Widget HTML #1

Mau Liburan ke Medan? Yuk, Kenalan dengan 7 Transportasi di Medan yang Siap Mengantarmu beserta Tips!

Hi, Sobat Bloggers!

Ini Medan Bung!
Itulah slogan khas kota Medan. Medan adalah salah satu kota metropolitan di Indonesia yang semakin hari terus berbenah. Ibarat, seorang gadis yang beranjak dewasa,  terus  memoles dirinya semakin cantik, agar indah dipandang mata. (Suit..suit...suit! 😉).

Adakah rencana berkunjung dan keliling kota Medan? Aku ingin berbagi informasi kendaraan umum atau transportasi agar kegiatan kamu selama di Medan lancar dan menyenangkan.

Sebagai salah satu warga Medan, aku  senang tinggal di sini. Mengapa? Jika kota lain ramai dengan MAAF! kisah intoleransi, di Medan sangat jarang tersiar kabar akan hal itu. 

Di sini, kita masih bisa bertegur sapa atau sekedar menanyakan alamat dengan orang yang tidak dikenal, mereka akan menjawab dengan sopan dan bersahabat. So, jauhkan di benakmu, Medan yang kasar ya!

Kalau volume suara agak tinggi dan ceplas-ceplos, itu, dialek saja lho! Pada dasarnya, kami baik hati dan baik budi, ramah dan suka  membantu, bukankah begitu Eda, Ito ? (FYI, eda/Ito, sapaan kepada perempuan/laki-laki Batak yang sudah dewasa). Jadi, Don’t judge the book by its cover, right?

Ok, kembali ke laptop! 😂

Berikut ini, 7 jenis transportasi yang bisa kamu pilih  untuk mengantarmu menjelajahi kota Medan tercinta.

Angkutan/kendaraan umum di kota Medan - Angkot / sudako
Foto : Djangki.com
1. Angkutan Kota (Angkot)
Sebuah transportasi umum dengan rute yang sudah tertentu dan dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja. Di Medan juga dikenal dengan sebutan Sudako. Tarif ongkos biasanya sudah tertentu, sesuai dengan jarak tempuh yang dilalui. Saran, sebelum naik pastikan nomor trayek sesuai dengan tujuanmu,  agar tidak kesasar ya?
Angkutan/kendaraan umum di kota Medan - Becak Motor (Betor)
Foto : Geotimes.co.id
2. Becak Motor (Betor)
Kendaraan roda tiga yang dipadukan dengan sepeda motor ini sangat mudah ditemukan di seluruh penjuru Kota Medan. Tarifnya juga kompetitif. Saran, sebaiknya pintar menawar ya, agar ongkosnya lebih murah dari yang diajukan abang becak.

Angkutan/kendaraan umum di kota Medan - Becak dayung
Foto : Premierholiday.co.id
3. Becak Dayung
Becak Dayung ini, seratus persen menggunakan tenaga manusia untuk beroperasi. Beberapa bulan ini, saya jarang melihat becak ini, bisa jadi tergerus oleh perkembangan transportasi modern. Tapi mungkin di beberapa pasar tradisional dan tempat wisata masih ada. Ya, seperti betor, tarifnya juga bisa ditawar.

Angkutan/kendaraan umum di kota Medan - Taksi online, Grabcar, Goride, Bluebird
Foto : Marketeers
4. Taksi Online dan Konvensional
Tergantung pilihanmu, kamu lebih memilih yang mana? Ada Grabcar, Go-car, Bluebird, dan sejenisnya. Lebih praktis dan nyaman, apalagi cuaca panas di Medan akhir-akhir ini. Mereka akan menjemput bahkan dari depan tempat tinggalmu hingga ke tujuan.

Angkutan/kendaraan umum di kota Medan - Gojek online, grabbike, goride
Foto : Merdeka.com

5. Gojek Online
Hampir semua kota, sudah ada moda transportasi ini. Di Medan ada 2 yang terkenal Go-ride dan Grabbike. Kalau kamu sendirian, ini jauh lebih praktis, karena bisa mengantar ke tujuan lebih cepat  dan alternatif menghindari macet.

Angkutan/kendaraan umum di kota Medan - Kereta api railink Kualanamu
Foto : Nasional.republika.co.id

6. Kereta Api Railink
Layanan ini terbatas, hanya melayani penumpang dari Bandara Kualanamu - Stasiun Kota Medan, dan sebaliknya. Untuk  tarifnya  tertera di website bersangkutan.

Angkutan/kendaraan umum di kota Medan - Mobil Rental
foto : Olx.co.id

7. Mobil Rental
Jika kamu berencana agak lama di kota Medan, kamu bisa juga merental mobil, tarifnya biasanya berkisar Rp 250.000 - Rp. 400.000 /hari untuk lepas kunci dan kalau mau menggunakan supir pribadi tambah Rp150.000 - Rp.250.000/ hari. Tentu saja, ada persyaratan yang wajib dilengkapi. Untuk informasi tempat rental bisa di lihat di iklan koran atau online setempat atau bisa hubungi aku juga lho! 😉

Angkutan/kendaraan umum di kota Jakara -  MRT / Ratangga
Foto : Brilio

8. MRT (Mass Rapid Transit)
“Apa? Medan sudah punya MRT? Apa aku kupdet?” seru kamu menatap wajahku dengan heran, mata melotot dan tapak tangan menutup mulut. Sedang membayangkan reaksimu, begitu mendengar Medan punya MRT. Jakarta, ibukota negara saja baru ada, kok, bisa-bisanya Medan punya duluan tanpa terekspos beritanya. Hihihihi 🤣🤣🤣

Tenang! Aku sedang berandai-andai saja. Aku sendiri juga berpikir apakah keberadaan MRT urgen bagi masyarakat kota Medan saat ini? Entahlah…
Tapi, penasaran, kan? Bagaimana pengalaman pertama sebagai users  MRT di Jakarta yang heboh itu, cus yuk ke Sobatku Steffy yang mau berbagi cerita! Di sini ya ceritanya!

Duh! Masih belum bosan kan dengan ceritaku? 

Aku juga akan bagi tips saat memilih kendaraan umum di Medan, berikut ini, ya :

  • Jangann malu menanyakan arah rute angkot ke supir sebelum memutuskan naik, agar tidak kesasar ya. Ingat! Malu bertanya sesat di jalan.
  • Menawar itu bukan berarti kamu tidak berperasaan, ongkos yang wajar itu perlu. Kalau mau memberi tip juga lebih baik lagi.
  • Untuk layanan online, siapkan aplikasi di gawaimu, pastikan nomor hp yang bisa dihubungi, dan alamat yang jelas. Kasihan Abang drivernya, mereka bisa kebingungan menghubungimu. Secara, tarif mereka itu sudah sangat-sangat manusiawi banget! Hiks! Gak tega!
  • Pilih jenis transportasi sesuai isi dompet. Jangan sampai ngutang atau pura-pura lupa ketinggalan dompet ke drivernya. Ihh, hiperbola banget, ya? Tapi, memang ada cerita seperti itu, lho!
  • Senantiasa waspada, karena kejahatan dan kejadian tidak terduga bisa datang kapan saja. Jadi, jaga barang dan keselamatan pribadi.
  • Selalu ramah, sopan dan tersenyum! Agar mereka mengantarmu dengan perasaan riang gembira tanpa kesal.


Begitulah, sekilas alternatif transportasi di Medan dan tips saat memilih kendaraan umum. 
Selamat datang di kota Medan tercinta!

Horas! Ya'ahowu! Mejuah-juah!

29 komentar untuk "Mau Liburan ke Medan? Yuk, Kenalan dengan 7 Transportasi di Medan yang Siap Mengantarmu beserta Tips! "

Comment Author Avatar
Hihihihi kak yanti, membuat awak rindulahh dengan bajaj atau bemo di Medan.

Trus kalo betor zaman dulu, suaranya bising x.
Beda sama betor yang sekarang. Hehehehehe
Comment Author Avatar
Betul.. Betor jadul suaranya keras kali. Awak dah minggir, dia blom lewat2 juga..

Hihihi
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Wah Medan! masih penasaran nih sama kota satu ini. Dulu ke Medan cuma mampir sebentar pas transit mau ke Aceh. Btw, itu becak motornya bagus, ya. kan mupeng jadinya, hihihi
Comment Author Avatar
Disana Ada bentor juga, ya? Klo di Jawa, bentor adanya hanya di daerah pesisir laut, jadi fungsinya untuk ngangkutin ikan Hasil tangkapan nelayan aja.
Comment Author Avatar
wih kirain beneran udah ada MRT, hehe. Semoga disegerakan ya mba ada MRT di medan, hehe. Saya penasaran dengan becak dayung. Soalnya di jakarta becaknya beda enggak begitu, jadi kepengin juga nih ke medan naik becak dayung, hihi.
Comment Author Avatar
Saya paling suka naik bentor kalau di jawa. Anak anak juga senang. Di bogor nggak ada bentor. Adanya becak yang digowes. Suka nggak tega kalau naik becak ini. Hihi
Comment Author Avatar
lebih banyak sarana transportasinya ketimbang bengkulu ya. disini ojek online aja harus umpet2an. Ketemu sama angkot bisa berabe adu jotos iya hahaha karena mereka menolak adanya ojek online secara besar2an.
Comment Author Avatar
Saya ke Medan tahun 2009. Sepertinya sudah berubah jauh ya.
Comment Author Avatar
Hampir saja saya iri bin cemburu Mbak ahahaha...

Kok Medan sudah punya MRT, Makassar belum sih.

Betewe, makasih infonya loh.
Comment Author Avatar
Hampir saja saya iri bin cemburu Mbak ahahaha...

Kok Medan sudah punya MRT, Makassar belum sih.

Betewe, makasih infonya loh.
Comment Author Avatar
Wow, infonya oke banget, bisa buat referensi kalau melancong ke Medan nih...
Comment Author Avatar
Kalau ditempat saya angkotnya warna oranye, mbak yanti. Cuma jumlahnya sudah mulai berkurang karena ojol sudah merambah kota kami yang padahal termasuk pinggiran.
Pengen nyoba naik bentor. Belum pernah nih
Comment Author Avatar
Di Medan masih ada becak motor ya? Kalau di Bandung udah jaraaang sekali ada becak.
Comment Author Avatar
Kalau di daerahku, sudako ini disebut mobilku kak, alias mobilkuning hahaha
Comment Author Avatar
Medan sudah ada duluan MRT koq namanya Medan Raya Tour kak yg L300 itu hehehe, btw saya suka kali dulu naik bentor tapi karena skrg bentor suka ada yg ugal ugalan jadi takot naiknya
Comment Author Avatar
Koq aq pengen x org di medan semua naik sepeda. Nti sampe tpt kerja naik MRT atau kereta. Biar ga macet ama bising aja sih
Comment Author Avatar
Yang no 1. Memorable banget. Udah jarang kali kliatan . Padahal zaman sekolah tiap hari naik itu
Comment Author Avatar
Yang no 1. Memorable banget. Udah jarang kali kliatan . Padahal zaman sekolah tiap hari naik itu
Comment Author Avatar
Setiap harinya Gacil ya naik angkot kak... Kalau gak ojol. Favorit deh
Comment Author Avatar
Masih belum pernah nyoba angkot medan selama empat tahun di sini..
Comment Author Avatar
Sudah dipastikan kalau aku kesampaian ke Medan, akunakan puas-puasin naik ... betor dan becak dayungnya 😁

Soalnya unik banget bentuknya.
Beda tampilan dengan betor di Jawa 🙂

Buat foto-fotoan juga cakep yaaa ..
Comment Author Avatar
Suami rada overprotektif soal pergi2 gini. jadi jarang pergi tanpa beliau. paling klw boleh pergi naek ojek online aja 😅
Comment Author Avatar
Dulu 4 thn dimedan sekali pun belum perna kesampean naik kereta api 😂 apa lagi kereta api railink?? 😅
Comment Author Avatar
MeBiDang kog ga masuk kak?

Di semua transportasi Medan yang diulas, cuma mrt Medan yang belum pernah. Kan belum ada ya. Hahaha

MeBiDang pun belum pernah nyoba.
Comment Author Avatar
Hampir semua moda transportasinya udah aku kenalin ke anakku. Plus mebidang, damri, n kereta api ke binjai...
Comment Author Avatar
Saya waktu ke medan lebih sering pake becak dayung kalo pake kendaraan umum. Tapi dulu emang belum ada ojol sih.
Comment Author Avatar
kapan ya saya bisa ke medan biar bisa nyobain bentor?
Comment Author Avatar
numpang promote ya min ^^
buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!