Widget HTML Atas

Review Aplikasi blu by BCA Digital, Platform Menabung Untuk Anak Muda

Beberapa bulan lalu, Deva putra sulung saya genap berusia 17 tahun, secara umur bisa dikatakan sudah layak memasuki usia  dewasa. Sebagai orang tua sangat senang dan juga mulai mempersiapkannya untuk menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggungjawab. Saya dan suami sepakat untuk mengurus semua yang hal  terkait administratif seperti KTP, SIM dan juga tabungan atas nama pribadinya.

review aplikasi blu
Foto : Doc. Pribadi

Bicara soal tabungan, sebenarnya Deva sudah punya tapi masih rekening bersama QQ (Joint QQ adalah rekening gabungan yang dibuat dimana pemilik rekening masih di bawah umur dan belum memiliki KTP, sehingga  perlu penjamin yaitu wali atau orang tua).

Setelah KTP dan SIM siap, kami mulai mencari informasi tabungan yang cocok dengan usianya, bisa menabung, transaksi digital dan kemudahan mengakses dari smartphone miliknya. Maklum saja millineal atau gen Z maunya yang serba praktis. Apalagi sekarang Deva juga sudah memiliki blog dan harapannya tabungannya ini kelak bisa mendukung pekerjaannya.

Setelah searching berbagai tabungan digital setidaknya sudah ada 7 di Indonesia , kami tertarik dengan tabungan BCA Digital yang lebih dikenal dengan Aplikasi blu by BCA Digital. 

Beberapa hal yang kami dapatkan terkait Ekosistem digital blu sebagai berikut:

Mengenal Secara Umum Aplikasi blu by BCA 

Aplikasi blu merupakan platform layanan perbankan PT Bank Digital BCA atau BCA Digital yang sebelumnya dikenal dengan nama Bank Royal, diakuisisi oleh PT Bank Central Asia bulan November 2019 lalu. 

Seperti yang disampaikan Lanny Budiati selaku Direktur Utama BCA Digital mengungkapkan bahwa target utama platform ini #blubuatbaik adalah anak muda Indonesia agar mereka bisa menata keuangan pribadi dengan optimal seperti menabung dan mengatur cashflow  sehari-hari dengan baik. Meskipun tidak menutup kemungkinan calon nasabah diluar usia tersebut untuk menggunakan layanan ini.

Platformnya fresh dan enabler, sangat wajar karena blu dibangun agar menjadi next-generation bank dimana memberikan kendali lebih bagi setiap nasabah dalam mengatur keuangan mereka.

Pada saat yang sama, Ibu Lanny menegaskan bahwa aplikasi blu akan selalu berinovasi, mengingat blu adalah produk dari BCA Digital, Perusahaan BCA Group yang selalu berinovasi memberikan layanan terbaik bagi pengguna.


ekosistem digital blu
Foto : bcadigitaldotcodotid

1. Beda BCA Digital dengan BCA Mobile

Perbedaan yang utama adalah dari segi operasional layanan perbankan. Berdasarkan pers rilis hasil pencarian di internet,  Aplikasi blu hadir sebagai ekosistem digital blu tanpa kantor cabang (branchless) dan dapat diakses dari mana saja, kapan saja. Aplikasi blu juga terintegrasi dengan semua infrastruktur digital yang dimiliki oleh BCA, seperti call center dan jaringan ATM. Semua layanan perbankan dilakukan dalam satu aplikasi.

Sedangkan BCA Mobile dan Internet banking BCA merupakan layanan perbankan yang disediakan oleh Bank BCA yang sifatnya konvensional sehingga saat membuka rekening harus datang ke kantor cabang, memiliki buku tabungan dan kartu ATM. 

2.  Menu Utama dan Fitur Aplikasi blu

Rekening nasabah di Aplikasi blu disebut bluAccount yaitu rekening utama yang digunakan untuk bertransaksi seperti menerima atau mengirim tranferan ke sesama atau bank lain, tarik tunai di ATM atau membeli dan membayar berbagai transaksi digital lainnya.

Saat pertama buka bluaccount di aplikasi pada halaman pertama atau home  akan langsung muncul 3 menu utama yaitu :

1. Tracker

Halaman ini fungsinya untuk mencatat cashflow dalam bulan berjalan yang terdiri dari pemasukan, pengeluaran serta riwayat transaksi.

2. Simpanan

Terdiri dari 3 pilihan :
  • bluSaving adalah rekening tabungan yang fungsinya sesuai dengan pos-pos kebutuhan masing-masing dan bisa dinamai berdasarkan pos tersebut seperti tabungan, hadiah, barang impian, rumah, liburan, pensiunan dan lain-lain, maksimal 10 pos. Suku bunga tabungan 3% p.a. 
  • bluGether adalah tabungan yang berfungsi seperti rekening bendahara. Nasabah pembuat rekening disebut creator dan dapat mengundang teman hingga 24 member untuk ikut memonitor saldo dan transaksi rekening bluGether.Suku bunga tabungan 3% p.a. 
Tabungan ini cocok banget dengan kearifan lokal dimana orang Indonesia identik dengan arisan dan gotong royong maka patungan bareng teman untuk rencana liburan misalnya sangat bisa dilakukan dan diwujudkan.
  • bluDeposit adalah tabungan berfungsi memudahkan nasabah membuka deposito yang bisa di top up nominalnya. Deposito tidak akan secara otomatis diperpanjang saat jatuh tempo melainkan pokok dan bunga masuk ke bluAccount.
3. Tombol Ekstra
Layanan digital online seperti top up E- Money (Gopay, OVO) bayar/beli (pulsa, paket data, tagihan pascabayar) tarik tunai, transfer dab bayar pakai QRIS.

Bagi yang awam mungkin masih asing dengan istilah-istilah yang terdapat di aplikasi, tapi tidak usah khawatir setiap menu #blubuatbaik selalu disertakan tombol navigasi atau keterangan. Menurut klaim yang saya baca di website BCA Digital tim Call Center halloblu tersedia 24/7 setiap hari.

Ekosistem digital blu yang lengkap dan terintegrasi ini termasuk nilai plus  yang bisa dijadikan pertimbangan.

Adapun tahapan yang perlu dilakukan saat membuka rekening di Aplikasi blu adalah sebagai berikut :
  • Siapkan nomor telepon, e-KTP, NPWP (optional), email aktif dan Smartphone Android minimal OS versi 5.0 ke atas
  • Download Aplikasi blu
  • Isi application form yang tersedia di aplikasi blu
  • Verifikasi lewat video call dengan tim haloblu
  • Rekening teraktivasi maksimal 1 jam
  • Setelah diaktivasi, selanjutnya bisa Top Up dan melakukan transaksi sesuai kebutuhan.

It's blu Day Mulai Langkahmu

Untuk menambah wawasan agar lebih meyakinkan kami lagi bahwa blu BCA digital merupakan pilihan yang tepat, sebagai blogger dapat privilege mengikuti Virtual Press Conference saat launching aplikasi blu by BCA Digital pada hari Kamis, 22 Juli 2021 sekitar 09.30-11.30 wib secara virtual melalui zoom.

Dalam acara tersebut Lanny Budianti selaku Direktur Utama BCA Digital menceritakan bahwa blu ini merupakan anak bungsu BCA jadi ekosistem digital blu akan terintergrasi dan dukungan dari BCA. Meskipun begitu blu by BCA digital jelas beda dengan BCA konvensional dimana blu memiliki kode bank yaitu 051.

Pada acara tersebut yang menarik pemilihan nama blu dan icon persona yang dipilih yaitu Benni, Lea, dan Utta. Ternyata alasannya adalah pasar yang akan disasar adalah anak muda para digital savvy dan orang yang yang berjiwa muda. Sehingga strategi blu adalah dimana ada anak muda disitu ada blu. 

Aplikasi blu by BCA Digital
Foto : Instagram blubybcadigital

Ada pun persona blu (Benny, Lea dan Utta) mewakili tiga pasar yang disasar yakni :

1. Financially Mature

Benni, singkatan dari berani investasi, mewakili para digital savvy yang tingkat financial literacy-nya sudah sangat mature berorientasi investasi untuk masa depan. 

2. Financially Independent

Lea, artinya lebih kaya, mewakili para digital savvy yang sudah mempunyai income stabil dan sudah cukup pintar dalam mengatur keuangan untuk kebutuhan primer termasuk lifestyle. 

3. The Youngest

Utta, singkatan dari utamakan tabungan, mewakili para digital savvy yang belum bekerja, masih dependent, dan income belum stabil. Membantu mereka untuk mengatur cashflow bulanan.

Ketiga 3 icon persona ini diharapkan kaum millineal atau anak muda lebih paham literasi finansial kerena mereka sejak muda sudah terekspos dengan perbankan. Penulisan blu sendiri yang semua huruf kecil tujuan agar terkesan humble yang selalu mengutamakan nasabah.

Masih pada acara yang sama, blu BCA Digital dengan semangat berkolabarasi dan bersinergi dengan pihak lain, memperkenalkan blibli ecommerce sebagai teman pertama kerjasama. Jadi dengan begitu sobat blu bisa melakukan pembayaran belanja di blibli melalui aplikasi blu karena ekosistem digital blu berbasis seamless.

Kabar baik lainnya adalah bagi nasabah yang membuka rekening bluaccount pihak blu BCA Digital memiliki satu program #blubuatbaik akan menyumbang Rp. 1000 per nasabah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan untuk mengurangi emisi karbon dan sampah.

Review Jujur Aplikasi blu

Setelah mempertimbangkan beberapa kelebihan yang diuraikan di atas dan review Aplikasi blu yang positif dari pengguna di internet, akhirnya kami sepakat untuk memilih Aplikasi blu by BCA Digital sebagai tabungan pertama pribadi Deva.


review jujur aplikasi blu
Foto : Doc. Pribadi

Kesan pertama saat mendownload aplikasinya, tampilannya fresh khas anak muda banget! Pembukaan rekening praktis dan tidak ribet hanya perlu mendaftar pakai nomor ponsel dan menyediakan e-KTP saja. Setelah mengisi formulir digital yang tersedia di platform aplikasi blu, tidak berapa lama kemudian menghubungi tim Call Center atau dikenal haloblu! untuk verifikasi akun. Tidak sampai 10 menit bluAccount sudah aktif dan bisa Top Up dan melakukan transaksi online yang tersedia.

Karena baru beberapa hari mengunduh belum banyak mengekplorasi layanan atau fitur yang disediakan, untuk sementara masih isi saldo dan top up ke e-money Gopay. Setelah saya perhatikan sama seperti rekening konvensional memiliki saldo tersisa dalam rekening minimal Rp. 10.000 dan saat top up ke Gopay dikenakan biaya 2000 tapi saat saya cek kembali kedua aplikasi nominal yang keluar dan diterima tetap sama tidak ada biaya yang terpotong. Menurut kesimpulan saya bisa jadi biaya ini digratis untuk nasabah baru.

Ya, overall, kami suka dengan aplikasi blu ini, selain membantu Deva dalam mengelola keuangannya, kami sebagai orang tua juga bisa memantau dan memberi saran kepadanya karena transparasi cashflow melalui fitur Tracker yang tersedia.

Semoga review jujur aplikasi blu dari kami dan review aplikasi blu dari teman-teman yang tersedia di internet bisa menjadi pertimbangan bagi calon pengguna yang hendak membuka bluAccount dan pihak BCA Digital sendiri agar terus mengembangkan ekosistem digital blu semakin lebih baik lagi ke depan.

Selain keunggulan yang ditawarkan tentu saja nama besar BCA, sudah terdaftar dan diawasi OJK serta sudah menjadi anggota LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), bisa jadi pertimbangan kalian untuk tidak ragu memilih platform ini sebagai tempat menabung!

Oh, ya, untuk menikmati layanan aplikasi blu yang disediakan bisa mendownload aplikasi di Play Store untuk pengguna smartphone android dan iOS di App Store lho! Untuk mendapatkan rewards Rp. 250.000 dibagian kode referral input kode DAEVAIENV jangan lupa!







32 komentar untuk "Review Aplikasi blu by BCA Digital, Platform Menabung Untuk Anak Muda"

  1. Emang pas banget ni blu untuk Deva ya kak. Jadi buat anak muda latihan mengatur keuangan mereka sendiri. Pengen juga nih bikinin buat duo AuRa kalau mereka udah ngerti nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, sekalian melatihnya juga kak Dyah

      Hapus
  2. Wah Deva hampir sebaya anak saya nih...seneng banget ada aplikasi blu by BCA Digital. Fiturnya lengkap juga ya, mudah pula digunakannya. Pas bener untuk jadi solusi pengelolaan keuangan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak Dian, sekalian pelatihan buat dia belajar mengelola keuangan pribadi

      Hapus
  3. kebetulan nih Deva seusia juga sama anak saya, sudah saya buatkan juga norek di BCA tinggal diajuin ya buat aplikasi blu biar bisa belajar mengatur keuangan

    BalasHapus
  4. Aplikasi Blu BCA Digital ini jadi solusi praktis untuk menabung dan melakukan aktivitas transaksi lainnya. Dari segi kepraktisan dan gayanya yang kekinian cocok buat anak muda yang masih pemula tapi semangat untuk menabung dengan cara mudah nggak ribet-ribet.

    BalasHapus
  5. fitur bluSaving nya menarik banget ya, Mbak.. Jadi tabungan kita bisa lebih rapih lagi untuk pembagiannya. Jadi gak bingung mau belanja dari pos yang mana, buat pendidikan pakai pos yang mana. Mantap banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya banget, sekalian bisa monitor progresnya

      Hapus
  6. Waah langsung uji coba ke anak. Ide bagus nih....
    Anak jadi melek teknologi digital bidang keuangan sekaligus belajar ngatur uang yaa...

    BalasHapus
  7. Wah keren ya Kak BCA makin mengembangkan sayapnya dan berinovatif hingga akhirnya lahirlah aplikasi blu dari BCA ini dengan menargetkan anak anak muda sebagai pasarnya. Mantap.

    BalasHapus
  8. BCA selalu tahu kebutuhan masyarakat ya?

    sekarang, walau gak pandemi, malesin banget harus ngantri untuk buka rekening tabungan

    kalo bisa cara mudah dengan online. kenapa harus dipersulit ya?

    BalasHapus
  9. Wah seumuran sama anakku. Tahun ini juga genap 17 tahun siap siap mau bikin KTP, SIM dan rek tabungan nih

    BalasHapus
  10. Pihak BCA detail banget ya soal data kota. Pantas karena mereka bisa akses data dari dukcapil. Saya ga bisa buka sebagai nasabah BCA karena KTP sudah beda. Akhirnya buka rekening blu bukan sebagai nasabah meski saya punya rekening BCA induk

    BalasHapus
  11. Aku sudah punya blu account ini mbak
    mantap ya, proses pendaftarannya sangat mudah dan cepat
    anti ribet club dah blu ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, daftar blu Accont emang anti ribet banget ya. Memudahkan urusan kita jadinya.

      Hapus
  12. BLU bisa mengajarkan anak untuk rutin menabung ya kak. Apalagi cara daftarnya juga mudah sekali. npwp pun tidak wajib ya kalau saya buka aplikasinya

    BalasHapus
  13. BCA memang the best sih, saya pengguna BCA sejak dulu, always satisfied sm kualitas layanannya. Dan sekarang ada BLU nih, pasti dilirik para milennials yang mencintai kepraktisan

    BalasHapus
  14. BCA bank terbaik untuk nasabahnya , buat apa ngantri kalau sudah bisa dilakukan online, ada yang mudah ngapain cari yang sulit

    BalasHapus
  15. Keren sekali inovasi dari BCA sebagai pelanggan aku juga sangat membutuhkan informasi ini dan tentunya akan membantu kelancaran pekerjaan ku sebagai blogger

    BalasHapus
  16. Buat emak2 juga cocok nih, aplikasi blu. Bikin segala pos penyimpanan bisa tertata rapi.

    BalasHapus
  17. Kemudahan yang memang disukai generasi muda jaman now nih. Tanpa antre, tanpa perlu harus jadi nasabah BCA lebih dulu. Dengan begitu, bisa semangat untuk menabung lebih cepat

    BalasHapus
  18. Beneran mudah dan cepat untuk buka rekening di aplikasi blu, dan banyak fitur transaksi yang bisa dimanfaatkan, apalagi gratis transfer. Pengin juga tarik tunai lewat ATM, tapi nanti aja deh, mau banyakin saldo tabungan bluSaving

    BalasHapus
  19. wah keren sudah punya blog juga Kak Deva.. apalagi kalo blognya berpenghasilan emang harus punya aplikasi blu biar enak transferannya hehe

    BalasHapus
  20. Penghasilan dari blog kita pisahkan di bluSaving nya blu ini. Keren tuh. Selama ini saya masih campur campur jadinya banyak hangusnya hehehe

    BalasHapus
  21. Wah menarik nih blu by BCA ini. Jadi penasaran. Etapi ini buat anak muda, ya? Buat anak-anakku dong ya. Hehehe. Tapi nanti coba install ah, kepengen bukain buat si sulung. Keren ya BCA. Bangga deh aku sebagai salah satu nasabahnya sejak 10 tahun lalu.

    BalasHapus
  22. Waah, Kak Deva udah belajar mengatur keuangan sejak muda pake blu by BCA Digital. Daebak! Bisa diprospek jadi calon mantu nih, eh :))

    BalasHapus
  23. Walaupun dibilang buat anak muda
    Emak-emak kayak aku juga boleh khan buka rekening blu?
    Fitur-fiturnya menarik nih. Khan aku juga jadi pengen
    Apalagi memang sekarang semua serba digital. Rekening tabungan juga cari yang praktis lah
    Anti ribet-ribet club pokoknya

    BalasHapus
  24. Gini nih langsung dikenalin cara nabung sama anak ya kak.. Jadi biar terbiasa. Apalagi anak muda kan suka banget pakai aplikasi gini. Praktis lagi

    BalasHapus
  25. Blu emang bukan hanya untuk kaum Gen Y tapi untuk semua generasi nih kayaknya

    BalasHapus
  26. Keren bgt emang aplikasi blu ini ya fitur2nya pas sesuai kebutuhan anak muda sbg digital savvy, program kolaborasi dan blubuatbaik nya juga keren, mantap blu!

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!