Widget HTML #1

Inilah Ciri dan Cara Kerja Modal Ventura Terbaik

Pada saat ini, kita sudah sangat familiar dengan adanya perusahaan startup. Tidak bisa dipungkiri kalau keberadaan perusahaan tersebut berhasil menambah lapangan pekerjaan dan juga kestabilan ekonomi Indonesia. Akan tetapi, salah satu lembaga yang juga bisa kita apresiasi adalah keberadaan modal ventura.

Modal Ventura atau juga memiliki istilah asing bernama Venture Capital merupakan sebuah lembaga yang menyuntikan dana pada perusahaan startup. Bisa dikatakan, modal ventura ini juga adalah para investor yang bersedia melakukan investasi pada berbagai perusahaan startup. Tidak selalu berbentuk modal uang semata, para modal ventura ini juga dapat melakukan investasi dalam bentuk pelatihan.

modal ventura
Foto : Pixabay

Contoh Perusahaan Modal Ventura Terbaik

Salah satu contoh perusahaan modal ventura yang terkenal di Indonesia adalah Alpha JWC Ventures. Perusahaan ini merupakan salah satu venture capital Indonesia yang terkemuka di Asia Tenggara. Alpha JWC lebih berfokus di Indonesia dan juga menjunjung tinggi value add untuk perusahaan rekanannya.

Pada awalnya, Alpha JWC Ventures didirikan pada tahun 2015 oleh Founding Partners bernama Jefrey Joe, Chandra Tjan, dan Will Ongkowidjaja. Mereka bertiga sebagai early-stage venture capital independen dan institusional yang pertama di Indonesia. Sejak saat itu, salah satu venture capital terbesar di Indonesia ini telah melakukan investasi pada beberapa perusahaan startup terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara.

Contoh perusahaan yang menggunakan jasa dari Alpha JWC Ventures antara lain Ajaib, Carro, Finaccel, Kopi Kenangan, Lemonilo, dan Gudangada. Hingga saat ini, Alpha JWC menjadi salah Venture Capital Indonesia yang masih aktif.

Ciri-ciri Modal Ventura Terbaik

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Alpha JWC Venture merupakan salah satu jenis perusahaan modal ventura terbaik. Jika kamu penasaran seperti apa ciri-ciri modal ventura terbaik agar dapat melakukan peminjaman modal, simak ulasannya di bawah ini.

1. Tidak Likuid

Pertama adalah Investasi modal ventura biasanya jangka panjang dan tidak likuid dibandingkan dengan instrumen investasi yang diperdagangkan melalui pasar. Tidak seperti instrumen investasi yang diperdagangkan secara publik, investasi modal ventura tidak menawarkan opsi pembayaran jangka pendek. Pengembalian jangka panjang dari investasi modal ventura ini sangat bergantung pada keberhasilan IPO itu sendiri.

2. Horison Investasi Jangka Panjang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa investasi pada modal ventura adalah jangka panjang. Investasi Venture Capital terbaik selalu memiliki jeda waktu struktural antara investasi awal dan pembayaran akhir.

Jeda waktu struktural juga dapat meningkatkan risiko likuiditas. Oleh karena itu, investasi modal ventura cenderung menawarkan pengembalian yang sangat tinggi. Hal itu dapat mengimbangi risiko likuiditas yang lebih tinggi dari biasanya.

3. Perbedaan Besar antara penilaian swasta dan juga publik

Ciri modal ventura terbaik selanjutnya adalah memiliki perbedaan besar antara penilaian swasta dan juga publik. Tidak seperti instrumen investasi standar yang diperdagangkan pada beberapa bursa terorganisir, investasi modal ventura dipegang oleh dana swasta.

Dengan begitu, tidak ada cara bagi investor individu di pasar untuk menentukan nilai investasinya. Pemodal Venture Capital juga tidak tahu bagaimana pasar menilai investasinya. Hal ini bisa menyebabkan IPO menjadi subyek spekulasi luas baik dari sisi beli maupun sisi jualnya.

4. Pengusaha kekurangan Informasi lengkap tentang pasar

Secara keseluruhan, investasi Modal Ventura adalah ke dalam proyek-proyek inovatif.  Tujuannya adalah untuk mengganggu pasar. Proyek semacam itu menawarkan potensi pengembalian yang sangat tinggi. Namun, di sisi lain juga mempunyai risiko yang sangat tinggi juga.

Dengan kata lain, pengusaha dan investor Modal Ventura sering bekerja dalam kegelapan.  Hal itu dikarenakan tidak ada orang lain yang berani seperti yang dilakukan Modal Ventura.

5. Tidak cocoknya antara pengusaha dan juga investor Modal Ventura

Ciri berikutnya dari seorang modal ventura berbeda dengan pengusaha umum. Seorang pengusaha dan investor mungkin sekilas sama. Akan tetapi, keduanya memiliki tujuan yang sangat berbeda, khususnya jika berhubungan dengan sebuah proyek.

Para pengusaha cenderung peduli dengan proses usaha. Sedangkan investor seperti modal ventura hanya peduli dengan pengembalian atau timbal baliknya. Maka dari itu, hanya perusahaan  startup yang memiliki masa depan bagus saja yang bisa mendapatkan modal dari Venture Capital.

6. Berbeda dengan Manajer dana

Selain berbeda dengan pengusaha biasa, modal ventura juga memiliki perbedaan dengan manajer dana. Seorang investor dan manajer dana memiliki tujuan berbeda mengenai proyek tertentu. Perbedaan itu terkait dengan bunga yang sangat tergantung pada kontrak yang ditandatangani oleh pengelola dana.

Misalnya, banyak manajer dana dibayar berdasarkan ukuran dana Venture capital dan bukan berdasarkan pengembalian yang dihasilkan. Manajer investasi semacam itu cenderung mengambil risiko berlebihan saat melakukan berinvestasi.

Cara Kerja Modal Ventura Terbaik

Industri modal ventura memiliki empat pemain utama, yakni pengusaha yang membutuhkan dana, investor yang menginginkan pengembalian tinggi, bankir investasi yang membutuhkan perusahaan untuk dijual,dan pemodal venture capital yang menghasilkan uang untuk diri mereka sendiri.

Perusahaan  modal ventura juga melindungi diri mereka dari risiko besar. Caranya adalah dengan melakukan investasi bersama perusahaan lain. Biasanya, akan ada investor pemimpin dan beberapa pengikutnya. Pada dasarnya, Ini adalah pengecualian dan bukan aturan untuk satu modal ventura untuk membiayai perusahaan individu sepenuhnya.

Sebaliknya, perusahaan Modal Ventura lebih suka memiliki dua atau tiga kelompok yang terlibat dalam sebagian besar tahap pembiayaan. Hubungan semacam itu memberikan diversifikasi portofolio lebih lanjut.

Contohnya seperti kemampuan untuk berinvestasi dalam lebih banyak transaksi per dolar modal yang diinvestasikan. Mereka juga mengurangi beban kerja mitra modal ventura. Caranya dengan melibatkan orang lain dalam menilai risiko selama periode uji tuntas dan dalam mengelola kesepakatan.

Demikian ciri dan cara kerja modal ventura terbaik dan semoga informasi ini bisa memberikan manfaat.

Posting Komentar untuk " Inilah Ciri dan Cara Kerja Modal Ventura Terbaik"