Widget HTML #1

Games Edukasi Keuangan, Cara Untuk Mengasah Kecerdasan Finansial Anak Sejak Dini lho!

Satu ungkapan yang sering kita dengar di masyarakat tentang bagaimana bisnis keluarga dijalankan. Ada anggapan bahwa generasi pertama mengumpukan, lalu generasi kedua menikmati dan akhirnya generasi ketiga menghancurkan. 

Tampaknya pendapat ini bukan isapan jempol belaka, banyak bisnis keluarga yang berakhir seperti ini. Disebabkan beberapa faktor salah satu ketidakmampuan dalam mengelola keuangan. Kemampuan ini sebenarnya bisa dilatih pada anak sejak dini. 

Kecerdasan finansial adalah kemampuan atau skill yang dimiliki sesorang untuk merencanakan, menata dan mengelola keuangan pribadinya dengan baik agar mencapai impian atau target keuangannya dimasa depan.

Game anak-anak
Foto : dok. Pribadi

Alasan Anak Perlu Belajar Kecerdasan Finansial 

Mengajari anak tentang kecerdasan finansial sangat penting. Keterampilan ini wajib perlu dikuasai oleh anak sebagai bekal yang dapat membantu mereka mengelola keuangan dengan baik di masa depan. 

Beberapa alasan mengapa mengajar anak tentang kecerdasan finansial sangat penting, diuraikan berikut ini :

1. Membantu mereka memahami arti pentingnya uang. Ketika anak- anak memahami bagaimana uang bekerja, mereka akan lebih menghargai nilai uang dan tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang mudah didapatkan. Ini akan membantu mereka membuat keputusan keuangan yang bijaksana di masa depan. 

2. Mengajarkan mereka tentang pengelolaan uang. Dengan mengajar anak- anak tentang kecerdasan finansial, mereka akan belajar cara mengelola uang mereka sendiri. Mereka akan belajar tentang pembagian antara tabungan, pengeluaran, dan investasi, serta bagaimana membuat anggaran yang efektif. 

3. Membekali mereka dengan keterampilan yang dapat mereka gunakan di masa depan. Mengajar anak- anak tentang kecerdasan finansial akan memberi mereka keterampilan yang dapat mereka gunakan sepanjang hidup mereka. Mereka akan tahu cara menginvestasikan uang mereka dengan bijaksana, menghindari hutang yang berlebihan, dan mengatur keuangan mereka dengan baik. 

4. Mengajarkan mereka tentang nilai- nilai kerja keras dan penabungan. Ketika anak- anak mempelajari kecerdasan finansial, mereka akan belajar tentang pentingnya kerja keras dan menabung uang. Mereka akan belajar bahwa uang tidak tumbuh di pohon dan harus diperoleh melalui usaha, serta pentingnya menabung untuk masa depan. 

5. Mencegah terjadinya masalah keuangan di masa depan. Dengan mempelajari kecerdasan finansial sejak dini, anak- anak akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang keuangan. Hal ini akan membantu mereka menghindari kesalahan keuangan yang sering terjadi di masa dewasa seperti hutang konsumtif, pengeluaran berlebihan, atau keuangan yang tidak seimbang. 

game edukasi finansial
Foto : Screenshoot mortgagecalculator.org/money-games

Mengajar anak- anak mengenai kecerdasan finansial bukan hanya masalah memberikan mereka pengetahuan dan keterampilan dasar, tetapi juga membantu mereka membangun hubungan yang sehat dengan uang. Dengan pemahaman yang baik tentang keuangan, anak- anak akan memiliki pengetahuan dan kepercayaan diri untuk mengelola keuangan mereka dengan baik di masa depan. 

Salah satu cara mengajar anak kecerdasan finansial adalah melalui games. Hampir semua anak sangat menyukai games, selain interaktif juga progresif karena tantangan atau level permainan yang bisa disesuikan dengan usia mereka. Anak tanpa sadar, sambil bermain juga terlatih daya pahamnya tentang edukasi keuangan.

Di internet banyak games edukasi keuangan untuk anak-anak. Salah satu rekomendasi games uang dan finansial yaitu mortgagecalculator.org/money-games yang bisa dimainkan oleh anak-anak.

Game Edukasi Anak Online Tentang Uang dan Keuangan

Melatih kecerdasan finansial anak sejak dini bisa dengan memanfaatkan games yang tersedia di internet, ada yang berbayar dan gratis. Berikut 2 contoh  games yang bisa dimainkan anak di rumah merupakan games online gratis PC untuk melatih anak tentang uang dan finansial.

Cashback Game

Cash back adalah permainan dimana pemain akan memberi pelanggan atau customer kembalian uang dengan menggunakan uang kertas dan koin. Menghitung berapa uang cash back yang seharusnya diberikan sebelum waktu yang tersedia habis.

game online anak gratis
Foto : Screenshoot mortgagecalculator.org/money-games

Manfaat yang didapat dengan permainan adalah :
  • Anak akan terbiasa membedakan nominal uang berupa nominal besar dan nominal kecil. 
  • Anak dilatih lebih teliti saat memberikan cash back kepada customer.
  • Anak lebih menghargai waktu, karena semakin efisien menggunakan waktu saat memberi kembalian berarti peluang penjualan dan pendapatan semakin banyak.
  • Melatih dan meningkatkan kecepatan berpikir dan berhitung.
Cara Bermain :
  • Awal game di buka akan ada petunjuk permainan berupa tutorial, bagian ini bisa di skip untuk langsung bermain.
  • Di bagian pengaturan bisa memilih tingkat kesulitan (mudah, sedang, dan sulit) dan tampilan jumlah perubahan untuk ditampilkan.
  • Tampilan layar permainan berupa : 
    • Item Box        : Kotak ini menampilkan nama produk yang dibeli, gambar dan harga
    • Times Bar      : Batas waktu untuk menyelesaikan uang kembalian
    • Sales Box      : Barapa banyak penjualan tercapai
    • Money Box   : Tempat uang nominal uang kertas dan koin
    • Give Change : Tombol untuk memberi kembalian
Meskipun Cash Back game ini kelihatannya sederhana tapi dibutuhkan kemampuan untuk berpikir cepat. Permainan ini seru dan menantang, anak-anak pasti suka.

Real Estate Tycoon

Permainan Real Estate Tycoon merupakan game yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan dengan membeli properti yang murah lalu menjualnya saat harga naik.

Game ini disederhanakan sesuai kemampuan anak-anak dengan 3 mode permainan yakni :
  1. Career Mode : Mulai berbisnis properti dengan modal sedikit uang lalu membeli dan menjualnya berulang kali dan berupaya mencapai target keuntungan di setiap level.
  2. Time Trial Mode : Berupaya mendapatkan target keuntungan dalam batas waktu tertentu.
  3. Endless Mode : Terus membeli dan menjual properti tanpa batas waktu atau target penghasilan.
game anak kecil
Foto : Screenshoot mortgagecalculator.org/money-games


Meskipun permainannya sederhana tapi banyak manfaat yang didapat untuk mengasah kecerdasan keuangan anak lumayan banyak, antara lain :
  • Meningkatkan kecerdasan anak terkait mengelola usaha untuk mencapai target penghasilan yang diharapkan. 
  • Mengasah kemampuan dan kecepatan berpikirnya untuk melihat tren perdagangan properti yang sedang berlangsung. 
  • Melatih kemampuan anak dalam mengambil keputusan yang tepat.
  • Melatih ketajaman daya ingat.
  • Anak belajar mengelola emosinya situasi saat profit atau saat rugi.
  • Anak belajar untuk fokus.

Cara Bermain :

Cari dan beli properti pada saat harga turun lalu ketika harga sudah mulai naik hingga harga maksimal maka segera jual untuk mendapat profit yang tinggi. Sebagai saran, fokus satu hingga tiga beberapa properti untuk menjaga ingatan akan harga properti saat dibeli serta untuk mencegah kerugian karena menjualnya dibawah modal pembelian.

Melatih anak kecerdasan finansial sejak dini melalui permainan adalah hal yang tepat, karena kemampuan ini merupakan skill yang dibutuhkan anak kelak untuk mengelola hidupnya, hanya saja menetapkan waktu bermain yang tepat perlu diperhatikan orang tua.

Enjoy your games!

Posting Komentar untuk "Games Edukasi Keuangan, Cara Untuk Mengasah Kecerdasan Finansial Anak Sejak Dini lho!"