Widget HTML #1

6 Cara Mengatasi Anyang-anyangan Perlu Dicoba!

Sekali waktu saya mengalami pengalaman tidak enak terkait buang air kecil (BAK), bawaannya mau ke belakang terus disertai rasa perih dengan urine yang sedikit.  Kondisi ini berlangsung agak lama. Akhirnya karena merasa sangat tidak nyaman akhirnya saya curhat ke teman dekat dan dia bilang mungkin saya mengalami anyang-anyangan.

Saya jadi penasaran dong! Segera tanya sama mbah google si paling tau segalanya. Sebenarnya apa sih anyang-anyangan itu? Obat anyang anyangan apa saja? Hihihi. 

Apa Itu Anyang-anyangan?

Anyang-anyangan adalah kondisi yang tidak menyenangkan di mana seseorang merasakan dorongan terus-menerus untuk buang air kecil, disertai perasaan nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil. Gejala ini sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

cara mengatasi anyang-anyangan
Foto : Uricran.co.id

Dalam istilah medis, anyang-anyangan disebut dengan disuria. Penyakit ini kadang diidentifikasi sebagai infeksi saluran kemih. Kalau kondisi ini dibiarkan berlarut-larut dan tidak ditangani dengan baik, dikhawatirkan bisa menyebabkan komplikasi pada saluran kemih, kandung kemih dan bahkan ginjal. Jadi sebaiknya jangan dianggap remeh.

Penyebab Anyang-Anyangan

Adapun penyebab disuria disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Penyebab paling umum anyang-anyangan adalah infeksi bakteri pada saluran kemih. Bakteri seperti E. coli biasanya masuk melalui uretra dan menempel pada dinding kandung kemih, menyebabkan peradangan dan iritasi. Ini adalah penyebab utama anyang-anyangan pada wanita.

2. Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan dapat membuat urine menjadi lebih pekat, yang dapat merangsang kandung kemih dan menyebabkan iritasi.

3. Iritan atau Alergi

Penggunaan produk perawatan pribadi yang mengandung pewarna atau bahan kimia tertentu bisa menyebabkan iritasi pada daerah genital dan kandung kemih.

4. Aktivitas Seksual

Hubungan seksual yang intens atau tidak higienis dapat menyebabkan bakteri masuk ke saluran kemih, meningkatkan risiko anyang-anyangan.

5. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beberapa PMS seperti klamidia atau gonore dapat menyebabkan infeksi yang pada gilirannya bisa memicu anyang-anyangan.

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan

Adapun anyang-anyangan dapat diatasi dengan mencoba beberapa hal berikut :

  • Minum Banyak Air

Memastikan asupan cairan yang cukup adalah langkah pertama. Ini membantu melarutkan urine dan mengurangi iritasi pada kandung kemih.

obat anyang-anyangan
Foto : pixabay

  • Hindari Iritan

Batasi konsumsi alkohol, kafein, minuman berkarbonasi, dan makanan pedas yang dapat memperburuk gejala.

  • Toilet yang Teratur
Buang air kecil secara teratur dan jangan menahan urine terlalu lama.
  • Kebersihan yang Baik
Jaga kebersihan area genital dan praktik seks yang aman.
  • Obat Bebas
Untuk meredakan nyeri dan iritasi, Anda dapat mencoba obat bebas seperti analgesik (misalnya, ibuprofen) atau pil penenang kandung kemih (misalnya, fenazopiridin).
 
Produk yang mengandung cranberry dipercaya mampu membantu mencegah infeksi saluran kemih misalnya Uricran yang mengandung 250mg ekstrak cranberry dengan dosis 1-2 kapsul/hari di produksi oleh Combiphar.

Kandungan proanthocyanidins (PACs) tipe A yang terdapat dalam buah cranberry dipercaya mampu mengubah lapisan dinding saluran kemih jadi licin sehingga bakteri E. Coli sulit menempel dan menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia Coli karena sifat urine berubah menjadi lebih asam.

  • Konsultasi dengan Dokter
Jika gejala anyang-anyangan berlanjut atau berulang, sangat penting untuk mencari nasihat medis profesional. Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik jika ada infeksi saluran kemih yang memerlukan pengobatan. 

Jangan ragu untuk mencari pertolongan medis jika Anda mengalami anyang-anyangan yang berat atau berulang, karena bisa menjadi tanda masalah yang lebih serius. Selain itu, jika Anda mengalami anyang-anyangan berulang, dokter Anda dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari penyebab yang mendasarinya.

Nah untuk masalah yang saya alami kemungkinan yang ke-2 yaitu dehidrasi, karena kesibukan kadang lupa minum air yang cukup bahkan terkadang suka nahan-nahan BAK. Jadi saran saya sebaiknya jangan tiru kebiasaan buruk saya ya 🫢. Tetap jaga kesehatan mulai dari hal-hal kecil.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi Anyang-anyangan Perlu Dicoba!"