Widget HTML Atas

10 Drakor Keluarga, Kisahnya Family Banget lho!

10 Drakor Keluarga. Siapa nih yang hobinya suka nonton drama korea? Dimasyarakat kita terutama ibu-ibu dan remaja, demam korea bukan hal yang baru lagi kan ya? Sampai-sampai banyak tuh yang bikin foto dan video halu bareng pemerannya. Hihihi. Kalian ada gak sih yang seperti itu? Kira-kira aktor atau aktris favorit kalian siapa nih? Menurut pengakuan beberapa teman, nonton drakor sebagai alternatif bertahan mereka selama pandemi berlangsung.

Drakor keluarga Reply 1988
Dok. tvN via www.imdb.com

Nah, meskipun saya gak sampai bucin sama drakor, tapi beberapa saya tonton juga lho! Terutama bergenre drama keluarga alias drama family yang alur ceritanya cukup menghibur ditengah kebosanan menonton sinetron Indonesia dengan temanya itu-itu saja bahkan terkesan tidak masuk akal dan bikin naik darah. Sorry to say, but it is the fact! Jujur aja sudah sekitar 6 tahunan tidak nonton, kalaupun tahu ceritanya itu karena dengar di medsos atau obrolan dengan teman. Terakhir saya ingat sinetron yang saya ikuti Tukang Bubur Naik Haji, itupun tidak sampai habis karena menurut saya alur ceritanya sudah melebar serta terkesan hanya untuk memperpanjang episode. Hahaha.  Udah ah stop gosip! 

10 Rekomendasi Drama Keluarga Korea Menarik Untuk Ditonton!

Berikut ini saya ulas 10 drama family korea yang menarik dan cukup booming di Indonesia, meskipun beberapa ada yang saya skip untuk tidak ditonton karena alasan tertentu.

1. My Unfamiliar Family

Drakor family yang ini tayang tahun 2020 lalu, sesuai judulnya yang berarti, "Keluargaku yang Tidak Dikenal" drama ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang orangtuanya merasa semakin besar anak-anak, semakin kurang kedekatan diantara mereka. 

Anak-anak mereka cenderung sibuk dengan kegiatan masing-masing dan lebih memilih curhat pada teman-teman ketimbang orang tua. Hal ini menimbulkan ketidakpercayaan  dan kerenggangan dalam keluarga. 

Drakor ini wajib ditonton keluarga terutama mereka yang memiliki anak-anak yang sudah beranjak dewasa atau remaja. Karena masalah yang diangkat dalam drama ini sangat relate dengan kehidupan keluarga sekarang, misalnya hubungan keluarga meregang akibat smartphone, anak-anak yang lebih nyaman cerita pada teman dan menutupi masalah mereka karena takut orang tua khawatir.

2. 18 Again

Selanjutnya ada drakor 18 Again yang menyuguhkan drama komedi keluarga. Drakor ini bisa dibilang masuk ke dalam daftar drakor underrated karena selama penayangannya hanya memperoleh dua persen. Meski begitu, ada banyak pelajaran hidup bagus yang bisa kita tarik dari drama ini! Mulai dari sedih, romantis, bahagia dan nano-nano deh.

Nah, 18 Again menceritakan tentang seorang pria setengah baya bernama Hong Dae Young yang nggak sengaja kembali jadi anak SMA berumur 18 tahun lagi setelah ia berhasil melemparkan bola basket ke keranjang, semalam sebelum perceraiannya. 

Hong Dae Young saat SMA pernah bermimpi jadi pemain basket, namun mimpi itu seakan sirna akibat kesalahan yang dibuatnya dan menjadi seorang ayah di usia muda. Kesempatan ini dia pakai untuk mengejar kembali mimpinya itu, dia menjalani hidup baru dengan identitas baru. 

Tapi dalam tubuh mudanya Dae Yong mulai melihat sisi lain keluarganya, sehingga alih-alih menggunakan kesempatan menjadi muda untuk mengejar mimpi, dia lebih memilih untuk dekat dan melindungi keluarganya.

3. Record of Youth

Kalau drakor yang satu ini sebenarnya lebih memfokuskan pada kisah anak-anak muda yang mengejar mimpi mereka meskipun ada banyak masalah. Tapi, ini tetap bisa menjadi tontonan keluarga khususnya para orang tua yang memiliki anak remaja.

Ada segudang pelajaran bagus yang bisa diambil dari drama ini, misalnya tentang bagaimana orang tua seharusnya mendukung cita-cita anak mereka. Percaya tak percaya, dukungan orang tua bisa berpengaruh besar pada tekad anak untuk mengejar mimpinya. 

Selain itu kisah ini sangat menggambarkan judul dramanya yang berarti jejak masa muda dimana mereka masih naif-naifnya sebelum memasuki masa matang, yaitu umur 30-an. 

4. Mine

Kedua wanita yang hidup sebagai istri dari konglomerat bersaudara. Diperankan oleh Lee Bo Young dan Kim Seo Hyung, drakor Mine memaparkan perjuangan kedua wanita tangguh yang mendobrak semua aturan keluarga konglomerat yang selama ini membelenggu mereka. 

Sejak kedatangan seorang tutor yang sebenarnya adalah mata-mata, kehidupan keluarga konglomerat ini tak sama lagi. Terjadi kejadian beruntun yang menegangkan. Tokoh utama yang diperankan Lee Bo Young adalah wanita dengan pemikiran terbuka yang berani mengungkapkan pendapatnya sehingga sangat disayangi penonton. Selama penayangannya, drakor ini sukses meraih rating yang stabil. Menurut saya ini termasuk drama keluarga elegan yang bisa menambah wawasan deh!

drama keluarga korea All About My Mom
Foto. Wikipedia

5. All About My Mom

Ibu rumah tangga mungkin akan relate dengan drama ini dan jadi kangen sama ibunya di kampung halaman. Drama yang menceritakan tentang anak perempuan dan ibunya ini pernah tembus rating tinggi sampai 40 persen lho! 

Jin Ae benci pada ibunya namun disatu sisi dia juga menyayangi wanita tua itu. Karena rasa tidak sukanya, Jin Ae bertekad untuk hidup mandiri meninggalkan keluarganya.

Jin Ae pun menjalin hubungan dengan pria yang dicintainya, Hoo Jae dan mereka pun menikah. Karena mengikuti suaminya, Jin Ae tinggal satu atap dengan mertuanya di rumah yang mewah. 

Selama bersama mertuanya, Jin Ae sering merasa tidak cocok dengan ibu Hoo Jae dan sering tertekan. Jin Ae jadi rindu pada ibu kandungnya dan menyadari betapa besar kasih sayang wanita itu padanya. Ini termasuk drama keluarga sedih sih menurut saya. Drakor ini berjumlah 50 episode dan tayang pada tahun 2015. 

6. Reply 1988

Kalau ingin hilangkan stress dengan tertawa lepas, drakor ini pas deh! Drama komedi  keluarga ini bikin kita tertawa terpingkal-pingkal! Reply 1988 menceritakan tentang lima keluarga yang tinggal bertetangga di Distrik Dobong, Seoul Utara pada tahun 1988.

Kelima keluarga ini sudah hidup bersama lama sekali sehingga anak-anak mereka bersahabat dari kecil dan masuk ke SMA yang sama. Tokoh utama kita, Duksun tinggal di rumah semi-basement bersama orang tua dan saudara perempuannya karena ayah mereka kena tipu. Tapi Duksun punya kepribadian yang ceria sehingga itu membuat kedua sahabatnya diam-diam jatuh hati padanya. 

Kejadian-kejadian dan perilaku koplak kelima sahabat ini dijamin bikin geleng-geleng kepala. Drama ini diperankan oleh Lee Hyeri, Park Bo Gum, Ryu Jun Yeol, Go Kyung Pyo dan Lee Dong Hwi. Bertotal 20 episode.

7. SKY Castle

Sky Castle salah satu drama terbaik Korea Selatan yang kala itu menggeser posisi Goblin sebagai drakor dengan rating tertinggi sepanjang masa. Gak heran kalau banyak penonton drakor kenal dengan drama ini. 

Drama ini menceritakan tentang persaingan ketat dalam dunia pendidikan di Korea Selatan. Terdapat lima keluarga konglomerat dimana para istrinya berusaha mati-matian menaikkan nama keluarga mereka, salah satunya dengan memaksa anak mereka belajar dan meraih nilai tinggi agar kelak dapat bersekolah di tempat yang bergengsi. Ada tiga universitas terbaik incaran mereka, yakni Seoul National University, Korea University dan Yonsei University.

Karena begitu ingin menaikkan nama keluarga, masing-masing keluarga di drama ini tak segan saling menjatuhkan dan membayar tinggi sekali untuk pendidikan anak bahkan tidak segan membayar nilai mata pelajaran anak agar terlihat berprestasi. Karena obsesi orang tua yang begitu besar,  timbullah dampak buruk pada anak-anak mereka seperti mulai jadi pembangkang hingga pembohong. 

Saat menonton drama ini, siap-siaplah naik darah :). Kamu akan gak habis pikir sama kelakuan para orang tua dan kasihan pada anak-anaknya. Oh ya, ini sangat cocok ditonton orang tua bersama anak karena ada banyak pelajaran bagus untuk keduanya!

8. When The Camellia Blooms

Disebut sebagai drama dengan rating tertinggi di tahun 2019, drama yang satu ini menyabet banyak penghargaan di acara-acara award Korea Selatan. Siapa dulu donk yang main? Gong Hyo Jin si ratu drama rating tinggi!

Drama bergenre rom-com & thriller ini menceritakan tentang seorang janda yang pindah ke kota kecil dan membuka bisnis bernama "Camellia" untuk memenuhi kebutuhan dia dan putranya. Namun karena usahanya sukses, para ibu-ibu pun jadi iri dan menyebarkan gosip-gosip tak enak tentangnya.

Suatu hari terjadi pembunuhan dan tanpa sadar ini pun menyeretnya. Karena kasus ini, dia jadi dekat dengan Hwang Yong Sik si perwira polisi dan lama kelamaan mereka jadi saling menyukai. 

Drama ini menunjukkan kehidupan ibu tunggal yang berat dan menyuguhkan teka-teki yang bikin penonton mikir. Apalagi dari awal penonton dihantui sad ending. Apakah benar? Yuk, ditonton aja!

9. The Penthouse

Nah, yang ini fresh from the oven! Baru saja tamat season 3, kamu pasti pernah dengar The Penthouse 'kan? Drakor makjang ini terkenal bikin penontonnya emosi jiwa sampai rasanya pengen pukul-pukul layar ponsel. 

The Penthouse menceritakan tentang kehidupan lima keluarga kaya alias konglomerat Korsel yang tinggal bertetangga di sebuah penthouse mewah bernama Hera Palace. Kelima keluarga ini punya rahasia tersendiri dan sangat berambisi mengalahkan satu sama lain.

Tak hanya orang tua yang saling bersaing di drama ini, tapi juga anak-anak mereka berusaha mendapatkan nilai akademik terbaik. Mereka tak segan melakukan segala cara.

Konflik penghuni Hera Palace ini pun semakin memanas dan sulit saat Min Seol A meninggal secara tragis dan misterius. Apalagi ternyata terjadi perselingkuhan diantar penghuninya. Siap-siap ya disuguhi berbagai plot twist di luar kepala, yang bikin kamu ternganga! Mungkin juga bisa sedikit berimaginasi terkait drama keluarga kaya ini, apakah rerata kaum borjuis memang gaya hidup mereka seperti itu pada kehidupan nyata?

10. Hi Bye, Mama

Terakhir, ada drama korea keluaran tahun 2020 nih! hadir selama 16 episode. Diperankan oleh aktris kenamaan Korea Selatan, Kim Tae Hee. Selama penayangannya, Hi Bye, Mama! Sukses menarik perhatian penonton, sehingga sempat populer di kalangan K-drama lovers. Gimana gak populer ya? Drama ini punya kisah yang menyentuh banget dan bikin air mata meleleh.

Apa sih ceritanya? Nah, drakor ini menceritakan tentang seorang ibu yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas namun tak rela meninggalkan bumi karena ia masih mempunyai seorang putri kecil. Karena tekadnya untuk hidup begitu besar, dia diberi kesempatan hidup selama 49 hari dan selama itu dia harus  mengambil posisi istri dan ibu dari anaknya yang sekarang sudah diisi oleh Oh Min-jeong, istri kedua suaminya. 

Jika berhasil merebut kembali posisinya itu dia dapat hidup lagi, namun jika gagal dia akan meninggal selamanya dan bereinkarnasi. Berhasilkah dia menjalankan misi dan berkumpul kembali dengan keluarganya? Atau malah gagal? Kisahnya bisa ditonton di Netflix.

Nah, itu dia drama korea bertema keluarga. Kamu sudah nonton apa saja nih atau malah semuanya? Jangan lupa share pendapatnya di kolom komentar di bawah ini ya, siapa tahu kita bisa saling berbagi pelajaran yang menarik atau gosipin aktornya. Hahaha.

23 komentar untuk "10 Drakor Keluarga, Kisahnya Family Banget lho!"

  1. Semuanya belum saya nonton Mbak. Maklum saya tidak pernah melihat drama Korea, hehehe ....

    Baca dari keseluruhan saya tertarik sama yang nomor 6, reply 1988
    Kalau di kita mungkin kaya Tetangga Kok Gitu sih kali ya... Heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bukan pendengar drakor ya mba. hihihi

      Hapus
  2. dari 10 cuma 4, record of youth, sky castle, dua yang lainnya malah cuma setengah (When the Camelia Blooms, Hi Bye Mama) karena sedang asyik nonton drama Cina yang manis dan menghibur :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Drama Cina banyak juga yang menarik saya juga nonton beberapa

      Hapus
  3. Dari 10 baru 4 yang aku tonton. Paling berkesan 18 Again. Bener-bener terharu dan dapat banget pesannya. Jika tak dapat mencapai keinginan/cita karena melepas masa muda yang harusnya penuh tawa dipenuhi oleh dunia pendidikan dan kompetisi, berkeluarga adalah hal berharga. Untuk menyadari hal itu harus melalui kisah (mustahil) dengan menjadi muda lagi, tapi dari situ kesadaran didapat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga nonton 18 Again sampai habis mba, saya sangat terharu dengan kesetiaan istrinya

      Hapus
  4. Sebagian udah aku tonton, sebagian lagi bakal aku list buat daftar tontonan selanjutnya. Aku paling suka Replay 1988 karena sampe skr blm move on bgt. kebayang sama para tetangga yg solid dan udah kaya keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya paling suka dengan Lee dan Kim yang kontroversial di drakor "Mine" karena sikapnya mirip2 dengan saya, tipe pembrontak dan sering memberi masukan/pendapat di depan orang lain, tapi kadang ada yg gak cocok. Tapi kadang kalo di dunia nyata kita tipe orang seperti ini banyak dibenci orang. Betul kan? terutama di tempat kerja.

      Hapus
    2. Replay 1988 banyak banget emang penggemarnya ya

      Hapus
    3. Dulu juga saya punya sifat seperti itu mas Wahid tapi sekarang kapok mau hidup damai saja malas banyak orang belum berterima dikatakan keadaan sebenarnya makanya prinsip saya biarkan aja waktu yg mengungkapkannya

      Hapus
  5. Dari semua pilihan di atas, saya paling suka dengan REPLY 1988. Setiap episode menampilkan banyak hikmah tentang makna keluarga, kehidupan bertetangga dan merasakan tetangga (orang asing) serasa saudara kandung. Banyak juga adegan-adegan lucu, penuh tawa, sedih dan duka, serta cerita kasih sayang yang sarat makna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat menghibur banget ya mba, cuma keadaan sekarang mah tetangga sering cuek-cuekan

      Hapus
  6. Saya baru nonton beberapa, tapi mayoritas belum menonton. Reply 1988 bagus mba, Hy Bye, Mama juga menyentuh bangetttt. Problemnya lebih ke waktu sih kalo aku. Banyak banget list yang mau ditonton, tapi kalo aku tipikal nonton drama yang gak suka kalo diski-skip. Makanya sebelum nonton aku bakal luangin waktu buat baca beberapa review, rating, dan komentar-komentar penonton di forum-forum. Biar gak menyesal nontonnya. Hehehe. Kalo drama kan soalnya episodenya banyak, gak kayak film.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap banget mba, sampai segitunya ya. emang sih waktu itu harus benar-benar dihargai ya jadi sekali nonton benar-benar berkualitas

      Hapus
  7. Reply 88 tuh fave banget, kadang gak sadar netes air mata, sedih dan terharu huhu.. Kalau model penthouse sama sky castle siapin mental dulu biar gak emosi hehe.

    BalasHapus
  8. Dari 10 judul di atas. Aku pernah sekilas baca sinopsisnya hue bye mama. Bikin mewek loh. Mana pemainnya idola banget. Pas deh chemistrinya dengan penonton. Dapet banget

    BalasHapus
  9. Betul, cerita drakor menarik dan variatif, tidak monoton. Kadang cerita diluar pikiran kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itulah salah satu kenapa drakor lebih digemari oleh masyarakat kita, episodenya juga gak banyak seperti sinetron

      Hapus
  10. Wah aku belum pernah nonton sama sekali judul2 ini lho, secara drakor kesukaanku random haha :D

    BalasHapus
  11. Di antara 10 list di atas saya cuma nonton Penthouse saja. Telanjur sudah nonton dan penasaran. Memang ada unsur parenting-nya asal penonton cukup waras untuk mengambil sisi baiknya saja.

    BalasHapus
  12. Dari sekian yang ada belum semua saya tonton kak, tapi ini akan seruh banget karena filmnya semua tentang keluarga

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!