Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Review Lagu Anak Indonesia Balita di Channel Youtube Hoala & Koala

"Bila kuingat lelah ayah bunda, bunda piara-piara akan daku ....". Itulah sepenggal lirik lagu anak sederhana yang selalu teringat olehku karya Adikarso. Sekedar flashback ke masa kecil, lagu ini yang selalu dinyanyikan bapak kepada saya sembari menunggu mama masak makan malam kami sekeluarga. Waktu itu kami hanya bertiga adik saya belum lahir, sambil menginjak punggung bapak karna kecapekan pulang mengajar di pedalaman lalu dia mengajak saya menyanyikan lagu itu bersama. 

channel youtube Hoala & Koala
Foto : Youtube Hoala & Koala

Sebenarnya ada banyak lagu yang kami nyanyikan, namun lagu Bila Kuingat inilah satu-satunya yang masih melekat diingatan saya. Bisa jadi karena ini yang lebih kami nyanyikan dan situasinya sesuai pada saat itu, tanpa sadar tertanam dalam bawah sadar saya. Sungguh bahagia sekali layaknya drama keluarga di tv yang sering ditayangkan.

Kebiasaan ini saya juga teruskan ke anak-anak walau tidak sesering saya dulu, karena ada  lagu-lagu anak lainnya. Namun sayangnya, semakin kesini lagu anak baru semakin jarang kita dengar. Mirisnya, anak-anak sekarang lebih hafal lagu orang dewasa beserta tarian pelengkapnya yang terkadang bikin geleng-geleng kepala.

Menurut penelitian, memperdengarkan lagu pada anak sewaktu kecil sangat baik bagi perkembangan otak dan emosi mereka. Tidak hanya menyanyikan lagu saja untuk memaksimalkan hasilnya sebaiknya diiringi musik yang beragam, baik dan tertata juga.

Setidaknya ada 7 manfaat memperdengarkan lagu dan musik pada si kecil, sebagai berikut!

  1. Mendukung perkembangan otak dan fisik anak
  2. Meningkatkan kemampuan akademik
  3. Mempertajam  kemampuan berpikir  dan daya ingat
  4. Membantu mengembangkan emosi sosial anak
  5. Melatih kosentrasi serta koordinasi
  6. Membuat anak merasa lebih bahagia
  7. Meredakan stress yang mungkin dirasakan anak
Mengingat manfaat yang cukup besar bagi tumbuh kembang anak, orang tua tentu sangat ingin menghadirkan lagu dan musik tersebut untuk anak bukan? Terutama dunia anak yang saat ini dibanjiri oleh berbagai lagu dan musik yang kurang mengedukasi dan tidak sesuai dengan usia mereka.

Lagu anak Indonesia Hoala & Koala
Foto : Youtube Hoala & Koala

Syukurnya, hadir satu channel youtube Hoala & Koala sebagai oase ditengah ruwetnya musik dan lagu anak Indonesia saat ini.

Apa itu channel youtube Hoala & Koala itu?

Lagu Anak Balita di Channel Youtube Hoala Koala

Menurut pengakuan pemiliknya diciptakannya karakter musikal Hoala & Koala pada akhir tahun 2020 sebagai wujud kepeduliannya terhadap lesunya perkembangan dunia musik anak di Indonesia. Untuk menarik perhatian anak-anak, maka karakter tersebut dikemas dalam bentuk 3D menyesuaikan perkembangan zaman yang kita tahu anak-anak ini merupakan generasi yang lahir, tumbuh dan berkembang di era digital.

Pertimbangan lainnya, agar karakter ini tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara. Sehingga kedepannya dapat terus produktif mengeluarkan banyak lagu - lagu anak Indonesia baru.

Lalu siapa saja karakter yang ada di channel youtube Hoala Koala?

Karakter utama tentunya Hoala & Koala sendiri. Mereka ini sepasang sahabat yang punya hobi yang sama. Hoala adalah anak berusia 3 tahun yang sangat pintar, gemar menyanyi, membaca, dan menari. Koala adalah tokoh hewan dalam salah satu buku cerita favorit Hoala, yang dibawa ke dunia nyata oleh Miss Jeruk untuk menemani Hoala. Mereka berdua sering bernyanyi bersama.

Lagu anak Hoala & Koala
Foto : Youtube Hoala & Koala

Kemudian karakter lainnya juga ada Ayah , Ibu, Miss Jeruk dan masih banyak lainnya yang mana semua tokoh ini mampu bernyanyi sehingga membuat lagu animasi anak ini lebih berwarna, menghibur dan enak untuk didengar baik bagi anak-anak maupun juga orang tua atau dewasa lainnya.

Bagaimana penggarapan lagu anak dan musiknya?

Tampaknya penggarapannya sudah dipersiapkan dengan serius dan matang, tidak sekedar lagu dan musik sederhana saja. Darimana kita tahu?

Pemilihan lirik lagu dalam channel youtube Hoala & koala, sarat dengan nilai edukasi juga informasi yang update dengan situasi sekarang ini. Ini bagus sekali untuk mengajar mereka agar paham apa yang sedang terjadi dan bisa segera menerapkan dalam keseharian mereka baik di rumah, sekolah atau dimanapun mereka berada.

Lalu dari musiknya sendiri, bisa dibilang ini sangat istimewa. Kenapa?  Dalam pembuatan aransemen musiknya melibatkan banyak musisi internasional dengan menggunakan alat musik seperti saxophone, double bass, terompet, klarinet, cello, harpa, trombon hingga instrumen etnik Indonesia seperti angklung dan gamelan juga tidak ketinggalan. Ini luar biasa! Sangat berbeda dengan penggarapan musik dan lagu anak-anak selama ini yang terkesan lebih simple.

Kualitas vokal para karakter yang bernyanyi dalam album Hoala & Koala juga bisa dibilang bisa disanding dengan musik diluar genre anak-anak yang kita tahu lebih datar dan biasa. Di Hoala & koala sangat bervariasi mulai dari  jazz,  jpop, big band, swing, hingga etnik.

Berikut ini salah satu video lagu anak yang ada di channel youtube Hoala & Koala!

 

Seperti kita bahas sebelumnya bahwa lagu dan musik besar manfaatnya bagi kecerdasan, emosi dan sosial si anak. Kemudian, kemajuan teknologi juga banyak berperan  dalam untuk tumbuh kembang. Sekarang anak-anak jauh lebih pintar, lebih update dan juga kritis, maka adanya lagu anak Hoala & Koala memberi warna baru bagi mereka karena sesuai dengan perkembangan jaman di mana mereka berada saat ini

Sebagai informasi, channel Youtube Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa diakses di  Youtube, Spotify juga iTunes. 

Semoga dengan hadirnya lagu anak Hoala & Koala akan membawa nuansa baru bagi dunia lagu dan musik anak di tanah air serta cikal bakal lahirnya lagu dan musik berkualitas dan berbobot menyertai tumbuh kembang anak seraya mereka beranjak besar dan meninggalkan kenangan yang indah dalam pikiran anak-anak kita kelak.

31 komentar untuk "Review Lagu Anak Indonesia Balita di Channel Youtube Hoala & Koala"

  1. aku harus nyetelin channel ini ke anak2ku nih.. karena dia lebih suka nontonin youtuber anak luar negeri daripada konten dalam negeri haha.. memang masalah selera juga sih yaa tapi kalau ada produk lokal yg bagus gini, kudu kita kenalin juga kaan ke anak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Mom, sekalian melatih anak juga fasih bahasa Indonesia jadi seimbang deh

      Hapus
  2. Udah lama bgt aku gak dengerin lagu anak-anak ya.. ahaha. Paling kalau ada keponakan aja baru nyari channel lagu2 anak. Bisa nih aku setelin lagunya hoala dan koala nyari di YouTube hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mba, makanya kalau kangen suka buat tuh lagu anak-anak yang ada di Igs itu

      Hapus
  3. wah mau ah liat channel youtube nya Hoala dan Koala, kayaknya bagus buat keponakan aku yang masih balita, daripada liat tv mulu kan ya

    BalasHapus
  4. Nadanya menyenangkan untuk anak. Liriknya juga mudah diucapkan oleh anak. Semoga semakin meramaikan lagu anak. Kasihan sekarang udah jarang lagu anak

    BalasHapus
  5. Pilihan tontonan sekaligus belajar musik yang sesuai usia anak di Hoala dan Koala ini ya mba. Anak-anak tentunya sangat senang karena animasinya juga bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mba juga variasi suaranya beragam jadi bisa sekalian melatih imaginasi dan pendengaran anak

      Hapus
  6. wah referensi yg bagus nih untuk tontonan krucil kami yg hobi bsnget nonton yutub.. trmksh infonya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba. Ayuk diajakin si kecil :)

      Hapus
  7. Lagu-lagunya bagus ya, dapat menginspirasi anak pada hal-hal yg kreatif, jadi sangat bermanfaat utk perkembangan anak dgn lagu-lagu yg kaya gini

    BalasHapus
  8. Wah aku baru tau nih chanel ini bisa jadi referinsi keponakan ku yang balita. Btw seneng juga adanya chanel berkualitas gini jadi membantu perkembangan anak dengan cara yang fun ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya lagu dan musik di channel ini dibuat sedemikian rupa agar bermanfaat bagi tumbuh kembang anak

      Hapus
  9. Iyah, karakternya so cute banget yaah..
    Anak-anak yang melihatnya ikutan happy plus ada lagu yang menanamkan value. Jadi cocok untuk ditonton sekeluarga,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, sekalian mengajari anak penddikan karakter

      Hapus
  10. Wah senangnya akhrinya ada channel YT anak yang mengangkat lagu anak2. Nanti aku intip2 ah. Semoga makin banyak ya lagu2nya krn anak2 emang butuh banget lagu2 yang menemani masa keceil supaya jd kenangan saat dewasa nanti.
    Suka miris juga kalau anak2 malah lbh kenal lagu dewasa ketimbang anak2
    TFS infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba, sedih banget anak-anak sekarang lagu dan musik yang malah dikenal bukan porsi usianya

      Hapus
  11. Wah kebetulan saya sedang mencari referensi lagu anak-anak apa yang bisa dijadikan teman main dan menjadi daya rangsang bagi tumbuh kembang anak saya. Btw, saya ingat banget dengan lagu bunda piara ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada teman juga nih, ada cerita dibalik lagu itu? kepo deh akunya. maafkeun :)

      Hapus
  12. Senang deh dengan perkembangan program anak yang menarik seperti ini, meluncurrrr

    BalasHapus
  13. Lagu lagi anak seperti ini bagus banget mba. Makin juga yang semangat untuk menciptakan lagu lagu buat anak anak.. Mau aku share ke keponakan aku juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba, perlu didukung ya kan biar lebih semangat lagi mengeluarkan album baru

      Hapus
  14. Aku mendukung banget chanel Hoalah dan Koala Ini mba Yanti. Soalnya lagu anak udah sering kalah ama dewasa, saatnya bergerak ya kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, biar anak-anak bisa tumbuh berkembang sesuai usianya termasuk pilihan lagu dan musiknya

      Hapus
  15. Aku mau dengar juga ah lagunya. Harus ada lagu-lagu seperti ini buat anak anak sekarang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba, dukungan dari kita bisa menyemangati mereka untuk mencipta lagu-anak berbobot lainnya

      Hapus
  16. Boleh nih buat rekomendasi anak bungsuku si Binar yang lagi senang-senangnya bernyanyi dia, kan gak mudah sekarang cari lagu anak yang bagus

    BalasHapus