Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Saya Menjaga Kesehatan Keluarga, Intip Siapa Tahu Cocok!

Pasti setiap ibu sepakat dong dengan backsound film keluarga indonesia Cemara yang mana salah satu liriknya bilang begini : ... harta yang paling berharga adalah keluarga, istana yang paling indah adalah keluarga. Saya juga! 

Oleh sebab itu, kesehatan keluarga jadi prioritas utama saya apalagi disaat-saat momen berharga semisal mudik dan silahturahmi dengan sanak keluarga. Agar semua kegiatan bisa berjalan lancar dan menikmatinya tanpa kendala termasuk hal kecil seperti gejala masuk angin berat atau ringan. Hehehe. Sebagai Mom, saya punya trik atau tips menjaga kesehatan keluarga.

Cara Menjaga Kesehatan Keluarga
Foto : dok. Pribadi

Sebenarnya sih, yang saya lakukan hal yang umumnya dilakukan para ibu. Mulai dari menjaga asupan makanan hingga suplemen yang dikonsumsi untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Adapun yang saya terapkan di keluarga, saya uraikan berikut ini ya!

5 Cara Menjaga Kesehatan Keluarga

5 hal penting yang saya perhatikan untuk menjaga kesehatan keluarga yaitu :

1. Asupan makanan bergizi dan seimbang

Hampir semua penyakit bersumber dari kesalahan mengonsumsi makanan yang tidak tepat dan tidak sehat. Oleh sebab itu, saya upayakan agar makan yang dihidangkan di rumah selalu memenuhi standar kesehatan, seperti bahan makanan yang mengandung protein seperti ikan, tahu tempe, telur, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. (Baca : 7 Tips agar anak mau makan sayur)

Kebutuhan nutrisi ini wajib dipenuhi, sebab anak-anak dimasa pertumbuhan kebutuhan gizinya cenderung lebih tinggi. Selain itu, sebisa mungkin memasak di rumah dan kalaupun makan diluar rumah lebih selektif memilih tempat makan yang terjamin kebersihannya dan taat protokol kesehatan. Karena situasi pandemi saat ini juga belum berakhir, sebisa mungkin makanan dibeli dan dibawa ke rumah saja.

2. Rutin berolahraga

Olahraga juga aspek yang jadi perhatian saya. Olahraga selain bagus bagi kesehatan tubuh juga bermanfaat untuk memperkuat bonding antar anggota keluarga. 

Kegiatan olahraga yang dilakukan keluarga saya juga tidak rumit dan murah seperti main badminton depan rumah, jogging mengelilingi komplek perumahan, sesekali pergi berenang bersama atau hanya jemuran depan rumah sambil ngobrol dengan anak-anak bahas apa saja yang terlintas dibenak kita pada saat itu. Cara menjaga kebugaran tubuh seperti itu cukup ampuh meskipun terlihat sederhana.

3. Kebersihan lingkungan rumah

Bersih pangkal sehat. Peribahasa itu tepat sekali. Lingkungan rumah yang bersih selain enak dipandang mata juga berperan penting dalam menjaga kesehatan penghuninya. 

Kami biasanya membersihkan kamar. dapur dan perkakas tiap minggu. Memastikan sirkulasi udara juga tidak luput diperhatikan. Anak-anak juga dilatih untuk menjaga kebersihan pribadi dengan menggosok gigi, mandi teratur dan bertanggungjawab dalam mencuci dan menyetrika baju sendiri. (Baca : Cara setrika baju dengan benar dan tanpa kusut)

4. Istirahat yang cukup

Agar kondisi tetap fit, mengatur jadwal tidur juga perlu. Karena mereka belajar di rumah, tidur siang kami sisipkan dikeseharian kami. Jam sebelas malam paling lambat tidur, gadget wajib dimatikan jam setengah belas malam kecuali kalau ada tugas yang deadline-nya mepet sesekali begadang bisa ditolerir. Jadi tidak selalu kaku seperti kanebo kering juga sih! (Baca : Cara atasi anak kecanduan gadget)

Gejala masuk angin pada anak dan orang dewasa
Foto : dok. Pribadi

5. Konsumsi suplemen yang tepat

Situasi seperti sekarang ini daya tahan tubuh sangat amat diperhatikan apalagi saat aktivitas lagi sibuk-sibuknya, mau tidak mau kebutuhan akan suplemen harus selalu tersedia dikotak penyimpanan obat. 

Jadi ingat mudik kemarin kami menggunakan kendaraan sendiri, suami sebagai supirnya. Agar perjalanan kami berjalan lancar, Antangin salah satu andalan saya buat menjaga kesehatan keluarga, selain khasiatnya yang mumpuni juga sangat praktis karena dikemas dalam bentuk sachetan, jadi mudah disimpan dalam tas. 

Alasan lain saya pilih Antangin karena terbuat dari bahan alami 100%, ada sertifikat halalnya dari MUI dan sudah terdaftar di POM sebagai salah satu obat herbal terstandar. (Baca : Cara Memilih Obat Herbal dan Kosmetik Tanpa Merkuri).

Ada 2 varian yang selalu saya stok yaitu Antangin JRG dan Antangin Habbatussauda. Kedua varian ini meskipun dikemas dalam bentuk sirup herbal namun punya kandungan bahan berbeda. Berikut ini saya tulis ya, supaya bisa sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Antangin JRG Syrup berkhasiat untuk meredakan gejala masuk angin seperti meriang, rasa mual, perut kembung, capek-capek dan pusing. Adapun komposisi bahannya :

  • Jahe 
  • Royal Jelly
  • Ginseng 
  • Daun Mint 
  • Daun Sembung 
  • Pala 
  • Kunyit 
  • Akar Manis Madu 

Sementara Antangin Habbatussauda adalah sirup herbal yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus meredakan gejala masuk angin seperti meriang, mual kembung, pegal-pegal, sakit kepala dan melegakan tenggorokan. Kandungan bahan terdiri dari :

  • Habbatussauda
  • Meniran
  • Jahe
  • Daun Sembung
  • Daun Mint 
  • Biji Pala
  • Kunir
  • Akar Manis
  • Madu

Lengkap banget ya, jadi gak perlu repot lagi buat jamu sendiri. Sirup herbal ini juga cocok untuk orang dewasa dan anak usia 6 - 12 tahun dengan dosis setengah orang dewasa. Bisa jadi pertolongan pertama meredakan gejala masuk angin pada orang dewasa maupun gejala masuk angin pada anak. So, pas banget buat kebutuhan jamu kami sekeluarga. 

Ternyata tidak saya saja, teman-teman juga bercerita kalau Antangin JRG dan Antangin Habbatussauda ini andalan mereka dalam menjaga kesehatan keluarga selama merayakan ramadhan dan lebaran alasannya sama seperti saya karena berkhasiat, aman, terpercaya dan praktis. Gimana nih dengan kalian? Samakah?

Oke deh, itu dia 5 cara menjaga kesehatan tubuh keluarga saya. Semoga bermanfaat ya!



4 komentar untuk "5 Cara Saya Menjaga Kesehatan Keluarga, Intip Siapa Tahu Cocok!"

  1. masuk angin adalah penyakit khusus yang ada di Indonesia.
    Yang hanya menyerang orang Indonesia saja juga kwkwkwkw
    dan obatnya adalah Antangin ye kan

    BalasHapus
  2. Antangen itu obat atau suplemen karna kandungannya bagus, yg udah ngoba juga banyak, asiatnya juga banyak kayaknya. Patut ni di coba

    BalasHapus
  3. Memang ibu adalah kendali yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan keluarga ya kak. dan saya juga sukanya yang herbal. Lebih alami dan minim efek samping.

    BalasHapus
  4. Antangin andalan saya banget nih sejak dulu, dari berupa tablet sampai sirup herbalnya, tambah lagi ada varian baru Antangin Habbatussauda yang rasanya sangat cocok buat saya, makin suka deh :)

    BalasHapus