Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Hal Yang Dapat Dilakukan Ibu Di masa Golden Age Anak

Yang dapat dilakukan ibu di masa golden age anak. Memiliki anak adalah anugrah yang sangat disyukuri setiap orang tua. Demi anak mereka akan rela melakukan apa saja demi kebaikan mereka, termasuk mengamati dan mendukung disetiap tahap tumbuh kembangnya misalnya masa usia emas anak atau lebih dikenal dengan istilah golden age.

Golden age anak adalah masa terpenting pada anak karena saat itu otak si kecil bertumbuh dengan sangat pesat. Ini dimulai dari saat dia masih berada di dalam kandungan sampai saat dia berumur 36 enam bulan atau 3 tahun. Dia akan senang mempelajari banyak hal dan meniru apa yang dilihatnya. Bahkan dikatakan 50% kecerdasan orang dewasa terbentuk di usia empat tahun.

golden age anak
Foto : Pixabay

Nah di masa ini, apa saja yang bisa ibu lakukan supaya bisa maksimal mendukung tumbuh kembang si anak?

 Berikut ini lima hal yang dapat dicoba, disimak ya!

1. Mengajari Anak Lewat Bermain

Anak-anak yang masih kecil tak akan paham bila diajari secara gamblang. Jadi orang tua perlu mengakalinya dengan mengajar anak lewat bermain. Belilah mainan-mainan yang bisa mengasah daya berpikirnya seperti permainan menyusun balok, puzzle, permainan jual beli, congklak, rumah-rumahan dan lain-lain.

2. Menunjukkan Kebiasaan Yang Baik

Seperti yang disebutkan di awal, anak akan meniru apa saja yang dilihatnya saat berada di usia tersebut. Orang yang paling banyak ditiru kebiasaannya adalah orang tua terutama ibu karena biasanya ibu yang paling banyak menghabiskan waktu dengan anak. Si kecil daya berpikirnya belum terlatih umtuk menyaring apa yang boleh dan yang tidak. Cenderung apa dilihat langsung ditiru.

Jadi orang tua penting sekali menunjukkan atau memperlihatkan sikap, tingkah laku dan kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari pada anak. Hal ini dapat membantunya tumbuh menjadi anak yang berperilaku baik dan disukai banyak orang. Ingatlah bahwa orang tua adalah role model atau panutan terbesar bagi anak, anda adalah dunianya. Orang tua adalah pendamping utama dalam mengajar anak akhlak dan akademisnya.

3. Mendukung Minatnya

Anak diumur golden age biasanya sudah menunjukkan minat pada suatu hal bahkan potensi kemungkinan bakat anak bisa diamati, nah tugas orang tualah untuk mendukung apa hal yang diminatinya meskipun ia masih kecil. Misalnya saja bila dia suka menggambar belilah dia banyak buku gambar dan bawa ke tempat les menggambar untuk anak, atau bila dia terlihat suka bicara orang tua bisa membantunya berani berbicara di depan orang banyak. Hal itu supaya minatnya terarah.

4. Membacakan Cerita

Moms bisa coba nih membacakan cerita pada anak pada siang hari maupun sebelum tidur! Karena ada banyak sekali manfaat yang bisa di dapat jika membacakan buku pada anak entah itu cerita dongeng atau bahkan novel.

Misalnya saja dapat memupuk minat baca si kecil, imajinasinya jadi berkembang, melatih anak mendengarkan dan memperbanyak kosakata sehingga bisa cepat bicara. Yang terpenting, dengan membacakan cerita bisa mempengaruhi perkembangan otak anak dengan beragam informasi.

5. Berikan Gizi Yang Cukup

Hal terakhir yang bisa dilakukan moms untuk mendukung pertumbuhan si kecil di masa golden age adalah dengan memberikan gizi yang cukup misalnya dengan menyediakan makanan yang bergizi seperti sayuran, daging, buah dan susu. 

Memberikan susu pada anak dapat membantunya menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit, dapat membantu tumbuh tinggi si kecil, jadi cerdas dan menambah energi yang membuatnya semakin lincah. Pastikan memberi susu yang memiliki tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya.

Nah, itu tadi 5 cara yang para mom bisa lakukan di masa usia emas anak. Ingatlah ini masa terpenting dari anak kita dan sangat berpengaruh pada masa depannya, jadi jangan lupa terapkan beberapa cara tadi ya! Ayo besarkan anak menjadi pribadi yang positif, kreatif dan cerdas!

Posting Komentar untuk " 5 Hal Yang Dapat Dilakukan Ibu Di masa Golden Age Anak"