Berlian Ada Jenisnya Lho! Intip di Artikel Berikut ya

Hi, Sobat Blogger!

Masih ingat nggak? Berita yang dulu menghebohkan sejagat maya tentang seorang artis  mengaku punya cincin berlian 30 karat? Lalu, muncul dugaan itu adalah KW. Entah asli atau palsu, itu bukan urusan saya. 

Namun, saya penasaran dengan batu berharga ini. Apa sih yang membuatnya begitu berharga? Lalu, dari segi kualitasnya adakah beberapa jenis atau hanya satu saja? Berikut, informasi yang saya dapatkan. Semoga bermanfaat!


Jenis Berlian I
Sumber : Blibli

Berlian adalah logam mineral yang berbentuk kristal bening dengan kadar kekuatan atau daya penyusun yang sangat kuat. Terbentuk dari ikatan karbon yang sangat Panjang sehingga ikatan karbon ini membuat kekuatan berlian bahkan mampu menandingi kekuatan logam seperti besi atau baja. 

Berlian sangat jarang ditemukan sehingga dari segi harga pun sangat tinggi. Nilai harga yang tinggi dipengaruhi oleh kesulitan dan kelangkaan dari berlian ini sendiri. Semakin sedikit atau langka suatu barang maka juga akan menaikkan nilai dari barang itu sendiri.

Ikatan karbon yang ada pada berlian ini terkena tekanan yang sangat besar di dalam tanah. Pastinya juga mengalami pemanasan alami dengan suhu yang sangat tinggi sehingga menjadikan partikel berlian ini sangat rapat dan kuat. 

Beberapa orang bahkan sering salah mengartikan antara berlian, permata dan intan. Memang sebutan tersebut memiliki kesamaan dalam hal batuan perhiasan, tetapi pada dasarnya mereka adalah hal yang berbeda. 

Secara penjelasan dasarnya, intan adalah bentuk dari berlian yang masih belum dilakukan pengolahan. Permata adalah kelompok batu-batuan yang indah dan menarik, langka, dan juga memiliki tingkat ketahanan yang cukup baik. 

Untuk berlian juga memiliki warna, mungkin yang kita sering kenal hanya berlian dengan bentuk clear atau jelas menerawang, tetapi berlian juga ada yang berwarna merah muda, ungu, coklat bahkan juga ada yang berwarna hijau.

Untuk berlian dengan harga yang paling tinggi saat ini adalah jenis berlian berwarna merah. Mengapa bisa mahal? 

Susunan dasar dari sebuah berlian adalah karbon seperti pada penjelasan diatas. Berlian asli memiliki adanya zat sisa, zat sisa inilah yang akhirnya menjadikan berlian memiliki warna. 

Contohnya adalah warna kuning yang ada pada berlian. Warna kuning ini dihasilkan dari adanya zat nitrogen yang terkandung dalam berlian itu sendiri. Semakin tinggi kadar nitrogennya, semakin kuat juga warna yang dihasilkan pada suatu berlian.

Untuk mengklasifikasikan berlian ada suatu klasifikasi khusus yang membedakan kelas antara berlian satu dengan berlian lainnya. 

Pada tahun 1930 berlian dibagi menjadi 2 jenis yaitu berlian I dan berlian II. Dalam perkembangannya jenis I dan II ini kemudian dipecah lagi menjadi IA, IB dan IIA serta IIB.
Fungsi pemecahan ini adalah sebagai pengkasifikasian lebih mendetail dari berlian itu sendiri. 

Berikut ini, pengklasifikasiannya, ya!

Berlian IA

Berlian IA memiliki kadar nitrogen yang bergerombol dan sebesar 95% berlian asli yang ada di alam ini adalah termasuk dalam golongan IA yang berwarna kekuningan. Jenis ini diberi nama cape diamond. Nama cape diamond ini diadopsi dari awal ditemukannya berlian ini yaitu di daerah cape town, Afrika Selatan.

Berlian IB

Untuk tipe IB memiliki kandungan nitrogen yang berbeda dengan IA, dimana di IB nitrogennya berpencar dan tidak bergerombol. Perpencarannya cukup merata dalam satu material berlian utuh. Dari segi warna, warna berlian ini sangat cerah. Lebih tepatnya adalah kuning cerah.

Berlian jenis ini sangat langka dan sangat sulit ditemukan. Sehingga dari segi harga memiliki nilai market yang lebih tinggi daripada berlian jenis IA. Perlu pemanasan yang lama dan juga tekanan yang kuat dalam waktu yang lama pula untuk membentuk berlian ini. Sehingga dengan kondisi contour bumi yang ada saat ini letaknya pasti sangat jauh dalam tanah atau di area yang sulit di jangkau oleh manusia.

Bagaimana? Ternyata berlian itu ada jenis dan kelasnya. Ini juga memengaruhi tingkat harganya. Apakah berlian Kamu asli atau palsu? Atau termasuk jenis yang mana?

3 Responses to "Berlian Ada Jenisnya Lho! Intip di Artikel Berikut ya"

  1. Nice post! pembahasan yang sangat menarik sekali.. cocok banget buat saya yang mau investasi berlian

    ReplyDelete
  2. Kalau investasi berlian, apakah wajib juga dikenakan pajak?
    Maaf saya masih pemula, terimakasih

    ReplyDelete
  3. Setelah baca-baca artikel ini akhirnya saya mulai tertarik buat investasi berlian, soal jenisnya mungkin bisa dipertimbangkan nanti hehe

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel