Widget HTML #1

Aplikasi Absensi Android : Praktis Catat Kehadiran Selama Remote Working

Aplikasi Absensi Android : Praktis Catat Kehadiran Selama Remote Working. Pandemi COVID-19 telah mengubah pola kerja di seluruh dunia. Salah satunya adalah semakin banyak perusahaan yang memberlakukan sistem kerja remote working. Sebenarnya remote working sendiri sudah cukup populer sedari dulu. 

aplikasi absensi android
Foto : LinovHR

Namun, keharusan perusahaan untuk melakukan social distancing mengharuskan perusahaan mengurangi jumlah karyawan yang berada di ruangan. Perihal kinerja, perusahaan mulai menggunakan aplikasi absensi android untuk memudahkan pencatatan kehadiran. 

Mengenal Aplikasi Absensi Android

Aplikasi absensi android adalah sebuah aplikasi yang mampu mencatatkan kehadiran karyawan. 

Penggunaan aplikasi absensi android cukup mudah dan sederhana. 

Karyawan cukup membuka aplikasi dan berswafoto. Lalu sistem akan mendeteksi wajah karyawan dan mencatatkan kehadiran karyawan. Informasi kehadiran akan diterima HRD saat itu juga dan dapat pula dilihat detik dan jam karyawan hadir. 

Ketika karyawan selesai bekerja, karyawan juga dapat mencatatkan kehadiran mereka melalui aplikasi absensi android. 

Pencatatan kehadiran di saat selesai bekerja terhitung sebagai “jam pulang” seperti pekerjaan di kantor pada umumnya. 

Baca Juga: Jenis Struktur Organisasi di Perusahaan

Keunggulan Aplikasi Absensi Android 

Aplikasi absensi android mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan sistem absensi manual. 

Contoh keunggulan yang paling terlihat adalah kepraktisan dalam mencatatkan kehadiran melalui aplikasi tanpa harus pergi ke kantor

Adapun keunggulan lain dari aplikasi absensi android adalah : 

Terintegrasi

Keunggulan pertama adalah sistem aplikasi absensi android yang terintegrasi dengan sistem penggajian atau payroll. Seperti yang diketahui, kehadiran karyawan adalah bagian dari komponen payroll. Dengan begitu HRD tidak perlu melakukan entry manual data kehadiran setiap penggajian tiba. 

Aman

Data dan informasi karyawan bersifat konfidensial dan harus dijamin keamanannya oleh perusahaan. Cloud based server yang mendukung aplikasi absensi android mampu menyimpan banyak data dan informasi dengan aman dan rahasia. Pihak yang berhak mengakses data dan informasi tersebut adalah HRD dan manajerial perusahaan serta memiliki password dan username

Mudah Digunakan

Aplikasi absensi android mudah digunakan di mana saja dan kapan saja. Karyawan bisa mencatatkan kehadiran dengan cepat hanya melalui aplikasi. User interface dari aplikasi absensi android mudah dipahami. HRD pun dapat memantau kehadiran dan kinerja karyawan walau bekerja dari jauh. 

Memudahkan Rekapitulasi

Semua data kehadiran yang masuk ke dalam sistem dapat diolah dan dihimpun menjadi sebuah laporan kehadiran. Hal ini memudahkan HRD untuk melakukan rekapitulasi. Sehingga HRD dapat bekerja lebih praktis dan fokus untuk menangani berbagai tantangan selama pandemi COVID-19 dalam hal pengelolaan karyawan.

Kesimpulan

LinovHR menyediakan aplikasi absensi android yang siap membantu perusahaan mengelola karyawan lebih efektif selama remote working. Jarak bukan lagi hambatan yang berarti. Aplikasi absensi android adalah terobosan canggih yang dapat diterapkan perusahaan dengan sistem remote working

Walau bekerja dari jauh, karyawan dan perusahaan tetap bisa bersinergi dan bekerjasama dalam hubungan kerja khususnya di tengah pandemi COVID-19. Untuk informasi selengkapnya hubungi LinovHR! 







40 komentar untuk "Aplikasi Absensi Android : Praktis Catat Kehadiran Selama Remote Working"

Comment Author Avatar
berarti cocok untuk karyawan yang masih kerja dari rumah applikasi ini ya kak, sehingga tak ada alasan gak bisa ngisi absensi,
Comment Author Avatar
dunia berubah, sistem informasi kehadiran juga berkembang, ingat aku saat jadi pegawai dulu pakai kartu saat absen, kini sudah pakai hp dan app tersendiri.
Comment Author Avatar
Betul banget mas, berubah atau tertinggal. Hihihi
Comment Author Avatar
Bagus sekali aplikasi absensi android ini ya, Mbak Yanti. Pastinya lebih praktis dan aman. Pandemi ini membuat inovasi-inovasi yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi.
Comment Author Avatar
Betul mas, pandemi malah mempercepat perkembangan teknologi
Comment Author Avatar
Selama stay at home, semua pekerjaan, sekolah bahkan ibadah di lakukan dari rumah ya mbak.

Pasti terbantu banget nih kalo punya aplikais absensi seperti linovHR. Memudahkan isi daftar hadir juga perekapannya
Comment Author Avatar
Betul mba, apalagi bagi buibu pekerja ya, mesti disyukuri inovasi ini
Comment Author Avatar
Punya aplikasi absensi seperti itu memang yang terpenting keamanan data karyawan bisa terjaga ya, jadi aman digunakan.
Comment Author Avatar
Lebih simpel sih menurut saya aplikasi absensi Android ini, jadi karyawan pun nggak perlu antri panjang nunggu giliran absensi didepan pintu masuk seperti dulu,
Comment Author Avatar
Di kondisi semua serba daring begini, ketika kerja di rumah lebih baik daripada ngantor, yang menjadi kendala adalah bagaimana dengan presensi. Padahal, yang namanya pegawai, laporan presensi tuh berkaitan dengan gaji.

Dan .. ternyata emang dunia serba canggih. Ada saja solusinya. Saya rasa aplikasi ini cukup menjawab masalah yang ada.
Comment Author Avatar
Ya mba, solusi ada karena masalah kan ya. Hihihi
Comment Author Avatar
Meski pandemi tapi teknologi harus makin maju ya mbak. Jadi inget waktu masih kerja di perusahaan dengan sistem ceklock, kalau gak absen gak dapat gaji...gajinya pun tergantung data yang tertera...hadir jam berapa dan pulang jam berapa....kadang saya pusing saat hitung jam kehadiran karyawan karena masih manual. Kalau sudah otomatis gini akan sangat memudahkan bagian penggajian ya mbak.
Comment Author Avatar
Ya, jadi lebih efisien dan efektif kan mba
Comment Author Avatar
Kalau punya karyawan atau jadi karyawan, masalah absensi memang PR. Karena kemajuan teknologi, sekarang ada aplikasi absensi android yang sangat membantu. Kerja remote tetap lancar ya
Comment Author Avatar
Aplikasinya sangat membantu sekali nih buat pemilik perusahaan/kantor. Dengan aplikasi ini semua absen tercatat dengan rapi, tentunya hal ini juga akan memudahkan pengontrolan keaktifan karyawan dan juga memudahkan saat pemberian gaji.
Comment Author Avatar
Ya mba, makanya setiap perusahaan wajib punya aplikasi ini ya kan
Comment Author Avatar
Kini sistem kerja remote working semakin meluas ya kak. Perusahaan juga lebih mudah mengatur progress kehadiran karywawannya. Akhirnya jadi lebih efektif dalam pekerjaan.
Comment Author Avatar
Betul banget jadi efektif dan efisien kan ya
Comment Author Avatar
Baru tahu ada absensi android, bikin praktis aja nih buat yang WFH
Comment Author Avatar
Kerjakan mba? Coba deh direkomendasikan di kantornya mba
Comment Author Avatar
Gara-gara pandemi inovasi dalam mencatat kehadiran karyawan semakin berkembang ya...di kantorku juga gitu memudahkan karyawan yang bekerja dari Rumah
Comment Author Avatar
Keren banget kantornya mba
Comment Author Avatar
Berguna banget ya selama WFH tapi kehadiran tetap tercatat dengan adanya aplikasi absesnsi andorid ini. Enaknya lagi sistemnya sudah terintergasi ternyata dengan penggajian ya
Comment Author Avatar
Sepertinya di kantorku perlu nih pakai aplikasi ini. Secara absensinya masih manual. Jadi ya, beban kerja HR cukup banyak masalah absensi. Apalagi pas tutup buku. Harus kroscek sana sini.
Comment Author Avatar
Coba direkomendasikan mba
Comment Author Avatar
aplikasinya tentu sangat membantu nih kak. kayanya gk cuma perusahaan tp instansi juga deh
tp baru ada di android ya kak? blm ada di iOS ya
Comment Author Avatar
Kalau itu aku kurang tahu mba, semestinya sih udah ya
Comment Author Avatar
LinovHR, noted. Selama ini absen manual aja pake gform, hihi.
Saat WFH kerjaan HR juga tetep memantau kehadiran karyawannya ya, kalo lupa absen bs bablas aja udah.. bisa kena potong uang makan.
Comment Author Avatar
Ada pengalaman ya mba? Upss becanda lho ya
Comment Author Avatar
praktis banget ya dengan adanya alikasi absensi android ini.
karyawan jadi bisa absen dan bekerja dari mana saja, HRD juga jadi gampang ngetracking ya buat payrollnya. :)
Comment Author Avatar
Partner saya pun di rumah absensinya dengan aplikasi yang diunduh di smartphone-nya nih.

Kalau sistem absensi juga dipakai do agency yang karyawannya kebanyakan freelancer, seru kali ya. Biar nggak diteror tiap waktu.
Comment Author Avatar
Semakin mudah untuk absen karyawan ya, mantab ini. terimakasih untuk informasinya yaa mbaa
Comment Author Avatar
Penting nih buat teman2 pelaku usaha dan umkm yg kesulitan ngontrol karyawannya. Aku rekomendasikan ah buat teman2 ku
Comment Author Avatar
Wah, saya juga baru mulai minggu ini memakai absensi model seperti ini. Dulu absen pakai finger print. Tapi memang absen model ini sangat praktis karena tidak perlu alat absen lagi.
Comment Author Avatar
Macem-macem ya aplikasi absen jarak jauh sekarang. Kayanya yg ini patut dicoba deh. Paling penting klaim amannya ini menurutku. Sayangnya kami masih tetap kerja dan harus absen scan mata huhu

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!