Widget HTML Atas

8 Kebiasaan Orang Cina yang Patut Ditiru

8 Kebiasaan Orang Cina yang Patut Ditiru. Cina dengan penduduk terbesar di dunia hampir tersebar dari kota besar hingga ke kota-kota yang terkecil. Meskipun mereka lahir dan besar di daerah perantauan, menariknya, budaya dan kebiasaan mereka sebagian besar tetap dipertahankan. Biasanya mereka dikenal dengan panggilan etnis Tionghoa.

Beberapa kebiasaan baik itu bisa ditiru dan diterapkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari lho!


kebiasaan orang cina
Foto : Lovepik

Berikut kebiasaan atau budaya orang China dibahas dibawah ini ya! 

1. Menghargai Orang Tua

Bagi masyarakat Cina menunjukkan bakti kepada orang tua dan juga sesepuh adalah kewajiban. Biasanya mereka melakukannya dengan menghabiskan waktu bersama merayakan festival, mengunjungi mereka pada perayaan-perayaan tertentu misalnya Imlek. Hari ini biasanya sebagai ajang kumpul keluarga setelah sekian lama dengan kesibukan pekerjaan dan kegiatan lainnya. Menikmati makanan spesial dan juga berbagai hiasan imlek yang telah dipersiapakn sebelumnya.

2. Mengajari Anak Bisnis Sejak Kecil

Rerata orang Cina punya usaha keluarga. Dalam menjalankannya biasanya anak-anak dilibatkan untuk membantu orang tuanya. Jadi jiwa wirausaha sudah ditanamkan sejak kecil, tidak heran kenapa mereka sangat piawai dalam mengelola usaha kelak setelah dewasa.

Selain itu, tujuannya untuk mengajar sianak menghargai uang, mengelola dan menggunakannya dengan bijak. 

3. Hemat

Ada satu prinsip yang sangat terkenal dari etnis Tionghoa yaitu “Makan bubur sebelum sukses baru makan nasi setelah sukses”. Dimana artinya sebelum sukses mereka akan berupaya hidup hemat, membatasi segala keinginan dan setelah berhasil akan tiba saat untuk menikmatinya. Uang yang dihasilkan untuk ditabung dan dikelola nantinya buat modal usaha.

Mereka tidak malu memburu barang diskon dan membandingkan harga sebelum membelinya serta tidak gengsi untuk menawarnya, atau berpenampilan sederhana namun untuk acara-acara tertentu pasti pengecualian. 

4. Pekerja Keras

Orang Cina terkenal dengan kerja kerasnya, mereka disiplin, tidak membuang-buang waktu terhadap kegiatan yang tidak perlu dan fokus terhadap pekerjaan. Mereka menganggap bahwa waktu adalah uang.

Meskipun begitu mereka juga menghargai waktu istrahat karena yakin produktivitas mereka akan maksimal jika waktu tidur mereka cukup.

5. Lebih Baik Untung Kecil tapi Uang Berputar

Apa maksudnya ini? Nah, prinsip dagang orang cina adalah lebih baik ambil untung kecil asal lancar sehingga uang yang ada bisa diputar terus, sehingga mereka bisa menjual dengan harga yang lebih murah. Harga murah berarti transaksi penjualan akan sering terjadi. Transaksi banyak untung juga berlipat bukan?

6. Berani Berinvestasi

Orang Tionghoa juga berani mengambil resiko. Berinvestasi pada usaha besar termasuk target mereka untuk melipatgandakan pundi-pundi kekayaan. Namun tentu saja dengan mempertimbangkan baik buruknya. banyak pilihan

Bahkan pertemanan juga masuk dalam kategori investasi, karena mereka percaya di masa depan siapa tahu relasi yang dibangun sekarang bisa berguna dimasa depan. Jadi mereka tidak segan-segan memberi materi kepada orang tersebut.

7. Bayar Tunai

Saat membeli barang sebisa mungkin mereka membayar secara tunai, karena prinsip mereka agar menghindari hutang kecuali untuk usaha atau darurat tertentu itupun setelah melalui pertimbangan.

Mereka akan menunda membeli hingga dana yang dibutuhkan tercukupi, iya juga sih sesuai dengan poin nomor tiga di atas  yakni hidup hemat.

8. Pendidikan Itu Penting

Bagi orang Tionghoa, sekolah dan pendidikan itu penting. Makanya anak-anak mereka akan menempuh pendidikan di sekolah-sekolah elit yang berkualitas. Mereka percaya bahwa pendidikan terbaik juga mempengaruhi kesuksesan si anak kelak. 

Demikianlah beberapa budaya yang telah turun-temurun dilakukan etnis tionghoa, itu jugalah rahasia sukses mereka dalam masyarakat. Kalau dipikir-pikir ada benarnya juga sih dan mudah  diterapkan. Prinsipnya ambil yang baik dan buang yang buruk. Semoga bermanfaat ya!  


38 komentar untuk "8 Kebiasaan Orang Cina yang Patut Ditiru"

  1. Orang Cina tuh diakui banget deh pekerja keras. Mereka bisa bekerja lebih banyak daripada yang lain. Tapi itu yang oke semangat

    BalasHapus
  2. No. 7 penting. Beli barang pas ada uangnya, kalau nggak ada ya kerja lebih keras untuk mendapatkannya. Sebisa mungkin tidak ngutang.

    BalasHapus
  3. aku jadi inget waktu masih kerja di perusahaan yang merayakan imlek, trus dapat angpao wah senang banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik ya, tapi dengan angpao biasanya karyawan jadi loyal ke perusahaan lho

      Hapus
  4. aku selalu suka dengan pekerja keras dari orang cina. terus mereka juga berani mengambil resiko utk memulai bisnis. walaupun unutngnya ga terlalu besar yang penting terjual. uda gitu mereka juga sangat berhemat jadi bisa menabung :)
    patut banget dicontoh sih :)

    BalasHapus
  5. Iya ya. Rerata mereka menyekolahkan anaknya di sekolah elit karena memang biaya pendidikan menentukan masa depan juga ya. Nah kalau untung sedikit tapi uang berputar ini nih yang sering banget kelihatan. Kalau belanja di tempat mereka ya biasanya murah meriah dan selalu ramai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu, anehnya tokonya serba ada gitu ya, padahal ambilnya dari toko sebelah. Harganya tetap sama yg penting tokonya tetap ramai

      Hapus
  6. Point 1 betul banget di kota ak kan banyak ya orang Tionghoa, mereka suka bawa orang tua mereka ke mall atau plesiran gitu padahal udah sepuh bahkan pake kursi roda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkat dari orang tua bikin rejeki lancar ya

      Hapus
  7. Kebiasaannya yang emang wajib ditiru ya mba menurutku semuanya bisa diterapkan karena bertujuan baik apalagi pekerja keras serta menghargai ortu tuh mantul

    BalasHapus
  8. belajar bisnisnya memang kuat banget ya mereka, teman ku mayoritas chinese dan mereka juga berhemat banget.

    BalasHapus
  9. No 7 bener banget. Mereka kerja keras dulu untuk mendapatkan sesuatu. Jadi semua tunai. Lha kita, kebanyakan nyicil. :(

    BalasHapus
  10. Jadi inget dulu punya tetangga Chinese, mereka hemat banget lo dalam urusan makanan

    BalasHapus
  11. Jadi inget dulu punya tetangga Chinese, mereka hemat banget lo dalam urusan makanan

    BalasHapus
  12. Aku pernah les bahasa Mandarin.
    Luar biasa bertema dengan sahabat-sahabat etnis Tionghoa ini. Mereka sangat memaknai hidup dengan sungguh-sungguh.
    Dan dulu suka ada kolom bijak di Koran Kompas, kalau gak salah.
    Aku suka banget baca-baca kata-kata bijak dari China yang memang menjadi semacam syair.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman bergaul yang baik bawa pengaruh juga ya ke kita

      Hapus
  13. Sepakat dengan kebiasaan bayar dengan tunai, demi menghindari utang. Memang sih jadi membantu diri biar nggak gampang tergoda untuk membeli sesuatu karena ingin bukan karena butuh.

    BalasHapus
  14. Ke-8 hal ini saya lihat juga pada orang-orang China di kota saya, Mbak. Saya angkat jempol.

    BalasHapus
  15. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari orang Cina.. Salah satunya menomersatukan pendidikan.. Hebat ya mereka..

    BalasHapus
  16. Klo aku mau niru dr org tionghoa adalah sifat hematnya. Hahaha. Bkn pelit y. Tp sebaiknya mmg qt berhemat pangkal kaya

    BalasHapus
  17. 8 Kebiasaan Cina ini penting sih buat ditiru, apalagi kebiasaan menghargai orang tua penting banget ya :D

    BalasHapus
  18. Termasuk hemat dan bekerja keras itu yaa yang kadang susah banget untuk diterapkan. Kadang udah kerja segini, cepet merasa puas gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa Puas juga kadang ada manfaatnya lho mba

      Hapus
  19. Saya suka meneladani ketekunan dan prinsip mereka dlm hal bisnis deh, krn terbukti banyak yang sukses

    BalasHapus
  20. Kebiasaan orang Tionghoa yang patut saya acungi jempol dari segi hematnya.
    Betul, jika berdagang mereka ngga ambil untung banyak yang penting stok bisa habis terus.
    Kulihat anak-anak mereka diberi pendidikan yang bagus, banyak yang diikutin les supaya keterampilan makin nambah.

    BalasHapus
  21. 8 tips ini bagus2 semua ya. Akan aku tiru ah dan kuteruskan ke anak-anakku.

    BalasHapus
  22. Banyak budaya Cina yang baik yang bisa kita praktikan ya :)

    BalasHapus
  23. betul nih, etos kerja orang china itu emang keren banget. banyak ilmu tentang perkerjaan yang bisa dicontek dari mereka. walau udah kaya mereka tetap hemat..

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!