3 Hal Tentang Me Time, Wajib Ibu Rumah Tangga Tahu!

Me time adalah momen bagi seseorang untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari dan menyediakan waktu bagi diri sendiri. Tujuan me time untuk mendapatkan energi baru agar lebih siap  menghadapi rutinitas itu lagi.

Sebagai Mom, mengurus anak, suami dan segala urusan yang berkaitan dengan rumah tangga bukan hanya merupakan tanggungjawab tapi juga suatu pengorbanan yang disertai dengan keikhlasan dan cinta.

rutinitas ibu rumah tangga
foto : Pixabay
Melihat anggota keluarga yang sehat dan penuh keceriaan adalah kebahagiaan tersendiri bagi sang ibu. Namun, aktivitas  yang hampir berlangsung selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, tidaklah selalu berjalan mulus. Selalu ada saja masalah baik itu dari tingkah laku anak-anak, keuangan atau problem keluarga lainnya.
Kebahagiaan keluarga itu akan lengkap jika seluruh anggota keluarga merasa bahagia. Jadi sesibuk apapun, sisihkan waktu untuk me time. Jangan lupa bahagia ya, Mom!
Belum lagi rutinitas dari urusan dapur, pakaian bahkan taman di teras rumah, seakan memperjelas bahwa pekerjaan rumah itu tiada habisnya, bisa dibilang dilakukan dari pagi hingga ketemu pagi lagi.

Semua kegiatan ini, menyebabkannya para Mom hampir tidak memiliki waktu untuk diri sendiri. Menariknya, kalau ini dibiarkan terus menerus bisa berdampak buruk lho!

6 Dampak Buruk Jika Mom Tak Punya Me Time


Apa saja resiko jika Mom tak punya me time? Setidaknya ada 6 hal. Oh, ya, bukan hanya para Mom saja ya, tapi semua orang juga bisa.

1. Bisa menyebabkan depresi

Mengapa? dr. Claudia Lee dari divisi kesehatan mental Sydney Integrative Medicine, menjelaskan bahwa hormon stres (kortisol) mempengaruhi  fungsi kekebalan tubuh, tekanan darah, dan proses anti-inflamasi pada tubuh. Jadi, saat melakukan sesuatu yang memperlambat hormon kortisol maka imunitas, tekanan darah, dan proses anti-inflamasi tubuh akan kembali ke taraf normal.

Masih menurut penjelasan dr. Lee, saat kita terus melakukan kegiatan sehari-hari, tanpa beristirahat, tanpa me time, hormon kortisol tidak akan menurun sehingga tubuh kita tidak berfungsi dengan baik. Nah, mulailah kita sulit berkonsentrasi, mudah marah, dan mengalami penurunan libido.

Tidak hanya itu, kadar hormon kortisol yang tinggi  bisa mengakibatkan stres kronis. Akibatnya, suasana hati cenderung mudah berubah-ubah dan akan mengalami gangguan kecemasan, depresi, serta insomnia. Imunitas tubuh akan menurun sehingga tubuh lebih rentan terkena penyakit.

2. Emosi tidak stabil sehingga sering cekcok dengan suami dan melampiaskan amarah ke anak

Karena kurang tidur, lelah dan jenuh menyebabkan emosi ibu cenderung tidak stabil dan gampang tersinggung dan marah. Akibatnya, emosi yang tertekan ini bisa menjadi bom yang siap meledak setiap saat. Korbannya adalah orang-orang terdekat yakni suami atau anak-anak.

3. Mudah sakit

Jika terus menerus tubuh mengalami tekanan dan tanpa ada istrahat dan penyegaran, imunitas tubuh bisa menurun. Maka, tidaklah mengherankan kenapa seorang wanita lebih mudah diserang penyakit setelah menikah dibanding ketika masih lajang dulu.

4. Libido menurun

Meskipun banyak penyebab menurunnya gairah seks pada wanita setelah menikah, tapi depresi yang berkepanjangan dan capek  bisa mempengaruhi  turunnya libido seseorang lho.

5. Produktivitasnya tidak maksimal

Setiap Mom selalu ingin memberi  yang terbaik bagi keluarga, sayangnya pikiran yang tertekan dan tenaga yang terkuras, menyebabkan tidak bisa maksimal mengerjakan tugas sehari-harinya.

6. Timbulnya rasa penyesalan karena menikah

Ada beberapa ibu yang bercerita bahwa mereka menyesal telah menikah meskipun suami memenuhi segala kebutuhan rumah tangga. Penyebabnya sepele karena merasa diabaikan dan diperlakukan tidak adil oleh suami dan anak-anak, hanya memikirkan kebutuhan anggota keluarga sementara diri terabaikan seolah-olah sebagai pembantu bukan istri atau Mom.

Dari penuturan  di atas, ternyata me time tidak bisa dianggap enteng ya, konsekuensinya  sangat riskan bagi kebahagian Mom dan keluarga.

6 Tanda Tubuh Butuh Me Time


Lalu, kapan saatnya  ibu butuh me timeBerikut, 6 tanda tubuh butuh 'me-time'. Simak ya!

1. Sering merasa lelah

Saat tubuh merasa lelah meskipun sudah cukup tidur, itu adalah sinyal bahwa ibu perlu me time.

2. Suasana hati berubah-ubah

Mood yang tidak stabil semisal saat ini ceria tapi beberapa saat kemudian menjadi sedih bahkan menangis, mudah uring-uringan, marah tanpa sebab. Itu pertanda ada yang tidak beres, bisa jadi ada masalah emosi yang dipendam. Saatnya Mom me time sejenak.

3. Makan berlebih

Saat ibu merasa tiba-tiba menjadi doyan makan, tidak seperti kebiasaan sebelumnya, bisa jadi itu tanda bahwa tubuh butuh me time. Karena saat kondisi seperti itu seseorang mencari hal yang membuatnya nyaman semisal makan lebih banyak.

Ada lho orang, kalau sedang stres menjadi lebih banyak makan. Meskipun itu tidak dapat digeneralisir ya.

4. Merasa bosan

Melakukan pekerjaan rumah merupakan hal yang rutin, biasanya dikerjaan dengan senang hati, tapi kok sekarang terasa berat sekali ya, tidak semangat menyelesaikannya. Itu tanda Mom sudah mulai jenuh, butuh me time!

5. Merasa orang disekitar mengganggu 

Sebenarnya  apa yang dilakukan orang lain misal suami atau anak hal yang biasa saja, tapi mom merasa terganggu dengan kegiatan atau tindakan mereka. Jika ini terjadi mom perlu berpikir untuk me time.

6. Sakit

Sekarang lebih sering sakit, kena hujan dikit saja langsung flu, telat makan 5 menit langsung pusing dan kena maag. Wah, ini saat yang tepat untuk istrahat.

Sebenarnya masih banyak  tandanya, tapi, Kalau mom alami 4 dari 6 tanda di atas, jangan merasa bersalah dan menunda-nunda ya Mom, segera atur untuk ber 'me time' ria.

11 Ide Me Time Praktis dan Murah


Bagaimana bisa me time, mana sempat, waktuku kan gak banyak? Pasti itu mahal ya? Mendingan untuk bayar uang sekolah anak deh! Ujar Mom mengeluh.

Mom, jangan buru-buru memvonis dulu. Banyak lho ide me time yang tidak menyita waktu lama dan low budget.

me time ala ibu rumah tangga


Berikut 11 ide me time yang praktis dan murah. Simak ya!

1. Nonton

Gak mesti ke bioskop, nonton acara televisi kesukaan atau putar  DVD drama Korea idola emak-emak masa kini bisa kok! Anak-anak sekali-kali biar suami yang urus.

2. Baca

Beli novel atau majalah yang lagi hit atau ebook gratis di internet, cerpen/cerbung di komunitas medsos, mana tahu dapat inspirasi.

3. Nulis

Punya ide terpendam selama ini? Ditulis saja di buku harian, status medsos atau lebih keren di blog. Dapat like dan komentar dari teman kan, lumayan dapat teman baru yang punya minat yang sama.

4. Ngopi

Gak melulu kopi sih, teh, susu, coklat, smoothies oke juga tuh. Lebih mantap lagi kalau ngemil pakai snack favorit. Biar lebih praktis pesan via online saja. Duh! Asiknya.

5. Refleksi dan salon

Manjain diri dengan pijat biar otot lebih rileks atau nyalon sambil medi pedi dan pangkas rambut model kekinian ide brilian tuh.

6. Olahraga

Nge-gym bisa bikin tubuh lebih bugar, pikiran lebih fresh. Gak musti ke tempat kebugaran, di rumah dengan peralatan sederhana efeknya gak kalah juga.

7. Tempat Wisata

Kira-kira mau kemana? Pilihan tempat wisata banyak ada pantai, gunung, sungai, taman kota, kebun binatang atau taman bunga, boleh! Tempat bisa bikin suasana baru lho.

8. Reuni

Tiap hari ketemu suami dan anak-anak. Itu-itu saja? Nostalgia dengan teman-teman lama saja, kan asik bisa bercanda ria sambil flash back masa-masa muda dulu. 

Gak wajib harus ke kafe kok, kan bisa chatting-an di grup komunitas alumni via medsos. Tapi tetap ingat waktu dan obrolan ya, jangan sampai melebar kemana-mana.

9. Cuci Mata

Jalan-jalan ke mall sekedar melihat perkakas terbaru atau sepatu model baru,  gak ada yang marah kok!

10. Musik

Dengarkan musik ternyata bisa bikin suasana hati lebih adem lho! Menarik, hasil penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Yale AS menemukan bahwa pasien yang hendak menjalani prosedur operasi, sebelumnya, diperdengarkan musik selama 30 menit musik favoritnya, tingkat stresnya kurang dan lebih tenang.

11. Masak

Bagi sebagian orang masak itu kegiatan menyenangkan, karena bebas bereksperimen dengan berbagai resep, dan bisa dihidangkan kepada orang-orang terkasih. Kalau itu bisa buat Mom happy, why not! Do it! Lebih bahagia memberi bukan?

Dari uraian di atas, ternyata me time itu gak usah-usah amat kan? Ada ide lagi?

Ya, memiliki keluarga yang bahagia adalah dambaan setiap wanita. Dan kebahagiaan itu akan terasa lebih lengkap jika seluruh anggota keluarga baik suami, istri dan anak-anak merasakan hal sama . Itu berarti Mom termasuk juga!

Maka Mom, memberi yang terbaik bagi keluarga itu penting tapi Mom JANGAN LUPA BAHAGIA juga ya! Caranya, sesibuk apapun tetap sisihkan waktu untuk Me Time!


28 Responses to "3 Hal Tentang Me Time, Wajib Ibu Rumah Tangga Tahu!"

  1. Kalau saya me timenya dengan membaca, menulis dan olahraga Mbak. Alhamdulillah bisa rutin saya jalankan. Kalau anak-anak sekolah saya sempatkan untuk mengikuti senam. Jadi bisa berkumpul bersama teman-teman yang mempunyai tujuan sama. Pokoknya pandai-pandainya kita aja ya untuk menyiasati agar bisa tetap punya waktu untuk me time. Biar tetap bahagia, seperti yang Mbak Yanti bilang hehee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar deh, tinggal kitanya bisa mengakali situasi dan kondisinya ya. Makasih mba sudah berbagi. Yang penting kita Bahagia dan keluarga juga sama

      Delete
  2. Kalo aku urutannya ngopi, nonton drakor, masak, olahraga heheh itu me time. Soalnya berasa setiap hari itu badan kudu ketemu matahari deh, kalo engga ampun bisa migren hehe

    ReplyDelete
  3. Suami juga harus tau yaaa hehe
    Kl ya sbg suami, me timenya duduk di warkop, wahh dah ok kali tu hehe

    ReplyDelete
  4. Banyak cara untuk lakukan me time ya, Mbak. Sing penting bisa bikin relaks n happy aja deh. Kalau saya cukup tidur atau jalan-jalan lihat pemandangan udah me time banget, hehe

    ReplyDelete
  5. Me time ala yuni ada di list itu semua. Nonton, belanja, jalan, dan lain sebagainya. Hehehehe

    ReplyDelete
  6. Me time saya cukup ke salon aja hehehe. Tapi namanya emak2, saat di luar tetap aja kepikiran anak dan suami, hehehe.

    ReplyDelete
  7. Nonton, nulis dan nyalon adalah 3 me time favku mba hehehe. Kalau udah cape banget dan butuh sendiri, biasanya aku melakukan itu ..

    ReplyDelete
  8. Me time emang perlu banget yaa buat mommy. Terutama jika kesehariannya hanya di rumah aja. Istirahat padahal sudah cukup, tapi ya tetep aja yaa karena memang butuh hiburan.

    Dan dampaknya emang bahaya banget sampe bisa depresi kalo kurang depresi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha salah ketik. Maksudnya kalo kurang me time

      Delete
  9. Saya pernah pas ikut suami sekolah di luar negeri itu mbak, suami sibuk, si sulung 4 tahun adiknya 2 bulan, tinggal di negeri orang..hadeh di awal emosi naik turun parah. Merasa sendiri, capek, dll. Dan beneran kayak enggak punya waktu buat diri sendiri. Mana waktu itu belum ngeblog saya...haha, jadi uring-uringan sendiri
    Memang ibu rumah tangga perlu me time agar tetap bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada kalau waktu itu sudah ngeblog, pasti asik banget ya mba waktunya lebih banyak ya

      Delete
  10. Me time favoritku, baca atau nonton drakor di rumah Mba. Simpel tapi ampuh banget ngilangin jenuh.setuju banget me time sangat perlu dilakukan untuk menjaga diri tetap waras dan bahagia

    ReplyDelete
  11. Meskipun sederhana dan sebentar tiap hari aku usahakan MeTime Mbak. Ya meskipun untuk itu aku harus bangun lebih pagi demi menikmati waktu sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Me time tiap hari mba? Wah, gak pernah jenuh berarti ya?

      Delete
  12. Me time ala mamak anak 5 paling sering adalah ngopi di pojokan pas anak lagi tidur siang, hehe

    ReplyDelete
  13. Me time memang penting, agar buibu bs LARAS, seLAlu waRAS, hehe... Tfs Sis

    ReplyDelete
  14. Intinya kesimbangan Hidup ☺

    ReplyDelete
  15. Akoh me time ku masak, nulis, baca dan mandi kak haha.

    ReplyDelete
  16. Me time saya adalah ngopi dan mengunjungi tempat wisata. Itu sebabnya dalam sebulan ada sekitar dua kali ke Tangkahan karena me time, kak. Dan itu memang wajib agar tak stress dan sakit.

    ReplyDelete
  17. Me time saya adalah makan indomie spesial lengkap topping macem-macem, hehe.. Biar tetap waras tiap orang harus punya me time ya kak.

    ReplyDelete
  18. Btw itu foto kemaren pas kita ke Budaya Land yak..
    hehehehehe cakep keren

    ReplyDelete
  19. Makasih tipsnya bunda, sangat bermanfaat baget buat para pembaca

    ReplyDelete
  20. Salah kalo saya kebanyakan mereka time nih kk ahahaha,,, semoga kita selalu bahagia yahhh

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel