Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Lebih Jauh Tentang Tipe-Tipe Cloud Kitchen

Tipe cloud kitchen. Bisnis F&B atau Food & Beverage saat ini terus mengalami perkembangan. Oleh sebab itu, persaingan di dalamnya juga semakin ketat. Tren memesan makanan secara online, memunculkan ide bisnis Cloud Kitchen. Ini merupakan sebuah konsep usaha yang menggabungkan berbagai restoran di dalam satu dapur.

tipe cloud kitchen
Foto : Pixabay

Ide bisnis kuliner dapur bersama ini mempunyai berbagai macam keunggulan dimana pengusaha bisa lebih menghemat pengeluaran tempat sewa hingga menyiapkan peralatan memasak. Selain itu, Anda juga tidak perlu pusing memikirkan strategi penjualan karena sudah diatur oleh jasa memakai analisis data. Berikut pilihan tipe-tipe dari Cloud Kitchen.

1. Mandiri

Tipe yang pertama adalah mandiri. Dalam hal ini, Anda sebagai pelaku industri menyediakan lokasi dan berbagai keperluan sendiri. Dapur disiapkan secara baik lengkap dengan berbagai peralatan memasak. Selain itu, area di dalamnya juga harus memenuhi sejumlah unsur, seperti terdapat tempat mengambil pesanan, menunggu, toilet, parkir, dan lain sebagainya.

Jika menggunakan jenis satu ini, maka seluruh kegiatan kemitraan akan Anda lakukan dengan bekerja sama berbagai macam perusahaan aplikasi delivery. Siapkan tim dapur yang mempunyai tugas menyiapkan makanan, hingga sejumlah anggota lainnya. Proses pemesanan dan pengiriman makanan dilakukan secara online.

2. Multi Brand/Merk

Dapur Bersama Multi Brand berarti di dalamnya terdapat berbagai macam menu makanan atau minuman dari bermacam-macam merk restoran. Dengan demikian, dalam satu dapur terdapat tim dapur yang dapat melayani masakan dengan alat serta bahan-bahan yang sudah disesuaikan serta mengutamakan rasa dan kualitasnya.

Cara kerja tipe Cloud Kitchen satu ini adalah dengan mengatur kemitraan dengan perusahaan jasa pengiriman. Tim yang ada di dapur harus memenuhi pesanan dari pelanggan sesuai jenis makanan atau minuman dari brand berbeda-beda. Proses pengirimannya tetap dilakukan secara online yakni diantar ke rumah pembeli melalui kurir.

3. Campuran

Tipe campuran merupakan gabungan dari pengambilan dan pengiriman pesanan. Maksudnya adalah pembeli dapat datang ke lokasi untuk membuat pesanan kemudian menunggu beberapa saat. Apabila sudah selesai, maka dapat mengambil orderan dan membawanya pulang. Pelanggan tidak makan di tempat atau dine-in, melainkan hanya mengantri membeli makanan.

Untuk dapat menerapkan jenis campuran ini, tentu harus memperhatikan lokasi strategis. Dengan begitu, pelanggan dapat dengan mudah menangkapnya. Tidak membutuhkan kurir dalam pengiriman makanan pada tipe tersebut karena mereka datang dan membawanya pulang sendiri.

4. Sederhana

Pada tipe terakhir adalah sederhana. Dalam menerapkannya, membutuhkan kerja sama dari restoran dengan pihak pengusaha aplikasi delivery. Sebagai pemilik usaha kuliner, Anda harus menyewa dapur sebagai tempat memasak dan menuntaskan pesanan di dalam gedung pemilik jasa aplikasi pengiriman tersebut. Biasanya ukuran tidak terlalu besar.

Proses kerjanya adalah dengan mendapatkan orderan dari satu aplikasi. Restoran Anda harus menyiapkan pesanan tersebut dengan memasak memakai peralatan yang ada dimana dilakukan oleh tim dapur. Selanjutnya, proses pengiriman dilakukan oleh pihak perusahaan aplikasi.

Pilih Everplate untuk Jasa Dapur Bersama

Industri kuliner di masa modern yang memanfaatkan teknologi online memberikan peluang bisnis untuk meraup keuntungan besar. Bersama dengan Everplate, dapatkan kemudahan mengembangkan UMKM F&B dengan tawaran dapur bersama dan pengelolaan fasilitas lengkap. Anda juga bisa melakukan konsultasi serta operasional. Kunjungi laman resminya di everplate.co.id

Itu dia informasi tentang sejumlah tipe dari Cloud Kitchen di Everplate. Ini merupakan sebuah konsep untuk dapat mengembangkan bisnis kuliner Anda meraih banyak pelanggan dan keuntungan maksimal. 


Posting Komentar untuk " Mengenal Lebih Jauh Tentang Tipe-Tipe Cloud Kitchen"