Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Ini lho, Moms!

10 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Ini lho, Moms! Kesibukan dari berbagai rutinitas sehari-hari menyebabkan kegiatan yang satu ini sering terabaikan. Padahal, dengan berolahraga sangat baik bagi kesehatan misalnya mencegah obesitas, penumpukan lemak di jantung atau dikenal dengan  istilah jantung koroner dan masih banyak lainnya.

Manfaat olahraga
Foto : freepik.com

Olahraga merupakan suatu aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur dengan melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang yang tujuannya untuk kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa.

Kegiatan ini bisa dilakukan oleh anak-anak hingga lansia. Namun, semakin dini dimulai tentu saja lebih baik apalagi kalau dilakukan secara rutin.

Tahukah? Penelitian membuktikan bahwa gaya hidup yang tidak aktif lebih berbahaya bagi kesehatan daripada obesitas. Sebaliknya, jika aktif bisa membuat tubuh sehat dan bugar.

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Nah, kalau begitu apa manfaat dari olahraga? Manfaat olahraga secara teratur adalah sebagai berikut!

1. Mengurangi risiko penyakit kronis

Termasuk dari penyakit ini seperti diabetes, jantung koroner, obesitas, hipertensi, stroke dan sebagainya.

Mengapa? Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kekuatan otot jantung, menurunkan kadar tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL),  memperlancar peredaran darah, menurunkan tekanan darah, juga meningkatkan sensivitas insulin dalam tubuh.

2. Meningkatkan kemampuan otak

Jika rutin berolahraga, fungsi memori otak akan meningkat sehingga memperbaiki daya ingat dan konsentrasi bahkan kemampuan berpikir juga menjadi lebih baik. Mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer dan Skizofrenia.

Mengapa? Karena saat berolahraga jumlah oksigen meningkat dalam darah dan mempercepat aliran darah dan oksigen ke otak. Kemudian juga merangsang produksi hormon yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak.

3. Mengurangi stres

Siapa bilang seorang Mom tidak mengalami stres?

Kabar baiknya, manfaat olahraga secara rutin dapat menurunkan rasa cemas, stres maupun depresi serta memperbaiki suasana hati yang gembira dan bahagia.

Mengapa? Saat berolahraga otak menstimulasi suatu zat kimia yakni hormon endorphin dan neurotransmitter seperti serotonin, norepinefrin dan dopamin. Zat-zat ini berpengaruh besar dalam mengendalikan suasana hati.

Tips! Jika suasana hati Moms sedang tidak bersahabat, berjalan cepatlah selama 30 menit.

4. Membantu menunda proses penuaan

Saat lanjut usia mulai mengalami keterbatasan fisik, beberapa hal yang biasanya lebih mudah dikerjakan ketika muda dulu akan terasa jauh lebih sulit. Namun, jika dari sekarang secara rutin melakukan olahraga yang sederhana misal berlari atau latihan aerobik lainnya ini sangat membantu.

Tahukah? Riset membuktikan bahwa latihan sederhana seperti jalan kaki secara teratur di sekitar rumah dapat membantu mengurangi penurunan mental pada wanita di atas 65 tahun.

5. Menurunkan berat badan

Ketika berolahraga, kalori sebagai penyebab utama berat badan naik, akan terbakar lebih banyak dan metabolisme tubuh juga meningkat sehingga terjadi penurunan berat badan. 

Tahukah? Banyak orang berpikir dengan diet bisa mengurangi berat badan, padahal saat diet  pengurangan asupan kalori akan menurunkan metabolisme tubuh yang memperlambat proses penurunan berat badan.

Jadi Moms, daripada diet mending olahraga kan?

6. Memperkuat tulang dan otot

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan kehilangan massa otot yang menyebabkan cedera, cacat seperti bungkuk dan yang lebih parah osteoporosis. 

Tapi, jika semakin rutin berolahraga tulang dan otot akan terbentuk, lebih elastis dan tidak kaku serta memperbaiki postur tubuh yang tegap. Lari, berenang, bola basket dan jenis olahraga lainnya bisa dicoba lho Moms!

Mengapa? Saat olahraga tubuh melepaskan horman yang dapat meningkatkan kemampuan otot menyerap asam amino yang baik untuk pertumbuhan otot dan tulang sekaligus memperbaikinya jika ada yang rusak.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut Farshad Fani Marvasti, MD, direktur kesehatan masyarakat di Fakultas Kedokteran Universitas Arizona mengatakan bahwa olahraga menyebabkan sel-sel kekebalan tubuh menjadi lebih efektif, aliran darah meningkat, stres dan peradangan menurun dan antibodi menjadi kuat sehingga tubuh kuat melawan infeksi.

8. Memperbaiki kualitas tidur

Sering bangun tengah malam atau susah tidur atau insomnia? Olahraga bisa membantu lebih rileks dan kualitas tidur lebih baik. 

Mengapa? Ketika berolahraga suhu tubuh meningkat, hal ini membuat tubuh lebih segar di siang hari dan lebih nyenyak pada malam hari.

Saran, sebaiknya hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur Moms. 

9. Mengembalikan gairah seksual

Manfaat olahraga teratur bagi tubuh yang tidak kalah penting adalah meningkatkan dorongan gairah seks pada pria dan wanita.

Mengapa? Olahraga secara rutin dapat menjaga sirkulasi darah termasuk juga aliran darah pada penis, meningkatkan hormon testosteron yang berperan penting dalam membangkitkan gairah seksual serta otot yang terlatih terutama otot panggul sangat membantu saat hubungan intim.

Jadi, orang yang rajin berolahraga kehidupan seksnya lebih berkualitas dibandingkan yang tidak berolahraga. Moms, menurut bisik-bisik tetangga senam kegel bagus untuk itu.

10. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Seperti dijelaskan sebelumnya, olahraga dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga tubuh dapat menyuplai oksigen dan nutrisi ke kulit dan kepala. Kulit yang cukup nutrisi tentu lebih sehat, cerah dan lembap dan rambut lebih kuat.

Selain itu, olahraga juga membuat tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak, melalui pori-pori kulit keringat dan kotoran yang terkunci dalam kulit akan keluar sehingga kulit menjadi bersih dan sehat.

Beberapa manfaat olahraga di atas hanya akan didapatkan jika dilakukan secara teratur. Maka, Moms ayo berolahraga demi kualitas hidup yang lebih baik! Selaras dengan semboyan mens sana in corpore sano yang artinya di dalam pikiran nan sehat terdapat pada tubuh nan sehat.


15 komentar untuk "10 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Ini lho, Moms!"

  1. Saya udah 2 bulan tiap sore lari +- 1 jam. Trus ngurangi porsi makan nasi. 1 bln pertama capek n pegelnya luar biasa, sekarang dah mendingan. Emang brasa lebih sehat dan segar. Berat badan udah turun 7 kg. Mayan juga ya hehe

    BalasHapus
  2. Wah harus lebih rajin lagi olahraganya. Kalau saya jalan pagi aja atau kejar-kejar keponakan😅

    BalasHapus
  3. Olah raga masih jadi PR penting untuk saya. Kalau saya tulis alasannya pasti bikin sebel yang baca. Lha gimana ya? Maunya sih sehat... Tapi males banget mau olah raga. Kalau udah selesai sama kerjaan rumah pengennya rebahan.haha..lupa deh olah raga

    BalasHapus
  4. Jadi terpacu nih, minggu depan mulai mau rajin olahraga ah.

    BalasHapus
  5. Jadi ingat dulu hapal sekali semboyan ini mens sana in corpore sano , di dalam pikiran nan sehat terdapat pada tubuh nan sehat. Mamang manfaat olahraga banyak yaa...mesti diakhiri nih mager-nya

    BalasHapus
  6. Olahraga masih menjadi PR banget bagi yuni. Kebanyakan rebahan jadi males gerak. Duh nggak sehat banget sih yuni kan.

    Kudu teratur olahraga nih. Biar rambut jadi sehat. Hehehe

    BalasHapus
  7. Setuju banget, olahraga bikin tidur lebih nyenyak. Apalagi kalau kena matahari pagi juga. Merasa lebih segar aja...

    BalasHapus
  8. Olahraga juga membuat kulit dan rambut kita menjadi lebih sehat ya, sejalan dengan menunda penuaan dini tuh wah-wahhh semakin rajin berolahraga ah, agar terhindar dari penyakit jantung koroner, untuk itu penting melindungi diri juga melalui PFI Mega Life yaa

    BalasHapus
  9. Bener banget ni kak, olah raga itu memang penting sekali untuk kesehatan tubuh karena manfaatnya sangat berasa untuk tubuh seperti rutin olahraga ringan aja kayak plank bisa kencangkan perut dan membakar lemak tubhh

    BalasHapus
  10. Meskipun tau banyak banget manfaatnya, kadang aku gak sempat banget kak Yanti. Hiksss jadi sedih. Dulu setiap pekan suka ke cfd merdeka walk. Setelah masa pandemi jadi gak pernah lagi deh ke sana..

    BalasHapus
  11. Olahraga itu memang penting banget walau sesibuk apapun harus nyempetin olahraga biar sehat dan bonusnya badan ideal ya mba.

    BalasHapus
  12. semacam tersindir akibat jarang olahraga huhu walaupun manfaatnya banyak sekali

    BalasHapus
  13. Banyaknya manfaat olahraga 😍 aku dah lama nih gak olga sejak melahirkan huhu

    BalasHapus

Berlangganan via Email