Widget HTML #1

Sunscreen yang Bagus Untuk Semua jenis Kulit, Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen

Punya wajah sehat, glowing, lembap, mulus terawat pasti tidak jauh-jauh dari rangkaian skincare yang bagus. Salah salah produk skincare yang wajib digunakan adalah sunscreen. 

Suncreen adalah merupaka lotion yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang bisa menyerap ke dalam lapisan teratas kulit. Sunscreen biasanya melindungi kulit dari sinar UVB. 

Lalu seberapa penting sunscreen buat kulit wajah?

Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan di kulit terutama area wajah akan memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kulit keriput, kendur, pori-pori besar, kusam, flek hitam, kulit belang dan bahkan bisa terkena kanker kulit. 

Suncreen Yang Bagus Untuk Semua jenis Kulit
Foto : Dok. Pribadi

Manfaat Menggunakan Suncreen

Sebenarnya banyak yang masih awam terkait sunscreen bahkan sebagian mendengarnya saja belum pernah. Padahal fungsinya amat penting.

Lalu Sunscreen fungsinya untuk apa? Berikut 8 manfaat sunscreen buat kulit yaitu :

  • Melindungi kulit agar tidak terbakar

Paparan sinar UVB dari matahari bisa menyebabkan kulit kemerahan lalu menggelap dan akhirnya kulit terlihat kusam. Jadi diperlukan tabir surya untuk menangkal sinar UVB tersebut saat beraktivitas diluar.

  • Menjaga warna kulit agar tetap merata

Pacaran sinar matahari juga bisa menyebabkan warna kulit merata dan belang dibeberapa area wajah sehingga wajah menjadi tidak menarik. Dengan adanya sunscreen bisa menjaga mempertahankan warna kulit secara keseluruhan.

  • Memperkuat skin barrier

Pemakaian sunscreen secara rutin juga bisa memperkuat skin barrier yaitu lapisan luar kulit yang fungsinya memproteksi kulit. Sebagai pelindung di garda depan skin barrier rentan rusak. Salah satu caranya memakai tabir surya.

  • Mencegah munculnya flek hitam

Peningkatan produksi melanin setelah terpapar sinar ultraviolet bisa memnunculkan flek hitam di wajah, untuk mencegah itu terjadi oleskan sunscreen saat keluar rumah.

  • Mencegah dari risiko penuaan dini

Sinar UVB matahari juga bisa menyebabkan kulit kasar, kering dan memicu munculnya garis harus dan kerutan di wajah. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan makeup atau keluar ruangan oleskan sunscreen terlebih dahulu sebagai pelindung.  

  • Mencegah terjadinya komedo

Salah satu penyebab komedo adalah paparan sinar matahari. Khusus kulit yang mudah berjerawat seharusnya menggunakan sunscreen  yang cocok.

  • Mencegah resiko kanker kulit

Jika terpapar sinar UVB secara berlebihan, besar kemungkinan terkena sunburn yaitu rusaknya DNA sel kulit sehingga memicu terjadinya kanker kulit. Memakai sunscreen  secara rutin bisa meminimalisir dampak buruk tersebut.

  • Menjaga kulit tetap sehat dan kenyal

Sinar matahari yang berlebihan juga bisa menyebabkan rusaknya lapisan dermis kulit (elastin) dan serat kolagen akibatnya kulit tidak kenyal dan lembab. Sunscreen sebagai pelindung bisa membantu menjaga keelastisan kulit.

Cara Memilih Sunscreen yang Tepat  Bagi Kulit

Banyaknya jenis suncreen di pasaran dari berbagai brand terkadang membuat kita jadi bingung, mau milih yang mana? Kriteria mana sunscreen terbaik?

Setidaknya ada 6 kriteria sunscreen terbaik yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan memakainya. yaitu :

  • Jenis sunscreen
Sesuai dengan bahannya tabir surya bisa dibedakan dalam 2 jenis yaitu sunscreen kimiawi dan sunscreen mineral. Masing-masing punya efek yang berbeda pada kulit.
  • Bahan aktif yang terkandung
Kandungan bahan aktif yang ditambah pada sunscreen berbeda untuk setiap jenis kulit. Sunnscreen untuk kulit berminyak tentu berbeda untuk jenis kulit kombinasi. Oleh sebab itu kenali jenis kulitmu dan cari kandungan sesuai kebutuhan.
  • Tingkat kekentalan atau tekstur
Tektur sunscreen dikemas dalam beberapa seperti spray, gel, lotion, krim, powder dan stik. Masing-masing tektur ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit.
  • Sifat komedogenik
Perhatikan produk apakah berpotensi menyumbat pori-pori jika rentan berjerawat sebaiknya pilih yang sifatnya non komedogenik.
  • Besarnya Sun Protection Faktor (SPF)
Sunscreen yang dijual di pasaran memiliki tingkat besar SPF ada yang 15, 30, bahkan 50++. Pilih yang cocok sesuai dengan aktivitasmu. Semakin besar SPF semakin besar kemampuannya dalam menyaring sinar ultraviolet.

Berdasarkan penjelasan di atas, tentu semakin yakin untuk memakai sunscreen bukan? Kalau begitu kira-kira produk sunscreen yang bagus?

sunscreen wajah terbaik
Foto : Dok. Pribadi

Review Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen

Rekomendasi sunscreen yang bagus dan bisa dipertimbangkan adalah Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen. Kenapa? Apa yang membedakan dengan produk tabir surya lainnya?

Beberapa kelebihan sunscreen  5X Ceramide Serum. Sebagai berikut :

  1. Kandungan utamanya 5X Ceramide yang ampuh memperbaiki dan mengendalikan skin barrier yang rusak.
  2. Diperlengkapi UV Filter jenis terbaru hilangnya kelembaban kulit Tinosorb S/M yang telah dipatenkan oleh BASF Germany yang mampu melindungi kulit dari sinar UVA, UVB dan Blue Light dengan SPF 50+ PA++++ tanpa mengiritasi kulit.
  3. Teksturnya ringan dan cepat terserap seperti serum, tidak berminyak dan bikin lembap.
  4. Mengandung Hyaluronic Acid yang berfungsi untuk mengembalikan dan mengunci kelembaban pada kulit.
  5. Diformulasi bebas  dari Alkohol, Fragrance, Mineral Oil, Vegan Friendly (tidak mengandung bahan-bahan hewani), Cruelty Free (tidak diujicoba pada hewan) dan Paraben jadi cocok untuk kulit sensitif atau yang skin barriernya rusak

Kandungan bahan utama :

  1. 5X Ceramide → Mengembalikan sekaligus membentuk skin barrier serta mencegah hilangnya kelembaban kulit
  2. Tinosorb S/M → Jenis UV filter terbaru yang dipatenkan BASF Germany 
  3. Hyaluronic Acid → Mengembalikan dan mengunci kelembaban pada kulit 

Informasi tambahan lainnya :

  1. Terdaftar BPOM
  2. Aman digunakan untuk semua jenis kulit termasuk sensitif
  3. Mampu melembabkan hingga 8 jam pemakaian sepanjang hari
  4. Harga normal Rp. 116.000, ukuran 30 ml 

Bisa dibeli melalui Offline Store skintific.indo di Shopee.

Cara memakai :

Gunakan sebagai tahap akhir skincare (last step), oleskan tipis secara merata ke kulit wajah. dapat diulang kembali setiap 3 - 4 jam sesuai kebutuhan.

Kesan selama memakai Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen

Sebelumnya saya sudah memakai sunscreen dari produk lain tapi setelah menggunakan beberapa saat, saya memilih untuk menghentikannya. Alasannya, setelah menggunakannya benar-benar bikin tidak nyaman, wajah jadi berminyak dan terasa kaku. Memang sunscreen tersebut berbentuk krim.

Beda halnya dengan Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen yang terasa ringan saat dioleskan di wajah. Sepanjang hari wajah terasa lembab dan kenyal meskipun sudah terpapar sinar matahari saat saya beraktivitas di luar. Ruam merah yang biasanya muncul juga tidak kelihatan lagi. Sepertinya saya mulai naksir dengan produk yang satu ini.

Kemasannya yang praktis juga salah satu daya tarik, mudah dibawa atau ditaruh dalam tas kecil tanpa takut tumpah atau luber saat dituang ke tangan atau wajah. Dan satu lagi, kandungan SPF 50+ PA++++ yang besar bikin hati jadi nyaman meski lama berada diluar ruangan.

Itulah beberapa ulasan saya tentang pentingnya memakai tabir surya sekaligus rekomendasi sunscreen yang tepat yang bisa kalian coba. Kalau ingin memiliki wajah sehat, segar dan terawat tolong abaikan sunscreen dalam rangkaian skincare kalian ya!




 

 


2 komentar untuk "Sunscreen yang Bagus Untuk Semua jenis Kulit, Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen"

Comment Author Avatar
Sunscreen dari Skintific ini kandungannya bagus dan lengkap, rasanya cocok nih buat kulit saya, bisa sekalian melembabkan juga :)
Comment Author Avatar
Sunscreen dari Skintific ini kandungannya bagus dan lengkap, rasanya cocok nih buat kulit saya, bisa sekalian melembabkan juga :)

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!