Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Aplikasi Mindtera, Rahasia Kelola Hidup Lebih Baik Di Ujung Jari

Aplikasi Mindtera, rahasia kelola hidup lebih baik di ujung jari. Menjadi tempat curhatan teman pasti hal yang membahagiakan. Betapa tidak, dengan dia berani mengungkapkan unek-unek dalam hatinya bahkan rahasia yang mungkin tidak pernah dia ceritakan kepada siapapun kecuali dengan kita pribadi, hal itu menunjukkan bahwa si teman itu percaya  sepenuhnya dan yakin bahwa kita dapat diandalkan olehnya.

Tentu saja itu amanah yang harus dijaga, selain adanya trust yang kita peroleh juga sebagai salah satu cara berbagi kebaikan. Saya pribadi senang menjadi pendengar yang baik dan sesekali memberikan saran jika itu memang pas. Seperti kata bijak kuno "Seperti apel emas pada wadah perak, begitulah kata-kata yang diucapkan pada waktu yang tepat".

Mindtera kelola hidup lebih baik
Foto : Doc. Pribadi

Terlebih saat pandemi sekarang ini, banyak yang mengaku mengalami stress karena kekhawatiran akan masalah kesehatan, keuangan, pekerjaan, dan keluarga.

Sebut saja Ratih, orang tua tunggal dari 2 anak lelaki remaja. Kami sudah lama bersahabat, sejak pandemi kami sudah jarang ketemu langsung tapi sering komunikasi melalui WhatsApp. Obrolannya terutama kekhawatiran dia tentang penyakit yang dideritanya, belum lagi masalah anaknya yang putus sekolah dan belum punya pekerjaan. Anaknya yang bungsu masuk SMK tahun ini, butuh biaya yang tidak sedikit sementara itu penyakitnya juga semakin parah. 

Dalam kondisi seperti itu, dia secara finansial bergantung sepenuhnya kepada keluarga besarnya. Dia sudah tidak bisa bekerja berat. Memikirkan keadaannya saat ini membuatnya putus asa dan merasa tak berdaya, terlebih sebelumnya dia seorang wanita mandiri. Akibatnya, berdampak pada emosinya yang tidak stabil, gampang tersinggung, marah, kecil hati dan khawatir bagaimana menjalani hari-hari berikutnya .

Curhat demi curhatan yang disampaikan oleh Ratih membuat hati saya renyuh. Rasanya mau menolongnya tapi bagaimana? Disisi lain, obrolan ini juga tanpa saya sadari mempengaruhi saya secara emosi, saya jadi lebih mudah khawatir. Belum lagi saya juga punya permasalahan sendiri dimana akhir-akhir merasa unhappy, sering bad mood dan kesal tanpa tahu sebab yang pasti. Saya mulai sadar kalau ada sesuatu yang tidak beres dengan hati dan pikiran saya, butuh dikelola dengan baik.

Maka beberapa bulan belakangan ini, saya sering googling informasi yang berkaitan dengan kebahagiaan, bagaimana mengenal diri, serta apa yang harus dilakukan agar menjadi pribadi yang lebih baik. Saya berharap dengan memiliki pengetahuan tersebut itu dapat membantu mengelola kepribadian saya dan juga bisa membantu orang lain seperti Ratih dengan baik.

Hingga beberapa waktu yang lalu ketemu dengan satu aplikasi yang bagus bernama Mindtera. Saya sudah mendownload aplikasinya dan berkesempatan untuk mengikuti sesi kelas yang membahas topik menarik yakni  kelola stress dengan berkesadaran.

Berikut ini saya mau berbagi pengalaman saya terkait Mindtera dan mungkin kamu juga mempertimbangakan untuk menggunakannya.

Aplikasi Mindtera
Foto : Mindtera

Aplikasi Mindtera Apa Sih?

Berdasarkan keterangan yang tertera di apilkasinya, Mindtera adalah Platform edukasi untuk belajar kecerdasan emosi, sosial, fisik dan pengembangan diri seputar keluarga, cinta, dan kerja.

Sebagai informasi, bahwa Mindtera Aplikasi adalah aplikasi edutech pengembangan diri melalui multiple intelligence pertama di indonesia dimana diharapkan melalui Mindtera bantu kelola hidup lebih baik dan #SemuaBisaDikelola seputar kehidupan sehari-hari.

Cara menggunakan Aplikasi Mindtera

Di Mindtera - Program berjenjang tidak lebih dari 5 menit sehari dan dibawakan oleh fasilitator profesional dan berpengalaman. Ini menarik sekali menurut saya, kenapa? Waktunya yang tidak lama sangat sesuai dengan lifestyle saat ini dimana semua serba instan dengan hasil maksimal.

Metode ini sangat efektif, seakan memberi kita kesempatan untuk memikirkan sesi tersebut, lebih memahami dan mengaplikasikannya sepanjang hari berjalan dan siap menerima pengetahuan baru sesi berikutnya pada esok hari. Kalau diumpakan oleh saya, seperti menyusun bata demi bata hingga membentuk tembok yang kuat. Keren banget!

Apa Saja yang Ada di Mindtera?

1. Program Berjenjang

Setidaknya ada 5 program berjenjang yang bisa didapatkan di Mindtera yaitu :

  • Kerja
  • Cinta
  • Keluarga
  • Fitness
  • Self Mastery
Selain dibekali dengan pengetahuan atau pemahaman baru juga ada sesi latihan yang terstruktur. Saya umpakan sesi ini seperti punya instruktur profesional pribadi di rumah. Hahahaha.

2. Sesi Kelas Mindtera

Tidak hanya belajar dan berlatih di aplikasi, Mindtera juga memiliki sesi kelas yang membahas tema- tema menarik yang tentu saja terkait tentang cara kelola hidup lebih baik sehingga bisa mencapai kepuasan hidup.

Berikut ini saya bagikan pengalaman saya mengikuti sesi kelas bersama Mindtera beberapa waktu lalu.

Pengalaman Mengikuti Sesi Kelas Bersama Mindtera : Kelola Stress dengan Berkesadaran

Tanggal 1 Oktober 2021 lalu, saya  berkesempatan hadir mengikuti sesi kelas dengan tema yang menarik yakni Kelola Stress Dengan Berkesadaran.

Wow, topik yang pas dengan situasi saya saat ini!  Tepat waktu banget.

Mengawali kelas, Coach Divi memberikan kuesioner yang perlu dijawab untuk mengetahui kondisi emosi kami saat ini. Dan ternyata saya dapat skor 42.5 % termasuk kategori high stress belum ke taraf burnout. Ya, saya akui memang keadaan emosi saya beberapa bulan ini memang kurang stabil serasa mengalami tekanan. 

Acara selanjutnya, dilanjutkan dengan pemetaan pikiran untuk mengelola stress yang ada. 

Sesi Pemetaan Pikiran

Adapun tahap yang perlu dilakukan dalam proses ini sebagai berikut!

1. Mengenali apa penyebab stress itu terjadi?

Setidaknya ada 3 kemungkinan :
  • Unspoken feeling - perasaan yang tidak sempat atau tidak bisa terungkap?
  • Multitask - melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang sama?
  • Tight deadline yang harus segera diselesaikan?
kecerdasan emosional
Screenshoot beberapa materi sesi kelas Mindtera

2. Cari solusi atas stress tersebut?

Setelah mengenali penyebabnya selanjutnya cari solusi menanganinya. 

Misalkan stress karena pekerjaan, maka coba dipikirkan kembali bagaimana cara kita bekerja. Apa motivasi kita bekerja. Terkait motivasi ada 2 tipe yaitu tipe intrinsik dan tipe ekstrinsik.

1. Tipe Intrinsik
Termotivasi karena pekerjaan itu sendiri alasannya karena menyukainya.

Strategi untuk tipe ini :
  • Tambah ketrampilan untuk memperkaya pekerjaan saat ini
  • Ingat kembali apa sih yang kamu sukai dari pekerjaan yg kamu lakukan saat ini, apa dampaknya atau hasilnya
2. Tipe Ekstrinsik
Motivasi utamanya karena dorongan dari orang terkasih, popularitas, uang atau penghargaan.

Strategi yang dapat dilakukan:
  • Cari hal baru diluar pekerjaan untuk menghindari kejenuhan
  • Ingat kembali manfaat dari pekerjaanmu itu seperti award, gaji, dampak bagi keluarga bisa menafkahi mereka
Lalu hal apa lagi yang harus dilakukan adalah :

a. Self Awareness sebagai perangkat mindfulness terdiri dari :
  • Review value hidupmu
  • Tentukan jeda untuk mengembalikan keseimbangan (latih jeda, journaling)
  • Komitmen terhadap prioritas value dan strategi
b. Tingkatkan produktivitas dalam bekerja seperti 
  • Ketahui tujuan besarmu (tujuan personal & alasan bekerja)
  • Ketahui targetmu (menyusun target dekat atau buat to do list pekerjaan)
  • Buat produktivity timer (waktu senang-senang & bekerja)
  • Ketahui yang membuatmu bahagia
Dari pertemuan ini, setidaknya saya dapat gambaran penyebab sedikit stress yang saya alami ada 2 yakni unspoken feeling dan tigh deadline karena kebiasan suka menunda.

Kemudian dari segi motivasi, saya termasuk tipe ekstrinsik bekerja karena alasan mendapatkan penghasilan. Saya juga perlu membuat journal dan latihan jeda agar lebih produktif saat bekerja.

Aplikasi Mindtera bisa Bermanfaat Bagi Masyarakat Indonesia

Dari pemaparan di atas tentang bagaimana  Mindtera ini bekerja, maka pasti kita setuju ya dengan apa yang dikatakan General Partner & Co-founder Hustle Fund,  Shiyan Koh dilansir dari harian kompas.com, bahwa Mindtera bisa membantu masyarakat menjalani kehidupan terbaik dengan cara membekali mereka keterampilan dalam membangun hubungan yang kuat dan tangguh dengan diri dan  lingkungan mereka.

Seperti saya dan sahabat saya Ratih, masih banyak yang belum paham bagaimana seharusnya mengelola kecerdasan emosi, kecerdasan sosial, kecerdasan fisik dan pengembangan diri yang lebih baik. Salah satu faktor penyebabnya karena masyarakat kita yang masih menganggap kecerdasan intelegensi adalah hal yang utama dan cenderung mengabaikan emosi dan kecerdasan mereka lainnya.

Oleh sebab itu, adanya aplikasi ini wajib diapresiasi sabagai terobosan baru dalam belajar mengelola hidup lebih baik karena #SemuaBisaDikelola bersama Mindtera.

Ayo kita kelola perasaan dan pikiran kita dengan aplikasi Mindtera dan menjalani kehidupan sehari-hari secara berkesadaran untuk menjadi lebih baik. Ingat bahwa yang  paling memahami diri kita dan pertanggungjawab atas diri dan kehidupan kita pribadi adalah kita sendiri bukan orang lain.

Saat ini aplikasi Mindtera bisa di download melalui smartphone kamu di :

Android   : https://bit.ly/Mindtera1AC

IOS         : https://bit.ly/Mindtera1iosC

serta bisa juga mengunjungi media sosial Mindtera berikut :

  • Website           : www.mindtera.com
  • Instagram        : @mintera.id
  • Facebook        : Mindtera
  • Twitter            : @mindteraID





23 komentar untuk "Aplikasi Mindtera, Rahasia Kelola Hidup Lebih Baik Di Ujung Jari"

  1. Menarik ya aplikasi Mindtera ini. Banyak materi menariknya sayangnya kemarin saya berhalangan ikut kelasnya padahal materinya bagus banget ya tentang cara mengelola stres. Apalagi aplikasinya juga bisa dimanfaatkan untuk mengelola hidup lebih baik jadi penasaran deh pengen coba aplikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mba, acaranya bagus dapat insight pokoknya kemarin deh

      Hapus
  2. Wah paket lengkap ya di aplikasi mindtera, ada fitur2 kesehatannya juga selain fitur finansialnya. Keren sekali dan insha Allah nanti mau coba ah karena penasaran, download dulu sesuai petunjuk di akhir artikel ini. Makasih infonya yang selalu menambah wawasan soal IPTEK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy Mas download aja dulu bakalan bermanfaat banget

      Hapus
  3. terobosan yang bagus banget nih Mindtera

    saya sering bingung,
    aplikasi kesehatan fisik banyak banget, tapi kok gak ada aplikasi kesehatan psikis

    padahal sama pentingnya lho, kesehatan psikis

    Alhamdulilah sekarang ada Mindtera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, kadang orang segan ya ke psikolog padahal untuk hal-hal yang gak gitu rumit ternyata bisa ditangani sendiri

      Hapus
  4. Mindsterra komprehensif sebagai aplikasi dan edukasi bagi pengguna aplikasi tersebut, bisa diaktualisasi bagi keluarga

    BalasHapus
  5. Seneng ya mbak ada aplikasi seperti ini. Kita tidak perlu datang ke psikolog apalagi di saat pandemi ini. Hidup lebih tenang juga krn bisa menumpahkan segala permasalahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, kita diajar untuk mandiri dalam mengelola emosi pribadi

      Hapus
  6. Masalah stress sebetulnya udah ada sejak dulu ya mbak, tapi pandemi memang bikin stress jadi meningkat tajam. Susah buat mindulness atau berpikir normal, ujiannya banyak. Bersyukur ada aplikasi mindterra bisa jadi salah satu solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, semoga sih banyak masyarakat kita terbantu dengan menggunakan aplikasi Mindtera ini

      Hapus
  7. Dan stres ini bukan cuma dialami kita perempuan. Suami saya saja sekarang sudah melihatkan gelagat stres karena pekerjaan. Sekarang dia udah gak betah kerja di rumah, jadi selalu keluar nyari tempat tenang. Ya gimana ya, kalo kerja di rumah harus tahan banting dengar suara berisik anak main.

    Enak ya bisa curhat lewat Mindtera. Bisa manajemen stres juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Mindtera kita dibantu caranya mengelola emosi mba dg adanya sesi latihan dan pengetahuan juga

      Hapus
  8. Baca ulasan di atas, MINDTERA sepertinya layak banget untuk diikuti. Mengajarkan kita akan pentingnya keseimbangan lahir dan batin. Sekaligus menyadarkan bahwa kecerdasan emosional akan banyak mempengaruhi kehidupan kita. Disadari atau tidak, self and midset arrangement itu penting banget ya Mbak. Mau bahagia atau tidak semua berasal dari diri sendiri

    BalasHapus
  9. Iya mbak, ternyata ga semudah yang dibayangkan ya mengelola kehidupan yang lebih baik, terutama diri sendiri. Ga cukup bahagia jiwa namun raga pun harus, karena jiwa raga sama2 harus sehat. Ada aplikasi Mindtera ini membantu kita banget ya. AKu kepengen coba deh.

    BalasHapus
  10. Aplikasi yang sangat bermanfaat. Program-programnya juga bagus.

    Dengan aplikasi edukasi pengembangan Multiple Intelligence ini kita bisa berlatih meningkatkan kecerdasan emosi yang penting untuk kita kuasai.

    BalasHapus
  11. Kelola stres ini memang gak mudah.
    Hadirnya Mindtera bisa jadi jalan untuk membuka pencerahan juga ya, sehingga perasaan bisa ditata dengan lebih bijak

    BalasHapus
  12. Wah menarik yaa kelasnya Mindtera ini, food for our soul nih untuk menjaga kesehatan mental kita yaa mba dan juga mengupgrade potensi diri nih

    BalasHapus
  13. Sepertinya aplikasi Mindtera ni harus kucoba, paket lengkap. Apalagi kebetulan emosiku lagi gak stabil, pengen tau juga harus gimana

    BalasHapus
  14. Menarik banget iniii ... Bisa banget bantu kita mengelola stress dan emosi. Ini sesuatu yang terlihat sederhana tapi saat tidak diatasi bisa jadi masalah besar. Termasuk salah satu cara mengelola dan merawat kesehatan mental kan, ya.

    BalasHapus
  15. Wah senangnya ada aplikasi untuk mengatasi rasa cemas ya..timbang stress dipendam sendiri aplikasi ini bisa jadi salah satu solusi kala pandemi gini ya

    BalasHapus
  16. Keren nih MindTera, bisa bantu management stress kita ya. Duh, kepengen deh nyobain. Soalnya di masa pandemi kayak sekarang, aku kok gampang banget stres. Cobain install ah, mau coba kelas gratisnya dulu. Siapa tahu bisa cocok. Cuss...

    BalasHapus