Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Produk Makeup untuk Pemula dan Urutan Pemakaiannya

Produk Makeup untuk Pemula dan Urutan Pemakaiannya. Bagi seorang wanita atau perempuan cantik itu adalah salah satu impian. Siapa sih yang tidak ingin tampil cantik? Meskipun makna cantik ini, relatif. Artinya setiap orang memaknai sesuai pandangan dan selera pribadi, tapi kata cantik atau kecantikan selalu menarik bagi kaum hawa.


makeup pemula


Oke, mari kita cari defenisi kata cantik terlebih dahulu. Menurut KBBI, cantik adalah molek (tentang wajah, muka perempuan). Oleh sebab itu mari kita persempit pembahasan cantik dalam artikel ini, yakni seputar wajah saja.

Deal?

Betapa bersyukurnya kita, oleh sang Pencipta menganugrahkan kita wajah  yang berbeda dengan yang lain, sehingga setiap wanita punya kecantikan yang khas dan membuatnya jadi spesial dari yang lain.

Sayangnya, ada yang merasa minder atau tidak cantik dan juga ada yang merasa cantik tapi ingin lebih cantik lagi.

Jadi bagaimana caranya agar bisa cantik maksimal? 

Makeup!

Makeup salah satu cara agar bisa tampil cantik, sehingga tampil lebih percaya diri.

Walau makeup identik dengan dunia wanita, tapi beberapa orang hanya mengenal beberapa alat makeup sederhana berupa bedak dan lipstik, itupun bedak tabur yang biasanya digunakan untuk anak bayi.

Oleh sebab itu, berikut ini saya akan uraikan beberapa alat makeup untuk pemula dan kegunaannya.

Alat Makeup Untuk Pemula dan Fungsinya

Biasanya beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pemula adalah:

  • Apa sih poduk makeup untuk pemula apa saja
  • Apa sih alat makeup untuk pemula dan harganya?
  • Apa sih tahapan makeup untuk pemula dan fungsinya
  • Apa sih urutan makeup untuk pemula yang murah?
  • Apa sih alat make up untuk pemula make over?
  • Apa sih alat make up untuk pemula ala korea?

Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas kita rangkum semuanya dalam bahasan di bawah ini. 

1. Skincare

Tahap awal sebelum merias wajah adalah skincare, mencakup CTMP (Cleanser , Toner, Moisturizer dan Protection / tabir surya)

Gunanya agar wajah tetap terhidrasi dan lembab, sehingga makeup tahan lama sepanjang hari. Jadi, bagian ini jangan samapi di-skip ya! 

2. Primer

Gunakan primer yang sesuai jenis kulit. Primer ini berguna untuk memperhalus hasil makeup, meratakan dan menyamarkan pori-pori, bekas jerawat atau keriput.

Cara menggunakanya dengan menepuk secara perlahan dengan jari agar masuk ke dalam pori tapi tidak merusak kulit.

3. Foundation/Alas Bedak

Untuk foundation pilih yang sesuai dengan kulit bisa dalam bentuk cair atau cream. Caranya gunakan blending sponge lembab ke seluruh wajah secara merata. 

Tips supaya nggak salah pilih shade/warna foundation, oleskan contoh/tester ke kulit rahang, biasanya tester ini tersedia di counter kosmetik, blend sedikit. Pilih foundation yang warnanya "sama" atau yang paling mendekati warna kulitmu.

4. Bedak Tabur (Loose powder)

Agar hasil makeup terkesan natural dan flawless sebaiknya gunakan bedak tabur, biasanya pada acara santai atau pergi kerja.

5. Alis

Bagian alis juga butuh penanganan khusus.

Biasanya produk makeup untuk alis bisa berupa pensil alis, brow cream, brow pomade, brow gel, brow powder, dan lain-lain. Jika masih sangat pemula, disarankan gunakan  pensil alis untuk pemilik alis tipis-sedang dan eyebrow cream untuk pemilik alis tebal.

6. Eyeshadow

Karena masih pemula, sebaiknya gunakan satu atau dua warna eyeshadow saja untuk menghindari kesalahan atau tidak terkesan norak.  Pakai eyeshadow brush untuk mengaplikasikan eyeshadow pada kelopak mata, terus baurkan dengan blending brush jika punya.

Namun, kika tidak punya blending brush, bisa pakai jari, meskipun hasil baurannya pasti nggak akan  serapi jika memakai blending brush. Banyak merek kosmestik yang bisa dipilih misalnya  eyeshadow wardah dan lain-lain.

7. Eyeliner

Eyeliner juga salah satu produk kosmetik yang dimiliki pemula, fungsinya untuk mempertegas garis mata dan bisa memberi kesan mata lebih besar atau lebih kecil.

Eyeliner dikemas dalam berbagai bentuk seperti bentuk pensil, pen/spidol, cair, bahkan gel juga tersedia. Pilih bentuk yang mudah bagi kamu misalnya berbentuk pen/spidol dan cair.

8. Mascara

Dengan mascara bulu mata menjadi cantik dan lentik, untuk itu gunakan penjepit bulu mata beberapa kali untuk menjepit bulu mata, kemudian aplikasikan mascaranya.

9. Bulu mata  (optional)

Ini sifatnya optional, artinya kalau mau pakai boleh, nggak dipakai juga nggak masalah. Pilih tipe bulu mata yang natural, pendek dan nggak terlalu lebat.

10. Area Waterline

Area bawah mata, kalo orang Jawa bilang "celak". Pernah lihat area waterline dikasih warna putih/silver gitu kan? Efek waterline bisa membuat mata tampak lebih besar seperti mata boneka dan kelihatan segar. Sebagai saran, warna hitam lebih aman untuk pemula.

11. Contouring/Kontur

Ada yang tau agak pipi lebih tirus atau hidung mancung?

Tenang, dengan kontur pipi chubby kamu bisa  teknik inilah yang membuat ilusi pipi tirus dan hidung mancung. Kontur berdasarkan urutan pakainya ada 2 yaitu kontur dalam dan kontur luar. Sebagai pemula baiknya gunakan kontur luar. Seraya keterampilan meningkat baru gunakan kontur dalam. Kontur luar ini bentuknya seperti bedak padat.

12. Blush On/Perona Pipi

Blush on ada berbagai bentuk, padat, cair dan cream. Untuk pemula, sebaiknya kita pilih blush on yang padat karena lebih mudah mengaplikasikannya.

Blush on ini diapilkasikan di atas countur yang telah dibuat sebelumnya, gunakan  kuas yang agak besar dan lembut. 

13. Highlighter

Jika ingin hasil akhir riasan yang glowing maka highlighter wajib ada dalam daftar alat makeup kamu. Caranya, aplikasikan highlighter ke beberapa area wajah seperti ujung hidung, tulang pipi atas, cupid bow (ujung bibir tengah atas) dan jangan lupa bagian dagu.

Highlighter juga tersedia dengan berbagai macam bentuk. Dari yang cair, cream, hingga yang seperti bedak padat (powder). Disarankan sebagai pemula pilih yang berbentuk seperti bedak padat.

14. Pewarna Bibir

Step terakhir, aplikasikan pewarna bibir favoritmu. Ada banyak alternatif seperti liptint, lipcream, lipstick, atau pewarna bibir lainnya.

Tips agar hasil makeup pemula sempurna

Beberapa hal berikut juga perlu diperhatikan ya, agar tampilan makeup semakin cantik menawan.

1. Pilih produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit supaya hasilnya bisa optimal. 

2. Sebelum mulai,  siapkan dulu produk yang mau dipakai. 

3. Sebagai pemula, disarankan memilih warna-warna eyeshadow, blush on dan lipstik yang "aman" seperti coklat atau pink.

4. Saat mengaplikasikan makeup sesuikan dengan warna outfit yang digunakan agar macthing sehingga keanggunan kamu terpancarkan.

Itulah beberapa produk makeup pemula yang perlu diperlukan, beserta langkah-langkah yang bisa diterapkan saat bekerja atau menghadiri acara formal seperti pesta, mendampingi pasangan di acara kantor atau acara lainnya dan tetap cantik menarik. Semoga bermanfaat ya! 


17 komentar untuk "Produk Makeup untuk Pemula dan Urutan Pemakaiannya"

  1. Informasinya cukup lengkap. Dan saat ini banyak produk perawatan wajah dan make up yg diproduksi oleh industri dalam negeri yang bisa digunakan wanita Indonesia

    BalasHapus
  2. Kalau aku baru-baru ini mengaplikasikan highliter, itupun masih belajar biar ga belang-belang hehehe. Kalau yang lain udah oke sih

    BalasHapus
  3. Sangat lengkap sekali tips makeup bagi pemula, ijin aku bagikan ke teman-teman perempuan di Bojonegoro ya.

    BalasHapus
  4. Ternyata pakai alis itu di tahap tengah ya, kirain selama ini di awal. Terus saya baru eungeuh kalau habis pakai foundation sebaiknya pakai bedak tabur juga.

    BalasHapus
  5. Perkara make up, saya baru berani pake pelembab, bedak tabur, blush on, eye liner sama lipen. Kadang-kadang pake maskara sih. Lainnya masih nggak sanggup akutu.

    Hehehe

    BalasHapus
  6. Eyeliner ini yang masih jadi permasalahan saya saat akan belajar make up atau sedang make up sendiri, karena nggak bisa memakai eyeliner dan jatuhnya malah belepotan

    BalasHapus
  7. Penggunaan primer ini suka kelupaan. Langsung ke foundation aja aku. Padahal penting pakai primer supaya make up bisa "ngeblend" ya kak.

    BalasHapus
  8. Makasih sharingnya mbak... Saya tuh enggak jago dandan jadi koleksi make upnya cuma bedak, lipstik, sama eye shadow aja, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nggak sendirian ternyata hahah tp skrg udah mulai belajar nih supaya bsa bikin konten beauty jg

      Hapus
  9. Wah... terkadang aku juga ada beberapa skin care yang dibeli dan bingung pakenya dimana... boleh dong kak sekalian... urutan skin care hehehe

    BalasHapus
  10. Artikelnya membantu banget buat aku yang belum bisa make-up nih. Terima kasih ya, Kak, jadi tahu apa saja yang harus ada saat make-up dan beserta urutan pemakaiannya.

    BalasHapus
  11. Terima kasih for sharingnya Mbak. Saya termasuk wanita yang awam dengan dunia make up, so sangat terbantu dengan adanya artikelnya ini.

    BalasHapus
  12. soal make up ini saya ga jago, paling banter pelembab, bedak sama lipstik. Pernah nyoba bikin lengkungan alis huhu gagal melulu, lihat orang orang ko pada jago banget sih, itu gimana triknya ya ?

    BalasHapus
  13. Untuk.skin care saya selalu berupaya untuk.rutin melakukannya. Tapi untuk make up, saya hanya biasa pakai foundation, bedak padat, dan lipstik saja. Masih kurang PD untuk eksplore...😀

    BalasHapus
  14. Semuanya sudah paham fungsi, cuma untuk make up ini aku belum jago karena pasti butuh berkali2 latian biar nemu ciri khasnya hihi. Terus jg make up beda dg skincarean, krn bergantung pada look ya

    BalasHapus
  15. Sebagai pemula, saya sangat senang bisa baca tipsnya di sini. Selama ini memang gak terlalu rajin melakukan semua tahap skincare.Padahal hal itu penting sekali, ya...

    BalasHapus
  16. benar mbak, semua itu memang make up untuk pemula..
    sy juga punya semuanya, walau paling banter cuma pakai bedak dan lipstick aja,heehe

    BalasHapus

Berlangganan via Email