Widget HTML Atas

Tips Menjaga Kesehatan Selama Hamil di Usia 40 Tahun

Berikut Tips Menjaga Kesehatan Selama Hamil di Usia 40 Tahun. Sebelum memasuki proses melahirkan, tentu saja ada tahapan-tahapan kehamilan yang akan dialami oleh setiap wanita hamil. Selama kehamilan tersebut, penting bagi kita untuk senantiasa menjaga kesehatan lho.

hamil di usia 40 tahun
Foto : Pixabay

Hal itu bukan tanpa alasan, karena proses kelancaran dalam melahirkan juga dipengaruhi oleh faktor kesehatan tubuh. Terlebih saat usia wanita hamil yang sudah tidak muda lagi. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang harus bunda lakukan dalam menjaga kesehatan di usia 40 tahun selama hamil.

1. Selalu Mengikuti Pemeriksaan Kehamilan Secara Rutin

Antenatal Care (ANC) merupakan sebuah pemeriksaan kehamilan, yang bertujuan untuk memaksimalkan kesehatan mental dan fisik wanita hamil. Dengan mengikuti ANC ini, maka bunda akan lebih siap lagi dalam menghadapi persalinan, masa nifas, pemberian ASI eksklusif, hingga mengembalikan kesehatan reproduksinya dengan baik .

Adapun mengenai beberapa metode yang akan dilakukan pada ANC ini, mulai dari pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah, hingga USG untuk memantau masalah yang bisa muncul selama kehamilan. Dalam hal ini, buda bisa mendiskusikan banyak hal seputar kehamilan kepada bidan maupun dokter. 

2. Mengonsumsi Suplemen Khusus

Selain mengikuti ANC, penting juga bagi bunda untuk mengonsumsi suplemen khusus dalam menjaga kesehatan tubuh selama kehamilan. Terlebih di usia yang sudah tidak muda lagi, sehingga kebutuhan asupan gizi bunda harus dicukupi dengan baik.

Terdapat berbagai jenis suplemen tambahan yang harus bunda konsumsi, yakni mengandung asam folat, zat besi, dan kalsium. Pasalnya, suplemen tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah cacat lahir dengan susum tulang belakang dan otak. 

Jika bunda mengidap penyakit tertentu dan sering mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Bunda bisa bertanya pada dokter, apakah pengonsumsian obat-obatan tadi dilanjutkan atau tidak? 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena tidak semua obat-obatan bisa dikonsumsi oleh wanita hamil lho! 

3. Mencukupi Waktu Istirahat

Penting bagi wanita hamil di usia 40 tahun keatas untuk lebih peka lagi terhadap tubuhnya. Akan tetapi, wanita di usia 40 tahun justru lebih bersemangat dalam beraktivitas, sehingga sering menganggap bahwa semua pekerjaan dirumahnya itu bisa diselesaikan tanpa bantuan orang lain. 

Oleh karenanya, bunda harus mencukupi waktu istirahat dan jangan sampai memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan. 

4. Mengonsumsi Makanan-makanan yang Bergizi

Makanan-makanan yang bergizi memiliki peranan penting untuk wanita hamil, karena fungsinya yang berdampak bagus untuk kesehatan janin dan tubuh ibu hamil. Sedari itu, bunda harus memenuhi asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi.

Terlebih untuk makanan yang kaya akan kandungan asam folat, seperti sayuran berdaun hijau, buah jeruk, sereal, dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi makanan bergizi tersebut, tentu saja dapat menjaga kebutuhan serat harian. 

Selama kehamilan, usahakan bagi bunda untuk tidak sering mengonsumsi fast food alias makanan cepat saji. Bahkan, akan jauh lebih baik lagi jika bunda menghindari makanan cepat saji ini selama kehamilan. Selain makanan cepat saji, hindari pula makanan-makanan laut yang bermerkuri tinggi seperti ikan makarel, ikan todak, kerang hijau, dan ikan hiu. 

Seandainya bunda memang ngidam makanan-makanan laut, maka konsumsi beberapa jenisnya saja seperti udang, ikan salmon, dan ikan tuna. 

Nah, seperti itulah beberapa tips dalam menjaga kesehatan untuk wanita hamil di usia 40 tahun, bisa bunda jadikan sebagai bahan referensi. Semoga masa kehamilan bisa dijalani dengan bahaga sambil menantikan kelahiran buah hati.

17 komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Selama Hamil di Usia 40 Tahun"

  1. Jujur saya cukup was2 mbak kalau misal hamil di usia 40. Tapi sebenarnya bisa tetap berjalan lancar ya asalkan mengikuti nasihat dokter, terutama dalam menjaga pola makan dan kesehatan. Seperti yang mbak Yanti sampaikan di atas, jadi meskipun sudah usia 40, kehamilan tetap bisa berjalan lancar dan sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mba, jadi hamil di usia ini perlu lebih care lagi dibanding usia dibawahnya. tapi banyak kok yang sehat dan persalinannya lancar

      Hapus
  2. Walaupun ilmu kedokteran semakin canggih, tetap perlu ber-hati² ya...hamil di usia >40 tahun.
    Bbrp temanku ada yg hamil diusia >40 thn, ada yg 44, 46, 48...
    Yg 48 malah, temen²nya anaknya udh SMP, dia hamil lagi
    Alhamdulillah, ibu & bayi sama² sehat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mba, tetap harus lebih hati-hati mengingat resikonya

      Hapus
  3. Ingat banget waktu hamil anak bungsu saya. Saat itu usia saya pas 40 tahun.
    Alhamdulillah semua tips di atas saya lakukan dan anak saya lahir dalam keadaan sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, senangnya. jadi kalau diikuti tipsnya niscaya resikonya rendah ya mba

      Hapus
  4. Inilah yang buat aq dilema bu, pengen hamil lagi tapi usia mendekati kepala 4, mudah2an aq bisa nerapin tips2nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kak Iid, semoga harapannya terwujud ya, biar ada juga teman si kecil :)

      Hapus
    2. Kalau begitu segera hamil mba Id, jangan ditunda lagi. Umur berjalan terus.
      Semangat berusaha mba Id...

      Hapus
    3. Haha ayoklah kak vi kita sama2 promilnya biar barengan hamilnya :)

      Hapus
  5. Teman saya banyak juga yang hamil di usia 40-an. Rata-rata mengaku Memang berat dari sisi tenaga yang sudah ngga sekuat ketika usia lebih muda. Malah sampe ada yang bed rest.

    Saya jadi keingat ada seseartis yang di usia 50 tahun masih tetap bugar dan energik, berasa kayak masih 20-30an gitu energinya. Pola hidupnya emang sehat bener deh, jauh beud kayaknya dari kita kita hahaha.

    Semoga yang sedang hamil di usia 40-an diberi kemudahan dan kekuatan dalam kehamilannya yaaa

    BalasHapus
  6. Semoga yang diberikan kemahilan diusia 40tahun keatas senantiasa diberikan kesehatan baik ibu maupun bayinya... tetap berusaha yang terbaik dan konsultasi dengan dokte

    BalasHapus
  7. Hamil di usia 40 tahun ini sebenarnya sudah cukup rawan dan pasti lebih berat. memang sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan agar kesehatan ibu dan bayi bisa terjaga dengan baik. Soalnya kau hamil usia 31 aja udah terasa lebih makyus daripada usia 20an kemarin.

    BalasHapus
  8. Nice tips ini,, untuk urusan hamil di usia 40 thn gak ada kata terlambat ya kan,, better late than never,, tiap org punya timeline masing²,, mungkin dia sukses di satu bidang dulu br dpt rezeki hamil ya kan,, yang penting rutin periksa kehamilan ke DSOG ya, tfs Yan

    BalasHapus
  9. Sebenarnya ada sih yang menjadi sebuah pertanyaan dalam benak saya bahwa hamil di umur 40 tahun ke atas katanya beresiko. Hanya saja saya masih belum tahu nih resikonya apa aja. Namun memang wanita hamil ini memang kudu dijaga benar dari segi fisik, mental, dan juga gizi.

    BalasHapus
  10. Setau saya hamil di atas usia 40 tahun sangat berisiko, baik bagi si bayi maupun si ibu. Tapi bukan nggak mungkin risiko tersebut bisa diatasi. Tentunya dengan lebih menjaga pola hidup dan rutin memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter. Makasi infonya ya kak.

    BalasHapus
  11. Dulu berencana hamil terakhir sebelum 30 tahun kak. Dan anak ketiga adalah rencana anak terakhir karena melahirkan di usia 27.
    Oalah ternyata lahir lagi dua anak. hamil di usia 30-an aja rasanya berat banget apalagi 40-an ya Kak. jadi teringat kakak iparku dulu Kak menjelang 40 melahirkan, akhirnya operasi karena mengalami preeklamsia.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!