Widget HTML #1

Liburan ke Bandung Enaknya Wisata Kuliner di Mana Saja?

Bandung menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk liburan. Tak bisa dipungkiri, wilayah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Kembang ini memang menawarkan berbagai pesona wisata. Baik itu destinasi wisata alam, budaya, belanja, dan kulinernya.

Selain berbagai ragam wisata yang ditawarkan, sarana dan prasarana di Bandung juga sudah lengkap. Pilihan transportasinya banyak, bisa naik kereta, bus, travel, sampai dengan pesawat udara. Salah satu rekomendasi transportasi yang disarankan, tentu saja naik kereta api. Kamu juga bisa pesan tiket KA ke Bandung di online travel agent seperti Traveloka yang banyak untungnya.

Dari banyaknya pilihan wisata yang ditawarkan, kulineran memang seru untuk dilakukan. Khususnya buat kamu para food enthusiast yang gemar menikmati berbagai kuliner. Berikut ini rekomendasi kuliner enak dan populer di Bandung.

wisata kuliner bandung
Foto : traveloka.com

Batagor dan Cuanki Serayu

Batagor dan Cuanki Serayu masuk dalam jajaran kuliner yang wajib coba saat ke Bandung. Seperti namanya, di tempat makan ini ada dua menu utama yang bisa dicicipi, yakni batagor dan cuanki. Jika suka makanan berkuah, cuanki jadi rekomendasi. Sementara jika suka makanan kering, batagor wajib dicicipi.

Untuk cuankinya, salah satu yang sangat khas adalah kuahnya. Bukan terbuat dari tulang sapi atau ayam, melainkan dari rebusan tulang ikan. Jadi citarasanya akan unik, ditambah lagi dengan bumbu tambahan seperti kecap asin, kecap manis, cuka, dan sambal yang membuat kaya rasa.

Pun juga dengan batagornya, bumbu kacangnya juga sangat khas. Ditambah dengan jeruk nipis, akan membuat gurih dan segar. Tertarik buat coba kuliner ini? Yuk datang saja ke alamatnya yang berada di Jl. Serayu No.2, Bandung. Jam bukanya mulai pukul 11.00 WIB. Sementara untuk tutupnya bervariasi, bisa jam 5 atau 6 sore.

Mie Kocok Persib Gorowok

Sebagai salah satu kuliner khas Bandung, akan sangat mudah menemukan penjual mie kocok di berbagai sudut tempat. Saat musim hujan, kuliner hangat ini jadi serbuan banyak orang. Salah satu tempat yang sangat populer di Bandung adalah Mie Kocok Persib Gorowok yang melegenda, sudah berdiri sejak tahun 1963.

Bukan tanpa alasan mie kocok di sini tetap banyak pelanggannya, rasanya memang nikmat. Dalam satu porsi mie kocok, biasanya ada mie kuning, tauge, kikil sapi, iga sapi, lalu disiram dengan kuah kaldu sapi dan ditambah taburan pangsit goreng. Selain mie kocok, ada menu lainnya yang tidak kalah kondang, yakni bakso. 

Tempat makan ini sudah menjadi langganan banyak orang, bahkan para artis Ibu Kota juga kerap datang ke sini. Lokasi tidak berada di Jl. A. Yani No. 262, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Jam operasionalnya, mulai dari pukul 10:00 WIB sampai dengan 16:00 WIB.

Lotek Kalipah Apo 42

Pilihan kuliner enak lainnya dari Bandung adalah Lotek Kalipah Apo 42 yang sudah ada sejak tahun 1953. Buat kamu pecinta salad atau makanan sehat, tempat ini sangat pas untuk dituju. Menu utamanya memang lotek, namun kamu juga bisa menemukan asinan, rujak, dan juga aneka bubur sebagai pilihan lainnya.

Rasanya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, karena dibuat dengan cara tradisional dengan mengusung resep turun temurun. Lokasinya berada di Jl. Kalipah Apo No. 42, Karanganyar, Astanaanyar, Bandung. Jam bukanya, dimulai dari pukul 09:00 WIB sampai dengan 16:30 WIB.

kuliner khas bandung
Foto : Instagram @warungnasi_ibuimas

Warung Nasi Ibu Imas

Datang ke Bandung kurang lengkap tanpa berbagai macam makanan khas Sunda. Rekomendasinya adalah Warung Nasi Ibu Imas. Ada banyak menu-menu yang akan membuat kamu ingin kembali berkunjung. Mulai dari aneka lalapan, leunca, sambal dardak, dan tentu saja pilihan lauk yang sangat beragam.

Pilihan lauk utama yang bisa dipesan mulai dari ayam bakar, ayam goreng, pepes ayam, gepuk, rendang, lele goreng, usus ayam, cumi, dan masih banyak lainnya. Jika penasaran dengan rasanya, datang saja ke Jl. Balonggede dengan pilihan empat warung di satu area. Jadi, tidak khawatir tak mendapatkan tempat duduk.

Iga Bakar Si Jangkung

Sementara jika kamu pecinta olahan daging, bisa memasukkan Iga Bakar Si Jangkung ke dalam itinerary. Tempat ini terkenal menyajikan menu iga bakar hot plate ditambah dengan potongan bawang merah dan cabai rawit. Kombinasi rasanya akan ada gurih, pedas, dan juga manis membuat makan semakin berselera.

Tidak hanya iga bakar saja, ada beberapa menu lainnya. Contohnya saja kresengan kambing, sate kambing, sop iga bakar, dan lain-lain. Tempat makan ini sudah banyak cabang, namun jika ingin punya di pusatnya, kamu bisa datang langsung ke Jl. Cipaganti No.75G, Pasteur, Sukajadi, Bandung.

Jalan-jalan tanpa kulineran memang terasa ada yang kurang. Karena itu, jangan lewatkan rekomendasi di atas jika sedang liburan ke Bandung. Agar kulineran tetap enak dan sehat, imbangi dengan selalu menyempatkan diri berolahraga dan minum air yang cukup.

Posting Komentar untuk " Liburan ke Bandung Enaknya Wisata Kuliner di Mana Saja?"