Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Game Solitaire Buat Me Time Seru Banget lho. Serius?

Beberapa waktu  terakhir ini saya banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Itu butuh waktu dan konsentrasi penuh. Kerjanya sih selesai tapi merasa stres aja, bawaannya uring-uringan terus. Anak- anak di rumah ngeledekin. 'Me Time Mom, me timeeee!' seru mereka.

Dipikir-pikir ada benarnya  juga sih, me time perlu banget saat situasi seperti ini. Karena seharian depan laptop terus jadi kepikiran buat cari ide me time ala ibu rumah tangga. Si kecil usulin gimana kalau main game saja, game ampuh menghilangkan kebosanan lho! Katanya panjang lebar. Widih! Anak sekarang ya kalau bicara game juara banget.

game solitaire
Foto : Screenshot Solitaire.org

Tapi ada benarnya juga, bermain game itu banyak dampak positifnya asalkan selektif dan pintar mengatur waktu. Akhirnya, setelah beberapa lama searching ketemu juga game solitaire.org. Bicara soal game solitaire dulu pernah juga memainkannya waktu masa kuliah. Biasanya sambil mengerjakan tugas makalah dari dosen, sesekali memainkannya sebagai selingan. Meskipun nggak jago-jago amat tapi bisalah.

Kalau dulu offline dari PC, yang solitaire.org ini online banyak pilihan permainannya. Jadi puas banget memainkannya. Lama saya ekplorasi game yang ada di website ini, bingung mau milih yang mana. Semuanya bagus-bagus. Kategori gamenya ada 7 yaitu Solitaire, Card,  Mahjong, Hidden Object, Match 3, Logic Puzzles dan Word.

Akhirnya, aku pilih beberapa game untuk dimainkan Freecell Solitaire Game dan Princess Hidden. Berikut ini aku bagi pengalaman memainkan game ini manatau bisa inspirasi buat kalian kalau lagi jenuh dengan aktivitas sehari-hari.


Main game ini serasa bernostalgia dimasa lalu.  Beda dengan game solitaire lainnya, Freecell Solitaire kartunya sudah terbuka jadi tinggal menyusun kartunya secara berurutan - A, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, J, K, Q - dengan jenis yang sama. Jadi peluang menang lebih besar. 

Tapi bukan berarti mudah juga karena ada langkah yang ditentukan maksimal 500 point. Satu langkah akan dikurangi 1 poin. Semakin sedikit langkah digunakan semakin tinggi skor yang didapatkan. Nah, disinilah letak tantangannya.

Meskipun sudah kenal game ini sejak lama, sejarahnya malah tidak tahu sama sekali. Tidak hanya caranya dipaparkan pada bagian bahwa halaman game, sejarah game Freecell Solitaire ini juga dijelaskan lho!

Sejak tahun 1995 game Solitaire selalu disertakan dalam setiap perangkat sistem operasi Windows, tujuan game ini awalnya disematkan karena pada saat itu banyak pengguna PC belum fasih menggunakan tetikus atau mouse lho! saat pembaruan Windows 10 tahun 2015 Microsoft menghapus game ini. Buat yang kangen dan penasaran game ini sekarang bisa langsung menggunakan situs disini.

Solitaire awalnya dikenal dengan nama Patience, muncul sekitar tahun 1700-an di Eropa Utara. Lalu berubah menjadi Klondike Solitaire hingga akhirnya dikenal dengan sebutan Solitaire saja.

Freecell Solitaire terinspirasi dari Eight Off tahun 1968 kemudian berubah menjadi Bakers Off. Setelah diadaptasi ke komputer dengan mencocokkan warna disebut dengan Freecell.

game buat me time
Foto : Screenshot Solitaire.org


Bisa dibilang game ini gampang-gampang susah. Dikemas dalam tiga level permainan. Pada setiap level kita disuruh untuk mencari beberapa objek yang tersembunyi. Jumlahnya sudah ditentukan. 

Tantangan digame ini adanya batasan klik maksimal 30 klik obkek saja. Jika ingin tambahan gerakan atau klik sebaiknya kumpulan satu jenis objek terlebih dahulu. Misalnya level pertama saja berisi 6 objek yang perlu dikumpulkan yaitu Level berisi 10 sepatu, 10 pita, 20 pedang, 25 mahkota, 30 angka, dan 30 mawar. Maka sebaiknya kumpulkan objek yang jumlahnya sedikit terlebih dahulu untuk menambah tambahan klik objek.

Tantangan kedua adalah objek yang ukurannya sangat kecil dan warnanya hampir transparan. Perlu memperbesar atau memperkecil gambar dengan mengetuk dua kali. Kejelian mata juga sangat dibutuhkan.

Meski awalnya hanya iseng saja, tapi semakin tertantang untuk memenangkan setiap levelnya. Sejenak kerjaan yang menumpuk bisa dilupakan dan hati senang karena bisa menyelesaikannya.

Saya juga penasaran mencari manfaat main Solitare selain buat hiburan tentunya. Setidaknya ada 5 manfaat yang bisa kita dapatkan dari game ini yaitu :
1. Melatih ketajaman otak
2. Melatih kesabaran
3. Belajar sikap sportif
4. Melatih konsentrasi dan daya ingat
5. Sebagai hiburan

Ternyata bermain game banyak manfaat ya. Sebenarnya masih banyak game yang ini saya mainkan. Ke depannya saya juga ingin bermain game Daily 15 Up Game setelah urusan pekerjaan saya selesai. 

Oh ya, sekedar menginfokannya game ini juga ternyata bisa dimainkan dari handphone, laptop, tablet dan PC tanpa ada iklan yang mengganggu. Jadi asik buat alternatif game disela-sela beraktivitas. Bagaimana dengan kamu? Jangan sungkan memainkannya biar harimu lebih berwarna ya!


Posting Komentar untuk "Game Solitaire Buat Me Time Seru Banget lho. Serius?"