat berbagai menu selain di soup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, menunya sederhana saja asalkan sayur tetap ada

      Hapus
  4. Benar sekali ini, sayuran akan bantu meningkatkan imun tubuh kita. Ketujuh sayur ini biasa saya masak di dapur, hanya paprika merah saja sesekali karena adanya di supermarket. Dan Alhamdulillah di rumah semua suka sayur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang ya mbak Dian kalau anggota keluarga gak milih-milih makanan :)

      Hapus
  5. MasyaAllah, manfaat dari sayuran banyak sekali. Semoga bisa konsisten menyediakan makanan sehat seperti bersayur untuk keluarga, apalagi anak yang masih memilih sayuran tertentu

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!