Widget HTML #1

Maksimalkan Keuntungan dengan Berjualan Online di Marketplace yang Tepat

Jual beli digital
Foto : Pixabay
Hi, Sobat Blogger!

Perkembangan teknologi yang begitu pesat belakangan ini mempengaruhi berbagai lini kehidupan, termasuk dalam bidang ekonomi. Gaya hidup masyarakat yang tadinya masih bersifat tradisional/fisik beransur-ansur pindah ke digital. Ini tidak mengherankan, hampir semua masyarakat sekarang menggunakan smartphone yang bisa mengakses internet. Bagaimana sebaiknya kita menyikapi tren tersebut? Adakah manfaatnya bagi kita? Kita akan bahas dalam artikel ini.

Perkembangan Jual Beli Online di Indonesia

Kita ambil satu topik tentang transaksi jual beli online. Menurut Data Bank Indonesia (BI) menyebutkan, transaksi toko online (e-commerce) di Indonesia sepanjang 2018 lalu mencapai Rp 77,766 triliun. Angka ini meroket 151% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 30,942 triliun. 

Sementara untuk Januari 2019 saja, BI mencatat nilai transaksi di toko online, angkanya mencapai Rp 8,204 triliun. Ini meningkat tinggi, yaitu 135,8% dibandingkan Januari 2018 lalu.  

Survey yang dilakukan oleh JakPat, 1000 responden  dari 34 provinsi di Indonesia, menyimpulkan bahwa 65% mengaku berbelanja online 1 hingga 2 kali dalam sebulan. Dari angka ini, generasi millenial (18 – 35 tahun), khususnya dari kelas menengah, menjadi kalangan terbanyak yang berbelanja online.

Berdasarkan fakta di atas, kita bisa simpulkan  2  hal, yaitu :
  1. Perubahan perilaku dari segi berbelanja masyarakat yang kini lebih cenderung menggunakan situs dan aplikasi belanja online.
  2. Adanya peluang bagi penjual agar dapat meningkatkan omset dan tetap bisa eksis sesuai perkembangan zaman.
Tren tersebut  memunculkan satu pertanyaan, apakah kita berperan sebagai pengamat saja, konsumen atau penjual yang melihat ini sebagai peluang untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan yang maksimal alias jualan untung ga tanggung-tanggung?

Tentu saja, kita akan memilih sebagai penjual apabila sebelumnya kita punya toko offline atau berencana berjualan untuk menambah sumber penghasilan. 

Nah, sekarang dimana kita berjualan online yang lebih menguntungkan dan lebih praktis? Jawabannya, Marketplace!

Ecommerse Blibli.com
Foto : Blibli.com


Marketplace Bagian dari Transaksi Jual Beli Online

Geliat perubahan ini memunculkan berbagai marketplace yang tumbuh bagaikan jamur dimusim hujan. Di Indonesia sendiri banyak marketplace yang terkenal  seperti Blibli.com yang memiliki  pangsa pasar yang mumpuni. Ya, Masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan.

Marketplace bisa didefinisikan sebagai sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko. 

Pemilik marketplace berperan sebagai pihak ketiga yang menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran, tapi tidak bertanggungjawab atas barang-barang yang dijual. Konsepnya hampir sama dengan pasar tradisional atau department store.

Tips Memilih Marketplace untuk Memasarkan Produk

Banyaknya marketplace dengan ciri khas masing-masing, terkadang membuat para penjual bingung memilih yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan.

Nah, setidaknya ada beberapa kriteria yang bisa jadi panduan saat menentukan marketplace tempat berjualan online, sebagai berikut:

Keluasan Pilihan Kategori
Kategori produk yang luas, memungkinkan penjual bisa menjual produk dalam berbagai jenis, dan memudahkan pembeli saat mencari suatu produk.

Karena produk dijual secara digital maka foto merupakan hal yang wajib, seperti pepatah bilang, dari mata turun ke hati, gambar yang menarik bisa jadi awal seorang konsumen untuk membeli. Tersedianya gambar dari marketplace sangat membantu penjual untuk memasarkan produknya tanpa kendala dengan pintar atau tidaknya membuat foto yang menarik.

Gratis Kemasan
Kemasan yang sesuai dengan jenis produk bisa berfungsi sebagai pelindung dan juga sarana promosi, ini bisa menjadi nilai tambah bagi toko.

Gratis Biaya Kirim
Adanya garis kirim ke seluruh Indonesia, memperbesar peluang penjualan produk, baik bagi pembeli maupun penjual lebih hemat karena hanya mengeluarkan sebesar dari nilai produk saja.

Kemudahan Proses Pengiriman
Sistem pengiriman yang transparan dan tidak berbelit, membuat penjual maupun pembeli, lebih mudah mengontrol keberadaan suatu produk.

Asuransi Pengiriman Produk
Adanya asuransi, mengurangi resiko produk rusak, sehingga penjual bisa tenang saat pengiriman barang.

Layanan Merchant Care
Tim support  merupakan bagian yang penting juga, misalnya membantu saat ada masalah dengan barang yang dikirim, atau memudahkan informasi yang berkaitan proses jual-beli sehingga transaksi berjalan lancar.

Terdepan dalam Inovasi in Store
Banyaknya inovasi misalnya promo berupa diskon atau voucher, kemungkinan persentase penjualan produk meningkat, sehingga menambah omset penjualan.

Setelah mendapatkan informasi yang lengkap tentang kelengkapan kriteria di atas, maka seorang penjual bisa mulai jualan online dengan mendaftarkan tokonya dan mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh marketplace yang bersangkutan.

Akhirnya, penjual yang jeli melihat tren belanja online saat ini, perlu memanfaatkan peluang ini dan  memilih marketplace yang tepat  yaitu memiliki fasilitas layanan yang praktis dan lengkap seperti Blibli.com, agar dapat memaksimalkan keuntungan atau jualan untung ga tanggung-tanggung.

48 komentar untuk "Maksimalkan Keuntungan dengan Berjualan Online di Marketplace yang Tepat"

Comment Author Avatar
Akhirnya bisa komen yeheee. Sebenarnya makin banyak marketplacenya, masyarakatnya cenederung lbh konsumtif. Di satu sisi kasih reward buat pelapak rumahan. Disisi lain hati2 kalo out of the budget wkwk
Comment Author Avatar
Setiap orang memiliki pengalaman tersendiri mengenai marketplace online. Selain ongkos kirim gratis, yg mjd tips ptg lainnya adalah kesesuain barang antara foto dan kenyataan.
Comment Author Avatar
yah, meski saya tidak tau tentang nominal transaksi pembelanjaan online yang sudah disebutkan di atas, yang jelas saya juga lebih memilih berbelanja di marketplace atau toko online perorangan. kebetulan saya juga sebagai salah satu penjual online. hehehe
Comment Author Avatar
Sekarang banyak kon kawan yang split menjajal ngelapak di marketplace. Trend digital marketing mau nggak mau memang harus dijajaki untuk memperluas pasar. Dari cerita temen, salah satu tips meningkatkan omset penjualan di market place katanya sih gabung di komunitasnya. Ternyata tiap marketplace punya komunitas sesama pelapak juga yang salong support.
Comment Author Avatar
saya dlu perna menjualkan produk di shoophe tpi sampai skrng blum ada yg membeli :') gk tau kenapa kurasa pemasaranku kurang tepat. :)
Comment Author Avatar
Marketplace seperti Blibli dengan fasilitas lengkap baik untuk penjual maupun pembeli tentu akan memudahkan transaksi di era digital ini. Biar jualan untung enggak tanggung-tanggung!!
Comment Author Avatar
Maka tak heran penjual yang jeli akan memanfaatkan peluang ini dengan memilih marketplace yang tepat dan menguntungkan, yakni Blibli!
Comment Author Avatar
Sekarang jaman digital, serba mudah dengan adanya marketplace. Apa saja yg kita cari bisa diperoleh. Tinggal spesifikasi barang saja yang perlu dicermati lagi. Termasuk marketplace terpercaya.
Comment Author Avatar
Ada dua sisi sih sebenarnya, sisi positif dan negatif. Tapi pernah baca kalo marketplace ini nanti akan mengcopy produk yang laris punya Industri rumahan, habis itu marketplace itu akan jadi pemain tunggal dalam menjual.
Comment Author Avatar
Whaa blibli juga menawarkan ongkir gratis ya... Asik nih, belanja bisa lebih hemat, buat penjualnya juga bisa promo maksimal.
Comment Author Avatar
Dalam trend digital saat ini memilih marketplace terpecaya sangat penting. Kalau tidak bisa-bisa bukan untung yang di dapat. Marketplace blibli salah satu yang terpecaya buat melakukan jual beli di trend transaksi digital.
Comment Author Avatar
Marketplace sekarang lebih terpercaya ya, seperti blibli yang bikin kita mendapatkan keuntungan dan pastinya bisa menjual secara efisien :)
Comment Author Avatar
Menurut saya, kita memilih marketplace sesuai produk yang kita inginkan juga. Ada juga pengguna yang belum cocok membeli sepatu secara online dibandingkan offline. Tapi, memang tergantung pilihan masing-masing pengguna.
Comment Author Avatar
aku jujur masih maju mundur ingin jualan secara online ini. soalnya aku kurang matang dalam meriset pemasaran. paling tidak dengan membaca artikel ini ada sedikit pencerahan hehe
Comment Author Avatar
Berjualan dengan menggunakan marketplace ini memang banyak sekali keuntunganya, terutama karena cara dan transaksi yang mudah. Saya sendiri pernah merasakan gurihnya bisnis online shop.
Comment Author Avatar
wah, saya belum pernah nyoba belanja online di blibli.com nih. Next mau ngobain ah... makasih ulasannya ya mba.
Comment Author Avatar
Zaman now memang enak ya, Mbak. Mau belanja pun tidak perlu keluar rumah. Saya kan sekarang tinggal di Gombong. Jadi kadang banyak barang yang belum ada di sini. Maka solusinya online.
Dan blibli.com ini termasuk keren. Saya sering belanja di sana. Termasuk tiket bulutangkis. Jadi saya beli dulu online nanti di Jakarta tinggal ditukar. Praktis.
Comment Author Avatar
Zaman now memang enak ya, Mbak. Mau belanja pun tidak perlu keluar rumah. Saya kan sekarang tinggal di Gombong. Jadi kadang banyak barang yang belum ada di sini. Maka solusinya online.
Dan blibli.com ini termasuk keren. Saya sering belanja di sana. Termasuk tiket bulutangkis. Jadi saya beli dulu online nanti di Jakarta tinggal ditukar. Praktis.
Comment Author Avatar
Saya jarang banget belanja online, tapi jujur sih belanja online memang memudahkan dalam mencari produk tertentu.
Comment Author Avatar
Wah ini salah satu marketplace andalanku kalo belanja mba hehe. Makasih tipsnya ya. Kece abis
Comment Author Avatar
Aku belum pernah sih merasakan berjualan di marketplace. Kalau belanja, sering. Nah kan ketahuan doyan belanja. Eh tapi nggak juga, sih. Sesekali aja, sesuai kebutuhan. Tapi aku juga coba melihat teman-teman yang berdagang. Selain offline, hampir semuanya juga memanfaatkan marketplace. Apalagi kalau jualannya cuma di IG, WA atau FB, banyak calon pembeli yang tanya apakah mereka juga buka di marketplace atau nggak. Tentunya ini akan menjadi nilai plus ya karena keamanan lebih terjamin.
Comment Author Avatar
Zaman now semua sektor ada marketplace nya. Bahkan kalau buibu mager ke pasar tradisional yang becek dan suka desak²an, tinggal tap-tap aja di marketplace yang bergerak melayani jual-beli sayur dan ikan di pasar tradisional. Belanjaan pun nyampe di rumah, tinggal bayar, dan ibu² bisa lgsg masak.
Comment Author Avatar
Jualan beli on line itu sesuai perkembangan zaman.Sekarang tinggal kita menilai apakah produk kita bisa dan untung di jual di lapak on line atau tidak.
Comment Author Avatar
Sayangnya, ada minusnya berjualan dimarketplace yaitu suka perang harga. Masing-masing penjual bersaing memberikan harga semurah mungkin. Semoga aja di Blibi.com nggak ada, ya
Comment Author Avatar
Sekarang zaman serba online ya. Berkat internet pembeli dengan mudah memilih dan membeli barang yang diinginkan dengan memanfaatkan marketplace.
Namun sebelum berjualan atau membeli, kita perlu tahu betul dengan karakteristik marketplace-nya ya...jangan sampai ada yang dirugikan.
Comment Author Avatar
Jadi pengen jualan di market place juga. Mungkin orang milih beli di Market place karena banyak diskon dan terpercaya.
Comment Author Avatar
Market place kan ibaratnya pasar di dunia nyata. Banyak barang tersedia dengan harga beragam pula. Soal kejujuran dan penipuan pun berlaku di sana. Soal lapar mata pun terjadi pada kita, haha. Saya punya akun Market place yang awalnya buat belanja lama2 pengen jadi penjual juga. Lumayan juga, tanpa perlu capek menawarkan barang seperti di pasar, market place membantu pembeli menemukan barang yang dicari dengan sistem yang digunakan.
Comment Author Avatar
Sekarang emang serba mudah ya mau beli atau jual bisa lewat marketplace aja. Terus abis ini jadi pengen pelanja online heuehu
Comment Author Avatar
Memang lebih enak jualan lewat market place, karna pastinya orang banyak yang pindah membeli online melalui market place
Comment Author Avatar
Aku pribadi lebih sering belanja secara online daripada secara ofline. Karena selain mudah, harga dan barang-barangnya juga beragam. Apalagi kalau ada cashback atau diskon. 😁
Comment Author Avatar
Masing-masing marketplace menurut saya memiliki kelebihan tersendiri. Kebetulan bergabung dibeberapa marketplace. Enak sich sekarang, punya toko tapi nggak harus sewa atau beli toko, hehe ..
Comment Author Avatar
Aku penasaran kalau ada free ongkir yang nanggung seller kan ya mbak bukan marketplacenya?
Aku pernah juga sih jualan di marketplace tapi gak terlalu serius ya sekadar ngejual barang drpd nunpuk di rumah.
Zaman skrng emang kalau buat masyarakat lbh enak belanja online ya, peluangnya besar.
Comment Author Avatar
Berjualan online jangan hanya dilihat banyak untungnya aja, ya. Harus sudah tahu strategi apa saja yang harus dilakukan dan persiapan yang harus ada sebelum mulai berjualan di marketplace. Dewasa ini, semua orang yang jualan di WA maupun FB umumnya jualan di marketplace juga kan, ya?
Comment Author Avatar
Kalau menurutku sih kita kudu pujya toko di semua marketplace yang ada termasuk Blibli. Karena fetish orang bedabeda. Ada yang suka beli di tokpedi, di shopee, di blibli, di bukalapak. Kita menjaring semua kecenderungan itu deh.
Comment Author Avatar
Zaman digital sekarang ini semua serba online apapun itu bs didapat di online, ada kelebihan dan kekurangannya jg sih
Comment Author Avatar
BliBli memang jadi marketplace terbaik deh. Aku aja udah jadi pelanggan setianya 😆
Comment Author Avatar
Blibli memang mantap, sudah 2x belanja disini pengiriman pun tepat waktu, next pengen juga jualan di blibli biar untung trus, sukses buat lombanya ya kak :)
Comment Author Avatar
Saya sendiri lebih suka belanja online. Karena sambil santai di rumah, tgl klik2 aja. Ga perlu desak2an dan panas2an.

Saya paling suka belanja di blibli.com, karena sering dpt gratis ongkir.
Comment Author Avatar
kalo ngomongin transaksi online dengan gratis ongkir mah, emak emak ke saya bakal tergiur. bukan hanya memudahkan, tetapi juga bisa dapet banyak diskonan karena para penjual online yang jumlahnya bejibun itu selalu punya cara menurunkan harga biar tokonya dilirik konsumen.
Comment Author Avatar
Emang memudahkan sih,aku pribadi suka banget belanja online
Comment Author Avatar
Seringnya aq belanja online krn promo gratis ongkir maklum dr siti aja kita sudah menghemat bnyk
Comment Author Avatar
Di era digital ini memang marketplace sangat berguna untuk memasarkan produk kita. Tapi sepakat dengan kk yanti kita sebagai penjual atau pembeli harus jeli pada tingkat profesionalnya. Jangan cuma tergiur dengan free ongkir atau diskon saja.
Comment Author Avatar
Jaman digital, semuanya sangat mudah. Kalau belanja online, ada banyak keuntungan. Namun yang rugi cuma perbedaan kualitas barang aja yang sering terjadi. Seperti warna yang ga cocok dan kualitas bahan yang tak sesuai. Beruntungnya Alfie ga pernah kecewa kalau belanja online.
Comment Author Avatar
Ada plus minusnya kalo belanja di market place. Harus pintar juga memastikan spec barang jika ingin membeli online. Kalo aku, ada barang-barang yang bisa aku beli online (misal : perlengkapan rumah tangga yang harganya nggak terlalu mahal), tapi ada juga yang aku harus lihat dulu barangnya sebelum beli (misal : kulkas, TV, AC, dll).
Comment Author Avatar
belanja di marketplace blibli cukup memuaskan, waktu itu beli meja belajar olil, sempat ada trobel, tapi seller nya baik banget, alhamdulillah
Comment Author Avatar
numpang promote ya min ^^
buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||
Comment Author Avatar
Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi tips:)

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!