Widget HTML #1

Resep Dessert Simple Tanpa Oven Tanpa Mixer Pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi , Cobain Yuk!

Pembatasan akibat pandemi Covid 19 beberapa waktu lalu, ada kebiasaan positif yang keluarga kami dapatkan, salah satunya sebisa mungkin hanya mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri. Bahkan, anak-anak sudah mulai familiar dengan peralatan memasak dan paham dengan beberapa bahan makanan termasuk bahan-bahan makanan untuk cemilan sekaligus cara membuatnya. Benar ya, bahwa dibalik setiap peristiwa ada hikmat yang dapat dipetik.

Nah, rupanya kebiasaan baik itu terus dilakukan meskipun saat ini kondisi sudah mulai normal kembali, jadi tidak heran ketika kita sekeluarga ke mall dan melewati etalase toko kue yang menyajikan aneka cake dan dessert, mereka tidak begitu tertarik untuk membelinya, malah si bungsu berbisik ke saya untuk membuat saja di rumah, katanya lebih hemat dan porsinya banyak. Hahaha

Kreasi resep Tiga Sapi
Foto : Dok. Pribadi

Saya hanya tersenyum saja dan berpikir ada benarnya juga sih! Karena alasan lebih hemat dan lebih banyak, saya sepakat dengan anak-anak untuk membuat dessert. Resepnya juga terinspirasi salah satu resep video di tiktok. 

Kreasi resep Tiga Sapi : Dessert Gelas dengan Susu Evaporasi

Cara membuat dessert-nya sangat mudah, sederhana tidak ribet karena tanpa mixer dan tanpa oven serta tanpa whipped cream namun rasanya tetap enak dan coklatnya lumer di mulut. Dijamin bakalan ketagihan deh! Berikut saya bagikan bahan dan cara membuatnya ya! Oh ya, biasanya kalau bicara dessert pasti yang kebayang adalah dessert box namun kali ini karena untuk konsumsi pribadi saya sajikan dalam wadah gelas saja. 

Berikut bahan-bahan yang digunakan, semua bisa dibeli di mini market atau warung dekat rumah.

Dessert Gelas Dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi 

Lapisan 1 - Kukis crust :

  • 1 bungkus cookies 
  • 2-3 sdm butter margarin 

Lapisan 2 - Puding Kukis :

  • 200 ml Tiga Sapi Susu Evaporasi
  • 200 ml air matang
  • 3 sdm gula pasir 
  • 2 sdm maizena 
  • 1,5 sdt Agar-agar plain
  • 7 keping biskuit  potong kecil

Tiga Sapi Susu Evaporasi
Foto : Dok. Pribadi
Lapisan 3 - Coklat Ganache :

Cara Membuat

  1. Hancurkan kukis dengan sedikit bertekstur, campur dengan margarin cair. Lalu, diaduk rata. Tuangkan ke gelas secukupnya.
  2. Lapisan pudding : siapkan panci lalu masukkan semua bahan lapisan 2, kecuali potongan kukis. Aduk perlahan adonan di atas kompor dengan api kecil. Masak hingga matang, kental dan meletup-letup. Tuang di gelas saji lapisan atas kukis cruch sebelumnya. lalu masukan potongan kukis.
  3. Lapisan coklat ganache : Semua bahan campur dan di masak sama seperti lapisan ke 2 . Setelah matang tuang ke atas lapisan pudding.
  4. Setelah agak dingin tambahkan potongan kukis sebagai topping.
  5. Simpan dalam kulkas, setelah dingin, siap untuk dinikmati bersama keluarga.
Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis
Foto : Dok. Pribadi 

Tips : Sebaiknya dimakan 3 lapis sekaligus agar nikmatnya lebih terasa sebab setiap lapisan punya rasa berbeda.

Oh ya, untuk bahan susu evaporasi sengaja saya pilih brand Tiga Sapi. Tentu saja ada alasannya loh! Selain ikut serta dalam Challenge Cerita Tiga Sapi dalam rangka tantangan kreasi resep Tiga Sapi, juga produk ini banyak manfaat.  Berikut saya bagikan keunggulan produk yang satu ini ya!

Mari Kenalan dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis

Brand yang satu ini sudah dikenal sejak lama dimana Tiga Sapi praktis dan ekonomis, harganya sangat terjangkau dan tetap berkualitas. Tidak heran sih, karena diproduksi oleh PT. Indolakto di bawah naungan Indofood Nutrition yang terkenal sebagai produsen berbagai makanan dan minuman di Indonesia.

Beda susu evaporasi dengan kental manis

Susu evaporasi adalah susu sapi segar yang diproses dengan merebus secara perlahan di api kecil hingga kandungan airnya menguap sekitar 60 persen. Kemudian di homogenisasi dan disterilkan lalu dikemas. Setelah kadar air menguap, tekstur menjadi agak kental, lembut dan rasanya gurih.

Sedangkan, kental manis adalah susu segar yang diproses mirip dengan susu evaporasi tapi dengan penambahan gula. Jadi teksturnya kental dan rasanya manis.

Dari rekomendasi beberapa teman menyarankan untuk menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi karena punya banyak manfaat : 

  1. Bisa digunakan sebagai bahan makanan dan pelengkap aneka minuman seperti Thai Tea, campuran kopi juga nikmat untuk bahan makanan seperti roti, soto, kue, dessert, roti atau pengganti santan untuk makanan berkuah lainnya.
  2. Mengandung kalsium yang baik untuk tulang karena salah satu bahannya yaitu susu.
  3. Rasa gurih, creamy-nya pas, lebih enak dengan kadar lemak rendah, sangat baik untuk kesehatan apalagi yang ingin makan makanan creamy tapi takut kolesterol naik, susu evaporasi ini bisa sebagai pengganti.
  4. Sangat praktis dan higienis karena dikemas dalam kemasan kotak dengan tutup ulir pertama di Indonesia, mudah ditutup kembali jadi tidak khawatir tumpah atau basi jika produk bersisa saat digunakan.
  5. Harga lebih hemat dan isi lebih banyak dengan 500 gr berat bersih, jadi puas banget saat mencoba berbagai kreasi resep Tiga Sapi tidak bakalan takut kekurangan bahan.
Challenge Cerita Tiga Sapi
Foto : Dok. Pribadi 

Sementara Tiga Sapi Kental Manis dikemas dalam wadah kaleng jadi lebih praktis dan ekonomis. Biasa digunakan untuk campuran dan pelengkap minuman dan makanan manis. Bisa dicampur pada kopi, susu, dan minuman kekinian seperti Boba milk tea, matcha latte, pudding, aneka cake,  kue-kue tradisional makanan atau sebagai topping makanan dan minuman.

Tiga Sapi Kental Manis mengandung zat gizi mikro seperti vitamin A, B1, B2, B12, D3 serta mineral seperti kalsium, fosfor, kalium dan seng. Kental manis bisa dikonsumsi untuk segala usia kecuali anak usia dibawah 12 bulan.

Kedua produk bisa dibeli di warung, swalayan maupun e-commerce dengan kisaran harga sekitar 10.000 -14.000 Rupiah. Menurut saya, kental manis dan susu evaporasi dari Tiga Sapi praktis dan ekonomis dan wajib masuk daftar stok belanja kebutuhan makanan di rumah.

Oh ya, saat ini juga sedang berlangsung Challenge Cerita Tiga Sapi berupa kompetisi foto Cerita Tiga Sapi di Official Instagram Tiga Sapi, periode 9 - 30 September 2022. Buat kreasi resep Tiga Sapi favorit  kalian sertakan hashtag #ceritatigasapi dan follow Facebook Fanpage Tiga Sapi. Ada hadiahnya loh! Saldo OVO/Gopay total Rp. 5.000.000.- Yuk, kita ikut ramekan.


29 komentar untuk "Resep Dessert Simple Tanpa Oven Tanpa Mixer Pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi , Cobain Yuk!"

Comment Author Avatar
Kak, untuk masak dessert gelas ini butuh waktu berapa jam?
Comment Author Avatar
Gak lama kak Vicky gak sampai setengah jam
Comment Author Avatar
Wah, ini sih enak sekali, Mbak. Apalagi disantap saat cuaca sangat puaaaaanasss poll seperti sekarang ini. Bikinnya mudah lagi. Tidak ribet harus dimixer atau dioven.
Comment Author Avatar
Makasih banyak pujiannya Mas, ya buatnya gampang banget
Comment Author Avatar
Baca cara bikinnya lumayan simple ya, ga butuh waktu lama pula. Must try di rumah nih, kayanya anak-anak bakal suka
Comment Author Avatar
Mbaaak aku penge nyomot satu gelas dessertnya
Udah kebayang pasti segar banget itu
Duh ngiler banget. Apalagi pakai tiga sapi, pasti makin enak
Comment Author Avatar
Kalau lagi badmood makan yg manis-manis bisa bikin good mood seketika kayaknya nih mba, apalagi dessert glass yang dibuat dengan bahan dasar Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis.
Comment Author Avatar
Ini sih mantep bgt, cocok untuk disantap siang2, terutama karena cuaca sedang panas. Dari jam 9 sudah terik. Punya beberapa gelas dessert ini di kulkas pasti membuat happy.
Comment Author Avatar
Dessert-nya menggiurkan, mudah dibuat tanpa mixer pula.
Siap mencari produk Tiga Sapi untuk eksekusi resep dessert-nya di rumah.
Makasih sudah berbagi kak.
Comment Author Avatar
aahh praktis dan simple banget yaa, minim peralatan juga, jadi bikin dessert ga pake ribet
Comment Author Avatar
Waktu beli pisang goreng manis, daku melihat Abang penjualnya pakai tiga sapi juga, dan iya rasanya enak
Comment Author Avatar
ih manis-mains menggoda nih, paling jadi favorit deh :) praktis juga ya bikinnya gak perlu ngebake :) apalagi pake susu tiga sapi
Comment Author Avatar
Wah bisa di recook nih, simple banget
Tanpa mixer, tanpa oven
Aku jadi bisa nyoba
Comment Author Avatar
Pas banget lagi cari ide cemilan yang simple buat anak2. Jadi tertarik dengan resep yang dibagikan di atas. Pengen coba ah. Apalagi pake Tiga Sapi susu evaporasi pasti yummy rasanya
Comment Author Avatar
Resepnya terlihat enak sekali, cara buatnya juga mudah banget ya, bisa banget nih coba buat bareng sama anakku. Satset banget nih..
Comment Author Avatar
Hwaaaa mauuu kalau ngga pake oven nggapake mixer karena dua duanya ngga punya wkwkw. ikutan resepnya yaa mbaa, bisa buat camilan anak2 soree-sore nihh
Comment Author Avatar
Resepnya sangat mudah di praktekkan, duhh ngiler jadi pengeen apalagi pakai susu cap tiga sapi. (Gusti yeni)
Comment Author Avatar
Betul banget, di setiap kesulitan yang timbul, pasti akan selalu ada hikmah. Dengan adanya Corona, manusia disuruh pada di rumah, dekat dengan keluarga, salah satunya mengonsumsi makanan di rumah.

Saya udah sering banget baca review soal susu Tiga Sapi Kental Manis, bisa dikreasikan sesuka hati. Jadi penasaran pengen juga nyobain menu olahan dari Tiga Sapi ini. BTW, kenapa sapinya cuma tiga, kan kalau berempat, bisa main gaple, hehehehe
Comment Author Avatar
Wah, enak ini
Aku jadi pengen coba recook di rumah
Cara membuatnya simple, bahannya mudah didapat
Tanpa mixer tanpa oven
Comment Author Avatar
setuju nih ama si Bungsu, kalau buat sendiri di rumah porsi bisa jadi lebih banyak, boleh nambah, lebih hemat dong ya meski setelah bebikinan bakalan rempong cuci-cuci peralatannya hihih
jadi pengen coba juga nih dessert simplenya, apalagi tanpa oven dan mixer, anak-anak pasti doyan ini mah karena coklat
Comment Author Avatar
duh tergoda aku sama yang manis-mains gini :) bikinnya juga mudah ya ternyata, apalagi pakai susu tiga sapi pasti rasanya lebih manis legit
Comment Author Avatar
aaaaahh mauuu. aku penyuka cokelat dan pengin cobain dessertnya. kalau aku bikin sendiri ngikutin resep kakak bakal berhasil gak ya wkwkwk soalnya aku gak jago masak
Comment Author Avatar
jadi praktis banget yaa buat menu dessert yang gampang ini.. jadi pengen cobain deh sesuai arahan resepnya.
Comment Author Avatar
Jadi pengen buat deh, secara stepnya gampang dan gak butuh waktu lama lagi bikinnya ya mak
Comment Author Avatar
Resepnya bener-bener simple. Bahannya juga mudah didapat dimana-mana. Pengen coba buat ahhh..
Comment Author Avatar
Oo kak kalo ini beneran bikin ngences lah kak. Pas pula habis makan siang. Butuh pencuci mulut maknyus kek kreasi tiga sapi evaporasi ini. Resepnya mudah juga. Cusss kita bikin
Comment Author Avatar
Aahh bisa jadi inspirasi cemilan anakku nihhh, makasih resepnya buk Ani
Ngomongin soal tiga sapi, ini termasuk merk legend, biasanya campuran minum teh susu hihihi, dari zaman aku kecik, umiku buka warung sembako sudah ada ini tiga sapi,
Bertahan sampai sekarang yaa 😍
Comment Author Avatar
Ka, bisa pinjam dapurnya
Hahahahaha

Dilema anak kost, pengen masak tapi bisanya makan doank.
Eh gimana....
😁😁😁
Comment Author Avatar
Cantik ya dessert gelasnya, tanpa oven dan tanpa mixer pula ya, boleh juga dicoba nih. Emang apa-apa tuh kl dipakein Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis, jd endul.

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!