Saatnya Ubah Warung Tradisional Jadi Warung Digital Serba Bisa dengan KUDO


"Payah Yan, zaman sekarang cari uang makin susah! Inilah warung tante, sekarang sepi! Kalah bersaing dengan swalayan yang baru buka di perempatan jalan sana, belum lagi minimarket itu, hampir tiap berapa meter ada, dengan promo dan fasilitas layanan onlinenya, ampun dah! makin lengkaplah penderitaan warung ini. Bisa - bisa sebulan lagi warung ini tinggal kenangan, tutup! " 

Warung KUDO

Itulah sepenggal keluh kesah tante Vivi tentang kondisi warungnya yang telah menemaninya sekitar 20 tahun ini, ketika seminggu yang lalu saya berkunjung ke rumahnya. Sedih sekali mendengarnya, kasihan! Saya pikir banyak warung tradisional lainnya merasakan hal yang sama. Ya, zaman memang sudah berubah, Sobat! 

Di sisi lain, kebiasaan orang-orang lebih memilih belanja di pasar swalayan atau minimarket daripada warung tradisional, terutama karena  barang yang dijual di sana lebih lengkap, baru dan tepercaya. Sebenarnya, itu lumrah saja sih! Kenapa? Sebagai pembeli, mereka ingin yang lebih praktis, kan?

Namun masalahnya, kalau hal ini dibiarkan terus-menerus, warung Sobat bisa sepi, omzet menurun dan akhirnya gulung tikar, padahal warung ini adalah salah satu sumber penghasilan keluarga. Sayang sekali bukan? Jadi bagaimana donk solusinya?

Beda warung tradisional dengan warung KUDO

Tenaaangg! ☺ Peribahasa bilang 'zaman beralih musim bertukar', artinya segala sesuatu hendaknya disesuaikan dengan keadaan zaman. Sekarang ini adalah era digital, agar tetap bisa survive, maju dan merdeka, ya, perlu penyesuaian, termasuk  bagi warung tradisional Sobat juga! Berubah menjadi Warung Digital Serba Bisa sehingga tidak kalah saing dengan pasar swalayan lainnya.
Zaman beralih musim bertukar artinya segala sesuatu hendaknya disesuaikan dengan keadaan zaman.
Untungnya nih, ya, ada satu aplikasi digital yang bernama KUDO, singkatan dari Kios Untuk Dagang Online. Adalah platform teknologi Online-to-Offline dan penyedia produk digital yang berkomitmen untuk memberdayakan warung serta usaha kecil dan menengah untuk berjualan berbagai macam produk dan layanan dengan satu aplikasi.

Sederhananya, aplikasi ini membantu kios-kios termasuk warung, untuk berjualan secara online. Tentu saja harus mendaftarkan warung Sobat terlebih dahulu agar bisa menikmati berbagai fasilitas layanan KUDO.


KUDO itu punya banyak fitur keren yang bisa menaikkan omzet penjualan sehingga dapat memaksimalkan keuntungan warung Sobat lho! Dengan begitu bisa sejajar dengan minimarket atau swalayan yang ada di lingkunganmu.

1. Grosir Sembako

Sembako atau sembilan bahan pokok adalah kebutuhan primer bagi setiap orang. Maka tidak mengherankan setiap warung selalu menyediakan produk ini. Biasanya, pemilik warung akan belanja ke supplier untuk stok barang dagangan dengan sistem grosir, dengan begitu bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Cara ini agak sedikit ribet, jika stok barang di warung habis, kadang warung  terpaksa tutup untuk pergi belanja ke pusar grosir.

grosir sembako KUDO

Beda halnya kalau pakai KUDO, karena KUDO punya fitur grosir sembako. Tinggal klik-klik, barang yang dipesan akan langsung diantar besoknya dan bayar pas barang datang. Gampang dan cepat banget kan? Upss! Gratis ongkos  kirim lho!
Oh, ya! Jangan kuatir soal harga dan kwalitas barang, asal Sobat tahu aja, KUDO bekerja sama dengan banyak produsen-produsen yang tepercaya dengan harga yang ramah di kantong.

Ada pelanggan yang mau kirim uang? Tapi malas ke bank atau ATM? Atau malah belum punya? Di KUDO ada juga lho fitur transfer uang.  Gak kalah dengan minimarket yang itu tuh. Gampangnya juga mudah, tinggal klik menu Kirim Uang, isikan nomor rekening, jumlah uang yang ditransfer dan nomor telepon pengirim, langsung deh terkirim uangnya. Bukti transfernya akan dikirim ke nomor telepon pelanggan melalui SMS.

www.yantiani.com

Lagi-lagi jangan khawatir ya, prosesnya aman kok!  Karena proses kirimnya didukung oleh bank BNI.

Saat ini pulsa dan paket data bisa dibilang sudah hampir masuk kebutuhan pokok, ini sejalan dengan perkembangan teknologi smartphone yang semakin canggih. Untuk komunikasi juga akvitas lainnya seperti belanja online, membaca berita, dengerin musik, nonton video dan sebagainya. Dari yang tua hingga anak muda apalagi, rata-rata menggunakan smartphone. Tren ini, bisa dijadikan peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan pemilik warung untuk menambah penghasilan.

Jualan pulsa dan paket data di KUDO

Nah, berita baiknya, diaplikasi KUDO ada juga fitur isi ulang Pulsa dan Paket Data dari berbagai provider dengan nominal berapapun, lengkap, harganya murah, dan diperiode tertentu ada promo-promo kesempatan melipatkan keuntungan.

4. PPOB (Payment Point Online Bank)

Fitur ini bisa membantu Sobat menambah penghasilan dengan menawarkan jasa pembayaran tagihan listrik, PDAM, Asuransi, BPJS, Multi Finance dan masih banyak lainnya. Selain dapat komisi, warung Sobat juga jadi rame kan? Bikin pelanggan betah berbelanja karena satu tempat bisa bayar banyak sekaligus.

 bayar Tagihan melalui KUDO

5. Bayar Tagihan Telepon

Tagihan telepon ini, biasanya yang sistem pasca bayar yaitu menggunakan terlebih dahulu layanannya baru kemudian diakhir atau diawal bulan membayar tagihan atas pemakaian tersebut.

Di warung KUDO juga bisa mengecek dan membayar tagihan tersebut, kapan saja. Lebih praktis dan tidak repot! Jadi tawarkan juga ke pelanggan  bahwa warung Sobat sedia layanan bayar tagihan telepon agar bisa nambah omzet jualanmu.

6. Daftar Grab

Nah, kalau ada saudara, teman, tetangga atau siapapun bisa tawarkan untuk menjadi mitra Grab. Syukur-syukur membantu mereka, Sobat juga bisa dapat komisi yang lumayan. Caranya juga mudah kok! Mereka tinggal melengkapi persyaratan, dan isi data diaplikasi KUDO. Tinggal nunggu pemberitahuan, selesai deh!

Daftar Jadi Mitra Grab dengan KUDO

Oh, ya, tidak hanya itu di aplikasi KUDO juga pengemudi Grab bisa Top Up Saldo, ini lumayan juga lho untuk menaikkan omzet penjualanmu.

7. Tiket Kereta

Bisnis penjualan tiket online saat ini cukup menjanjikan, itu terbukti banyaknya agen-agen yang menawarkan bisnis ini. Nah, diaplikasi KUDO  juga sedia fitur ini, dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan di tempat lain. Jadi Sobat bisa menawarkan ke tetangga, saudara atau kenalan kalau ada yang hendak bepergian menggunakan transportasi ini. Komisinya lumayan kan? 😀
Jual tiket kereta api di KUDO

Gimana? Mantapkan! Dengan satu aplikasi KUDO saja, bisa memenuhi semua kebutuhan warung. Sangat praktis bukan? Makanya, jangan buru-buru putus asa dulu, yang penting usaha dan berani mencoba. Daftarkan saja warung Sobat di aplikasi KUDO. Gampang kok caranya! Gak sampai 5 menit lho! Berikut tutorialnya ya!

cara daftar di aplikasi kudo

Sudah selesai daftarnya, belum? Biar Sobat lebih yakin dan percaya diri lagi, berikut ini saya sertakan video pengalaman "Kisah sukses Hijrah berbuah berkah - Agen Kudo  Affandi, Tangerang" yang telah sukses menjadikan warungnya sebagai warung digital serba bisa. 


Jadi tunggu apalagi, buruan #MajuinWarung sobat, jadi warung digital serba bisa dengan KUDO. Era digital, pasar modern dan minimarket siapa takut!


Artikel sedang diikutsertakan dalam perlombaan Merdekain Warung Blog Competition oleh KUDO


Gambar yang ditampilkan dalam artikel ini bersumber dari website kudo.co.id dan olah gambar yang dilakukan secara mandiri oleh penulis. Sedangkan video bersumber dari saluran YouTube milik Kudo Indonesia.





63 Responses to "Saatnya Ubah Warung Tradisional Jadi Warung Digital Serba Bisa dengan KUDO"

  1. Jadi mempermudah kondumen dan pedagang ya kak, Bener-bener duh KUDO jadi merdekain warung.

    ReplyDelete
  2. Beberapa warung di sekitar sekolah sudah memakai aplikasi kudo nih. Aku tahu karena ada leaflet dan logo KUDO di warung itu. Mau tidak mau semua harus bersaing ditengah pesatnya kemajuan teknologi ya...

    ReplyDelete
  3. Wah terimakasih jadi inspirasi nih buat punya warung digital juga terimakasih ya mbak

    ReplyDelete
  4. Wah..aplikasi yg bagus banget nih ya KUDO ini, semoga para pengusaha warung makin bisa eksis dan maju dg menggunakan aplikasi ini

    ReplyDelete
  5. apa kita harus masukin satu2 ke aplikasinya barang2 apa saja yang kita jual mba yanti?

    ReplyDelete
  6. Ih beneran keren banget nih aplikasinya dan tujuan dari KUDO ini mulia banget yes. Semoga benar-benar bisa membantu ekonomi para pegusaha kios dan warung #merdekainwarung Yea!

    ReplyDelete
  7. Asik ya kalo ada KUDO
    Jadi gampil untuk buka warung dan survive di era serba digital ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  8. Wes manteppp! Ternyata banyak bgt yg memudahkan manusia skrg ini yakak. Asalkan kitanya gak makin males ajalah hihi good luck ya kak

    ReplyDelete
  9. Wah, yang punya warung bisa semangat lagi dagangnya karena ada KUDO nih #MajuinWarung sobat, bikin warung jadi warung digital serba bisa dengan KUDO. Era digital, pasar modern dan minimarket memudahkan pemilik warung dan pelanggannya untuk bertransaksi

    ReplyDelete
  10. Wow, masya Allah. Aplikasi KUDO emang beneran gak kalah dari sistemnya warung waralaba, nih.
    Jujur, saya emang suka belanja di warung waralaba saat ada diskon, hihi. Tapi tetap belanja di warung tetangga juga untuk item tertentu. Sekalian silaturahmi.
    Sepertinya tetangga saya perlu tahu KUDO nih biar warungnya juga bisa kekinian dan maju :)

    ReplyDelete
  11. Wow mantap sekali nih KUDO, warung tradisional jadi bisa go-online juga dan punya banyak fitur pelayanan ya. Mantul deh..

    ReplyDelete
  12. Dulu sempat mengikuti perkembangan KUDO ini, tapi kok ntah kenapa trus kayak lost info gitu. Eh, tau-tau udah semakin canggih aja nih. Bakalan manfaat banget buat pebisnis kecil-kecilan.

    ReplyDelete
  13. alhamdulillah.. semakin banyak start up yang berpihak pada pelaku UKM di Indonesia.
    maju terus ya KUDO untuk menyejahterakan rakyat banyak :D

    ReplyDelete
  14. Aku udah pernah sih denger soal KUDO ini tapi baru sedikit-sedikit. Eh taunya lemgkap banget ya mba fiturnya. Semoga memberi manfaat bagi banyak orang deh. Amin

    ReplyDelete
  15. membantu banget buat warung-warung biar bisa bersaing. semoga pemilik warung-warung banyak yang tahu, jadi bisa memanfaatkannya

    ReplyDelete
  16. Sudah semakin enak ya, sekarang, semua serba digital, warung pun bisa digital. Kalau sudah begini, warung jadi lebih sip managementnya, begitu pun jualannya

    ReplyDelete
  17. Baca ini bikin saya pengen ngewarung sayang posisi rumah tidak memungkinkan karena berada di tengah ladang dan sudah ada warung dekat rumah yang sedia segalanya, he he,
    Bagus juga ada KUDO karena warung harus mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman, era digital harus bikin pemilik warung jeli melihat potensi.
    Percayalah masih banyak masyarakat yang lebih suka belanja ke warung asal isinya canggih dan lengkap serta mutu produk tepercaya. Saya jenis orang yang suka belanja ke warung karena tidak makan ongkos transportasi. Ke toserba jika ada uang berlebih saja.

    ReplyDelete
  18. Wah bener nih mbak... warung-warung sekarang pada sepi. Aku juga lagi menggalakkan warung tetangga nih. Jadi sering ngajak anak-anak jajan atau beli keperluan di warung tetangga aja daripada di minimarket2 itu. Alhamdulillah sekaranmg ada KUDO ini ya mbak, benar-benar jadi solusi nih

    ReplyDelete
  19. Fiturnya lengkap banget ya mbak aplikasi KUDOnya
    Jadi tetep bisa mengikuti perkembangan zaman

    ReplyDelete
  20. Dari penjelasannya, tentu saja KUDO ini membantu sekali. Namun apakah bisa dipake sampai di daerah-daerah terpencil ya kakak?

    ReplyDelete
  21. Warung Kudo udah banyak juga loh di tempat aku tinggal kak yanti. Padahal aku termasuk daerah Deli Serdang. Jadinya mudah banget pas bayar ppob. Gak perlu jauh-jauh bayar air ke Tembung sana, hihihi

    ReplyDelete
  22. Aku pernah dikasih tahu teman ttg KUDO pas pertama kali launching. Aku engga terlalu hirau. Ternyata keren banget yah. Pemilik warung dan usaha kecil jadi terbantu. Mereka jadi melek digital nih...

    ReplyDelete
  23. Wah pas banget nih, aku sering kepo di warung-warung ada tulisan KUDO. Keren ya inovasinya....

    ReplyDelete
  24. Ealah, KUDO bisa macam2 kaya gini dari belanja, beli pulsa, bayar telepon sampai pesan tiket kereta. Orang kampung yang belum bisa online2 jadi kebanti banget nih

    ReplyDelete
  25. Berkat KUDO yang punya banyak fitur untuk menaikkan omzet penjualan dan dapat memaksimalkan keuntungan warung, pemilik warung kecil bisa lebih terbantu ya..mereka bisa bertahan di era digital seperti sekarang.

    ReplyDelete
  26. Baru tau banget aplikasi ada aplikasi bgni taa.. Mendukung usaha rumahan rakyat jadi gak kalah sama toko modern. Keceeee

    ReplyDelete
  27. Aplikasi kudo keren ya mb bisa dipakai sendiri juga. Mantap lahhh...

    ReplyDelete
  28. Satu aplikasi beragam manfaat ya kak. Asik ya pake kudo, mau beli pulsa sampe beli tiket kereta semua bisa

    ReplyDelete
  29. Aku pengguna setia Kudo juga nih, mbak :)
    Karena aku jualan pulsa pakai Kudo dikalangan orang tua murid di sekolah, hihihi

    ReplyDelete
  30. Kalau di kampung saya ada seorang buka Kudo, warung lain pasti kepo dan ngikutin. Itu buat Kudo ada aturan jarak gak? Misalkan satu warung Kudo dengan warung lainnya kalau mau kerja sama dengan Kudo minimal harus berjarak berapa...?

    ReplyDelete
  31. Wah baru tau nih aplikasi KUDO. Ternyata fiturnya KUDO ini cukup lengkap ya.. Solutif banget niih.. Makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  32. Menarik nih aplikasi KUDO. Zaman sekarang kalau tidak ikutan online promosi dan jualan, emang bakal ketinggalan. Mau gak mau demi terus laris dagangannya ya harus ikut juga

    ReplyDelete
  33. Baru tahu aplikasi ini.. Sangat bermanfaat sekali ini. Agar dapat bertahan warung-warung tradisional memang harus berinovasi. Salah satunya jadi agen kudo ini. Agar dagangan lebih beragam dan bisa memberikan layanan tambahan ke pelanggan. Kudo keren..

    ReplyDelete
  34. Warung ataupun kios tradisional akan tetap kompetitif dengan adanya aplikasi KUDO ini ya. Tidak akan kalah bersaing dan tidak tenggelam oleh arus globalisasi.

    ReplyDelete
  35. Saya suka sekali bagian ini, Mbak : zaman beralih musim bertukar', artinya segala sesuatu hendaknya disesuaikan dengan keadaan zaman. Sekarang ini
    Dan memang benar, Mbak, kalau kita terus terpaku saja, maka akan terlindas. Misalnya dulu wartel, mengikuti zaman jadi konter hape dan pulsa.

    Dan Kudo ini keren, karena membuka peluang bagi warung atau kios. Apalagi cakupannya luas. Tidak hanya jualan sembako, bayar tiket kereta dan kirim uang juga bisa.

    ReplyDelete
  36. Era digital makin memudahkan semua orang ya mbak, terutama bagi mereka yang sering berkutat dg dunia internet. Termasuk dalam bisnis online, karena saat ini hampir semuanya bisa dibisniskan, termasuk warung sembako yang tadinya cukup dijual secara offline kita bisa dijual secara online juga dan jangkauannya lebih luas. Aplikasi KUDO memang membantu memudahkan bertransaksi antara penjual dan pembeli secara online.

    ReplyDelete
  37. Kalau ada warung dg basis KUDO begini, aku seneng banget. Kalau mau transfer uang misalkan bisa lebih mudah dari warung digital begini mbak. Nggak perlu ke kecamatan dulu hehehee.
    Dg KUDO tentu warung2 bisa terus mengikuti perkembangan zaman dan nggak lagi seperti warung konvensional pada umumnya
    TFS yahh Mbak, d Goodluck

    ReplyDelete
  38. Sudah lama mengenali KUDO ini..memang aplikasi asyik buat bisnis ya...

    ReplyDelete
  39. Q berencana buka usaha di mksr nanti tp pake produk dari hasil olahan di kampung, bsa gak yah masukin di KUDO?

    ReplyDelete
  40. Kepanjangan KUDO - Kios Untuk Dagang Online. cocok banget deh untuk mulai measuki era toko digita. Semoga semua bisa mendapatkan manfaat dari aplikasi KUDO ini

    ReplyDelete
  41. Seneng sama konsep OUDO inj jadi warung2 ga mati plek ya karena banyaknya mini market , semoga banyak warung yang juga join dj KUDO ini.

    ReplyDelete
  42. KUDO ini memang penting banget untuk membantu masyarakat atau pemilik warung dalam mengembangkan warungnya untuk menjadi maju dan mendapatkan untung berlipat ganda ya mbak.

    ReplyDelete
  43. Aku pernah dengar tentang KUDO ini, tapi enggak tahu kalau sedetail ini dalam memberikan layanan untuk belanja yg lebih praktis. Mantap nih KUDO...

    ReplyDelete
  44. Bagus ini idenya yaa warung Kudo. Jd meningkatkan omset warung² tradisional juga. Agar mereka gak kalah saing dg minimarket terwaralaba itu. Maju sama²lah ya.. tfs Kak Yanti

    ReplyDelete
  45. Betul banget, klo mau survive harus kreatif berinovasi. Kalau gak ya susah. Untg ya ada start up KUDO yang bs bantu. Yg terpenting lagi sih user friendly jadi siapa aja bisa pakai

    ReplyDelete
  46. Kayaknya pernah liat warung kelontong deket rumahku dipasangin spanduk Kudo ini mbak.
    Wah ternyata lengkap ya Kudo ini, bisa kulakan sembako dengan mudah sampai bisa nawarin babang grab top up ovo jg bisa jualan isi2 pulsa lainnya.

    ReplyDelete
  47. Ini yang bikin hepi dari aplikasi KUDO: di era digital, agar tetap bisa survive, maju dan merdeka, ya, perlu penyesuaian, termasuk bagi warung tradisional Berubah menjadi Warung Digital Serba Bisa sehingga tidak kalah saing dengan pasar swalayan lainnya. KUDO bisa nih memajukan perekonomian masyarakat nantinya. Salut!

    ReplyDelete
  48. KUDO ini jadi bermanfaat banget ya, warung yang tadinya kecil-kecilan bisa jadi besar ya, karena terbantu sama aplikasi ini, bisa jualan online dan offline

    ReplyDelete
  49. Menarik, nih. Jadi berasa punya toko besar tapi tidak ribet. Juga tidak butuh modal besar jika memang belum ada. Jika mau beli di warung juga tidak ribet harus pakai baju yang sesuai, starter motor dan berpanas ria. Cukup dari kamar saja. Semoga makin banyak warung yang terbantu.

    ReplyDelete
  50. Oalahh .. Baru tau aq kudo. Ternyata bnyk manfaat nya ya. Aq pikir apa gitu yak, asal lewat tempat daerah q d radio dalam suka bertanya tanya sendiri, apaan sih kudo itu
    .

    ReplyDelete
  51. Di Jogja saya sudah sering lihat kios-kios ada stiker atau plang Kudo, tapi selama ini nggak ngerti apa sih Kudo, ternyata fitur dan fasilitasnya banyak banget yaa

    ReplyDelete
  52. Aplikasi KUDO ini memang TOP, bikin warung semakin hebat dan handal di era digital.

    ReplyDelete
  53. Oh baru tahu Kudo itu apa, canggih ya, boleh jg nih buat toko aku, lumayan bgt keuntungannya

    ReplyDelete
  54. Warung mertua pengen nih Mba tak isi Kudo
    biar enak dan gampang apalagi kekinian ya
    nggak hanya warung sembako ada kudo bisa jadi makin keren

    ReplyDelete
  55. Wah, Kudo ini.....suamiku juga punya. Tapi, dia hanya dipakai beli-beli pulsa dan bayar tagihan. Udah lumayan setahunan kalau ga salah.

    ReplyDelete
  56. Yang aku suka dari KUDO ini adalah membantu pemilik warung kecil untuk bisa bersaing dan mempertahankan usaha warung mereka agar nggak tergilas dengan online market yang sedang menjamur saat ini. Hal ini adalah salah satu cara untuk mempertahankan ekonomi kerakyatan juga ya kak.
    Semoga menang kakak... :)

    ReplyDelete
  57. Warungpun bisa online jadinya ya kak. Muantaps..

    ReplyDelete
  58. Temen pernah cerita soal KUDO ini, tapi gak sedetail ini ceritanya. Ternyata layanan yang ditawrkan KUDO lengkap banget, yaaa? keren... mensupport warung tradisional agar lebih mampu bersaing sama layanan swalayan.

    ReplyDelete
  59. udah lama tau nama KUDO ini tp mekanismenya belum paham. thanks for share ya mbaa bs jd alternatif usaha nih hehe

    ReplyDelete
  60. Terima kasih artikelnya Mbak. Saya jadi tahu sekarang kegunaakan aplikasi kudo.

    ReplyDelete
  61. Paling enak emang punya warung ya, apalagi kalau sudah aplikasi ppob dan jual tiket seperti kudo ini warung dapat pemasukan dr mana aja deh, btw good luck ya kak :)

    ReplyDelete
  62. berarti kayak warung tradisional kecil-kecilan gitu bisa juga? ga harus grosir kan. soalnya sedih liat nasib warung kecil sekarang. lumayan juga kalo bisa ya.

    ReplyDelete
  63. Kayanya belum pernah liat warung dekat rumah pake aplikasi ini kak,
    Malah nemunya di ringroad, sebelah McD dan focal point' ringroad, tapi bentuknya gak warung gitu tapi yang biasa pake sepeda gitu , mau kepoin kesitu belom jadi jadi 😁

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel