Widget HTML Atas

SEO Moms Community - Wadah Belajar SEO Online Bagi Moms Blogger

SEO Moms Community - Wadah Belajar SEO Online Bagi Moms Blogger. Kalau ditanya, ingat kata Mom apa sih yang terbayang dibenak kamu? Apakah seorang seorang wanita dasteran dengan sapu ditangan kanan dan sutil ditangan kiri? Atau seorang ibu yang sedang mengasuh anaknya? Kalau begitu, wah kamu dah ketinggalan zaman kawan! Hahaha...

Sekarang itu, rerata wanita yang sudah bekeluarga ini selain mengurus keluarga juga melek digital lho! Ada yang jago jualan secara online, ada juga pejuang literasi digital dengan menulis di blog mereka masing-masing. Jangan tanya apa sih yang mereka tulis di situ. Ya, macam-macam lah sesuai dengan hobi dan keahlian mereka pastinya.

seo moms community
Foto : Instagram SEO Moms 

Tapi, seperti kita tahu dunia maya itu seperti pasar dengan berbagai macam toko dan pedagangnya. Masuk area ini kita mesti bersaing untuk bisa tampil ke depan agar dikenal oleh yang lain. Tata caranya juga perlu kalau gak yang seperti pedagang yang memajang dagangannya dan hanya dilewati pembeli yang lalu lalang di depannya. Tidak dilirik saudara-saudara :)

Syukurlah, SEO Moms Community (SEMOC) hadir dan peduli dengan para Moms yang terus berjuang untung selalu lebih maju dalam dunia blogger.

Apa Itu  SEO Moms Community ?

SEO Moms Community merupakan wadah Belajar SEO Online dan sekaligus jaringan SEO Blogger wanita Indonesia dan secara resmi terbentuk  pada 25 Januari 2020.

Foundernya adalah seorang pria muda bernama M. Sahlan atau sering dipanggil bang Q Benk, seorang blogger juga asal Kubu raya Kalimantan Barat. Menurut beliau, SEO Moms didedikasikan untuk mengenang dan penghargaan kepada almarhumah ibunda tercinta Mudiyah binti Sangaran yang wafat pada tanggal 25 November 2019 lalu.

Saat ini jaringan SEMOC telah ada hampir di seluruh wilayah Indonesia. Misinya adalah mengajarkan SEO dengan sederhana dan mudah dipahami. Untuk saat ini yang diulas sekitar SEO basic berupa SEO Onpage dan Offpage serta disampaikan melalui WAG per wilayah. 

Untuk kemudahan pengelolaan, maka dibeberapa wilayah dikoordinir oleh beberapa moms yang juga sudah dikenal lama dalam dunia blogger Indonesia yakni Wiwin Pratiwanggini (ogjakarta dan Jawa Tengah). Rahmah Chemist (Jawa Timur), Rizky Masdilasari (Bali dan NusaTenggara), Mugniar (Sulawesi), Lidya Fitran  dan Arda Sitepu (Sumatera).

Selain belajar materi dasar SEO, di SEMOC juga secara berkala diadakan kontes lomba SEO untuk menguji kemampuan dan penerapan ilmu yang telah dipelajari serta webinar untuk mempererat silahturami antar anggota.

Pengalaman Bergabung di SEO Moms Community

Sebenarnya, jauh sebelum bergabung di SEMOC, setahun sebelumnya pernah bergabung di kelas WAG SEO Mom 2 tapi begitulah hanya bisa bergabung beberapa minggu saja tidak sampai selesai materi, karena sistem saat itu jika tidak mengerjakan tugas maka diluluskan duluan alias dikeluarkan dari grup. Jadi saat itu tetiba lihat grup whatsapp omaigottt sudah ada pesan 'nomor sekian-sekian telah mengeluarkan anda' reaksi saya kaget dong tapi ya sudahlah mungkin ada kesempatan lain lagi.

Hari berikutnya dilalui seperti biasa...

Hahaha kok jatuhnya drama gitu ya, kok curhat :) gak lah biar gak terlalu serius saja membacanya gitu lho!

Tapi kesempatan bergabung lagi terbuka saat ada pendaftaran SEO Moms wilayah Sumatera, tanpa basa-basi lagi langsung deh mengisi formulir pendaftaran. Akhirnya, bergabung lagi dan menikmati materi SEO lagi dari bang Q Benk.

Sebenarnya, saya sudah ikut komunitas belajar SEO dari komunitas lain juga, tapi tetap mau menimba ilmu di SEMOC beda, karna menurut saya di sini cara penyampaian materinya sederhana, fleksibel dan lebih santai sangat mengerti keadaan moms yang bisa dibilang sangat sibuk meskipun aktivitasnya di rumah saja. Respon dari pemateri juga enak dan sabar, sangat paham tentang keadaan para moms yang banyakan nanya dan nanya lagi sampai detail.

Harap maklum ya bang Q Benk, jangankan nanya materi yang masih asing gitu, nawar barang saja gak bakalan berhenti meskipun selisihnya 500 perak, hitungannya lumayanlah buat bayar parkir. 

Hahaha...

Jadi, bagi moms blogger yang penasaran dan mau menambah ilmu tentang blog bisa berkunjung di sini ya https://seomomscommunity.com/ Yuk Moms! Maju bersama dalam dunia blogger yang menarik sekaligus menantang ini.



10 komentar untuk " SEO Moms Community - Wadah Belajar SEO Online Bagi Moms Blogger"

  1. Bang Qbenk ini ilmunya dagiingg banget
    amal jariyah beliau luar biasa
    karena menularkan ilmu SEO dan digital dgn sabar, telaten dan paripurna!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba orangnya sabar dan juga gak pelit bagi ilmu

      Hapus
  2. ngeblog tanpa paham dan mempraktikan SEO seperti masak tanpa bumbu ya?

    rasanya gak enak :D :D

    karena itu walau sulit saya pelajari sampai kepala nyut-nyutan

    BalasHapus
  3. Hai kak Saya belajar juga di SEMOC dong ... Beneran asli bang Q Benk ini super duper sabar. Nanya apa saja dijawab keren banget pokoknya bisa belajar SEO disana

    BalasHapus
  4. Belajar ngeblog ada panduannya, seperti tentor dengan kelas bimbingan seo blogger.

    BalasHapus
  5. Tak salah saya bergabung di SEO MOMS, coach q benk ini juga baik banget dan sabar membimbing mamak yang susah nyantol materi di otak seperti saya. Dan emang bermanfaat agar artikel bisa nangkring di pejwan

    BalasHapus
  6. Beruntung banget aq bisa gabung juga bareng SEO Moms, suka banget sama cara ngajarnya mas Q beliau sabar banget

    BalasHapus
  7. Mom friendly ya, harus sabar banget pematerinya secara mamak-mamak semua banyak yang cerewet. Hehe...

    BalasHapus
  8. Menurut daku Ibu rumah tangga jaman now memang kudu melek teknologi, selain bisa bantu anaknya saat PJJ, bisa juga jadi cuan dengan bisnis online

    BalasHapus
  9. Aku moms yang melek digital tapi gak dasteran :))

    Sebagai blogger, aku juga pingin pinter soal SEO. Selama ini udah tahu kalau SEO tuh penting dipelajari dan dipraktekkan. Sayang belum ketemu wadah belajar SEO yang cocok. Trims info SEMOC nya mbak. Menarik!

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!