Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Tips Agar Anak Mau makan Sayur, Coba Cara Ini Ya Mom!

5 Cara Agar Anak Mau Makan Sayur. Henny kesal sekali, setiap menyulangi makan Vita putri kesayangannya ini selalu saja menolak mau makan. Aksi tutup mulut akan dilakukan Vita sebagai protes karena mamanya selalu saja menghidangkan sayur sebagai tambahan lauknya. Padahal, dia sudah berkali-kali bilang ke mama bahwa dia gak suka makan sayur.

Mom, tenang saja ya jangan panik dan marah ya! Kesal dan mengomel hanya akan memperumit suasana, bahkan bisa berdampak buruk anak akan trauma ditandai dengan anak menangis saat melihat makanan, merasa mual dan muntah saat menelannya atau anak berbohong mengaku sudah makan tapi dibuang saat Mom tidak ada disampingnya.

Tips agar anak mau makan sayur
Foto : Pixabay

Sudah jadi hal wajar bila anak kecil tidak suka makan sayur atau  Biasanya mereka sering menyisihkan sayuran yang ada di piring atau bekal makanan mereka bahkan membuangnya. Namun, hal seperti ini tak dapat dibiarkan, anak perlu diajarkan dari sekarang. Kenapa! Selain itu penting bagi asupan gizi si anak, juga kebiasaan makan sayur akan semakin sulit diajarkan seraya mereka makin besar.

Sayur bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, karena sayur mengandung banyak nutrisi, vitamin, protein, serat dan mineral. Sehingga dengan mengkonsumsi sayuran dapat mencegah anak terkena penyakit tertentu, menambah daya tahan tubuh, membantu tinggi tubuhnya dan menyehatkan kulitnya.

Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Oleh sebab itu, Mom jangan putus asa dulu. Hal yang pertama yang perlu Mom lakukan tanyakan anak alasan kenapa dia tidak mau. Dari jawabannya itu Mom bisa mengetahui penyebabnya dan mencari solusinya. Meskipun begitu beberapa trik berikut ini bisa juga diterapkan lho!

1. Padukan Sayuran Dengan Makanan yang Disukainya

Mungkin kalau yang disajikan bulat-bulat sayur apalagi yang hanya direbus, anak bisa langsung menolak memakannya. Karena itu, coba campurkan sayuran ke makanan lainnya terutama makanan yang disukainya. Misalnya mencampurkan wortel ke nasi goreng, brokoli dicampur acak ke dalam pasta, memasukkan berbagai jenis sayur ke telur dadar.

2. Sayur Diolah Jadi Camilan

Kebanyakan anak kecil biasanya lebih suka makan camilan. Nah para mom bisa memanfaatkan ini dengan mengolah berbagai sayur menjadi cemilan seperti kue atau bolu. Misalnya, membuat bolu kukus bayam, bolu wortel panggang, kue talam ubi atau es krim sawi. Para bunda bisa temukan resepnya di google dan percaya deh anak pasti doyan!

3. Buat sayuran lebih menarik

Anak-anak umumnya menyukai penampilan yang enak dipandang mata, terutama hal-hal yang menarik perhatian, lucu dan unik. Jadi mom bisa kreatif nih, coba membuat beragam, motif unik di piring dengan sayur! Mungkin sesuatu yang mereka ketahui, seperti beruang, wajah manusia, anjing, kucing, mobil dan lain-lain. Hal itu pasti akan jadi sangat menyenangkan bagi anak anda! 

Oh ya, mungkin mom bisa coba ajak anak merangkai sayuran menjadi motif yang diinginkannya sendiri. Kemungkinan dapur jadi berantakan sih tapi bisa melatih kekreatifan si kecil.

4. Variasikan Sayur Jadi Gorengan

Sayur yang kriuk pasti enak ya! Baik orang dewasa dan anak biasanya lebih suka makanan kering yang digoreng. Ibu bisa coba nih, goreng macam-macam sayur misalnya brokoli goreng, kentang atau bahkan membuat bakwan bayam! 

Membuat bakwan sayur dari bayam  gampang banget!

Resep Bakwan Sayur Kobe

Bahan :

  • Kobe Tepung Bakwan Kress (70gr) 1 bungkus
  • Bayam  ½ ikat (± 90 gram ) dipotong kecil
  • Air 10 sdm (±80 ml)
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat :

  • Kobe Tepung Bakwan Kress campur dengan air
  • Tambahkan  bayam yang telah dipotong-potong kecil, aduk sampai rata
  • Goreng dalam minyak panas, sendok adonan bayam ke minyak sesuai ukuran yang diinginkan hingga kering
  • Angkat dan sajikan
    Cara mengatasi anak susah makan sayur
    Foto : Dok. Pribadi
Mom, Kenapa harus menggunakan Kobe Tepung Bakwan Kress? Alasannya karena :
  1. Terbuat dari bahan rempah asli pilihan
  2. Adonan bumbu lengkap siap pakai
  3. Hasil gorengan empuk di dalam namun renyah di luar 
  4. Tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan jadi lebih sehat

Tahukah ternyata Kobe ini bukan perusahaan asal jepang seperti yang dikira selama ini tapi merupakan industri rumahan di Semarang yang mulai dirintis tahun 1979. Kata Kobe sendiri adalah singkatan dari kata orang banyak enak  dan merupakan tepung bumbu pertama di Indonesia, sesuai dengan tagline-nya Kobe Ahlinya Tepung Bumbu!

Kobe memproduksi 6 varian tepung yaitu :
  • Kobe Tepung Tempe Kriuk
  • Kobe Tepung Kentucky Super Crispy
  • Kobe Tepung Bumbu Putih
  • Kobe Tepung Serbaguna
  • Kobe Tepung Bakwan & Perkedel
  • Kobe Tepung Pisang Goreng
Informasi mengenai tepung bumbu Kobe bisa dilihat di akun media sosial (Instagram, Twitter, Facebook, TikTok ) @dapurkobe.

5. Ubah Sayur Jadi Jus atau Smoothie

Si kecil bisa jadi tertarik meminum jus sayur karena berwarna dan tak seperti air biasa dan rasanya yang baru. Jadi kalau anak malas makan sayur, coba jus sayurnya dan campurkan dengan sedikit gula dan buah agar rasa tak enak pada sayur jadi tersamarkan. Mungkin ibu bisa membuat jus dengan sayur yang berbeda-beda seperti bayam, wortel dan tomat sehingga sang anak bisa melihat warna yang berbeda-beda.

6. Ajak dan Libatkan Anak Mempersiapkan Makanannya

Anak-anak senang bermain masak-masakan, kenapa tidak Mom ajak sekalian memasak benaran saja? Peran yang dilakukan anak sesuaikan dengan usianya. Karena melihat proses mempersiapkan makanan akan mudah membujuknya untuk menikmatinya juga. Memasak bersama anak juga bisa mempererat bonding  lho Mom.

7. Berikan Contoh

Anak suka meniru orang dewasa terutama orang tuanya. Jadi orang tua juga perlu sering makan sayur agar anak mengikuti kebiasan mereka makan sayur.

Jadi, bagaimana Mom, mudahkan untuk membujuk anak makan sayur? Pantang menyerah dan upayakan terus agar si kecil suka makan demi tumbuh kembangnya yang optimal.



10 komentar untuk "7 Tips Agar Anak Mau makan Sayur, Coba Cara Ini Ya Mom!"

  1. anakku nih sulit banget makan sayur. kalo berasa sayur langsung mual, gitu. trik menyembunyikan di antara kriuknya tepung kobe kayaknya bisa dicoba

    BalasHapus
  2. Saya pun pakai tepung Kobe Mbak. Khususnya untuk bikin tempe kriuk dan ayam goreng. Yang ayam anak sukanya pakai tepung bumbu putih Kobe tuh...

    BalasHapus
  3. Belum punya anak. Semoga segera punya anak jg kak.hihihi. Biar nanti sya bisa mencoba praktekan, karena kadang anak susah banget buat makan sayur kak.

    BalasHapus
  4. Anak-anak cenderung gampang bosen, jadi emang emaknya kudu pinter-pinter mengkreasikan masakannya. Mantep juga nih kalau pakai Kobe, makanan jadi lebih gurih

    BalasHapus
  5. iya emang kalo buat anak mau makan sayur harus diakal-akalin. Aku kdang iseng bikin dicampur dengan makanan kesukaan biar pada makan sayur haha. mana tau mereka kalo makanan kesukaannya dicampur sayur

    BalasHapus
  6. Nah emang ya perlu banget kreatif buat kasih makan sayur sama buah ke anak-anak, padahal nutrisinya sayur dan buah juga penting banget buat pertumbuhan anak

    BalasHapus
  7. alhamdulillah nih anaku sejak MPAsi sudah aku kenalin beraneka ragam sayuran dan buah, jadi sekarang lancar makannya gak pilih-pilih, wah resepnya menarik buat dicoba nih

    BalasHapus
  8. Ah...iya banget ini.
    Mengajak anak terlibat dalam mempersiapkan makanan, bisa bikin anak-anak semakin semangat makan. Apalagi sayurannya jadi kriukks... Wah, pasti nambah lagi dan lagi yaa..

    BalasHapus
  9. Nah iya juga ini. Bikin sayuran sebagai cemilan semacam gorengan. Jadi anak-anak gak ngerasa makan sayur. Kobe bikin kreatif ya Mbak. Jadi pengen coba bikin juga bakwan bayam sepertinya enak nih.

    BalasHapus
  10. Bisa dicoba tipsnya kak... Apalagi ponakan suka makan bakwan.

    Tepung Kobe itu baru ya kak? Aku baru tau ada itu tepung. Nanti aku coba cari deh

    BalasHapus