Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Dampak Positif Game Online Bagi Pelajar dan Anak, Jangan Buru-buru Dilarang Ya!

9 dampak positif game online bagi pelajar. Parents, suka kesal jika anak menghabiskan waktu untuk bermain game online? Atau guru sering merazia para pelajar di sekolah yang ketahuan membawa handphone dan bermain game? Khawatir mereka akan kecanduan dan mengabaikan pelajarannya?

Kalau itu yang kalian rasakan, baiknya jangan buru-buru dulu mencap negatif dari bermain game online ya. Kenapa? Siapa bilang bermain game itu hanya menghabiskan waktu saja? Ternyata banyak lho dampak positif bermain game online. Tidak percaya? Berikut ini beberapa dampak positif game  yang perlu kalian tahu. Simak ya!

dampak positif game online
Foto : Screenshoot plays.org

Dampak Positif Dari Bermain Game Online

1. Menghilangkan Kebosanan

Biasanya anak-anak dan para remaja sering bosan karena belajar terus sepanjang hari. Apalagi saat pandemi sekarang ini dimana lebih banyak waktu di rumah, tidak bisa bertemu sanak saudara atau teman. Game bisa jadi alternatif hiburan untuk mengusir rasa jenuh disela-sela melakukan rutinitas sehari-hari.

2. Melatih Otak Berpikir

Saat bermain game ada strategi yang perlu diterapkan agar bisa memenangkan permainan. Untuk itu perlu dipikirkan caranya. Saat berpikir itulah otak dilatih untuk berpikir trik mana yang perlu dilakukan untuk menaklukkan lawan atau tantangan yang dihadapi dan menjadi winner.

Salah satu rekomendasi website bermain game online yang ramah anak adalah plays.org di sini lengkap beraneka ragam jenis permainan yang bisa dipilh oleh anak mulai dari Cartoon Games (Permainan Kartun), Education (Pendidikan), Awe Shoot! (Menembak), Arcade Classics (Permain an arkade), Comics Games (Game komik), Retro Pixels (Game Piksel), PinBall (Game PinBall), Simulation Games (Game simulasi), Base Defense (Menara Pertahanan), Solitaire (Permainan kartu), Musik dan masih banyak lainnya.

Jika ingin anak terampil berhitung penjumlahan game dadu adalah game yang tepat, Play Sum of All Dice Game Online, caranya mudah sekali. Sebelumnya pilih warna dadu yang akan dimainkan, kemudian pilih tampilan angka atau dots untuk nilai angka yang ada di dadu, klik lemparkan dadu lalu jumlahkan nilai angka yang ada di semua dadu dan terakhir pilih jawaban yang sesuai yang tertera di papan tulis. 

Game ini pasti membantu orang tua mengajar anak belajar menjumlahkan dengan cara yang asik tentunya tanpa membosankan.

3. Melatih Kemampuan Bahasa Inggris

Bermain game online biasanya akan bertemu dengan orang lain dari berbagai negara, jadi bukan hanya orang indonesia saja. Supaya bisa berkomunikasi dengan mereka bahasa inggris sebagai bahasa internasional yang biasanya mereka pakai. Senada dengan pengakuan seorang pelajar mengatakan bahwa dia terpaksa berbahasa inggris saat melakukan suatu proyek game online bersama teman gamernya (team work) meskipun dengan bahasa yang sederhana tapi dipahami rekannya.   

4. Mendapatkan Uang

Siapa bilang main game itu merugikan, main game online itu menguntungkan juga lho, karena  bisa mendapatkan uang saat bermain game. Bahkan gamer sudah jadi profesi sekarang ini dengan penghasilan yang fantastis. Seperti Growtopia, Mobile Legends dan lain-lain.

Berikut beberapa cara dapetin uang dari game online yakni :

  • Buat Konten Youtube

Siapa sih yang gak tahu Youtube. Ya, Youtube adalah tempat dimana  membuat video dan jutaan video Yang dari animasi, real life, experience, sains dan video bermain game.

Salah satu caranya, membuat video game dan jika telah mencapai angka 1000 subscriber dan 4000 jam tayangan  bisa meletakkan iklan berbayar, bayaran dari penonton atau mengendors brand.

  • Berjualan Item 

Di game online juga ada yang namanya item tertentu yang digunakan untuk menaikkan performa, jadi item ini bisa diperjualbelikan. Dengan jualan item tersebut juga bisa sebagai sumber pendapatan.

dampak positif dari bermain game online
Foto : Screenshoot plays.org

5. Melatih Kesabaran

Bermain game bukan hanya dibutuhkan skill atau kepintaran saja tapi juga kesabaran. Game online biasanya juga level atau jenjang yang wajib diikuti dan untuk menang perlu trik dimana penerapannya butuh proses, belum lagi jika ketemu lawan yang lebih jago atau bahkan curang, situasi ini bener-benar melatih kemampuan kesabaran dan pengendalian diri, tidak terpancing untuk membalas. Hasilnya, kegiatan game online tidak dapat dinikmati.

6. Melatih Kemampuan Problem Solving

Menang dan kalah dalam bermain game online itu merupakan hal yang wajar, meskipun begitu bagi seorang gamer kekalahan adalah hal yang paling tidak disukai, targetnya memenangkan permainan tersebut. Untuk itu kemampuan mengatasi masalah (problem solving) sangat dibutuhkan. Jika ini terus dibiasakan tanpa disadari skill akan terlatih dan menjadi kebiasaan saat menghadapi problem dalam kehidupan sehari-hari. Tidak mudah putus asa, selalu mencari solusi.

7. Menambahkan Teman

Saat bermain game online biasanya bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara. Jika intens berkomunikasi dengan mereka bisa jadi teman yang sehobi. Tapi perlu dicatat juga lebih selektif ya agar tidak terjerumus dalam pergaulan buruk.

8. Meningkatkan Keterampilan Mengetik 

Jika sering bermain game menggunakan laptop atau PC, kemampuan mengetik juga terasah karena sering menggunakannya baik saat mengoperasikan tools dan chat dengan teman di game tersebut. 

Parents, bisa mengajak anak untuk memainkan permainan Play Typing Rocket  Game Online yang ada di plays.org. Permainan ini bertujuan untuk melatih anak agarterbiasa dengan alfabet, mengeja dan menulisnya. Caranya, ketikkan huruf yang muncul di setiap roket dan seiring permainan berlangsung kecepatan roket akan meningkat jadi perlu menyesuaikan kecepatan mengetik. Jika akan dilatih terus anak akan semakin cakap dalam mengetik. 

Anak-anak saya juga bisa lancar mengetik setelah bermain game, itu adalah keterampilan yang didapatkan tanpa sengaja, sebabnya ketika saya ajar mereka belajar dengan software mengetik, mereka malah protes tapi dengan game malah lebih menikmatinya. Tidak salah untuk dicoba kan?

Dampak positif game online bagi pelajar
Foto : Screenshoot plays.org

9. Meningkatkan Kemampuan Bekerja sama

Bermain game dengan gamer lain terutama saat mengerjakan satu proyek atau target bersama, agar itu tercapai kerja sama tim adalah hal yang utama. Situasinya sama saat bermain tim sepak bola, masing-masing punya tugas dan perlu saling memahami kemampuan satu sama lain.

Jadi itulah beberapa beberapa manfaat dari bermain game online, bahkan dampak positif game online menurut para ahli juga mengakuinya bahwa bermain game banyak sisi positifnya.

Parents, daripada mengomel dan melarang anak atau pelajar untuk bermain game akan kecanduan lebih baik lakukan pendekatan dan tanyakan mereka apa sih yang sebenarnya mereka rasakan dan dapatkaan saat mereka. Jelaskan apa saja dampak positif dari game online dan juga  dampak negatif dari game online tersebut bagi mereka. 

Komunikasi dan pendekatan yang baik dari orang tua dan guru, bisa berpengaruh positif bagi mereka terutama saat menggunakan waktu untuk bermain game dan memilih jenis game online yang dimainkan.

9 komentar untuk "9 Dampak Positif Game Online Bagi Pelajar dan Anak, Jangan Buru-buru Dilarang Ya!"

  1. Kalau bermain game-nya terarah malah bisa menjadi ladang pendapatan yang menggiurkan ya, mbak? Anak-anak saya juga sesekali bermain game online, bisa sekalian untuk belajar juga, seru hehehe. Pendampingan dan diskusi, menurut saya penting, kalau mau main game ini

    BalasHapus
  2. Anakku cowok seneng banget ngegame. Kami orang tuanya masih termasuk generasi yang menganggap game buang-buang waktu nih.
    Ternyata banyak hal-hal positif bisa diambil melalui game ini. Bahkan ada yg dilombakan dan mendapatkan uang. Belum lagi desainer game juga bisa menjadi profesi yah...

    BalasHapus
  3. Memang ada sisi negatif dan positifnya game online ini ya mbak, mari fokus pada sisi positifnya dan meminimalisir sisi negatifnya. Anak saya juga tahu banyak kosakata bahasa Inggris dari bermain game

    BalasHapus
  4. Betul banget Kak. Main game juga ada manfaatnya (selain relaksasi). Anak-anak bisa belajar bahasa inggris dengan cara yg menyenangkan. Lalu diajak berpikir dan bertualang via game.

    BalasHapus
  5. Bener banget, nggak selamanya bermain game itu berdampak buruk. Selama kita masih tau batasan-batasan dalam bermain game, maka game bisa memberikan impact positif. BTW, saya juga sering nih main game online di Plays.org, selain gratis, gimnya juga banyak pilihannya. Udah gitu bebas iklan. Terima kasih atas ulasannya.

    BalasHapus
  6. Dilarang kalo udah menuh2in memori hp orang tua. wkwkwkwk. enaknya di play.org ini gak pake install2 aplikasi ya. langsung main aja di browsernya dan bisa ganti2 game sesuka hati.

    BalasHapus
  7. Bermain game online dan berteman, ini salah satu yang terjadi pada anak. Mereka asyik ngobrol sambil main game dan belum pernah ketemu. Ketemu di permainan saja lalu lanjut WA dan Facebook.
    Ortu harus mencari jejak temannya itu, tuk pastikan ia anak yang baik-baik saja.

    BalasHapus
  8. Games online ini memang bagai mata pisau. Kegunaannya tergantung pada pemegangnya. Setuju banget dengan tulisan kak Yanti, nggak selamanya game online berdampak buruk. Masih banyak manfaat lainnya kalau kita mau membuka mata. Saya sendiri dari dulu suka ngegames buat menghilangkan suntuk, anyway thanks for sharing mba

    BalasHapus
  9. Nah, ternyata ada banyak manfaat dari bermain game online , salah satunya bisa meningkatkan kecerdasan juga jadi gak seharusnya orang tua melarang anaknya main game cuma mungkin perlu diingatkan saja agar tidak berlebihan mainnya apalagi sampai lupa waktu

    BalasHapus