Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Cara Merawat Kucing Yang Baik dan Benar, Caranya Begini!

10 Cara Merawat Kucing. Apakah kamu penggemar kucing? Alasannya tertarik memelihara kucing karena sifatnya imut, lucu, sebagai hiburan hilangkan stress serta menjadi teman bermain. Ya ada banyak alasan sih. Jenis kucing juga banyak, kucing Anggora, kucing Sphynx, kucing Scottich Fold, kucing Somali, kucing Persia, kucing Siamese, kucing Ragdoll dan masih banyak lagi. 

cara merawat kucing yang baik dan benar
Foto: pixabay.com

Tapi, meskipun amat menyukainya perlu juga dirawat lho! kebanyakan orang tidak tahu caranya merawat atau memelihara kucing yang baik dan benar. Padahal itu penting banget lho. Menjalani hobi yang disukai itu membahagiakan tapi juga diperlukan tanggung jawab dari kita misalnya cara merawatnya. Nah, sebelum mengadopsi kucing baca dulu semua artikel ini!

Cara Merawat Kucing untuk Pemula 

1. Mandikan kucing secara teratur 

Seperti manusia yang sering mandi untuk menghilangkan bau dan kotoran tubuh, kucing juga perlu mandi agar bersih dan wangi. Waktu yang tepat memandikan kucing sekitar jam 10.00 - 16.00 saat masih terang agar suhu badannya terjaga untuk menghindari kucing jatuh sakit.

Bagaimana cara memandikan kucing?

  • Isi air hangat ke baskom
  • Basahi kucing secara perlahan
  • Gunakan shampo untuk menyabuninya
  • Cuci muka kucing secara perlahan
  • Untuk kuping kucing gunakanlah kapas
  • Bungkus dengan handuk

2. Sikat bulu kucing secara teratur

Tujuan utama bulu kucing perlu disikat agar tidak mengalami yang namanya hairball & bulunya tetap terawat.

Apa sih itu hairball?

Dilansir dari Wikipedia, bola rambut (hairball) adalah kumpulan kecil rambut atau bulu yang terbentuk di perut hewan, dan tidak biasa pada manusia, yang kadang-kadang dimuntahkan ketika menjadi terlalu besar.

3. Bawa kucing ke dokter secara teratur

beberapa pencinta kucing biasanya memilih kucing menjadi keluarga mereka jadi dengan membawa kucing ke dokter kita bisa menjaga kucing dari beberapa alasan berikut untuk menjaga kesehatan kucing, kita juga bisa mencengah beberapa penyakit yang kemungkinan tidak lama diperiksa akan menjadi lebih berbahaya

4. Vaksinasi kucing 

Tujuan vaksinasi adalah untuk meningkatkan imun tubuh atau daya tahan tubuh. Kucing yang divaksin memiliki daya tahan tubuh dan tidak mudah sakit. Jadi, memvaksin kucing akan pernah dilewatkan ya.

5. Beri porsi makan kucing yang tepat 

Seperti halnya manusia, kucing membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Namun sebagai pemilik harus paham juga takaran yang tepat saat memberi mereka makan. Tujuannya agar kucing kesayangan tidak terlalu gemuk atau terlaku kurus, dengan begitu kucing bisa sehat dan aktif.

Berikut ini saran untuk porsi makan kucing berdasarkan umur dan berat badan.

Takaran makan kucing
Foto : Dok. pribadi

6. Beli tempat tidur kucing dan kelengkapan lainnya

Kucing memerlukan tempat tidur yang nyaman. Pilih tempat tidur yang lembut, besar dan hangat. Jika memungkinkan beli assesoris kucing.

Apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk mengurus kucing?

  • Kotak untuk membuang kotoran atau litter box, pasir dan serokan pasir
  • Mangkuk makan kucing dan mangkuk minum kucing
  • Tempat tidur kucing
  • Sikat gigi, gunting kuku, tempat mandi, penyikat bulu kucing, dll
  • Mainan kucing seperti laser atau tongkat bulu
  • Papan menggaruk kucing
  • Pet carrier seperti tas atau kotak

6. Ajarkan kebiasaan baru kepada kucing

Kebiasaan baik yang bisa diajarkan kepada kucing seperti buang kotoran pada kotak kororannya, makan atau minum pada tempat yang telah disediakan, tetapkan dimana saja dia boleh menggaruk dan melompat dengan aman, datang bila dipanggil, tidak masuk keluar rumah sembarangan serta banyak hal lainnya yang masuk akal tentunya ya.

8. Selalu bersihkan tempat tidur dan peralatan kucing lainnya

Apa saja peralatan yang perlu dibersihkan?

Sisa kotoran kucing pada litter box, sisa-sisa bulu yang rontok ditempat tidur atau tempat lainnya, mainan kucing yang berdebu dan lain-lain.

9. Ajak kucing bermain

Seperti manusia yang gampang bosan kucing juga bisa bosan jadi sebagai pemilik kucing harus sering mengajak kucing bermain supaya kucing tidak cepat bosan.

Manfaat lainnya mengajak kucing bermain?

  • Kucing menjadi lebih sehat
kalau kucing jarang bergerak kucing gampang menaikkan berat badan jadi dengan mengajak kucing bermain membantu kucing membakar kalori dan tidak menjadi obesitas.
  • menciptakan ikatan antara pemilik dan kucing
Ikatan biasanya sulit terjalin jika kamu sering meninggalkan kucing karena harus bekerja. untuk itu, mengajak mereka bermain akan menebus waktu saat kamu meninggalkan mereka di rumah sendirian dan bermain bersama kucing juga akan menurunkan tingkat stres karena lelah setelah pulang bekerja.

10. Bersikap tegas pada perilaku buruk kucing

Meskipun sangat sayang kepadanya, sebaiknya sikap tegas juga perlu. Tahukah, kucing paham perasaan majikannya lho! Dia tahu kapan anda senang atau sedih. Kucing juga bisa lupa apa yang bisa menjadi kebiasaannya. Jadi andai dia melanggar apa yang biasa telah dibiasakan padanya sebaiknya tegas padanya misalnya tunjukkan melalui intonasi suara yang beda dari biasanya atau menunjukkan kesalahannya misalnya buang kotoran tidak pada tempatnya, sekali lagi peragakan itu kepadanya.

Ya, memang melakukan itu tidak mudah, karena kucing bukanlah manusia. Jadi tetapkan aturan dalam batas sewajarnya.

Itulah beberapa cara sederhana merawat kucing dan tips ini juga berlaku saat merawat kucing kampung kurang lebih sama. Akhirnya, sebagai pemilik kucing tidak hanya sekedar mengadopsi, sayang dan bermain dengannya, tanggung jawab juga sangat perlu.

9 komentar untuk " 10 Cara Merawat Kucing Yang Baik dan Benar, Caranya Begini!"

  1. Jadi teringat sama kucingku dulu kak, disiplin selalu pup di tempat yang benar. Tapi aku nggak sempat dulu vaksin kucing ku. Akhirnya sakit di usia muda terus mati deh.. hiksss

    BalasHapus
  2. Aku dulu pernah pelihara kucing tapi kenapa selalu gagal saat hendak memandikannya ya, alhasil tangan aku habis dicakar oleh kucingku yang menolak mandi :(

    BalasHapus
  3. Saya sebetulnya suka banget sama kucing. Namun kalau memelihara kucing suka kuatir ga bisa telaten. Alhasil hanya bisa memandang kucing milik bos kalau saya berkunjung ke rumah nya

    BalasHapus
  4. Mungkin karena kami dikampung, meski memelihara kucing sekian banyak, satu pun tidak ada divaksin, tidak punya tempat tidur dan buang kotoran mereka entah dimana yg pasti di luar sana, hehehe
    Padahal semua itu untuk kebaikan mereka dan kesehatan kita ya

    BalasHapus
  5. huhu sayang sekali aku tidak pandai nih, dan alergi sama hewan berbulu gini hihi

    BalasHapus
  6. Pengin pelihara kucing, tapi nantiii deh kalau udah punya rumah sendiri hihi.. anakku suka bangett sama kucing, sama kayak bapaknya wkwk

    BalasHapus
  7. Salah satu hal penting dlm kesehatan kucing menurut saya ya steril kucing. Baik pada jantan dan betina efektif untuk menghindari penyakit berbahaya.
    Kalo soal perilaku kucing, itu by nature. Kek manusia ada yg galak ada yg gentle. Tapi ya emang harus diatur juga pusnya hehe

    BalasHapus
  8. Penjelasan mandinya mungkin perlu ditambah mba. Kadang suka bingung, memandikan kucing yang ideal itu setiap hari atau berapa kali seminggu sih? Kucing kan punya habit tersendiri terkait kebersihan diri mereka. Mereka juga rutin basking alias berjemur, dan rajin juga 'bertayamum' dengan lidahnya. Hehehe.

    BalasHapus
  9. Iya nih kucing juga harus diajak main yaa, Ririn punya kucing di rumah namanya Yuta, menggoda sekali dia kl ngajak ririn main, yang di golek-golekkanlah badannya di lantai, nampak perutnya minta digelitikin

    BalasHapus