Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Aplikasi Absensi Android : Praktis Catat Kehadiran Selama Remote Working

Aplikasi Absensi Android : Praktis Catat Kehadiran Selama Remote Working. Pandemi COVID-19 telah mengubah pola kerja di seluruh dunia. Salah satunya adalah semakin banyak perusahaan yang memberlakukan sistem kerja remote working. Sebenarnya remote working sendiri sudah cukup populer sedari dulu. 

aplikasi absensi android
Foto : LinovHR

Namun, keharusan perusahaan untuk melakukan social distancing mengharuskan perusahaan mengurangi jumlah karyawan yang berada di ruangan. Perihal kinerja, perusahaan mulai menggunakan aplikasi absensi android untuk memudahkan pencatatan kehadiran. 

Mengenal Aplikasi Absensi Android

Aplikasi absensi android adalah sebuah aplikasi yang mampu mencatatkan kehadiran karyawan. 

Penggunaan aplikasi absensi android cukup mudah dan sederhana. 

Karyawan cukup membuka aplikasi dan berswafoto. Lalu sistem akan mendeteksi wajah karyawan dan mencatatkan kehadiran karyawan. Informasi kehadiran akan diterima HRD saat itu juga dan dapat pula dilihat detik dan jam karyawan hadir. 

Ketika karyawan selesai bekerja, karyawan juga dapat mencatatkan kehadiran mereka melalui aplikasi absensi android. 

Pencatatan kehadiran di saat selesai bekerja terhitung sebagai “jam pulang” seperti pekerjaan di kantor pada umumnya. 

Baca Juga: Jenis Struktur Organisasi di Perusahaan

Keunggulan Aplikasi Absensi Android 

Aplikasi absensi android mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan sistem absensi manual. 

Contoh keunggulan yang paling terlihat adalah kepraktisan dalam mencatatkan kehadiran melalui aplikasi tanpa harus pergi ke kantor

Adapun keunggulan lain dari aplikasi absensi android adalah : 

Terintegrasi

Keunggulan pertama adalah sistem aplikasi absensi android yang terintegrasi dengan sistem penggajian atau payroll. Seperti yang diketahui, kehadiran karyawan adalah bagian dari komponen payroll. Dengan begitu HRD tidak perlu melakukan entry manual data kehadiran setiap penggajian tiba. 

Aman

Data dan informasi karyawan bersifat konfidensial dan harus dijamin keamanannya oleh perusahaan. Cloud based server yang mendukung aplikasi absensi android mampu menyimpan banyak data dan informasi dengan aman dan rahasia. Pihak yang berhak mengakses data dan informasi tersebut adalah HRD dan manajerial perusahaan serta memiliki password dan username

Mudah Digunakan

Aplikasi absensi android mudah digunakan di mana saja dan kapan saja. Karyawan bisa mencatatkan kehadiran dengan cepat hanya melalui aplikasi. User interface dari aplikasi absensi android mudah dipahami. HRD pun dapat memantau kehadiran dan kinerja karyawan walau bekerja dari jauh. 

Memudahkan Rekapitulasi

Semua data kehadiran yang masuk ke dalam sistem dapat diolah dan dihimpun menjadi sebuah laporan kehadiran. Hal ini memudahkan HRD untuk melakukan rekapitulasi. Sehingga HRD dapat bekerja lebih praktis dan fokus untuk menangani berbagai tantangan selama pandemi COVID-19 dalam hal pengelolaan karyawan.

Kesimpulan

LinovHR menyediakan aplikasi absensi android yang siap membantu perusahaan mengelola karyawan lebih efektif selama remote working. Jarak bukan lagi hambatan yang berarti. Aplikasi absensi android adalah terobosan canggih yang dapat diterapkan perusahaan dengan sistem remote working

Walau bekerja dari jauh, karyawan dan perusahaan tetap bisa bersinergi dan bekerjasama dalam hubungan kerja khususnya di tengah pandemi COVID-19. Untuk informasi selengkapnya hubungi LinovHR! 







36 komentar untuk "Aplikasi Absensi Android : Praktis Catat Kehadiran Selama Remote Working"

  1. berarti cocok untuk karyawan yang masih kerja dari rumah applikasi ini ya kak, sehingga tak ada alasan gak bisa ngisi absensi,

    BalasHapus
  2. dunia berubah, sistem informasi kehadiran juga berkembang, ingat aku saat jadi pegawai dulu pakai kartu saat absen, kini sudah pakai hp dan app tersendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mas, berubah atau tertinggal. Hihihi

      Hapus
  3. Bagus sekali aplikasi absensi android ini ya, Mbak Yanti. Pastinya lebih praktis dan aman. Pandemi ini membuat inovasi-inovasi yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, pandemi malah mempercepat perkembangan teknologi

      Hapus
  4. Selama stay at home, semua pekerjaan, sekolah bahkan ibadah di lakukan dari rumah ya mbak.

    Pasti terbantu banget nih kalo punya aplikais absensi seperti linovHR. Memudahkan isi daftar hadir juga perekapannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, apalagi bagi buibu pekerja ya, mesti disyukuri inovasi ini

      Hapus
  5. Punya aplikasi absensi seperti itu memang yang terpenting keamanan data karyawan bisa terjaga ya, jadi aman digunakan.

    BalasHapus
  6. Lebih simpel sih menurut saya aplikasi absensi Android ini, jadi karyawan pun nggak perlu antri panjang nunggu giliran absensi didepan pintu masuk seperti dulu,

    BalasHapus
  7. Di kondisi semua serba daring begini, ketika kerja di rumah lebih baik daripada ngantor, yang menjadi kendala adalah bagaimana dengan presensi. Padahal, yang namanya pegawai, laporan presensi tuh berkaitan dengan gaji.

    Dan .. ternyata emang dunia serba canggih. Ada saja solusinya. Saya rasa aplikasi ini cukup menjawab masalah yang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba, solusi ada karena masalah kan ya. Hihihi

      Hapus
  8. Meski pandemi tapi teknologi harus makin maju ya mbak. Jadi inget waktu masih kerja di perusahaan dengan sistem ceklock, kalau gak absen gak dapat gaji...gajinya pun tergantung data yang tertera...hadir jam berapa dan pulang jam berapa....kadang saya pusing saat hitung jam kehadiran karyawan karena masih manual. Kalau sudah otomatis gini akan sangat memudahkan bagian penggajian ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, jadi lebih efisien dan efektif kan mba

      Hapus
  9. Kalau punya karyawan atau jadi karyawan, masalah absensi memang PR. Karena kemajuan teknologi, sekarang ada aplikasi absensi android yang sangat membantu. Kerja remote tetap lancar ya

    BalasHapus
  10. Aplikasinya sangat membantu sekali nih buat pemilik perusahaan/kantor. Dengan aplikasi ini semua absen tercatat dengan rapi, tentunya hal ini juga akan memudahkan pengontrolan keaktifan karyawan dan juga memudahkan saat pemberian gaji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba, makanya setiap perusahaan wajib punya aplikasi ini ya kan

      Hapus
  11. Kini sistem kerja remote working semakin meluas ya kak. Perusahaan juga lebih mudah mengatur progress kehadiran karywawannya. Akhirnya jadi lebih efektif dalam pekerjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget jadi efektif dan efisien kan ya

      Hapus
  12. Baru tahu ada absensi android, bikin praktis aja nih buat yang WFH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerjakan mba? Coba deh direkomendasikan di kantornya mba

      Hapus
  13. Gara-gara pandemi inovasi dalam mencatat kehadiran karyawan semakin berkembang ya...di kantorku juga gitu memudahkan karyawan yang bekerja dari Rumah

    BalasHapus
  14. Berguna banget ya selama WFH tapi kehadiran tetap tercatat dengan adanya aplikasi absesnsi andorid ini. Enaknya lagi sistemnya sudah terintergasi ternyata dengan penggajian ya

    BalasHapus
  15. Sepertinya di kantorku perlu nih pakai aplikasi ini. Secara absensinya masih manual. Jadi ya, beban kerja HR cukup banyak masalah absensi. Apalagi pas tutup buku. Harus kroscek sana sini.

    BalasHapus
  16. aplikasinya tentu sangat membantu nih kak. kayanya gk cuma perusahaan tp instansi juga deh
    tp baru ada di android ya kak? blm ada di iOS ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu aku kurang tahu mba, semestinya sih udah ya

      Hapus
  17. LinovHR, noted. Selama ini absen manual aja pake gform, hihi.
    Saat WFH kerjaan HR juga tetep memantau kehadiran karyawannya ya, kalo lupa absen bs bablas aja udah.. bisa kena potong uang makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pengalaman ya mba? Upss becanda lho ya

      Hapus
  18. praktis banget ya dengan adanya alikasi absensi android ini.
    karyawan jadi bisa absen dan bekerja dari mana saja, HRD juga jadi gampang ngetracking ya buat payrollnya. :)

    BalasHapus
  19. Partner saya pun di rumah absensinya dengan aplikasi yang diunduh di smartphone-nya nih.

    Kalau sistem absensi juga dipakai do agency yang karyawannya kebanyakan freelancer, seru kali ya. Biar nggak diteror tiap waktu.

    BalasHapus

Berlangganan via Email