Widget HTML #1

Rahasia Cara Menyetrika Baju yang Benar dan Cepat Tanpa Kusut, Mau Tau Atau Mau Banget?

Cara Menyetrika Baju yang Benar dan Cepat  Tanpa Kusut. Beberapa bulan terakhir ini mulai merasa kewalahan membagi waktu, pekerjaan domestik sebagai ibu rumah tangga sangat menguras tenaga dan waktu, belum lagi deadline sebagai freelancer yang kadang job datang tidak pada timing yang pas, tapi yang namanya rejeki tak mungkin ditolak harus diterima dan selalu disyukuri. Namun situasi ini kalau terus dibiarkan bisa mengarah ke stress atau malah bornout.

Beruntung awal bulan Oktober lalu saya ikut kelas webinar dengan topik kelola stress dengan berkesadaran. Salah satu saran dari pembicara adalah me-review value hidup dan tingkatkan produktivitas dalam bekerja. Mulai dari menentukan skala prioritas dan menyisihkan waktu untuk istrahat atau me time.

cara menyetrika baju yang benar dan cepat
Foto : Pixabay

Salah satu pekerjaan rumah yang paling menyita waktu dan sedikit membosankan bagi saya adalah menyetrika baju, melihat tumpukan baju rasanya sudah mau kabur saja apalagi kalau melihat hasil setrikaan yang tidak maksimal sudah disetrika tapi masih kusut, langsung merasa badmood.

Untuk meningkatkan produktivitas, saya mulai googling informasi cara menyetrika baju yang benar dan cepat. Ternyata bahan setrika atau mesin setrika yang digunakan berperan besar dalam hasil dan kecepatan menyetrika. Setidaknya ada 2 yakni setrika konvensial dan setrika tanpa kabel yang biasa digunakan oleh rumah tangga. 

Kelemahan Setrika Konvensional Dengan Kabel

Setrika konvensional (setrika dengan kabel) hasilnya kurang memuaskan. Beberapa alasan seperti :

  • Kabel tersangkut & menyebabkan kusut saat menyetrika
  • Sulit untuk mendapatkan hasil menyetrika yang baik untuk berbagai jenis bahan pakaian.
  • Harus menyiapkan tempat untuk menyetrika.
  • Posisi setrika tegak tidak stabil dan mungkin mencelakai/jatuh dari papan setrika.
  • Bergerak lancar hanya ke arah depan dan saat menarik ke belakang menciptakan kerutan baru.
  • Nyeri/Sakit/Mati Rasa pada lengan depan.

Sementara, setrika tanpa kabel hasilnya jauh lebih maksimal dan waktu yang digunakan saat menyetrika lebih singkat. Salah satu rekomendasi setrika tanpa kabel terbaik saat ini adalah Panasonic Cordless Iron NI-WL41VSR.

setrika tanpa kabel panasonic
Foto : Panasonic

Setrika Tanpa Kabel Terbaik Panasonic Cordless Iron NI-WL41VSR

Seperti biasa sebagai pembeli yang cerdas saya punya kebiasaan mencari keunggulan suatu produk sebelum memutuskan untuk membelinya agar nantinya tidak kecewa.

Berikut ini tiga keunggulan utama dari #PanasonicCordlessIronNIWL41VSR sebagai berikut :

1. 2in1 Steam & Dry Iron

Setrika #PanasonicCordlessIron yang satu ini memiliki fitur ganda bisa sebagai setrika kering dan juga setrika uap portable, dirancang untuk menghilangkan kusut tersulit sekalipun untuk setiap jenis kain dengan mudah. Banyak yang mencari bagaimana cara setrika baju katun kusut, tapi dengan setrika ini dijamin #BebasTanpaKusut.

#BebasTanpaKusut
Foto : Panasonic

Fungsi semburan uap secara vertikal dapat dengan cepat menghilangkan kerutan yang membandel pada pakaian meski masih tergantung di hanger sekaligus membersihkan ventilasi uap. Jadi lebih praktis pakaian tetap rapi tanpa memerlukan papan setrika.

Setrika #PanasonicCordlessIron ini juga dilengkapi dengan teknologi anti kerak dan anti bocor. Anti kerak untuk mencegah noda putih/cokelat  dan semburan uap terganggu saat pemakaian. Anti bocor dengan menghentikan pasokan air jika suhu pada alas setrika turun ke level tertentu sehingga penggunaan air jauh lebih efisien.

2. 360 Bebas Gerak

Kombinasi #SetrikaTanpaKabel & tapak setrika multi arah membuat proses menyetrika jadi lancar, mudah, dan menyenangkan. Dapat menggerakkan setrika dengan bebas tanpa khawatir dengan kabel, dapat menjangkau bagian-bagian baju yang sulit disetrika seperti lengan kemeja, lipatan pakaian, daerah diantara kancing baju dan lainnya dengan mudah. 

#PanasonicCordlessIronNIWL41VSR
Foto : Panasonic

Selain tanpa kabel, kedua ujung setrika juga meruncing sehingga bisa digerakkan ke segala arah atau free style sangat berbeda dengan setrika konvensional yang bisa beberapa kali berhenti saat berpindah arah. Ini jauh lebih efesien, lebih hemat waktu dan tentu saja bebas tanpa kusut. Alas setrika yang merupakan lapisan keramik juga sangat membantu menghasilkan pakaian rapi dan halus sempurna.

3. Desain Ergonomis – Lengan Tidak Mudah Lelah

Dari segi desain #SetrikaPanasonic ini juga modern minimalis dan bentuknya ergonomis,  power base dengan kemiringan 20 derajat mengurangi tekanan pada pergelangan tangan dan lebih mudah untuk mengambil dan meletakkannya, sehingga lengan tak cepat lelah ketika menyetrika. Hasilnya kegiatan menyetrika pakaian jauh lebih menyenangkan. Saya suka bentuknya yang elegan begitu indah dipandang sebagai mood booster saat menyetrika. 

#PanasonicCordlessIron
Foto : Panasonic

Penggunaan Wattage

Melihat kelebihannya yang cukup memukau, mungkin timbul pertanyaan Panasonic cordless iron berapa watt sih ? Wajar sih sebagai ibu rumah tangga sebisa mungkin mengurangi pengeluaran. Ternyata penggunaan wattage ini tidak besar, maks 1200W - pada saat setrika dalam proses pemanasan ditandai dengan lampu yang berkedip dengan waktu +/- 30detik-1menit dan <5W pada saat setrika dalam keadaan panas ditandai dengan lampu yang berhenti berkedip setrika sedang digunakan.

Fungsi Keamanan

Panasonic cordless iron ini sudah diperlengkapi dengan teknologi Auto Shut Off.  Dimana setrika akan mati secara otomatis jika setelah 10 menit tidak ada aktivitas menyetrika. jadi lebih aman apalagi jika lupa meninggalkan setrika dalam keadaan menyala dan lebih efisien dalam penggunaan listrik.

Perawatan Setrika

Setrika #PanasonicCordlessIronNIWL41VSR perawatannya juga sangat mudah. Beberapa bagian perlu perhatian seperti :

  • Permukaan setrika cukup dilap dengan kain basah dan jika perlu gunakan detergen netral.
  • Pelat Setrika juga gunakan kain basah 
  • Ventilasi uap cukup pencet tombol semburan uap beberapa kali sampai uap tidak terlihat untuk membersihkannya.
  • Setelah selesai digunakan, simpan unit ke kotak penyimpanan yang telah disediakan saat pembelian tanpa perku menunggu setrika dingin terlebih dahulu.

Harga dan Garansi

Ada satu prinsip saya saat membeli yaitu lebih baik kalah membeli menang memakai. Untuk mendapatkan produk yang berkualitas, harga bisa urutan kesekian pertimbangan asalkan produk itu bagus, bermanfaat dan bertahan lama. Alat-alat elektronik yang berkualitas selain mempermudah gaya hidup juga sebenarnya jauh lebih hemat.

Panasonic Cordless Iron NI-WL41VSR dibanderol dengan harga produk : Rp.1,665,000 dengan masa garansi 5 tahun terdiri dari 1 tahun sparepart + Service dan 5 tahun elemen setrika di 53 service center Panasonic Indonesia & 256 Authorized Service yang tersebar di seluruh Indonesia.

Seperti cerita saya diawal, sebagai ibu rumah tangga penting sekali mengatur waktu dengan baik sehingga semua urusan rumah bisa berjalan lancar dan disisi lain punya waktu untuk diri sendiri melakukan hobi atau kegiatan yang disukai. Salah satu caranya dengan menggunakan alat yang dapat membantu mempermudah pekerjaan tersebut. 

Ya, dengan setrika Panasonic Cordless Iron NI-WL41VSR  #MakinMudahNyetrika waktu luang lebih banyak & lebih bahagia karena bebas stress dari pakaian menumpuk dengan hasil maksimal pakaian #BebasTanpaKusut.

Sebagai info, saya beli produk ini lewat link pembelian yang ada di website Panasonic, kalau tertarik kalian bisa dapatkan disini ya!

https://www.panasonic.com/id/consumer/home-appliances/irons/steam-iron/ni-wl41vsr.html

38 komentar untuk " Rahasia Cara Menyetrika Baju yang Benar dan Cepat Tanpa Kusut, Mau Tau Atau Mau Banget?"

Comment Author Avatar
Wah hebat ini setrikaannya. Benar, dengan setrikaan yang masih pake kabel, kadang suka ribet sendiri haaaaaa. Untuk pekerjaan rumah tangga, harus diakui seterika ini emang butuh jam terbang hwhw. Aku pribadi mending disuruh cuci piring, sapu, pel ketimbang seterika. Tapi, kalau pake panasonic iron ni-wl602, jangan-jangan ntar malah lebih suka disuruh seterika haha. Makasih ulasannya.
Comment Author Avatar
Betul mba, bisa setrika sambil goyang kayaknya habis tanpa kabel sih
Comment Author Avatar
Akhirnya problem kabel kurang panjang ke colokan terjawab dengan produk ini. Buat gaun-gaun yang nggak bisa dilipat juga bisa ya setrika dari hanger gitu. Kereeen...
Comment Author Avatar
Ya, pokoknya multifungsi banget deh apa perlu buka jasa setrika baju kita ya. Hahaha
Comment Author Avatar
Hai kakak,ini Dennise.Salam kenal ya. Wow...(panjang) keren banget itu setrikaan canggih ya.Di rumah aku pake setrikaan yang model konvensional yang kabelnya suka keriting dengan sendirinya,ha...ha..ha...suka gemes deh.Udahannya jadi males lanjutin. Ada harga ada kualitas, panteslah dengan harga yang lumayan ehem...hasilnya memuaskan ya
Comment Author Avatar
Hai kak Dennise salam kenal ya. Kalau kayak gitu setrikaaanya mending buruan ganti ke Panasonic cordless iron deh dijamin gak bakalan keriting lagi. Hahaha
Comment Author Avatar
Wow... Bisa dicoba nih setrika Panasonic Cordless. Gak perlu Dry clean lagi untuk baju kerja. Semua bisa dilakukan dg setrika canggih ini. Makasih kak...
Comment Author Avatar
Yes multifungsi banget dan bikin kantong aman deh
Comment Author Avatar
auto scroll ke bawah cari harganya

setrika impianku nih, karena emang asyik

kita gak usah ribet ngurusin kabel, semprotan pewangi dll
Comment Author Avatar
Betul, kalau dihitung-hitung ala emak-emak Setrika cordless ini jatuhnya lebih hemat
Comment Author Avatar
Lah ini menggoda banget dah, saya udah 2 tahunan nggak pernah nyetrika, saking malasnya hahaha.
Tapi sesekali memang ada baju yang harus di setrika sih, kalau pakai Panasonic cordless iron ini, kayaknya lebih praktis dan nggak bikin malas :D
Comment Author Avatar
Serius kak Rey, wah apa ini perlu dikasi award? Hahaha maaf cuma becanda lho. Semoga Panasonic cordless iron bisa mematahkan kebiasaan ini :)
Comment Author Avatar
Bener banget kegitan menyetrika baju tuh melelahkan apalgi setrika manual duh kebbayang capenya..tapii klo pnya setrika model Pansonic cordless iron gini pastinya kegiatan menyetrika jadi lancar dan menyenangkan ya karena mudah rapi dan licin baju yang disetrika ,..jadi mau beli juga saya
Comment Author Avatar
Ya kak, cus beli biar rajin setrika baju
Comment Author Avatar
Aku tuh ya paling sebel setrikaan yang pake kabel tuh ribet sama ngeri kesetrum. Jadi pengen beralih deh ke Panasonic nih bikin mupeng kayanya bagus banget buat nyetrika
Comment Author Avatar
Ya mba, pakai cordless iron jauh lebih aman dan nyaman
Comment Author Avatar
Wah mau banget punya setrika cordless dari Panasonic ini. Apalagi kedua ujungnya lancip, jadi bolak-balik arah menggosok pun, nggak bakal malah bikin kusut.

Saya pun kadang udah lelah duluan lihat tumpukan baju yang belum disetrika.
Comment Author Avatar
Iya gak kepayahan lagi saat setrika bagian sudut baju yg sulit dijangkau
Comment Author Avatar
Ada harga ada kualitas ya. Apalagi ini dari Panasonic yang pasti keren.
Makanya ini bisa jadi andalan biar nyetrika baju gak lagi drama hehe.
Comment Author Avatar
Betul banget, lebih hemat waktu jadi waktunya buat nonton drama Korea aja xixixi
Comment Author Avatar
Dengan harga segitu menurut saya sebanding dengan fungsinya ya mbak. Apalagi setrika ini praktis juga tanpa kabel juga. Bisa dibawa bepergian ini ya mbak. Apalagi saya termasuk pribadi yang suka males nyetrika, hehehe
Comment Author Avatar
Ya mba, masa garansi nya juga lama 5 tahunan lho
Comment Author Avatar
pengen banget punya setrika tanpa kabel model begini kak, biar lebih meringankan pekerjaan rumah. selama ini kalo setrikaan udah menumpuk jatuhnya males banget. hihi
Comment Author Avatar
Sama mbak, belum pegang cuma lihat aja bawaannya mau kabur saja
Comment Author Avatar
Bisa jadi contoh buat anak kost atau emak emak yg rutin setrika pakaian anak dan seragam suaminya nih. Dengan setrika uap, nyetrika baju lebih mudah dan tidak gampang kusut. Keren bgt deh
Comment Author Avatar
Betul banget apalagi yang mau buka jasa terima setrika hahaha
Comment Author Avatar
Tim enggak suka nyetrika ngacuungg! Pengalamanku sama kabel setrikaan itu buruk mbak, pernah kena jepret soalnya. Huhu. Kece banget nih kalau sampai ada setrika tanpa kabel, memudahkan, gampang dibawa-bawa juga kayaknya yaa
Comment Author Avatar
Wah ngeri juga ya apalagi kalau setrikaaanya masih panas bahaya sekali
Comment Author Avatar
menyetrika tanpa membuang waktu? impianku banget tuh, soalnya suamiku udah sering komplain kalo saya menyeterika, katanya lama banget padahal pakaian yang disetrika sedikit
Comment Author Avatar
Hahaha, kok jadi ingat diriku ini mba, baju cuma beberapa lembar tapi setrikanya bisa berjam
Comment Author Avatar
Menyetrika baju jadi terbantu dengan adanya setrika dari Panasonic, hasil maksimal kerjaan lancar
Comment Author Avatar
Betul banget jadi bisa punya waktu lebih buat kerjakan yang lain
Comment Author Avatar
Ahay....seru juga nih kalau dapat ilmu ngurus pekerjaan rumah kaya gini. Apalagi setrikaan yg tiap hari ada terus. yg paling malas emang setrika baju sih. Panasonic Cordless Iron makin bikin semangat nih
Comment Author Avatar
Betul, rata-rata ngeluh ya kalau dah bisa setrika padahal ini dah nyaris kebutuhan utama, wong baju melekat terus di badan
Comment Author Avatar
wah pengen nih aku setrika yang model begini, nyetrika jadi lebih gampang gak perlu pegel-pegel lagi karena lebh cepat selesai
Comment Author Avatar
Ya kak. Ini solusi banget pokoknya
Comment Author Avatar
Kabel seterika sering putus itulah sering terjadi kosleting. Seterika Panasonic keren tapi meski nabung nih.
Comment Author Avatar
Impian banget nihhh :) bia buat posisi ga ditaruh di meja juga ya...
tapi harganya lumayanan juga yaa huhuhu

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!