Widget HTML Atas

Liburan Ke Planet Mochi Jupiter, Main Yuk!

Liburan seru ke planet Mochi Jupiter. Sejak awal pandemi Maret 2020 tahun lalu diumumkan, aktivitas kami nyaris selalu di rumah, sesekali keluar rumah ajak anak keliling kota. Jadi bisa ditebak ya, bagaimana bosannya mereka.

Liburan Ke Planet Mochi
Foto : Doc. Pribadi

Untuk mensiasati hal tersebut, kami banyak melakukan aktivitas di rumah, mulai dari olah raga bareng, main game kesukaan, bikin kue, nonton film di laptop bareng, dan sesekali ngobrol dengan sanak keluarga melalui video call. Jujur, belum berani membawa anak-anak ke tempat-tempat umum dulu, apalagi sekarang isu virus varian baru yang lebih ganas lagi booming, aduh benar deh gak mau berspekulasi dan ambil resiko.

Sebagai orang tua kadang kasihan juga, perlu cari ide hiburan baru untuk mengisi waktu luang. Maka, ketika saya dengar ada kegiatan seru dari Paddle Pop yaitu liburan virtual  langsung deh aku ceritakan ke Rexa. Anaknya langsung antusias mengajak untuk segera mendaftar.

Cerita tentang Paddle Pop bukan hanya es krim yang selalu diingat olehnya tapi film kartun Paddle Pop Adventure yang dibagi dalam beberapa seri juga.

Kalau tidak salah, ceritanya mengisahkan tentang petualangan Paddle Pop, singa muda pewaris tahta Kerajaan Singa yang sewaktu kecil kehilangan orang tuanya akibat ulah Shadow Master untuk mendapatkan Kristal Singa dan mengaktifkan kekuatannya yang maha dahsyat. Beruntung, ia diselamatkan oleh Prof. Higganbottom serta menyembunyikannya di hutan. Setelah tumbuh besar, dia dan bersama teman-temannya (Higgabottom, Liona, Twitch, Spike dan Kara) mulai petualangan mereka untuk mencari kristal sekaligus menghentikan Shadow Master.

Dulu, Rexa bersama kakak selalu antusias menunggu series terbaru keluar untuk menonton kelanjutan ceritanya dan sekaligus mengoleksi CD-nya. Sayangnya, sekarang kepingan CD itu ntah kemana rimbanya.

Jadi tidak heran dia senang mengikuti cara tersebut walaupun pesertanya adik-adik dibawah usianya.

Liburan ke planet mochi
Foto : Instagram Paddle Pop indonesia

Liburan ke Planet Mochi Jupiter

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu datang juga, Sabtu 17 Juli 2021 jam 10-11 wib lalu melalui zoom secara live acara digelar. Acara dibuka oleh kak Nurul yang bertindak sebagai MC. Sebagai host acara tersebut, kak Nurul memperkenalkan dan mengobrol dengan Melki bajaj dan keluarga. Ternyata, anak-anak kak Melky suka memelihara binatang di rumah seperti iguana.

Menari Bersama Kak Lintang

Kemudian, kak Nurul juga memperkenalkan kak Lintang dari Buumi Playscape untuk memandu misi yang akan digelar selama acara berlangsung. Oh ya, sewaktu pendaftaran melalui chat WA dari Paddle Pop telah menginformasikan kegiatan apa aja yang akan dilakukan serta petunjuk alat dan bahan yang akan dipersiapkan. Setidaknya ada 3 permainan yakni membuat Moon Dough dengan bahan sederhana, bermain Alien Egg Game, serta menghias Paddle Pop Mochi.

Sebagai pemanasan agar anak-anak yang ikut lebih semangat, kak Lintang mengajak mereka naik roket ke planet Jupiter sambil bernyanyi lagu Paddle Pop yang ceria dan menari. Asiknya, kakak itu menggunakan kostum seperti astronout jadi lebih terasa deh ke planet Jupiternya meskipun hanya di rumah saja.

Fakta Tentang Jupiter dari Kak Nurul

Setelah menari, kak nurul memperkenalkan fakta yang perlu diketahui tentang planet Jupiter antara lain :

  • Jupiter adalah planet terdekat kelima dari matahari
  • Jupiter adalah planet terbesar di tata surya
  • Nama Jupiter diambil dari nama raja para dewa dalam mitologi Yunani
  • Jupiter memiliki cincin seperti planet Saturnus, namun sangat tipis jadi sulit untuk dilihat

Mengerjakan Misi Bersama Kak Ninda

Sebelum misi dimulai kak Ninda dengan topi aliennya menjelaskan apa saja fakta tambahan tentang Jupiter ternyata dikelilingi oleh 79 bulan. Selanjutnya, memperkenalkan bahan adan alat yang digunakan, kakak itu mulai memandu misi demi misi hingga acara selesai.

Misi pertama : membuat Moon Dough Pottery untuk meniru bentuk tata surya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah :

  • Tepung terigu (15 sdm)
  • Air hangat (sekitar 15 sdm)
  • Kopi bubuk (1 sdm)
  • Cookie cutter / cetakan
  • Gelas bermulut bundar
  • Wadah atau mangkuk
  • Rolling pin

Cara buatnya gampang banget lho!

  • Tepung terigu, kopi bubuk dan air di campur hingga membentuk adonan padat.
  • Giling adonan dengan rolling pin sampai tipis.
  • Cetak bintang dengan cetakan berbentuk bintang dan bulan dengan mulut gelas 

Manfaat aktivitas ini adalah :


Paddle pop main yuk
Foto : Screenshot Pdf acara liburan Mochi

Misi kedua : bermain Alien Egg Game untuk menyelamatkan telur-telur alien.

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah : 

  • Balon warna warni (10 pcs)
  • Glitter (10 gr)
  • Air
  • 2 buah ember besar
  • Kursi

Cara bermainnya susah-susah gampang, tapi kalau sudah terbiasa akan lebih mudah pastinya. Permainan ini, diawali dengan mengisi air ke dalam balon-balon, lalu diwadah lain diisi air dan dimasukkan glitter. Kemudian balon dimasukkan kedalam wadah berglitter. Selanjutnya, pindahkan balon tersebut pakai tangan atau jepit dengan kaki dan pindahkan ke wadah kosong lain satu persatu.

Manfaat aktivitas ini adalah :

  • Melatih motorik anak 
  • Melatih kemampuan berhitung

Misi ketiga : membuat Mochi Sugar Swirl

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah : 

  • Paddle Pop Mochi Chocolate Vanilla
  • Gula halus (icing sugar)
  • Susu (1-2 sdm)
  • Pewarna makanan
  • Wadah atau mangkuk
  • Piping Bag (opsional)

Caranya sangat gampang banget!  

Tuang gula ke dalam wadan berisi air, aduk sampai kental, lalu diberi pewarna favorit. Kemudian tuangkan di atas Paddle Pop Mochi Choc Vanilla dengan menggunakan piping bag atau sendok sedikit demi sedikit. Kalau ingin membah topping yang lain seperti meises, keju boleh aja!

Manfaat permainan ini yaitu :

  • Melatih motorik halus 
  • Meningkatkan kreativitas
Misi yang ketiga ini, Rexa langsung praktekkan dengan semangat, untuk hiasannya ditambahkan dengan 

Sepanjang acara saya perhatikan, semua anak-anak sangat antusias mengikuti setiap petunjuk dari pemandu acara. Kak Ninda juga terus berinteraksi dengan anak-anak dengan ramah dan menyenangkan. Orang tua juga setia dan tekun mendampingi anak-anak mereka masing-masing. Ah, liburan virtual kali sangat menyenangkan dan bermanfaat sekali. 

Meski Masa pandemi agak sedikit membatasi kegiatan, namun disisi lain banyak hikmah yang bisa ambil termasuk kebersaman antara orang tua dan anak semakin erat karna banyak waktu kegiatan bersama, orang tua dan anak juga lebih kreatif  memikirkan aktivitas-aktivitas menarik dan masih banyak lainnya.

Setelah semua misi berhasil semua kembali ke bumi dan sesi foto bersama Paddle Pop Mochi mengakhiri semua sesi acara! 

Akhirnya, seperti pesan yang disampaikan dalam lagu yang diputar selama acara Yuk Main dan video Aku dan Pelangi banyak hal baik dimulai dari bermain! Bermain itu belajar juga lho!


Yuk yuk main yuk bareng Padlle Pop, Pop Pop Paddle Pop super duper yummy 

Yuk menggambar dan berkreasi, sambil bercerita dan mengenal alam ini

Yuk yuk main yuk bareng Paddle Pop, Pop Pop Paddle Pop super duper yummy

Aku senang jadi semangat lakukan yang kusuka dan jadi hebat

Banyak teman dan tak akan menyerah

Yuk yuk main yuk bareng Paddle Pop, Pop Pop Padlle Pop super duper yummy

Siapa bilang main tak belajar main teka-teki bikin aku jadi pintar 

Siapa bilang main tidak penting, berlari dan menari jadi percaya diri

Yuk yuk main yuk bareng Paddle Pop, Pop Pop Paddle Pop super duper yummy


 


19 komentar untuk "Liburan Ke Planet Mochi Jupiter, Main Yuk!"

  1. Liburan ke planet mochi jupiter ini bukan hanya sekedar bermain ya, anak juga diajak melakukan kreativitas membuat aneka benda. Pastinya anak-anak senang sekali, bisa bermain sambil belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mba, selain anak-anak terhibur juga kreativitas mereka terangsang

      Hapus
  2. Seru banget yah event liburan seru ke planet Mochi, syg sekali sy dn anak melewatkan ini, smga next time ada lagi dari paddle pop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rajin-rajin mampir ke instagram Paddle Pop mba, info sering dishare di sana

      Hapus
  3. Huaaa asik banget nih Paddle pop ada yang mochi nya duh jadi pengen buru-buru cobain deh. Btw suka sama program paddle pop yang selalu mebuat anak kreatif.

    BalasHapus
  4. asyikk banget nih bisa liburan seru bareng Paddle Pop ke Planet Mochi, Planet Jupiter itu ya Mbak... anak-anak jadi lebih tahu tentang kehidupan selain dari Planet Bumi kita ini ya :)

    BalasHapus
  5. Seru banget yaa alien egg gamenya pasti kiddos seneng ini mah main air gitu hahahhaa, plus ditutup dengan menikmati lezatnya Paddlepop Mochi. Perfect deh!

    BalasHapus
  6. asiikk nih mba.. aku sempat daftar juga nih yang seri ke planet jupiter, tapi pas hari H eeh ada kendala. aku jadi ikutin yang planet uranus ajaa.. itu aja udah seru dan menyenangkan banget

    BalasHapus
  7. Wah bagus nih selain bermain banyak manfaat lainnya yang bisa kita ambil ya.... Memang harus kreatif sih supaya anak-anak kita pun bisa tumbuh kreativitasnya.

    BalasHapus
  8. wah aktivitas bener bener seru yaaa. apalagi bisa mengeksplore ke planet mochi jupiter selama di rumah saja. pasti jadi pengalaman yang menyenangkan yaa dan gak bakalan terlupakan

    BalasHapus
  9. Aku juga sempat nonton film animasi Paddle Pop Adventure nihm masih ingat Prof Higgmbottom. Paddle pop selalu tau apa yang dibutuhkan anak-anak. Di masa pandemi kaya gini juga menyajikan liburan seru walaupun di rumah aja. Liburan ke Planet Mochi bisa mengenal planet-planet yang ada.

    BalasHapus
  10. Yuuk..Yukk..Mau sambil nyemil Paddle pop mainnnya nih.
    Btw, seru banget sih petualangannya ke Planet Mochi, berbedda dari yang lain cara mengisi liburannya meski lewat virtual tetep berasa happynya, terutama buat anak2 yaa.

    BalasHapus
  11. MasyaAllah hepinya Mba Yanti seru ya. Makan paddle popnya aja aku hepi apalagi ada kegiatan macam ini

    BalasHapus
  12. Benar sekali...ini ide kegiatan seru ketika kita kudu dirumahaja seperti saat ini.
    Membersamai anak untuk berpetualang ke Planet Mochi bersama Paddle Pop.
    Pasti anak-anak super happy yaa..

    BalasHapus
  13. Aktivitasnya seru banget ini, bisa berpetualangan ke planet mochi jupiter ya? Kayaknya anakku perlu coba ini kalau pas sabtu minggu karena liburan di rumah aja

    BalasHapus
  14. Bisa aja nih unilever bikin acara petualangan kaya gini. Bisa sambil belajar masak, kreativitas dan mengenal ruang angkasa

    BalasHapus
  15. aku juga beberapa waktu yg lalu ikutan liburan ke planet mochi! anakku happy banget karena bisa makan es nya hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!