Widget HTML #1

Mau Menaikkan Domain Authority, Begini Caranya?

Mau menaikkan Domain Authority, Begini Caranya? Dikalangan sesama blogger, Domain Authority disingkat DA  merupakan topik yang selalu hangat dibicarakan. Kenapa? Selain sebagai acuan bagi mesin pencarian google dalam memberikan kekuatan atau peringkat suatu blog, beberapa ahensi memberikan syarat nilai minimal DA untuk setiap job artikel yang ditawarkan. Jadi janganlah heran, cara menaikkan Domain Authority selalu diminati.

otoritas domain

Tapi, apa sebenarnya Domain Authority? Bagaimana cara mengeceknya? Dan bagaimana cara meningkatkannya? Berikut penjelasannya! 

Defenisi Domain Authority

Domain Authority adalah skor peringkat yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa baik peringkat situs web pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Skor DA berkisar dari nol hingga 100, semakin tinggi poin berarti semakin berkualitas suatu situs web tersebut.

Fyi, Domain Authority bukan metrik yang digunakan oleh Google dalam menentukan peringkat pencarian dan tidak berpengaruh pada SERPs.

Poin DA setidaknya diukur berdasarkan 3 hal berikut:

1. Umur Domain

Semakin lama keberadaan suatu web maka semakin naik DA-nya, google menganggapnya konsisten jadi layak untuk diberi peringkat.

2. Popularitas Domain

Semakin banyak jumlah link yang merekomendasikan situs tersebut terutama dari situs-situs yang berkualitas akan menambah trafik sehingga peringkatnya  meningkatkan di SERP.

3. Ukuran Domain

Jumlah konten turut memengaruhi nilai DA suatu situs, semakin banyak jumlah konten atau artikel yang diposting maka semakin naiklah Domain Authority-nya. Meskipun begitu kualitas artikel tetap harus yang utama.

Domain Authority Checker

Sekarang, setelah mengerti peranan penting DA atas sebuah situs, selanjutnya bagaimana mengetahui skor DA blog kita? Tenang, berikut beberapa alamat situs yang bisa digunakan untuk menganalisis. Tinggal mengetik alamat situs blog dalam kolom url yang disediakan, enter, langsung deh keluar hasilnya hanya dalam persekian detik. Uupss, tergantung kecepatan data internet juga deh!
  • https://smallseotools.com/domain-authority-checker/
  • https://moz.com/domain-analysis
  • https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority/

Cara Meningkatkan Domain Authority

Setidaknya ada 3 hal yang utama  diterapkan agar DA suatu situs bisa naik :

Buat Konten Berkualitas

Ungkapan Content is King, bukan hanya isapan jempol. Konten yang berkualitas akan menambah trafik yang banyak. Maka sebelum membuat sebuah artikel seharusnya pikirkan mengenai manfaatnya, saran dari Coach Ilham Sadli di kelas menaikkan DA. Logikanya ada benarnya juga sih, buat apa orang berlama-lama diartikel kita kalau dirasa tidak bermanfaat, bukan?

Tingkatkan SEO On Page

Blog itu seperti sebuah ember, kalau embernya bocor bagaimana airnya bisa bertambah? Demikian juga blog, bagaimana bisa DA-nya naik kalau ada kebocoran? Jadi perbaiki SEO On Page dan tetap merawatnya.

Untuk mengeceknya bisa di sini https://seositecheckup.com/

Apa saja sih kebocoran dalam suatu blog?
Ini termasuk spam score, broken link, meta title, meta description, fast loading, struktur heading, mobile friendly dan masih banyak lainnya.

Tingkatkan SEO Off Page

Blog yang baik perlu pengakuan dari blog yang sejenis. Halnya seperti seorang karyawan yang hendak melamar di suatu perusahaan, agar lebih mudah diterima perlu ada semacam rekomendasi yang baik dari perusahaan tempat dia bekerja semula. 

Blog juga begitu, perlu ada pengakuan dari situs lainnya bahwa blog kita kredibel. Semakin banyak yang merekomendasikan maka peringkat blog semakin naik, seiring dengan itu DA pasti ikut naik juga. Maka buatlah sebanyak mungkin backlink termasuk blogwalking, medsos dan situs-situs berkualitas lainnya. Sebagai catatan, kekuatan masing-masing situs berbeda-beda maka sebaiknya selektiflah memilih situs yang memberi backlink ke blog kita.

Itulah beberapa cara menaikkan Domain Authority, jika DA blogmu masih rendah jangan khawatir dengan terus belajar dan memperbaiki blog pasti DA blogmu akan naik pada waktunya.

Ulas Blog Teman Belajar Menaikan DA

Seperti dibahas diartikel sebelumnya, aku sekarang lagi ikut kelas belajar menaikkan DA. Kelas ini sangat istimewa, kenapa? Dalam beberapa minggu semua peserta, DA blog-nya banyak yang naik drastis. Aku misalnya dari DA 6 dalam 3 minggu kelas berlangsung naik ke 17. Keren bukan?

Lalu bagaimana dengan DA teman lainnya? Berikut aku akan ulik 2 blog teman yaktu mbak Yuni dan mbak Iim Rohimah.

Blog Filiasukanulis.com

Pemilik blog ini adalah seorang gadis ramah yang ngaku dirinya manis, itu sih yang aku lihat dari postingan story facebooknya. Mba Yuni. Saat membuka laman blog, nuansa girly sangat terasa. tidak heran sih blog ini temanya tentang pengalamanya terkait perjalanan, kecantikan dan kehidupan.

Yuni punya cerita bahwa pertama sekali dengar blog dari temannya yang menyarankan untuk memilih domain blog yang unik. Jadi dia mulai mencari sebuah kata kunci yang berkaitan dengan persahabatan. Akhirnya, setahun yang lalu dari wikipedia ketemu kata filia (bahasa Yunani phileo) yang artinya  kasih yang setara atau identik dengan ikatan persaudaraan (brothership), kesukuan (comradeship), dan kewarganegaraan (citizenship).

Awalnya DA mbak Yuni 7 setelah ikut kelas menjadi 13 dalam 3 minggu. Oke banget kan? Harapannya setelah ikut kelas ini, dia akan lebih fokus lagi mengelola blognya. Dia juga termotivasi dengan rekan-rekan yang lain yang bersemangat mengerjakan tugas meskipun sulit.

Secara keseluruhan blognya sudah oke hanya saja mungkin saya agak terganggu dengan ukuran font yang agak kecil dan rapat, untuk ukuran mata tua saya. Tapi kembali lagi seperti kata beliau blog ini buat dia untuk have fun saja. So, selagi nyaman kenapa tidak. Be yourself beb!

Blog Iimrohimah.com

Pertama kali kenal mbak Iim Rohimah di kelas belajar menaikkan DA. Awalnya kami ditugaskan oleh coach untuk membuat backlink dan saya satu tim dengan beliau dalam grup orange. Saya terkesan dengan beliau meski punya bayi yang masih kecil dengan sejuta kerepotannya tapi mbak Iim dengan semangat pantang menyerah tetap komitmen menyelesaikan tugas meski harus bergadang. Hebat banget kan?

Blog beliau seputar kehidupan wanita dan keluarga dan menariknya ada satu label yang khusus untuk curhat. Dia cerita, tujuan ngeblog memang untuk me time ditengah kesibukan mengurus rumah tangga dan anak-anak dan  ingin mencurahkan segala unek-unek dengan bahasa yang halus tanpa kehilangan manfaatnya buat pembaca. Jadi wajar saja ya kalau label khusus untuk itu.

Awal ikut kelas DA-nya 5 sekarang 11 dalam 3 minggu. Cepat banget kan ya? Dia bilang sangat bersyukur bisa diterima di kelas naik DA. Bisa belajar dan praktek ilmu blog dan SEO langsung dari para ahlinya. Kesempatan yang langka. Juga senang ketemu dengan teman sesama blogger seperti aku. Serius mbak? Gak bohong kan? Hihihihi

Dari 32 peserta yang tersisa tinggal 19 orang lain dan semuanya wanita. Semua punya harapan yang sama kedepan ingin menjadi blogger profesional. Entah dari segi kemampuan menulis, SEO, serta penghasilan. Apapun itu yang lebih menyenangkan buat aku pribadi bertemu dengan orang yang punya passion yang sama.

Oh, ya, bagi teman-teman  blogger yang ingin optimasi blog-nya dengan hasil cepat dan maksimal  bisa ikut kelas premium Jago Seo On Page dalam 2 minggu bareng coach Masirwin dan Pewe. Caranya klik gambar di bawah ini.

Kelas belajar seo



43 komentar untuk "Mau Menaikkan Domain Authority, Begini Caranya?"

Comment Author Avatar
Maksudnya pengakuan dari blog lain itu seperti apa jelasnya Kak? Apakah tukeran link, atau ada semacam tulisan/review tentang blog kita?
Comment Author Avatar
Bisa begitu mas, url blog kita direkomendasikan dengan backlink yang mengarah ke blog kita
Comment Author Avatar
Mantep banget temenw belajar naiknya pesat ya :D saya jg jadi pengin optimasi DA lagi, ternyata terdiri dari banyak faktor ga hanya rajin update namun kombinasi optimasi SEO ON dan OFF page :D
Comment Author Avatar
Mantap banget kak ilmunya karena banyak juga yang sering salah istilah. Terima kasih ya kak informasinya.
Comment Author Avatar
mbaa.. sungguh dari 6 ke 17..?
sekarang aku liat DA nya mba udah 19 nih.. wah kereeenn banget sih..

aku tahun ini gak ada naik sama sekali, padahal beberapa cara syudah ku terapkan.. huhu.. harus lebih giat lagi nih aku biar bisa naikin DA lagi..

terimakasih tipsnya mbaa.. bermanfaat bangeet..
Comment Author Avatar
Saat tulis artikel ini masih 17 mbak, sekarang sudah naik lagi
Comment Author Avatar
Wah jadi ini ya rahasianya. Ternyata DA juga ga jauh2 dari SEO ��
Comment Author Avatar
waah akhirnya bisa tau tentang mba yuni, sianak gadis yang berada diganda campuran hehehe, mba iim i feel you sm2 punya baby...lengkap banget mba yanti merunut bahasannya bisa jadi bahan koresksi apa yang belum.
Comment Author Avatar
DA aku masih 7, umur blog blm setahun..normal ga sih? atau lambat progressnya? maklum pemula bgt ,,byk yg perlu aku gali
Comment Author Avatar
wah kece banget mba bisa naik ke 17, mau dong ikutan juga mba kalo ada kelasnya kaya dirimu gitu, pengen tau juga nih soal SEO on page terutama
Comment Author Avatar
Thanks banget infonya, kebetulan saya butuh banget info ini hehe, saya langsung klik dan daftar XD
Comment Author Avatar
Dapat ilmu baru dari membaca artikel ini, sumkem lah saya yang baru banget di dunia blog
Comment Author Avatar
Wah mantep banget, naik DA nya banyak banget mba... Teman - teman nya juga pada mantep banget nih blognya ..
Comment Author Avatar
Salut banget saat teman-teman blogger sekarang, pada keren-keren menaikan performa blog.
Saling supportnya juga patut diacungin jempol ya.

Pengen ikutan, tapi waktunya masih belum bisa menyesuaikan.
Jadi saya rutin menulis aja sampai punya ciri khas sendiri :)
Palingan sesekali ikutan nyebar backlink kayak lainnya juga berbekalkan Moz :D

Semangat selalu yaaa :)
Comment Author Avatar
seru banget nih mbak, ada sharing backlinknya kayak gini, jadi belajar banyak ya ikutan kelas DA ini. hehe
Comment Author Avatar
Semua ada cara dan ilmunya yaa
Saya harus belajar nih kejar Seo dan da supaya bgs
Tq tipsnyaaa
Comment Author Avatar
Semoga bisa bertahan sampai akhir ya mba... Semangat terus yaa kita pokoknya... Jangan menyerah... Kapan lagi ada kelas sekeren dan sedetail ini
Comment Author Avatar
wah, they are the strong women untill the end. For blogger set u and learning about DA is important
Comment Author Avatar
Pada bikin ngiri banget nih kenaikan DA peserta kelasnya para coach ini. Keren keren banget deh.
Comment Author Avatar
Asik banget ya mbak bisa belajar naikkan DA secara drastis. Konten yang berkualitas akan menaikan DA dengan baik juga ya.
Comment Author Avatar
Keren banget Mbak Yanti Ani DA udah melesat banget, ya. Masyaallah. Saya Yang ikutan kelas ini juga happy, bisa belajar ilmu tentang blogging, SEO, dan bonus Naik DA itu sesuatu banget
Comment Author Avatar
SemangatCiee selalu kak menaikkan DA nya, semoga terus bertahan dan konsisten dengan penerapan SEO nya. Jadi pengen juga biar DA nya makin cakep
Comment Author Avatar
Semangat belajar mba...semoga DAnya makin melejit...makasi info2 di tulisan ini. sangat membantu sekali bagi yg belum tahu.
Comment Author Avatar
Wow hebatbanget bisa naik DA secepat itu dalam 3 minggu

Aku jadi pengen ikutan kelas cara naikkin DA
Stak mulu nih 25 turun naik ke 21
Comment Author Avatar
pekerjaan rumah saya nih : ngecilin spam score, broken link, meta title, meta description, fast loading, struktur heading, mobile friendly dll

Ikut kelas advance aja apa ya?
Comment Author Avatar
coba diklik saja gambarnya mba, ntar dijelaskan lebih komplit
Comment Author Avatar
Wah hebat banget naik pesat dalam 3 minggu. Keren !
Comment Author Avatar
Whuah! Seru banget ikutan kelas SEO! Dan ternyata menaikkan DA itu tidak terlalu susah ya mbak, memang musti telaten dan saling support. Intinya saling ngelink yah! Makasiih mbaak sharingnya 💙
Comment Author Avatar
Memang sih ya. Ukuran font juga berpengaruh dengan performa blog. Kalau ukurannya mini jadi terganggu juga. Yang ada pengunjung pada nggak betah.

Iya nggak sih? HEhehe
Comment Author Avatar
Oops yang dibahas muncul nih
Comment Author Avatar
Whuah! Seru banget ikutan kelas SEO! Dan ternyata menaikkan DA itu tidak terlalu susah ya mbak, memang musti telaten dan saling support. Intinya saling ngelink yah! Makasiih mbaak sharingnya ��
Comment Author Avatar
Jadi ingat dulu naikin DA traveleriendotcom susaaaah banget. Pas telaten ngikutin kelas SEO alhamdulillah perubahannya bagus. Semangat buat rekan2 yang baru belajar. Sukses buat blognya ya mbak.
Comment Author Avatar
Senangnya yg bisa brlajar langsung dari para mastah seo, smg makin sukses ngeblognya mbak
Comment Author Avatar
Wah mau dong ikutan kalau kelasnya ada lagi. Sementara masih otodidak nih belajar ngeblognya hiks, cari ilmu pelan2
Comment Author Avatar
boleh mbak, itu digambar bahwa tinggal diklik buat belajar :)
Comment Author Avatar
Keren banget kenaikannya DA mbak Yanti ��
DAku belum naik-naik lagi, sediiih :(
Comment Author Avatar
jujur dong mba ngga bohong... itu lho kenaikan DA nya mba Yanti bombastis... jadi kepo dan terinspirasi pasti
Comment Author Avatar
DA/PA memang menjadi topik seksi dan sangat penting bagi banyak blogger ya, Mba? Mencerminkan popularitas sebuah blog (DA) atau pun popularitas sebuah halaman (PA), dan mau ga mau, kita ga bisa memandang sebelah mata, kudu banget belajar gimana meningkatkannya. Thanks for the tips, Mba!
Comment Author Avatar
Masuk kelas ini rasanya udah kayak punya sodara baru ya mbak. Teman saling membantu dan mengingatkan saat ada yang kurang tepat
Comment Author Avatar
Mantaaap, Mas Irwin salah satu master SEO panutanku sih keren banget artikel dia selalu tampil di halaman pertama
Comment Author Avatar
Keren ya kls naikin DA bareng coach Irwin dkk. Dr ulasan ini jd tambh ngerti apa itu DA dan cars naikkin DA. Mantabs deh pd naik DA nya...

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!