Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Moms Hobi Masak? Ini Lho Ide Bisnis Kuliner Yang Bisa Dicoba!

Ide Bisnis Kuliner. Kebanyakan moms pasti suka masakkan? Bagaimana tidak, kegiatan masak memasak sudah diajarkan kepada kita para perempuan sejak kecil dan menjadi kegiatan yang kita lakukan sehari-hari. Karena memasak tiap hari, skill atau keahlian memasak kita bisa jadi terasah sehingga menghasilkan makanan atau minuman yang nikmat kesukaan keluarga.

Pernahkah terpikirkan oleh moms menggunakan skill memasak untuk menghasilkan cuan? Lumayankan bisa menambah penghasilan bulanan keluarga sekalian bisa belanja bebas tanpa membebani suami? Nah berikut ini nih, beberapa ide bisnis kuliner yang para ibu rumah tangga bisa coba! Kepoin, yuk.

ide bisnis kuliner
Foto : istock

1. Kedai Kopi

Punya keahlian menyajikan kopi untuk suami? Kenapa tidak coba jadi barista saja? Belakangan ini bisnis kopi sedang populer lho di berbagai kota besar dan kebanyakan peminatnya adalah anak muda yang hobi nongkrong. 

Keuntungan dari membuka kedai kopi bisa sampai satu jutaan sehari lho moms! Dan modalnya juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Tapi memang membuka kedai kopi tanpa nama itu susah-susah gampang, kalau konsep atau rasa dari kopi yang kita sajikan tidak unik bisa-bisa kedai kita malah rugi bandar. Karena itu diperlukan konsep yang unik, rasa yang terjamin dan marketing yang tepat untuk membuka kedai kopi. 

Salah satu contoh marketing yang bisa dicoba dalam membuka kedai kopi adalah mencoba memasarkannya ke daerah-daerah kecil yang sedikit pesaing (bukan kota besar) atau memasukkannya ke pusat perbelanjaan besar yang sering didatangi orang seperti mall atau tempat-tempat kuliner, untuk itu moms harus membuat surat penawaran kerjasama yang tepat dan menguntungkan.

2. Toko Kue

Selama pandemi ini kebanyakan orang bekerja, belajar dan menghabiskan waktu santainya di rumah. Hal itulah yang membuat makanan ringan atau kue jadi populer belakangan ini, pasti nikmatkan mengerjakan berbagai pekerjaan dan bersantai sambil ditemani kue atau roti? 

Nah selagi masih pandemi, membuka toko kue baik secara offline maupun online bisa jadi bisnis yang bagus buat moms yang suka memasak kue untuk keluarga. Kalau moms cukup percaya diri dengan rasa kue atau roti yang moms masak, memasarkan atau mempromosikan di media sosial pribadi bisa jadi cara jual yang bagus! Niscaya deh, bakal banyak yang beli! Tapi pastikan ambil foto dan tulis promosi yang bagus ya!

3. Cafe

Memang membutuhkan modal yang tak sedikit untuk membangun sebuah cafe atau menyewa sebuah tempat dan membeli berbagai peralatannya. Tapi tak ada salahnya untuk mencoba bukan moms? 

Cafe biasanya hanya menjual berbagai makanan pencuci mulut yang tak berat karena cafe lebih sering dijadikan tempat nongkrong. Misalnya saja kue-kuean, roti, makanan ringan dan berbagai minuman seperti kopi, teh manis, jus atau lainnya. Jadi moms tidak terlalu memerlukan skill yang lumayan untuk membuat makanan di cafe.

Tapi hal terpenting dalam membuat sebuah cafe adalah dekorasi cafe tersebut harusnya menarik sehingga membuat pembeli terpikat pada pandangan pertama. Jangan lupa mendesain cafe yang instagramable, facebookable dan able-able lainnya, artinya bisa dijadikan tempat foto yang bagus. 

Cafe akan lebih unik jadinya kalau moms membuatkan konsep atau niche desain khusus misalnya untuk para ibu-ibu, sehingga moms jadi lebih gampang dan tahu bagaimana mempromosikannya ke target audiens misalnya para ibu yang dituju.

4. Restoran

Kalau moms ingin membuka restoran, pastinya membutuhkan modal yang bukan main-main karena restoran sudah dikenal banyak orang sebagai tempat elit untuk makan yang menyajikan makanan super enak dari berbagai negara misalnya barat dengan harga jual yang agak mahal. 

Moms dituntut memiliki skill masak yang hebat seperti chef dan dekorasi tempat yang super indah serta elegan sehingga pembeli tak sia-sia membayar makanan yang harganya selangit. Meski kedengarannya sulit, tapi penghasilan dari restoran yang tak punya nama sekalipun tetap tinggi lho! Saat ini juga untuk menghemat biaya konsep cloud kitchen bisa dipertimbangkan lho! 

5. Warung

Ingin menjual makanan khas rumahan yang tidak membutuhkan modal tinggi? Buka warung solusinya! Jadi idaman anak kost dan mahasiswa, warung biasanya menjual makanan yang harganya ramah di kantong tapi tetap enak! 

Membuka usaha warung bisa moms lakukan di teras rumah saja lho. Bahkan bila moms baru buka usaha warung, yakinlah bakal ramai pembeli asal lokasi warungnya strategis misal dengan kampus atau kos-kosan. Keuntungan dari membuka warung lagi adalah moms tidak dituntut untuk membuat desain tempat bagus tetapi hanya membutuhkan steling saja! Enak ya? Menu yang ditawarkan bisa dari ala-ala masakan nusantara atau makan khas daerah setempat.

Nah itu tadi beberapa ide bisnis kuliner yang bisa moms coba. Apa pun ide usaha kuliner yang moms pilih membutuhkan data dan analisis pendapatan sehingga para ibu bisa lihat perkembangan bisnis sendiri. Biasanya itu tugas seorang akuntan, tapi bila moms tidak memiliki keahlian tersebut, jangan khawatir karena sekarang sudah ada software akuntansi misalnya Kledo yang siap membantu! 

Selamat mencoba, semoga bisnis moms dapat berkembang dan menghasilkan pendapatan yang besar ya! Ingat, jangan ragu untuk mencoba.

10 komentar untuk " Moms Hobi Masak? Ini Lho Ide Bisnis Kuliner Yang Bisa Dicoba! "

  1. Sekarang udah banyak orang pinter yang alhamdulillah memudahkan orang lain ya kak. Seperti akuntansi ini bagus Dan terbantu banget kalau ada aplikasi atau software yang memudahkan seperti ini

    BalasHapus
  2. Pengennya buka kedai kopi kak. Seru keknya jumpa2 orang. Kedai kopi emang lagi menjamur, tp selalu rame, apalagi konsepnya bgs

    BalasHapus
  3. Apapun ide bisnis kita yang pasti pencatatannya harus jelas ya. Karena kita maunya bisnisnya maju dan berkembang. Jadi kepo nih ma kledo. Aplikasi akuntansi ini pasti sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  4. Satu lagi ide untuk mommy yang suka masak adalah dengan membuka kateringan kecil2an.

    Minimal lepas uang dapur lah jadi budget makan buat rumahtangga sudah tercover

    BalasHapus
  5. aku suka masak-masak kak yanti...
    tapi bukan masak kue...
    kalo kue-kue sukanya ikut makan aja...
    diriku pengennya punya bisnis fashion, tapi itu cuma ingin doang...

    BalasHapus
  6. dari pas kuliah pengen bgt buka cafe akibat menjamurnya cafe hits di bandung, karena emang di seluruh kota cafe berbentuk minimalis dan isinya cuma snack dan kopi ini digandrungin banyak orang, padahal cuma modal wifi aja kak hehe

    BalasHapus
  7. Kayaknya kami coba buka warung aja dulu kali yaa haha secara modal juga terbatas.

    BalasHapus
  8. Sangat bermanfaat bagi yang mau buat usaha dan harus memiliki tempat strategis dan juga dapat dikunjungi orang-orang. Pas baca usaha buat cafe jadi keingat Saya suka sekali nongkrong di cafe hihi

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas infonya bu🙏🏻, Bisa jadi referensi saya ini bu, mau buka bisnis kuliner.

    BalasHapus
  10. Pengen punya restoran karna sukaaa banget makan. Konsep cloudkitchen keliatannya menarik ya kak, mudah2an nanti bisa punya suatu saat nanti 🥺

    BalasHapus