Widget HTML #1

Kenali dan Asah Bakat Si Kecil Sesuai Tipe Kecerdasannya di Star Programmes Play 'N' Learn Yuk!

Bakat Sesuai Tipe Kecerdasan. Seberapa penting sih ketrampilan hidup (life skill) buat seorang anak? Ini adalah pertanyaan menarik dan selalu jadi topik hangat buat orang tua. Tapi tunggu dulu. Life skill itu apa sih? 

Life skill adalah kecakapan hidup atau keterampilan hidup yang seharusnya diajarkan kepada anak sejak dini sehingga nantinya anak mampu beradaptasi dengan baik dan efektif dalam menghadapi tuntutan atau tantangan hidup sehari-hari.

bermain dan belajar
Foto : Play 'N' Learn


Orang tua masih banyak yang berpikir dengan menyekolahkan dan mendapatkan pendidikan akademis itu sudah cukup buat anak untuk menjalani kehidupannya kelak. Ya itu perlu! Tapi tidak cukup. Anak-anak juga wajib dibekali kecakapan hidup lho!

Beberapa waktu lalu, seorang teman mengeluhkan anaknya yang belum pintar berhitung dan sedikit tertinggal dengan teman-teman seusainya. "Alih-alih mengerjakan tugas sekolahnya, si kecil lebih tertarik mengutak-atik mobil-mobilannya," ucap si Ibu.

Pandangan bahwa nilai sekolah yang bagus, jago matematika, menandakan seorang anak cerdas masih umum dikalangan orang tua. Padahal itu hanya salah satunya saja. Setidaknya ada 8 tipe kecerdasan yang perlu parent ketahui untuk memahami gaya belajar anak dan membantunya menyesuaikan diri.

8 Tipe Kecerdasan Anak

Tahukah? Setiap anak itu unik dan cerdas dengan gayanya sendiri. Jadi membandingkan anak dengan temannya bukanlah cara yang tepat untuk mengukur tingkat kecerdasannya apalagi memotivasi anak agar semangatnya terpacu. Sikap yang demikian hanya akan mengecilkan hati anak dan membuatnya merasa tidak disayangi dan dihargai.

Berikut ini 8 tipe kecerdasan anak dan ciri-cirinya yakni :

1. Body Smart
Si kecil biasanya senang berolahraga atau kegiatan fisik seperti berlari, melompat dan lain-lain dan terampil menggunakan tubuhnya

2. Logic Smart
Anak senang dengan angka, berhitung, suka dengan permainan seperti puzzle yang membutuhkan  kemampuan berpikir logis.

3. Word Smart
Si kecil biasanya senang berbicara, membaca, menulis dan pandai menyampaikan cerita.

4. Music Smart
Si Kecil mampu atau peka terhadap nada dan melodi, mengingat irama dan bahkan bisa menciptakan lagu sendiri.

5. Nature Smart
Anak senang menghabiskan waktu di alam, bermain dan memelihara binatang atau juga suka dengan tanam-tanaman.

6. People Smart
Senang bersosialisasi, peka terhadap perasaan, motivasi, temperamen orang lain dan dominan saat berada dalam suatu kelompok.

7. Self Smart
Si kecil mampu mengenal diri sendiri baik kelebihan, kemampuan dan juga kelemahan diri. Senang mengembangkan konsep diri dan suka terorganisir.

8. Picture Smart
Si kecil senang berimajinasi dan gambar visual lalu membuat sketsanya dalam bentuk gambar dan foto.

Nah, ternyata banyak bukan tipe kecerdasan! Kira-kira  si kecil di rumah dominan tipe yang mana nih?

Bisa jadi orang tua bingung menjawab pertanyaan ini. Alasannya, karena jika diamati anak menunjukkan semua tipe kecerdasan yang diuraikan di atas. Jadi bagaimana? 

8 tipe kecerdasan
Foto : Play 'N' Learn

Jangan khawatir ya, seperti dibahas di artikel sebelumnya bahwa kreativitas bisa dilatih sejak dini. Demikian halnya juga kecerdasan anak tidak hanya bergantung pada bakat bawaan sejak lahir tapi lingkungan yang mendukung seperti pola asuh, stimulasi dan fasilitas yang relevan turut serta dalam mengembangkan kecerdasan tersebut.

Beruntungnya, saat ini banyak tempat bermain edukatif yang sangat baik dalam mengasah life skill dan beragam kecerdasan anak. Misalnya tempat bermain Play 'N' Learn yang ada di Mall Centre Point Medan lt. 3 ini.

Tempat Bermain Edukatif Play 'N' Learn 

Mengajak anak bermain pasti sangat mengasikkan ya. Anak jadi senang dan bonding antara si kecil dan Parent juga semakin erat. Tapi alangkah baiknya saat anak bermain tidak hanya unsur hiburannya saja yang diperhatikan tapi sisi edukasi juga perlu.

Di Play 'N' Learn kedua hal itu baik edukasi dan hiburannya semua dapat. Kenapa? Tempat ini menawarkan bermain dan belajar dengan konsep Activity Edu Fun. Si kecil dilatih untuk mengembangkan bakat sesuai tipe kecerdasannya yang dikemas dalam  program khusus yang dirancang oleh pakar pendidikan dari Singapura yaitu : 

  • Dr. Paul Kim (CTO and Assistant Dean of School of Education, Stanford University)
  • Dr. Branton Shearer (Professor, Kent University, Leading Authority on Multiple Intelligence)
  • Dr. Henry Toy (Founder of Nurture Craft, Buzan Master and award winning author on habits on Mind)
  • Jamie Tan (Education Consultant, Speaker, Trainer and Multiple Intelligence Practitioneer)
  • Lydia Ang (Curriculum Planning, Speaker, Trainer and Content Specialist)

Adapun Programnya dikenal dengan Star Programmes tujuannya untuk menstimulasi si kecil mempelajari keterampilan hidup serta mengasah kecerdasannya sehingga terbiasa berpikir kreatif dan kritis.

Star Programmes di Play 'N' Learn

Berikut 6 program tersebut :

Little Star Builder
Program ini si kecil belajar mengeksplorasi dan mengkomunikasikan idenya secara visual dengan menghasilkan suatu proyek, bereksperimen dengan konsep-konsep baru sesuai imajinasinya dan memecahkan masalah struktur yang tidak stabil serta membangun kereta api. Kecerdasan yang diasah seperti Picture Smart, People Smart, Logic Smart, dan Body Smart.

Little Star Engineer
Si kecil belajar konsep teknik dasar keseimbangan, kekuatan, dan transfer energi. Mempelajari berbagai tantangan hingga menemukan jalur terbaik traveling ke seluruh dunia. Kecerdasan yang diasah seperti Logic Smart, Picture Smart,  dan Self Smart.

Little Star Designer
Si kecil akan bermain-main sekaligus bereksperimen dengan warna dan cahaya untuk membuat karyanya sendiri. Belajar mendesain kereta yang menarik daripada sebelumnya. Kecerdasan yang diasah seperti Picture Smart, Self Smart, People Smart, dan Body Smart.

Little Star Scientist
Si kecil akan belajar melalui eksperimen dan proyek interaktif untuk menemukan kekuatan listrik, sumber energi, juga energi pengganti/alternatif. Dia juga akan belajar jenis bahan bakar agar kereta api bisa beroperasi. Kecerdasan yang diasah seperti Nature Smart, Logic Smart, People Smart dan Music Smart.

Little Star Coder
Si kecil belajar tentang kode dan paham bahwa kode-kode tersebut memberikan instruksi komputer untuk menjalan suatu program. Dia akan belajar memecahkan masalah jalur kereta api agar kereta sesuai arah yang benarKecerdasan yang diasah seperti Word Smart, Logic Smart, People Smart dan Picture Smart.

Asah bakat sesuai tipe kecerdasan
Foto : Play 'N' Learn

Little Star Perfomer
Si kecil belajar tentang musik, ilmu suara, irama atau nada, dan berbagai alat musik. Kecerdasan yang diasah seperti Music Smart, People Smart, Word Smart dan Picture Smart.

Programnya menarik sekali ya, sesuai dengan tag line mereka Activity Edu Fun. Selain itu, di tempat bermain anak edukatif ini ada juga test MIDAS lho!

Apa itu Test MIDAS?

Test MIDAS adalah rangkaian test yang dikembangkan untuk mengetahui gaya belajar si kecil. Pada usia dini terkadang parent susah mengenali tipe kecerdasan anak yang dominan karena anak cenderung menunjukkan minat atas semua yang diberikan kepadanya atau malah tidak menunjukkan sama sekali. 

Nah, adanya Test MIDAS ini tak perlu bingung lagi, test ini bisa membantu memahami gaya belajar anak. Jadi, Mom bisa menyesuaikan cara mengasah kecerdasan dan mengembangkannya. Si kecil menjadi bintang yang semakin bersinar dan lebih bahagia karena bakatnya dikembangkan dengan tepat.

Di tempat bermain anak ini juga ada kakak instruktur  yang selalu siaga menemani si kecil dan membimbing mereka. Parent  juga bisa bermain dan mengajari anak, kafetaria tersedia buat parent yang menunggu anak beraktivitas.

Seru banget ya Mom! Tempat bermain edukatif ini hadir dibeberapa kota di Indonesia dan di Medan bisa mampir di Play N Learn Mall Centre Point Medan Lantai 3. Ajak si Kecil untuk mengasah keterampilan hidup dan kecerdasannya agar menjadi anak aktif, cerdas, kreatif dan bahagia. Belajar sambil bermain itu menyenangkan!










31 komentar untuk "Kenali dan Asah Bakat Si Kecil Sesuai Tipe Kecerdasannya di Star Programmes Play 'N' Learn Yuk!"

Comment Author Avatar
Wah seru ya mak, selain menyenangkan, bisa mengasah keterampilan. Semua emak di Medan wajib coba nih🤩
Comment Author Avatar
Betul Mak, bawa anak sekalian biar bisa bermain dan belajar
Comment Author Avatar
Orang tua pun enggak perlu ragu ya saat ada bantuan instruktur yang juga menemani anak-anak selama disana,kak. Itu tes MIDAS juga membantu semakin memahami gaya belajar anak sehingga orang tua tidak perlu memaksakan sesuai kehendak si orang tuanya ya.
Comment Author Avatar
Pasti nyenengin banget lah main di sini kak.. wong anaknya sudah diajak pulang, hihihi
Rasanya gak puas tu cuma 2 jam di situ
Comment Author Avatar
Tu kan jadi tambah pengen main ke sini. Pasti asyik banget kemarin ya kak. apalagi kan anak-anakku udah lama gak main di arena bermain seperti ini.
Comment Author Avatar
Alhamdulillah kak oza mendekati semua 8 tipe itu hanya saja di no 6 kurang terlalu, karna jarang keluar rumah kami skrg, mudah2an lah bisa liburan ke kebun2 atau gunung menikmati alam.
Comment Author Avatar
Oza mendekati ke 8 tipe ini, hanya saja di no 6 belum terlalu karna jarang keluar rumah mgkn bisa dimulai dari taman dekat rumah hehe
Comment Author Avatar
Asik banget ya, kak. Kita bisa membawa anak untuk bermain dan belajar di sana. Dan ternyata kecerdasan anak itu dibagi 8 tipe ya. Itu artinya, setiap anak memiliki kecedasan masing masing sesuai bakatnya.

Wajib coba Play N Learn nih. Tapi aman kah di sana kak? Soalnya kan masih pandemi covid. Terus ada yang jaga anak selalu stanby kah? Khawatir anak anak pada berantem rebutan mainan. Hehehe
Comment Author Avatar
Permainan di Play N Learn dan kelas Star Programmesnya bagus sekali ya kak, jadi melatih anak bermain dan belajar secara kreatif dan kritis, abang Iki suka main di sana :)
Comment Author Avatar
Kalau masih di Medan, udah ku ajak anak-anak ke Play N Learn ini kak. Seru banget soalnya liat revieew dari teman-teman
Comment Author Avatar
Cocok banget nih bawa si kecil kesni sekaligus belajar bermain.., menarik nya ada kafe nya lagi.
Comment Author Avatar
wahhh mau dong kalau ada test kecerdasan dominan begini.
anak bungsu saya keknya semua tipe itu ada. nah anak sulung saya yang ndak paham saya tipe kecerdasan mana dia ni...
di denpasar ada gak ya
Comment Author Avatar
Seru sekali ya, Mbak. Anak-anak bisa memilih permainan sesuai keinginan. Anak-anak senang, kemampuan semakin terasah. Terus, orang tua juga merasa aman selama anak-anak bermain, karena diawasi oleh miss.
Comment Author Avatar
wah seru ya mbak main di Play N Learn ini
anak nggak hanya bisa bermain dengan permainan yg disediakan, tapi juga belajar dengan stimulasi yg menyenangkan
Comment Author Avatar
Untuk cek cabangnya di seluruh Indonesia ada websitenya kah? Soalnya pengen juga nih ajak duo Al kesini. Pastinya pada bakal senang deh.
Comment Author Avatar
Cuma ada di Medan ya ini. Seru banget kelihatannya. Pengen bisa ajak anak ke sana juga..
Comment Author Avatar
Hasil penilaian bakat si Ocean people smart dan music smart, Mak Yan... anaknya suka bersosialisasi dan pede banget nyanyi-nyanyi. Pingin ke PNL lagi ahh di Mall Center Point, asyikk
Comment Author Avatar
kalau sedari kecil udh bisa mapping talenta dasar kecerdasan anak ke depannya bisa pilih pendidikan dan karir yang bisa sesuai ya sama talenta dan jenis kecerdasannya jadi bisa maksimal nih potensi nya si anak
Comment Author Avatar
Selain di Medan ada di kota mana aja y mba. Seru ya bisa mengasah kecerdasan anak, pengen rasanya coba tes dan main di Play n Learn buat anak sy
Comment Author Avatar
Pengen juga bawa anak untuk ikut tes kecerdasan hihi biar tahu nanti mau diarahkan kemana.. di malang ada ngga ya hihi
Comment Author Avatar
Programnya bagus banget ini bermain sambil mengasah kemampuan, jadi pengen daftarin ponakan-ponakan deh
Comment Author Avatar
Seru sekali bermain di Play N Learn ini yaa..
Anak-anak bisa bermain sesuai tahapan usianya dan yang pasti mendapat banyak pembelajaran yang menyenangkan. INginnya rutin bermain di Play N Learn, aktivitas seru..
Comment Author Avatar
Aku baru tau banget ternyata tipe kecerdasaan anak tuh ada 8 ya, Mbak. Seru juga ya liat tempatnya dan program kegiatannya. Anak2 pasti happy banget nih bisa main sambil belajar. Mana tempatnya kayak di luar negeri gitu, mbak
Comment Author Avatar
6 programnya yang menarik, bisa jadi rekomendasi agar anak-anak belajarnya dengan cara asik, sehingga mudah dipahami ya
Comment Author Avatar
Anak-anak pasti seneng nih diajak belajar sambil bermain kayak gini. Anak-anakku juga udah bosen main di rumah aja. Ada ga ya di Depok? Hehe
Comment Author Avatar
Adikku sepertinya bukan yang type people smart deh. Dia hanya bersosialisasi dengan orang yang emang sering ditemui dan tinggal di sekitar rumahnya saja. Dia cenderung pemalu sih. Tapi kalau urusan main dan olah tubuh. Dia semangat sekali kalau ada latihan pencak silatnya.
Comment Author Avatar
Smart mommy perlu bawa anak2 kesini nih. Biar gak berasa belajar, walaupun keliatannya kayak main ya
Comment Author Avatar
Jadi ingin kembali ke masa kecil kalo ada tes bakat sejak anak kayak gini. Dulu tuh aku kebingungan sekali melihat bakatku. Beberapa kali tes tidak menunjukkan perkembangan bakatku dulu.

Beda banget ama tes di Play N Learn ini ya kak. Tes kemampuannya dibuat berlapis. Jadi bakat anak bakal kelihatan banget tuh sejak kecil. Jadi kita sebagai orangtua tinggal mengarahkan aja bakat si anak.
Comment Author Avatar
Pas TK dulu, sekolah anakku menerapkan 8 kecerdasan anak ini, dan sekolah tuh menghargai kecerdasan anak2, ya tiap anak itu cerdas. Tapi pas SD, lebih mementingkan akademik.
Comment Author Avatar
Mengenali bakat dan kecerdasan anak sedini mungkin penting banget ya. Sebagai orang tua, kalau bisa kenal bakat dan kecerdasan anaknya apa, jadi mudah juga untuk mengarahkan anak.
Comment Author Avatar
Seru banget ya tempat mainnya. Andai di Semarang juga ada tempat main seperti ini.

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!