Pelantikan Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB)

Sabtu, 11 Januari 2020 lalu, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) menggelar acara wisuda XIV di Harris Hotel and Conventions, Festival City Link, Bandung.

Acara ini, rutin diselenggarakan dalam rangka menyambut kelulusan mahasiswa yang telah menyelesaikan masa belajarnya ini dan ini yang ke 14 kalinya sejak berdiri tahun 1991.


Serangkaian acara telah dipersiapkan, berlangsung dengan khidmat dan tepat waktu (mulai pukul 08:00 hingga 12:45 WIB) yang diikuti oleh mahasiswa lulusan dari 3 Program Studi (ProDi), Dosen, tamu undangan  serta disiarkan secara live di akun instagram STT Bandung yang diikuti undangan dari berbagai daerah.

Adapun acara pembukaan diawali dengan tarian selamat datang dari tim Unit Seni Tari STT Bandung yakni tari Jaipong, tarian khas daerah Jawa Barat yang terkenal itu.

Kemudian disusul dengan lantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan laporan dari Ketua STT Bandung, Bapak Muchammad Naseer, S. Kom., M.T., serta Ketua Yayasan Dr. Dadang Hermawan.


Acara selanjutnya merupakan acara yang istimewa yakni orasi ilmiah yang disampaikan oleh pakar di bidangnya yaitu Bapak DR.- Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional (WANTIKNAS), sebagai keynote speaker alias pembicara utama. Beliau adalah putra sulung dari mantan presiden RI, alm.  Prof. Dr. Ing. H. BJ Habibie.

Beliau menyampaikan orasi ilmiah bertajuk “Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0” .

Dari penuturan beliau beberapa hal dapat disimpulkan bahwa :
  • Ekonomi  di  masa  mendatang  harus  mengandalkan  pada inovasi  untuk  mempunyai  daya  saing  tinggi.
  • Untuk mencapai hal  ini, masyarakat terutama berusia muda perlu  aktif  di  UKM  rintisan  (Start-Up)  diberdayakan  dengan Teknologi  (Informasi  &  Komunikasi).
  • Proses  Inkubasi  perusahaan  rintisan  itu,  menghadapi  berbagai tantangan,  diantara  nya  perlu  SDM  unggul  (terutama  di bidang  teknologi),  kurang  ada  nya  mentor  dan  pendanaan  (di fase  awal).
  • Membentuk  SDM  itu  adalah  kunci,  sistem  dan  proses pendidikan diubah untuk mencapai tujuan.
  • Mengerti  dan  menguasai  rincian  dan  proses  Teknologi  -  Inovasi -  Kewirausahaan  adalah  kunci  untuk  pengembangan  negara dan  bangsa  di  masa  mendatang.
Tema yang dikemukakan oleh beliau, sangat tepat waktu bagi para wisudawan, karena sebentar lagi mereka akan memasuki dunia kerja yang membutuhkan inovasi dan teknologi lebih dari yang sudah-sudah.

Acara berikutnya adalah pelantikan wisudawan. Pelantikan ini diikuti oleh 209 wisudawan, dari 3 Program Studi yaitu :
  1. Teknik Industri (113)
  2. Teknik Informatika (70)
  3. Desain Komunikasi Visual (26)

Pada kesempatan ini juga diumumkan skripsi dan wisudawan terbaik. Di antaranya adalah:

SKRIPSI TERBAIK TI
  1. Virgiawan Candra Bhakti, S.T dengan skripsi berjudul “Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed Dengan Pendekatan Karakuri”
  2. Indra Rukmana, S.T dengan skripsi berjudul “Optimasi Produksi Dyeing Finishing Dengan Metode Integer Linear Programming”
  3. Zaenal Uyun, S.T dengan skripsi berjudul “Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering”

WISUDAWAN TERBAIK TI

      Dheyu Laksmi Wulandari, S.T


SKRIPSI TERBAIK TIF
  1. Deri Hermawan, S.KOM dengan skripsi berjudul “Aplikasi 3d Virtual Reality Sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android”
  2. Regina Sukma Citra, S.KOM dengan skripsi berjudul “Klasifikasi Ujaran Kebencian Debgan Metode Naive Bayes Classification Di Sosial Media Facebook Berbasis Web”
  3. Yasti Aisyah Primianjani, S.KOM dengan skripsi berjudul “Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik Kwh Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler”


WISUDAWAN TERBAIK TIF

      Muhammad Rizal Mutaqin, S.KOM


SKRIPSI TERBAIK DKV
  1. Andri Setiawan, S.Ds dengan skripsi berjudul “Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah”
  2. Bagus Arya Suseno, S.Ds dengan skripsi berjudul Pe”rancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung”
  3. Luthfi Alfaritzi, S.Ds dengan skripsi berjudul  “Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung”

WISUDAWAN TERBAIK DKV

     Tiffani Zeta D, S.ds

Setelah acara pelantikan, dilanjutkan penandatanganan MoU dengan mitra STT Bandung yakni: Dirgantara Indonesia, Jasa Marga dan Biofarma, yang nantinya diharapkan akan membantu para lulusan menjadi tenaga profesional siap pakai.

Setelah penyampaian kesan dan kesan dari perwakilan wisudawan, acara ditutup dengan menyanyikan lagu nasional, Bagimu Negeri, Syukur dan pembacaan doa.

Akhir kata, Selamat bagi seluruh wisudawan, semoga sukses dalam meniti karir dan menjadi generasi muda Indonesia yang  mampu bersaing memasuki dunia kerja era 4.0 dan bermanfaat bagi masyarakat.

16 Responses to "Pelantikan Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB)"

  1. Whaa keynote speakernya spesial sekali dgn Hadirnya beliau jadi menambah semangat para wisudawan ya untuk berkarya lbh baik.

    ReplyDelete
  2. Siapa yg lulus dari stbba ini kak yanti? Anak kakak ya?

    ReplyDelete
  3. Selamat untuk STT Bandung atas kelulusan 209 mahasiswanya. Semoga berkah ilmunya dan bermanfaat bagi umat

    ReplyDelete
  4. Selamat buat semua wisudawan, semoga bisa membuka lapangan pekerjaan & sukses selalu.

    ReplyDelete
  5. Keynote speakernya istimewa ya Mbak Yanti. Memberikan motivasi tersendiri bagi mahasiswa/mahasiswi. Sukses buat para wisuda/wisudawan. Semoga ilmunya bermanfaat dunia akhirat.

    ReplyDelete
  6. Selamat buat wisudawan/i, semoga ilmu yang didapat selama kuliah di STT Bandung dapat dimanfaatkan bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar. Itu keynote speaker nya keren.

    ReplyDelete
  7. Saat kukabari mengenai gelaran wisuda STTB ini, teman-teman banyak yang tanya lho soal gimana perkuliahan di STTB. Malah ada juga yang kepengen memasukkan putrinya ke jurusan Desain Komunikasi Visual di STTB.

    ReplyDelete
  8. dulu waktu di bandung, saya belum sempat mampir ngeliat STT Bandung ini. Sudah sampai angkatan ke 14 berarti STT Bandung sudah dari lama mewisuda mahasiswa/i yang berkompeten dibidangnya.

    ReplyDelete
  9. MashaAllah, orasi ilmiahnya sangat menarik sekali ya kak. Selamat untuk wisudawan, tugas kalian masih banyak. Good luck.

    ReplyDelete
  10. Keren bgt ini wisudanya STTB. Orasi ilmiah dari bapak Ilham Habibi sungguh istimewa.
    Pendidikan itu memang salah satu kunci untuk menguatkan human capital negara ini. Semoga wisudawan wisudawati juga akan menjadi salah satu kunci untuk menguatkan sdm Indonesia.
    Selamaat dan Sukses selaluu

    ReplyDelete
  11. Harapanku semoga adik-adik STT Bandung bisa aktif di UKM rintisan atau start up agar Indondsia bisa bersaing di era industri 4.0

    ReplyDelete
  12. Selamat buat wisudawan STT Bandung semoga memberikan sumbangsih besar ketika menghadapi dunia kerja nanti, btw keynote speakernya istimewa ya :)

    ReplyDelete
  13. Salut sama ketua yayasan, rektor STTB, semua panitianya, acaranya sukses. Bahkan menghadirkan Pak Ilham yang super keren membawakan orasi ilmiahnya

    ReplyDelete
  14. Wuah wisuda. Jadi ingin wisuda juga.

    ReplyDelete
  15. Senang sekali ya kak, ada anak almarhum bj Habibie. Mas Ilham Habibie...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel