Widget HTML #1

Peran Logistik Untuk Meningkatkan Bisnis Online Shop

Seiring dengan perkembangan informasi dan teknologi, bisnis E-commerce semakin populer akhir-akhir ini  Semakin banyaknya bisnis-bisnis online baik dalam skala besar, menengah bahkan rumahan tumbuh bagaikan jamur di musim hujan. Kondisi ini turut berdampak pula pada peningkatan permintaan pengiriman barang antar berbagai daerah. Jasa logistik dan ekspedisi solusi agar transaksi jual beli barang bisa segera sampai ke tangan konsumen. Maka tidak heran jika industri jasa yang satu ini naik signikan selama beberapa tahun belakangan ini dan bahkan semakin meningkat di masa depan.

jualan online hotwheels yang bagus
Foto : dok.pribadi

Bicara soal layanan pengiriman barang atau paket, saat ini sudah banyak jasa pengiriman yang melayani baik dalam jumlah besar atau kecil. Situasi ini sangat membantu penjual maupun pembeli dalam melakukan transaksi. Sebagai seorang yang punya usaha jualan online diecast, menggunakan jasa ekspedisi sudah sangat akrab bagi saya. Minimal sekali dalam sehari kurir akan datang menjemput paket ke rumah. Untuk pesanan dalam partai kecil saya biasanya pakai layanan  Express sedangkan untuk paket besar dan berat saya akan pilih cargo karena lebih praktis dan hemat. Memilih cargo murah tentu saja pertimbangan utama. 

Salah satu layanan cargo pilihan saya adalah J&T Cargo. Bukan tanpa alasan saya lebih memilih cargo ini karena beberapa keunggulan. Berikut ini saya akan uraikan beberapa kelebihan J&T Cargo.

Beberapa keunggulan J&T Cargo

Seperti saya sebut sebelumnya bahwa untuk mengiriman barang dalam partai besar dan berat, cargo merupakan pilihan saya dan J&T Cargo salah satu jasa kirim barang favorit saya. 

Adapun alasannya adalah berikut ini!

1. Cakupan daerah jangkauan yang luas  

Karena saya kebanyakan menjual secara online jadi target konsumen saya kebanyakan dari berbagai daerah. Nah, senangnya J&T Cargo dapat melayani kebutuhan tersebut sehingga proses jual beli saya lancar dan ini berpengaruh besar pada omset pendapatan saya.

2.  Pilihan produk layanan kirim sesuai kebutuhan

Karena volume pesanan produk tidak selalu sama namun tetap ukurannya lebih besar daripada biasanya, di J&T Cargo bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Ada 3 produk layanan kirim yang tersedia yaitu kargo kecil, kargo standar dan layanan SLA. Biasanya untuk pengiriman barang saya lebih sering menggunakan layanan SLA. Dengan layanan ini saya bisa gunakan fitur tracking J&T Cargo untuk memantau posisi paket setiap saat.

jnt cargo cek resi
Foto : dok.pribadi

3. Lebih praktis dan mudah

Sistem pemesan  layanan di J&T Cargo juga sangat memuaskan. Bisa secara langsung dengan mengantarkan barang ke outlet J&T Cargo terdekat atau bila belum tahu alamat outlet bisa melacak melalui menu pencarian di website mereka.  Di sini juga kita bisa meminta untuk di-packing oleh pihak J&T Cargo tentu saja dengan penambahan biaya yang sesuai. 

Jika ingin menggunakan jasa layanan antar jemput ke rumah  juga ada. Misalnya saat saya mau kirim barang ke konsumen di luar kota. Produknya saya packing di rumah lalu saya buat pemesanan melalui website jtcargo.id dan tidak berapa lama resi keluar. Resi yang ada di cetak dan ditempelkan ke paket yang hendak dikirim. Setelahnya tinggal menunggu produk dijemput oleh pihak J&T Cargo terdekat. Sangat simple.

j&t cargo tarif
Foto : dok.pribadi

4. Biaya yang lebih murah

Menggunakan jasa cargo jauh lebih murah dibanding layanan pengiriman lainnya. Selain biayanya lebih murah juga bisa dengan ukuran volume yang besar. Secara khusus  cara menghitung volume paket J&T dengan sistem volumetrik yakni (panjang x lebar x tinggi) X 1kg/5000.

Untuk mengecek J&T Cargo tarif bisa langsung melalui website melalui pencarian di menu cek ongkir. Selain itu kemudahan lainnya baik si penjual maupun si pembeli bisa sama-sama cek resi J&T Cargo di website atau di aplikasi sekaligus melacak keberadaan pakat di menu J&T Cargo tracking. 

Masih banyak keunggulan  layanan yang ditawarkan seperti asuransi barang untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun yang paling saya secara pribadi suka adanya layanan J&T cargo tracking yang bikin hati aman dan konsumen juga senang.

jnt cargo medan
Foto : dok.pribadi
Karena saya jual produk diecast dalam bentuk retail kebanyakan orderan dibawah 5 kg biasanya saya pakai Express, tapi sesekali juga ada orderan dalam volume besar. Sebagai penjual tentu saja ingin dapat profit yang besar, jadi salah satu cara saya dengan menghemat biaya yang dikeluarkan misalnya biaya pengiriman.

Setelah saya check dan cross check, ternyata ekspedisi J&T Cargo lebih rekomen sebagai ekspedisi pengiriman paket besar karena harga yang murah sampai 50%, soal pengiriman paket tepat waktu serta jangkauannya luas.

Dengan pertimbangan tersebut, akhirnya saya memilih J&T Cargo sebagai ekspedisi pengiriman paket besar saya. Sejauh ini, sepengalaman saya dari segi biaya sudah oke, waktu dan keamanan produk juga cukup memuaskan.

Ya, itulah beberapa hal yang menurut saya mengapa J&T Cargo salah satu pilihan yang layak digunakan dalam pengiriman barang dalam jumlah besar baik untuk kepentingan bisnis atau juga kebutuhan lainnya.


15 komentar untuk "Peran Logistik Untuk Meningkatkan Bisnis Online Shop"

Comment Author Avatar
expedisi berperan besar untuk perkembangan online shop, apalagi waktu pandemi beberapa tahun lalu, sepertinya expedisi rame banget dan mungkin sampai kewalahan. Biasanya pas mau hari raya, expedisi pasti ramai.

pengen punya usaha online, dan juga bisa cobain untuk "kerjasama" dengan J&T cargo juga
Comment Author Avatar
Zaman sekarang tuh mau ngirim-ngirim mudah banget ya, apalagi dengan kehadiran J&T cargo yang memudahkan kita mengirim paket dengan ukuran gede.
Jadi makin memudahkan untuk semua orang yang berbisnis online
Comment Author Avatar
Pertama kali pakai jasa J&T karena dekat rumah
Ternyata pelayanannya sangat bagus
Tepat waktu bahkan sering lebih cepat, biaya nya pun sangat terjangkau
Comment Author Avatar
memiliki usaha online pasti banyak aspek yang harus dipersiapkan matang supaya menunjang hasil terbaik usaha. salah satunya pemilihan partner ekspedisi yang cepat dan amanah.
Comment Author Avatar
Benar sekali, Mbak. Logistik ini jadi pendukung penting meningkatkan bisnis online shop. Kalau pengiriman lancar, jadi cepat sampai juga ke konsumen. Akhirnya mereka senang, dan belanja kembali.
Comment Author Avatar
Bisnis online shop jadi terbantu dengan jasa pengiriman yang andalan ini.
Karena kemanapun pengirimannya bisa di tracking dengan mudah
Comment Author Avatar
J & T Cargo belum pernah mencoba nih, pas banget ini untuk mendukung usaha, apalagi menejlang ramadhan dan lebaran
Comment Author Avatar
Ini penting banget dalam sebuah ekspedisi, selain harga juga daerah yang bisa menjangkau.
Karena aku pernah nemu kargo murmer, tapi gak dianter sampai rumah pengirimnya. Jadi kudu ke pool dulu.
Kan sedih ya..

Comment Author Avatar
Keren ya... Logistik memanf merupakan aspek penting dalam proses pengiriman barang dari penjual ke pembeli, yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan reputasi bisnis online shop tersebut.
Comment Author Avatar
Bagi pengusaha online shop, jasa pengiriman itu berperan penting ya mbak
Kalau ada yg butuh kirim dalam jumlah besar, emang enaknya pakai J&T Cargo ya
Comment Author Avatar
akhirnya menemukan artikel bab pengiriman cargo lewat JnT. Dekat rumah ada JnT Cargo, next bakal kesana ah. Kalau mau kirim sampah jadinya enggak bingung lagi.
Comment Author Avatar
Akhirnya J&T punya layanan kargo juga. Dulu pas jaman awal-awal aku merintis online shop belum ada. Seneng banget sih dengan adanya layanan kargo jadi nggak was-was lagi kalau mau kirim paket yang besar.
Comment Author Avatar
Salahsatu ekspedisi terdekat di tempat tinggalku, apalagi banyak pilihan pengiriman yg diinginkan sesuai kebutuhan juga
Apalagi untuk pelaku bisnis nih ya, menjelang bulan puasa dan hari raya bakalan lebih ramai lagi nih pasti orderannya
Comment Author Avatar
Emang J&T Cargo pilihan yang tepat untuk kirim paket ukuran besar ya kak. Apalagi biayanya lebih hamat. ngebantu banget pastinya bagi konsumen.
Comment Author Avatar
J&T Cargo jadi pilihan kalau kirim paket besar. Lebih ekonomis dan aman ya.. udah gitu tempatnya juga dekat dari rumah

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!