Widget HTML #1

Long Flight Bersama Three-Nagers? Ikuti Tips-tips Berikut Ini!

Berlibur setelah menjalani rutinitas selama berbulan-bulan, sudah pasti jadi impian hampir semua orang. Apalagi, kalau selama ini kamu gak punya cukup banyak waktu untuk bersantai bersama keluarga. Sudah deh, waktunya mengurus cuti dari kantor dan segera pergi berlibur!

Nah, ngomong-ngomong soal liburan, sekarang ini udah banyak banget tipe liburan yang bisa kamu lakukan. Mulai dari staycation di hotel atau apartemen dekat tempat tinggal, ke luar kota sambil road trip, atau pergi ke luar negeri dan nikmatin sensasi long flight alias waktu penerbangan yang terbilang cukup lama untuk berlibur ke luar negeri.

Kalau pilihan kamu adalah berlibur ke luar negeri, kamu harus mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Mulai dari paspor, tiket pesawat, visa kalau diperlukan, dan segala perlengkapan lainnya. Setelah itu semua beres, baru deh kamu tinggal menghitung hari ke tanggal keberangkatan.

Long Flight Bersama Three-Nagers
Foto : canva.com

Long flight sendiri atau berdua saja sama pasangan, mungkin gak bakal terlalu repot, ya. Tapi, buat kamu yang baru mau pertama kali long flight bersama bayi, hmm, pasti sedikit khawatir nih. Apalagi kalau si kecil masih di fase ‘three-nagers’ alias baru berusia sekitar 3 tahun! Kalau bayi belum 1 tahun, mungkin gak terlalu repot karena kegiatan si kecil masih sekedar minum susu dan tidur. Kalau sudah di atas lima tahun, juga sudah bisa ‘dibiarkan’ sendiri selama perjalanan.

Sementara untuk bayi yang usianya sekitar 3 tahun, biasanya masih harus selalu ditemani, baik itu saat makan atau bermain. Nah, di artikel ini bakal dijelaskan tips-tips melakukan long flight bersama bayi ‘three-nagers’ supaya tetap nyaman selama di perjalanan.

Pakaian Super Nyaman

Tips pertama adalah pakaikan si kecil pakaian yang sangat nyaman. Sebenarnya tips ini gak hanya berlaku untuk long flights, sih. Setiap melakukan perjalanan, baik itu menggunakan pesawat, kereta, atau bahkan mobil, anak bayi memang sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman. Jangankan anak-anak, kamu yang sudah dewasa pun, pasti bakal pilih pakaian yang nyaman untuk long flight, bukan?

Pakaian yang nyaman di sini bisa berupa baju dan celana lengan panjang yang tidak terlalu tebal atau tipis. Jangan lupa juga pakaikan kaos kaki, agar si kecil tidak kedinginan selama penerbangan. Selain itu, gak perlu dipakaikan alas kaki, jadi si bayi bisa lebih leluasa.

Siapkan Baju Ganti di Tas Kabin

Tips selanjutnya, selalu siapkan baju ganti untuk si kecil. Namanya masih anak-anak, biasanya bakal gampang banget buat numpahin makanan atau minuman ke baju mereka. Kamu pasti gak mau dong, waktu sampai di tempat tujuan, si kecil memakai baju yang sudah kotor?

Selain itu, kamu juga harus mencari tahu terlebih dulu cuaca di tempat kamu mendarat atau pergi berlibur. Sesuaikan pakaian ganti si kecil dengan kondisi tersebut. Bawalah baju tebal dan juga jaket jika bepergian ke negara yang sedang musim dingin. Sebaliknya, cukup bawa kaos dan celana pendek jika negara tujuan kamu sedang berada di musim panas.

Bawa Beberapa Mainan

Untuk menjaga si ‘three-nagers’ tidak cepat bosan selama long flight, kamu harus menyiapkan sederet mainan kesukaan si kecil. Jangan membawa terlalu sedikit, tapi juga jangan berlebihan. Kamu bisa kira-kira, satu mainan biasanya bisa menghibur si kecil untuk berapa lama. Setelah itu kamu bisa hitung lama penerbangan kamu untuk menyesuaikan jumlah mainan yang akan dibawa.

Selain mainan seperti boneka, mobil-mobilan, dan sejenisnya, kamu juga bisa membawakan hal-hal lain. Misalnya, buku cerita favorit si kecil, buku mewarnai sekaligus pensil warna atau krayon, atau beberapa set puzzle yang bisa dimainkan selama perjalanan. Dan, harus diingat, jangan mengeluarkan mainan-mainan ini sekaligus, tapi satu per satu.

Cemilan adalah Kunci!

Selain mainan, kamu juga harus menyiapkan beberapa cemilan yang sangat disukai oleh si kecil. Hal ini buat mengantisipasi kalau makanan dari maskapai yang kamu gunakan tidak menyediakan kids meal atau menu untuk anak-anak. Gak mungkin, kan, sepanjang perjalanan anak kamu tidak makan sama sekali?

Nah, paling tidak cemilan-cemilan ini bisa mengganjal perut si kecil. Kalau bisa, bawa cemilan-cemilan yang bisa mengenyangkan, seperti roti, coklat, atau sereal. Eits, jangan sampai lupa juga untuk membawa susu ya. Bisa repot kalau kamu lupa bawa susu, dan si kecil memintanya saat sedang di udara.

Siapkan Film Favorit

Tidak semua maskapai penerbangan punya fasilitas entertainment di pesawat mereka, terutama maskapai low cost. Nah, kalau kamu menggunakan maskapai low cost untuk long flight bersama ‘three-nagers’, jangan sampai lupa untuk download beberapa film atau video favorit si kecil.

Kamu bisa memasukkannya ke dalam laptop, smartphone, atau tablet. Tapi sebaiknya jangan langsung dikeluarkan saat pesawat baru berangkat, ya! Anggap saja menonton video ini semacam senjata terakhir, kalau cemilan dan mainan sudah tidak mempan untuk membuat si kecil tenang selama perjalanan.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba jika punya rencana long flight bersama anak-anak yang masih berusia tiga tahun. Tapi untuk kelancaran menjalankan tips-tips di atas, keahilan orang tua waktu berkomunikasi dengan si kecil, jadi skill utama, loh!

Jadi gimana nih, udah gak ragu dong buat berlibur jauh dan menjalani long flight bersama si ‘three-nagers’?

Posting Komentar untuk " Long Flight Bersama Three-Nagers? Ikuti Tips-tips Berikut Ini!"