Perlengkapan Menjahit Untuk Pemula, Wajib Dibeli!

Perlengkapan Menjahit Untuk Pemula yang Wajib Dibeli! Saat memulai rencana belajar menjahit pakaian sebaiknya terlebih dahulu kita mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan. Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa perlengkapan dasar menjahit (alat jahit) yang wajib dimiliki oleh seorang penjahit otodidak atau pemula. 

Perlengkapan Menjahit Untuk Pemula
Foto : Doc. Pribadi

Disini saya akan bagi dalam 2 bagian penggunaan perlengkapan menjahit dan fungsinya, yaitu :

☑ Alat untuk buat pola ukuran kecil

Biasanya yang masih dalam tahap belajar, sebelum membuat pola besar atau pola sebenarnya terlebih dahulu polanya dibuat dalam ukuran kecil, gunanya agar dapat gambaran bentuk bola dan banyaknya bahan yang dibutuhkan untuk suatu model. Ukurannya sesuai skala 1:½, 1;¼, 1:⅙, dan 1:⅛. (Sesuai selera masing-masing ya)
Skala
Penggaris siku dan Penggaris Panggul (ukuran kecil)

☑ Alat untuk buat pola besar (ukuran sebenarnya)

1. Tali pengikat/veterban 

Ini adalah sebagai patokan untuk mengukur beberapa ukuran lain agar posisi mengukurnya tepat. Diikat dibagian pinggang sekitar 1 atau 2 jari diatas pusat.

2. Meteran

Gunanya untuk mengambil ukuran pada badan dan alat bantu membuat pola besar.

3. Penggaris siku dan Penggaris Panggul 

Fungsinya untuk menggambar pola tegak lurus, bagian yang meengkung seperti leher, lengan, panggul dan gulbi.

4. Alat tulis 3 warna 

Warna merah untuk pola depan, biru untuk belakang dan hijau untuk pola kerah, ban pinggang, manset.

5. Kertas pola

Bisa dibeli di toko ATK, kalau saya pakai koran, lumayan lebih hemat. 

6. Karbon jahit

Untuk memberikan tanda dan memindahkan pola pada bahan/kain agar batas-batas jahitan terlihat.

7. Kapur jahit

Alat untuk memberi tanda di atas kain atau kampuh.

8. Gunting

Gunting kain, gunting kertas dan gunting benang. Sebaiknya gunting ini digunakan sesuai fungsi masing-masing ya, agar tidak mudah tumpul.

9. Rader

Digunakan bersama dengan karbon jahit untuk memindahkan pola pada bahan/kain.

10. Jarum Pentul

11. Pendedel

Alat untuk membuka jahitan, mencabut benang-benang keluhuran yang terjahit pada kain.

12. Benang 

Sebaiknya beli sesuai warna bahan.

13. Jarum 

Jarum tangan, jarum mesin sesuai bahan.

14. Spool dan Skoci

Untuk tempat benang (setikan jahitan bagian bawah/benang bawah. Spool sebaiknya sediakan 5 buah agar tidak repot ganti benang sementara skoci 2 saja buat persediaan.

15. Mesin jahit 

Untuk mesin jahit ada 2 jenis portabel dan manual, sekedar saran kalau budgetnya minimalis πŸ˜‰beli yang manual dulu  second hand (bekas) tapi mungkin sudah dimodifikasi menggunakan dinamo. 

Aku sendiri beli seken, karena saat itu masih belum yakin apakah belajar menjahitnya berhasil atau tidak, maklumlah saya agak moody orangnya, kalau lagi semangat ya semangat, kalau tidak ya bisa berbulan-bulan tak meliriknya, hahahaha πŸ˜…. 
Saat itu harganya saya beli sekitar Rp. 600.000 garansi 6 bulan. Uangnya dari tabungan yang telah saya sisihkan beberapa bulan, niat banget ya! Hahahaha

Nah, untuk sementara itu dulu alat-alat jahit yang perlu disediakan, selanjutnya beli alat sesuai kebutuhan saat akan praktek. Ingat! Hemat itu ciri khas para ibu, bukan?

Estimasi Biaya Perlengkapan Menjahit

Berapa sih modal awal yang dibutuhkan? 

Berikut ini saya uraikan, harga tergantung daerah masing-masing ya, tapi biasanya selisih harga nggak jauh berbeda.

Estimasi harga alat-alat jahit

Ya, seperti gambaran persiapan awal saat kita hendak belajar menjahit pakaian. Sebenarnya, kalau  perlengkapan menjahit lengkap bisa menambah semangat saat belajar. Semoga bermanfaat.

25 komentar untuk "Perlengkapan Menjahit Untuk Pemula, Wajib Dibeli!"

Comment Author Avatar
Huah sebelum punya peralatan kayaknya aku harus kursus jahit dulu deh. Sedang ngumpulin budgetnya dulu nih
Comment Author Avatar
Whuaa bermanfaat banget ini buat para penjahit pemula ya. Kalau aku sudah lieur duluan lihat alat2nya.
Comment Author Avatar
wah saya baru tau kalau alat tempur untuk jahit lumayan juga yes, saya cuman punya benang sama jarum, cuma buat jahit yang bolong2 aja, wkwk. dari dulu pengen bisa jahit tapi tapi tapi enggak pede sama jahitan sendiri, karena jahit baju yang bolong aja enggak rapi dimana bikin baju wkwkwk. makasih mba sharingnya,yes.
Comment Author Avatar
Ternyata enggak mahal ya mesin Jahit second, 600 ribuan saja. Bergaransi lagi...wah jadi mupeng beli
Comment Author Avatar
Semua peralatan menjahitnya tidak asing sekali buatku. Karena tanteku tukang jahit dan mamaku juga suka banget menjahit :)
Tapi memang peralatan itu yang wajib ada karena terpakai semua :)
Comment Author Avatar
Saya belajar jahitnya otodidak mbak, tapi maksa minta paksu belikan mesin jahit. Lumayan buat jahit baju-baju yang lepas jahitan. Pernah juga buatin seragam anak karena sudah usang, baju lamanya saya dedel trus dijadikan pola, haha... nggak profesional blas, tapi jadi baju sih, lumayaaan... meski tanpa penggaris siku, hehe...
Comment Author Avatar
Kakakku suka menjahit jadi bahan-bahan di atas biasa aku lihat di rumah. Ketrampilan menjahit kepake banget lho sampai tua nanti. Biarpun sudah nggak bekerja formal, tetap bisa berpenghasilan dari menjahit. Kalau Mbak Yanti sendiri menjahit sebagai hobi atau profesi, nih?
Comment Author Avatar
Menjahit apa bisa belajar sendiri, mbak? bukankah harus ada gurunya jadi bisa sekalian praktek dengan mentor. kalo saya mah agak susah sih kalo belajar menjahitnya otodidak karena harus lihat contoh dan caranya langsung. hehe
Comment Author Avatar
Saya mulai belajar jahit saat masih SMP, kebetulan mapel PKKnya disuruh buat baju tidur waktu itu. Mulai dari bikin pola, motong kain, sampai jahitnya. SMA terulang lagi, bikin seragam. Sukses kah? Semuanya gagal. Tapi teknik jahit tikam jejak masih melekat sampai sekarang dan sering dipakai buat jait saku2 yang bolong. Hihihi...
Comment Author Avatar
Ternyata banyak juga ya yang harus disiapkan sebelum memulai belajar menjahit. Saya dulu kecilnya suka banget asal jahit dan asal gunting sisa bahan dari jahitan ibu.
Comment Author Avatar
aku pernah kursus menjahit dulu. sempat juga bikin baju dan rok. Sekarang belum menjahit lagi.
Comment Author Avatar
Saya pengen belajar jahit kok ogah2an banget ya? Hehe. Bayangin bikin pola yg mumet. Alhamdulillah mertua punya mesin jahit yg bisa kupakai.
Comment Author Avatar
Hebat kakak..
Dari mulai belajar otodidak ya..

Udah pede kah terima jahitan?
Comment Author Avatar
Salut banget sama yang pinter jahit...apalagi otodidak...
Comment Author Avatar
Salut. Komplit banget. Kalo saya baru bisa jahit selimut dari kain perca. Polanya semua orang bisa πŸ˜‚
Comment Author Avatar
Kak yanti.. huhuhuhh aku kalo liat beginian serasa di rumah kakak ipar. Semua ada.
mau belajar tapi gak bisa 2 karena anaknya pasti ngikut...
Comment Author Avatar
Jadi kangen jahit menjahit, dah lama banget nggak genjot roda mesin
Comment Author Avatar
alat jahitku dipinjam orang, balimudah bubrah semua...
Comment Author Avatar
Kalau untuk mesin recommended merk apa kk? yang ramah di kantong tapi awet
Comment Author Avatar
Nggak pande jait. Tp lengkap nih alat2 perang menjahit di artikelnya
Comment Author Avatar
Kaka maap,, ga kerjaan ku x kek gini ahahah belum memulai menjahit aja udah pening kepala liat jarum
Comment Author Avatar
Mau lah aku ajak kakak kalo nanti minta ajari ngajar jahit menjahit.
Comment Author Avatar
wah sebenernya murah juga yaaa ?

Emang semua itu harus berawal dari niat.
Tapi niat kudu direalisasikan nggak sekedar berhenti di niat :')
Comment Author Avatar
Bisa dijadikan usaha nih... Buat kursus menjahit atau jadi penjahit. Keren kak... Kapan kapan ajarin aku jahit ya.
Comment Author Avatar
Boleh juga ini, bisa dijadikan usaha di rumah saja

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!