Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini 10 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Modal Kecil! Moms, Pilih yang Mana?

Ini 10 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Modal Kecil. Moms! Ada berbagai alasan beberapa ibu rumah tangga ingin memiliki bisnis di rumah. Sebut saja, Tanti, ibu muda 2 anak ini bercerita bahwa sebenarnya gaji suami yang bekerja di suatu instansi pemerintah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan masih bisa menyisihkan sebagian untuk ditabung,  hanya saja ia ingin punya penghasilan sendiri dan lebih mandiri.

Sementara Nila, ingin membantu suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga apalagi sekarang biaya sekolah anak-anak semakin banyak. Jadi, dia memutuskan untuk membuka usaha kecil-kecilan dari rumah.

Tidak soal alasan para Moms ini memutuskan untuk berbisnis di rumah tapi patut diacungi jempol, karena mereka aktif dan kreatif.

10 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Berikut ini ide bisnis yang bisa diterapkan ibu rumah tangga dengan modal kecil, simak yuk!

1. Usaha sembako

Kebutuhan pokok adalah bisnis yang tidak ada matinya. Setiap orang membutuhkannya. Sambil mengurus rumah dan menemani anak-anak, Moms bisa buka usaha sembako di teras rumah dengan ruangan kecil. Untuk pasokan stoknya, tinggal pesan melalui grosiran online dan barang sampai di depan rumah.

2. Katering

Usaha katering juga merupakan bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan. Rerata para Moms  biasanya memasak makanan di rumah bahkan ada yang hobinya masak. Mengapa tidak dicoba jadi bisnis saja Moms? 

Bisnis ibu rumah tangga
Foto : Jasa Katering

Katering bisa dalam skala kecil terlebih dahulu atau melayani katering khusus misalnya katering makanan anak sekolah, katering sehat (makanan organik bagi orang-orang diet tertentu) atau jenis makanan lainnya.

3. Depot air isi ulang

Air kebutuhan utama manusia, tanpa air manusia tidak bisa hidup. Moms, bisa mencoba peluang ini juga. Modalnya juga tidak terlalu besar dan paling butuh 1 karyawan yang bertugas mengantar jemput pesanan galon.

4. Menjahit

Dunia fashion belakangan ini juga semakin menjanjikan. Pengaruh media sosial turut  mempromosikannya sehingga tampil cantik dan gaya sudah menjadi gaya hidup. Ceruk pasar ini juga bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis. 

Mempekerjakan orang lain untuk menjahit dan Moms sebagai managernya jika tidak punya keahlian dan jika Moms punya ketrampilan dalam dunia jahit-menjahit dan desain pasti lebih mantap lagi Moms!

5. Antar jemput anak sekolah

Mobil di rumah nganggur? Wah, dijadikan bisnis saja Moms! Kerjanya juga tidak merepotkan sekali pagi atau siang saja tergantung jam anak sekolah. Selain mengantar jemput anak, tawarkan jasa ke ibu teman anak juga. Rutenya sekolah dan arah rumah Moms saja.

6. Jualan jajanan

Bisa juga membuat aneka jajanan atau 1 jenis saja misalnya donut, es krim dan lain-lain. Titipkan di kantin sekolah anak atau kedai-kedai dekat rumah.

7. Laundry

Jasa cuci gosok lumayan Moms. Kalau tidak bisa mengerjakan sendiri pekerjakan orang lain untuk membantu dan beli alat pendukung usaha agar lebih mudah dan tepat waktu sehingga tidak mengecewakan pelanggan.

8. Reseller atau Droshipper

Di internet banyak ditawarkan kerjasama usaha misalnya alat-alat dapur, pakaian dan lain sebagainya. Jika punya modal bisa menyetok sebagian produknya tapi kalaupun tidak ada bisa sebagai droshipper, Moms tinggal mempromosikan dan menjadi pembelinya saja.

9. Les privat

Kalau Moms punya kemampuan mengajar misalnya bahasa inggris atau pelajaran anak sekolah, sambil mengajar anak sendiri juga buka les privat bagi anak tetangga. Hasilnya lumayan lho!

10. Salon kecantikan

Hobi berdandan? Ini juga bisa dijadikan peluang bisnis Moms. Tidak harus lengkap dulu, sediakan alat make up saja dulu, kalau ada tetangga yang hendak hajatan tawarkan saja jasa untuk mendandaninya. Pasti dia senang deh Moms. Siapa tahu cocok dan jadi langganan. Awalnya gratiskan saja dulu, tapi berikutnya baru deh sebutkan fee. Tidak ada yang gratis teruskan?

Bonus, jadi influencer dan blogger Moms juga bisa lho! Next, saya akan cerita peluang bisnis ini ya?

Itulah 10 ide bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan. Dengan kesabaran dan keuletan Moms pasti bisa menjalaninya.

Sumber Modal Bisnis Ibu Rumah Tangga

Bicara soal bisnis, pasti tidak terlepas dari modal benarkan Moms?

Modal sendiri selalu diidentikkan dengan nilai uang padahal ide, semangat, waktu dan tenaga juga termasuk modal lho Moms!

Sebagai saran! Saat memulai suatu bisnis sebaiknya dimulai dengan modal yang kecil terlebih dahulu untuk mengetahui respon pasar, apakah bisnis itu diminati atau tidak. Sayangkan, modal sudah dikeluarkan lumayan besar ternyata tidak bisa bersaing atau tidak laku. Bukannya untung yang didapat malah rugi. Amsyong deh!

Nantinya, seraya waktu berlalu secara bertahap Moms bisa meningkatkan modal untuk memperbesar usahanya.

Nah, berikut ini sumber modal yang bisa Moms manfaatkan!

1. Tabungan keluarga

Karena modal yang dibutuhkan tidak begitu besar, maka mungkin sebagian tabungan keluarga bisa digunakan Moms!

2. Pinjaman dari pihak luar

Tidak bisa dipungkiri tidak semua orang punya tabungan yang cukup untuk dijadikan modal usaha. Alternatif lainnya, dengan mengajukan pinjaman dari pihak luar seperti meminjam dari sanak saudara atau lembaga keuangan seperti bank dan fintech dengan persyaratan tertentu.

Menariknya, sekarang ini banyak lembaga keuangan yang menawarkan  bantuan pinjaman modal usaha. Hanya saja, perlu diingat bahwa tidak semua kredibel. Jadi Moms perlu sekali berhati-hati untuk menghindari masalah dikemudian hari.

Tapi jangan khawatir ya Moms, tentu saja ada juga yang bisa dipercaya kok! 

Berikut ini salah satu contoh lembaga finansial yang menawarkan pinjaman modal usaha, yaitu Tunaiku.

Tunaiku Situs Pinjaman Online Pertama di Indonesia

Perkembangan teknologi beberapa tahun belakangan ini juga berdampak besar bagi jasa keuangan atau finansial. Fintech atau Financial technology adalah salah satu istilah yang kita sering dengar di media sosial. Fintech sendiri adalah inovasi terkini di bidang keuangan dengan sentuhan teknologi.

Namun perkembangan yang pesat juga dibarengi dengan stigma negatif di masyarakat, akibat ulah oknum tertentu yang menyalahgunakan dan tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, sebagai orang yang membutuhkan bantuan modal perlu selektif juga ya Moms.

Salah satu situs pinjaman online yang bisa Moms gunakan adalah Tunaiku. Mengapa?

Tunaiku merupakan salah satu produk digital pinjaman dari bank resmi yakni Amar Bank yang mulai beroperasi dari tahun 2014. Bank Amar sendiri  adalah bank resmi yang telah berdiri di Indonesia sejak tahun 1991. Kedua lembaga finansial ini yaitu Tunaiku dan Amar Bank berada dibawah bendera Tolagam Group salah satu perusahaan multinasional di Indonesia. 

Bisnis ibu rumah tangga modal kecil
Foto : tunaiku.com

Jadi keberadaan Tunaiku aman dan terpercaya.

Tunaiku memberikan layanan  dengan cepat 24 jam menyediakan dana pinjam uang online tanpa agunan yang bisa digunakan untuk modal usaha, renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya pernikahan hingga biaya kesehatan yang tak terduga.

Apa sih perbedaan Tunaiku dengan KTA konvensional dan Fintech lainnya?

Setidaknya ada 2 hal yang utama, yakni : Keamanan dan Fleksibitas.

Keamanan. Karena tunaiku berada dibawah naungan bank resmi otomatis terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas jasa Keuangan)  yang bertanggungjawab mengatur dan mengawasi sektor jasa keuangan. Sehingga data nasabah Tunaiku akan terlindungi dan aman.

Fleksibilitas. Tunaiku juga menyediakan tenor pinjaman yang lebih lama yaitu max. 20 bulan dan limit hingga 20 juta rupiah, dibandingkan fintech lain dengan tenor pendek dan limit lebih kecil. Jadi untuk perputaran modalnya lebih lama dan bisa fokus kepengembangan usaha.

Selain itu, syarat dan pengajuan di Tunaiku lebih mudah hanya dengan KTP saja, prosesnya juga sekitar 10 menit dibanding dengan KTA konvensional dengan banyak dokumen yang mesti dilengkapi, 

Saat ini banyak bisnis ibu rumah tangga yang sukses. Mereka tidak hanya membantu keuangan keluarga saja tapi juga membantu keluarga lain dengan mengajak para ibu tetangga untuk membantu usaha yang digelutinya. 

Jadi, gimana Moms? Sudah ada bayangan bisnis di rumah yang akan dipilih?


20 komentar untuk " Ini 10 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Modal Kecil! Moms, Pilih yang Mana?"

  1. kebetulan nih, pengen coba bisnis katering. urusan modal emang ngejelimet nih nyarinya. Bank sekarang lagi gak bisa bikin pengajuan pinjaman. padahal biasanya kalo cicilan yang lalu udah lunas malah semangat nawarin kita pinjaman selanjutnya. karena lagi pandemi mungkin ya. nampaknya TUNAIKU bisa jadi salah satu solusi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba kak, siapa tahu bisnis kateringnya lancar

      Hapus
  2. Super lengkap informasi artikel ini sangat bermanfaat untuk ibu ibu di rumah yang pingin buka usaha juga rekomendasi modal dan bagaimana pengelolaan, tinggal pilih aja lagi, monggo

    BalasHapus
  3. Bisa dicoba tuh buat kaum ibu rumah tangga yang pengen mengisi waktu atau memang mau membantu ekonomi keluarga. Banyak bisnis rumahan modal kecil yang malah lebih besar income nya daripada gaji kantoran. Meskipun, tidak semua profesi itu tentang gaji tapi tentang kepuasan diri sih.... Tapi, ya bisnis rumahan juga tidak bisa dipandang sebelah mata ya. Mudah dan fleksibel pula. Trims info bisnis dan info pinjaman Online nya mba Yanti...

    BalasHapus
  4. Pengen bisa bikin jasa les privat, tapi dedek masih terlalu kecil buat ditinggal fokus sama kerjaan. Pengan usaha jahit tapi kok enggak ada skill yang mendukung. Alhasil freelance lainnya.

    BalasHapus
  5. Istri saya menjahit. Tp susah jg mas pandemi, gak ada yg jait baju 😀, trus kami pengen coba ke kuliner nih 🙏😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar bang Sani, semoga usaha kulinernya lancar ya

      Hapus
  6. Buka katering dan jual jajanan masih favorit dan ramai yaaa sampai sekarang. Saya banyak punya teman yang terjun ke bisnis serupa. Alhamdulillah mah kalo enak laris manissss.

    BalasHapus
  7. Pilihan saya jatuh pada jasa katering. Walau kecil-kecilan tapi penghasilannya lumayan lah.

    BalasHapus
  8. Aman dan fleksibel, dua hal yang sangat dibutuhkan dalam pengajuan pinjaman, apalagi pinjaman online.

    Para ibu kini nggak khawatir lagi ya kalau mau buka usaha di rumah, kendala modal bisa diatasi sama Tunaiku

    BalasHapus
  9. saya suka ibu" jika gak ada buat bisa berbisnis jadi usaha catering atau menjahit karena selalu ada saja orang membutuhkan

    BalasHapus
  10. Cant wait yang blogger and influencer nggak terlalu capek mengerjakannya ya kan kak? Rumah nggak berantakan juga ya kan?

    BalasHapus
  11. Katering ini selalu laku apapun musimnya ya. Pengin nyoba tapi masih terkendala tenaga. Sekarang saya nyoba jualan baju. Lebih ke reseller sih. Lumayan juga antusiasmenya.

    BalasHapus
  12. Depot air minum isi ulang juga tetep eksis ya di mana2 karena semua orang pasti akan selalu butuh minum ya. Wah ada fintech Tunaiku ya, fleksibel jd memudahkan debitur menggunakan produknya

    BalasHapus
  13. Kayaknya dari semua contoh bisnis, depo air minum paling cocok deh. Tapi modalnya gede juga sih ya, hmm coba dipertimbangkan deh sarannya

    BalasHapus
  14. Ternyata banyak banget ya ide bisnis untuk ibu rumah tangga. Apalagi saat pandemi seperti ini. Terima kasih infonya kak

    BalasHapus

Berlangganan via Email