Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Drama China Keluarga Ceritanya menarik Banget!

6 Drama China bertema Keluarga. Kalau drama Korea atau drakor pasti sudah banyak yang ditonton kan ya? Sebut aja drakor The World Of The Married yang ratingnya tinggi saat penayangannya. Drama tentang keluarga memang sangat menarik karena alur cerita rerata relate dengan kehidupan sehari-hari kita. Selain untuk hiburan tentu saja banyak juga hal yang bisa kita pelajari darinya seperti kesetiaan, kasih sayang, salah paham bahkan pertengkaran.

Selain drama Korea yang terkenal diberbagai negara itu, ada banyak juga lho drama yang mengangkat tema keluarga dari berbagai negara misalnya negara China yang tidak kalah menarik dan sangat sayang kalau dilewatkan.

Drama china keluarga
Foto : dok. vidio.com

Berikut ini 5 drama keluarga dari China yang saya rekomendasikan buat ditonnton sebagai me time, simak yuk!

1. Go Ahead

Bicara soal drama China keluarga, Go Ahead pastinya harus jadi nomor satu dong wajib kamu tonton! Drama ini bergenre romantis - komedi - keluarga dan pernah jadi nomor dua drama china terfavorit tahun 2020 di China. Bisa dibilang, drama ini sangat populer pada masanya karena ceritanya yang tidak biasa dan menyentuh hati.

Drama ini bercerita tentang tiga saudara tanpa ikatan darah yang sama-sama kehilangan sosok sang ibu. Ibu Lin Jian Jian meninggal dunia, sementara ibu Ling Xiao menceraikan ayahnya, dan ibu He Zi Qiu meninggalkan dia karena masalah ekonomi sehingga diadopsi ayah Lin Jian Jian. 

Mereka bertiga yang sudah bersahabat lama ini punya masalah masing-masing. Ling Xiao dan He Zi Qiu punya trauma dan tekanan psikologis karena masa kecil mereka yang kelam dan Lin Jian Jian sangat buruk dalam nilai sekolah. 

Drama ini menyajikan pemirsa hubungan yang hangat dan kocak antara orangtua dan anak. Misalnya saat Lin Jian Jian yang tumbuh besar bersama empat pria dengan riang memberitahukan menstruasi pertamanya di meja makan, respon bingung empat pria itu ngakak abis! Dan aku juga suka banget tokoh ayahnya Lin Jian Jian yang membesarkan putrinya dengan bijaksana dan memperhatikan kesehatan mental dua pemuda yang sudah seperti anak kandungnya.

Drama ini punya banyak pesan moral, seperti keluarga tidak selalu menjadi tempat berpulang ternyaman, berani menyatakan keinginan pada orang tua, komunikasi antar anak dan orang tua serta masih banyak lagi. Kamu dapat menontonnya di Iqiyi dengan total 46 episode.

2. The Little Nyonya

Drama keluarga dengan latar belakang sejarah, kenapa nggak? The Little Nyonya merupakan remake dari drama dulu yang menceritakan tentang perjuangan kisah keluarga miskin china sampai menjadi bisnis keluarga yang sukses. Ini dimulai dari tahun 1930 sampai 70 tahun kemudian, diceritakan oleh tiga generasi. Duh, nonton ini berasa nonton drama dengan cerita zaman dulu kayak Oshin dan Pachinko. 

Disini bisa dilihat seberapa besar perjuangan dan sejarah wanita pada masa itu apalagi dari golongan rendah sehingga mereka menjadikan masak dan menyulap sebagai pegangan hidup. Ceritanya inspiratif sih dan punya banyak pelajaran hidup yang kadang kala bikin perasaan campur aduk. Drama tahun 2020 ini punya 45 episode dan subtitle Indonesianya bisa nonton di Iqiyi.

Foto : chinoy.tv

3. All Is Well

Ada lagi nih drama yang diangkat dari novel keluarga, berjudul All is Well. Keluar pada tahun 2019, drama dengan 46 episode ini sewaktu tayang pernah menempati rating tertinggi selama berminggu-minggu, jadi soal kualitas cerita nggak perlu ditanya lagi dong.

Keluarga Su adalah keluarga yang saling menghindari satu sama lain dan kalau boleh tinggal di tempat yang jauh dari anggota keluarganya. Tapi suatu hari, ibu keluarga Su meninggal sehingga mereka semua mau tak mau berkumpul. Terjadilah situasi yang canggung karena masalah dalam keluarga ini sangat dalam sementara mereka harus tinggal bersama selama beberapa waktu untuk mengurus pemakaman ibu dan mengurus ayah yang sebatang kara.

Menarik karena usut punya usut, hal yang jadi konflik dalam drama ini dan membuat hubungan keluarga canggung khususnya bersaudara Su, adalah sikap orang tua yang tidak adil sejak mereka kecil. Sehingga kita menarik pelajaran, bahwa setiap tindakan orang tua pada anak punya dampak tersendiri ke si anak maupun hubungan keluarga. 

Tapi kita dibuat menangis haru mendekati ending melihat bersaudara Su memutuskan memperbaiki hubungan keluarga mereka dan kompak lagi. Ini sangat direkomendasikan karena heartwarming banget dan ceritanya mudah dimengerti sehingga kita paham dengan tindakan masing-masing tokoh.

4. When We Were Young

Seperti judulnya yang berarti "saat kita muda", drama tahun 2018 ini menceritakan tentang kisah masa muda 5 orang di tahun 1996 saat mereka masih anak SMA. Saat mereka merasakan rasa sakit dan kegembiraan dalam tumbuh menjadi dewasa, mengalami stres sekolah, menghadapi masalah keluarga, konflik cinta, krisis identitas, dan persahabatan.

Semua bermula ketika Yang Xi yang akan kelas tiga SMA memutuskan untuk berlatih dan memenangkan lomba lari sekolah, agar bisa mendapatkan poin tambahan masuk universitas karena otaknya pas-pasan. Mama Yang Xi berjanji kalau putrinya itu bisa memecahkan rekor larinya, mama akan membelikan sepeda yang selama ini diinginkannya. 

Yang Xi pun berhasil dan memperoleh sepeda yang mirip sahabat-sahabatnya, disinilah julukan geng biker terbentuk. Sahabat-sahabatnya selalu mendukung Yang Xi, tapi ternyata mereka pun juga punya masalah khususnya dalam keluarga sendiri-sendiri. Geng biker beraksi, untuk membantu sahabat mereka.

Ini bagus banget ditonton bareng keluarga sih, karena banyak pelajaran yang bisa ditarik dari hubungan para tokoh dengan orang tua mereka sehingga baik orang tua maupun anak yang menonton drama ini bisa sama-sama intropeksi diri dan konfliknya ringan banget yah seputar masalah remaja aja. Ditonton sama teman juga cocok, karena mengajarkan arti persahabatan yang kuat banget. So, it's really worth it meskipun nggak seterkenal drama china yang lainnya. Oh ya, kamu bisa tonton di WeTV.

5. Unforgettable Love

Drama China terbaru 2021 nih yang pernah hangat dibicarakan dan belum lama tamat! Dibintangi oleh Miles Wei dan Hu Yixuan, drama ini menceritakan tentang kisah cinta CEO yang punya satu anak kecil dengan seorang psikiater cantik spesialis anak.

Drama china ini bergenre romantis - komedi dan menceritakan nikah kontrak yang kita udah taulah ending-nya. Tapi, yang menarik, drama ini jadi berbeda dibanding drama nikah kontrak lainnya karena mengangkat isu mental health dan parenting. 

Lima tahun yang lalu, He Qiaoyan mengalami kecelakaan mobil yang menewaskan kakak kandung dan kakak iparnya. Hanya dia dan keponakan kecilnya, Xiao Bao yang selamat. Mereka berdua yang menghadapi kecelakaan mobil itu jadi terkena PTSD, penyakit gangguan mental yang muncul setelah seseorang mengalami atau menyaksikan peristiwa tidak menyenangkan, seperti kecelakaan mobil.

Dibanding Qiaoyan, Xiao Bao mengalami PTSD lebih parah yang membuatnya tidak mau bicara sepatah kata pun bahkan pada pamannya. Bao selalu berkomunikasi melalui kartu ucapan, papan tulis kecil, atau chat ponsel. Sebagai ayah sambung, Qiaoyan berusaha mencari psikiater yang bisa menyembuhkan Bao dan dia bertemulah dengan Yixuan.

Drama ini mengajarkan betapa pentingnya kesehatan mental dan pola asuh anak. Hubungan keluarga juga menjadi pengaruh besar kesehatan mental seseorang. Yuxian berkata, 

"Masalah psikologis harusnya mendapat perhatian sosial yang luas. Namun, saat ini banyak orang tua tidak peduli dengan psikoterapi anaknya. Mereka gak peduli sama sekali sama psikiater, malah menganggap psikiater tujuannya hanya mencari keuntungan saja."

Karena itu waktu bersama keluarga sangat penting. Nah, nontonlah drama ini di full episode di Iqiyi.

6. A Love For Dilemma

Diangkat dari novel berjudul serupa, A Love For Dilemma menjadi drama eksklusif Iqiyi. Drama ini memiliki 40 Episode dengan durasi rata-rata 45 menit dan diperankan oleh aktor - aktris ternama dan berbakat. Ini adalah drama china 2021 yang punya jalan cerita bagus.

Menceritakan tentang dilemanya orang tua dan guru dalam mengurus anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah atau masih kecil. Xia Huan Huan mengalami penurunan nilai, Yan Zi You sangat pintar namun dia jadinya punya jiwa kompetisi yang tinggi, dan Mi Tao punya potensi sehingga menerima beasiswa tapi dia malah meninggalkan sekolah dengan putus asa.

Bagaimana orang dewasa menghadapi konflik anak-anak ini? Semua akan dijawab dalam drama ini. Drama ini berfokus pada masalah keluarga, pendidikan dan hubungan antara anak dan orang tua. Disini dihadirkan sejumlah ilmu parenting dan pelajaran bagus, seperti memberikan masa kanak-kanak yang indah pada anak ketimbang cepat-cepat membuat mereka dewasa. Tontonlah, dijamin gak nyesel!

Jadi gimana rekomendasi drama China keluarga di atas, menarikkan?  Kira-kira drama yang mana nih mau ditonton segera?  Segera tonton deh dan share pendapatmu di kolom komentar ya.


20 komentar untuk "6 Drama China Keluarga Ceritanya menarik Banget!"

  1. Asyik nih drama2nya penuh inspirasi, ya. Nanti kalau ada kesempatan, aku tonton satu per satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba banyak pelajaran yang bisa dipetik

      Hapus
  2. udah lama ga nonton dracin nih, soalnya episodenya panjang-panjang hahaa aku nggak kuat nonton drama yang panjang-panjang soalnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya parah emang episodenya bisa begadang berhari-hari 🤭

      Hapus
  3. Terakhir nonton drama China kayaknya tahun lalu, itu pun Nonton diajak suami. Makasih rekomendasinya mba. Mau ah coba nonton ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, iy enakan bareng suami kalau nonton drama keluarga kek gini

      Hapus
  4. dracin ini boleh juga nih dicoba untuk ditonton, thanks rekomen filmnya yaa mba, tar pas weekend mau coba nonton salah satu rekomenmu ini ah

    BalasHapus
  5. Waaah pilihan dramanya menarik semua. Go ahead sangat menarik, When We Were Young juga bagus...semua ceritanya sangat menarik bikin penasaran ingin segera menontonnya. Terimakasih rekomendasinya mbak...tak sabar ingin mengikuti alur cerita drama2 ini.

    BalasHapus
  6. Kayaknya aku belum pernah nonton film cina sama sekali deh...
    Infonya ini bisa aku pilih nih... 😊

    BalasHapus
  7. saya kurang suka suka menonton mna..jadi drama2 entah Indonesia, korea, jepang, china..rata2 nggak tahu..haha.. tapi senang membsca simopsis begini, karena jadi sedikit tahu alurnya.. terima kasih ya..

    BalasHapus
  8. Aaakk, aku sering lihat cuplikannya di IG reels.
    emang menarik banget Drachin ya mba
    banyak genre jugaaa

    BalasHapus
  9. Wah saya udahlama banget ga nonton film.... zaman pandemi aja kayaknya ga pernah secara khusus nonton nih....

    BalasHapus
  10. Wah drama cina ternyata banyak yang menarik juga ya? Aku baru tahu mereka juga banyak bikin tema keluarga kyk gini mbak. Hmmm di antara drama yang mbak rekomendasikan kyknya aku tertarik sma The Little Nyonya deh, penasaran. TFS

    BalasHapus
  11. Penasaran sama cerita Unforgettable Love, jadi pengen nonton filmnya. Sekarang banyak film yang ngangkat tema kesehatan mental, dan ini bagus buat penonton juga jadi terpacu supaya sehat secara mental. ^-^

    BalasHapus
  12. aku beluuum pernah nonton nih mbaaa...tapi sepertinya memang sinopsisnya bagus yaa dan seru

    BalasHapus
  13. Dari judulnya bagus2 ya tapi entah kenapa selain drakor saya kuranh tertarik nonton. Mungkin karena terbiasa dengan drama dari negeri Gingseng saja padahal drama dari negara2 Asia lainnya seperti dari China ini juga tidak kalah menarik ya

    BalasHapus
  14. Adik-adik ku pecinta drama cina banget mba. Sayang aku belum tergoda pada mau nonton juga hahaha soalnya aku gak sabar nunggu eposide nya yang lumayan lebih banyak dari pada korea drama ya mbak

    BalasHapus
  15. Saya suka nonton drama korea, tapi sejak aku baca sinopsis drama china sepertinya menarik juga.

    BalasHapus
  16. Udah lama engga nonton drama china mbak, padahal dulu suka banget nonton drama cina, putri huan zhu itu, abis lucu. sampai sekarang juga masih inget alur ceritanya. btw makasih ya mbak rekomendasinya pengen nonton yang little nyonya dan when we were young. kayaknya seru.

    BalasHapus
  17. Aku termasuk yang jarang banget nonton drama cina nih mbak. Karena nggak tau harus nonton yang mana hahaha tapi baca ini jadi punye referensih deh, soon lah yaa masuk wishlist dulu :*

    BalasHapus